Mengenai Saya

SIDOARJO, JAWA TIMUR, Indonesia
Belajar Menjadi "Internal Jurnalism"

Sabtu, 21 Agustus 2010

Visi Misi Tidak Cukup, Butuh Spiritual Quotient (SQ)


TAHUN 2005

Visi Misi Tidak Cukup, Butuh Spiritual Quotient (SQ)

SPIRITUAL QUATIENT.
Dalam acara Sales Evaluation yang diadakan di Aula Committed 2 U TELKOM Sidoarjo, Senin (31/1), GM TELKOM, Bagyo Nugroho menyoal masalah Spiritual Quotient atau kecerdasan spiritual. Dihadapan para Commanders dan Bapak Angkat Winning Team yang sedang “Show of Force” mengenakan Ikat Kepala melambangkan pencapaian “Sales”, Bagyo menjelaskan tentang pentingnya kecerdasan spiritual dalam menjalankan bisnis di era kompetisi.

Pada awal abad 20 memang IQ (Intelligence Quotient) dan EQ (Emotional Quotient) menjadi “Big Issues” para pebisnis. Belum sempat kita mencerna secara matang tentang konsep dan aplikasi IQ (Intelligence Quotient) dan EQ (Emotional Quotient), kini muncul SQ (Spiritual Quotient). SQ ini memanfaatkan Kecerdasan Spiritual dalam Berpikir Integralistik dan Holistik untuk Memaknai Kehidupan termasuk berbisnis, termasuk bagi orang Indonesia yang religius.

“SQ adalah kecerdasan untuk menghadapi dan memecahkan masalah makna dan nilai”. ; “SQ adalah kecerdasan untuk menempatkan perilaku dan hidup manusia dalam konteks makna yang lebih luas dan kaya”. ; SQ adalah “Kecerdasan untuk menilai bahwa tindakan atau jalan hidup seseorang lebih bermakna dibandingkan dengan yang lain”. ; Di dalam SQ berarti, bahwa “Kecerdasan ini tidak hanya untuk mengetahui nilai-nilai yang ada, tetapi juga untuk secara kreatif menemukan nilai-nilai baru”.

VISI & MISI.
Untuk itulah, maka visi dan misi yang ada saat ini tidaklah cukup, tapi harus ada unsur spiritualnya, lanjut Bagyo. Direksi dan Dewan Komisaris bersekapat untuk menambah 3 (tiga) hal, yaitu :
1. Long Term : Tujuan akhir kita ialah diterima disisi Allah SWT sebagai penghuni surga.
2. Medium Term : Selalu unggul dalam layanan jasa Infokom.
3. Short Term : Tercapainya Kontrak Manajemen.

Selain itu ada 7 (tujuh) Nilai Etika Bisnis yang harus kita jalankan, yaitu : Kejujuran, transparan, Kerjasama, Komitment, Disiplin, Peduli dan Tanggung jawab. Dengan demikian bisnis kita terutama di era kompetisi ini semakin mantap. Para kompetitor akan menghadapi Entry Barrier yang kuat terlebih dahulu, jika akan menyerang atau boleh jadi akan lari terbirit-birit.

Bidiklah Program Utama dengan segala kreativitas, sambung Bagyo lagi. Istilah Battle Field memang penting dalam nuansa kompetisi yang seperti perang ini. Seranglah mereka, lakukan perang. Ingat, bahwa “perang” ini bukan untuk SBT saja, tapi untuk PT. TELKOM, perusahaan yang kita cintai. All People Moving towards the same destination sesuai dengan IFA Model dan Program yang merupakan Sasaran Utama kita.

RITUAL PATRIOT 135.
Untuk menyemangati kita sebelum bekerja seperti yang dilakukan Mc. Donald, maka kita juga melakukan versi yang lain, yaitu apa yang dinamakan RITUAL PATRIOT TW-135 selama 30 menit, yaitu dengan urutan :
1. Berdiri membentuk barisan melingkar.
2. Cek absensi.
3. Stretching, pelemasan senan 135. Caranya : mengucapkan : Pegang teguh Value (tangan kanan mengepal diatas); Tidak melanggar Principles (tangan kanan kedepan); Driver – Keluarkan segala kemampuan (tangan kanan mengepal kedepan) dan Wisdom – laksanakan dengan kebijaksanaan (tangan kanan berputar keatas).
4. Berdo’a.
5. Ucapkan 7 butir etika bisnis.
6. Sharing Informasi, tidak boleh ditanggapi.
7. Yel-yel baru, yaitu : TELKOM…!!! Dijawab : “Go-Go-Go … Fight-Fight-Fight …. Win-Win-Win .. Telkom..!!! Committed 2U …. Telkom ..!!!Committed 2U!!! “

HADIAH.
Ritual ini dicobakan kepada seluruh peserta dengan iming-iming hadiah uang tunai sebesar Rp. 100 ribu kepada yang terbaik. Bukan itu saja, sebab manajemen juga mengiming-iming Rewards kepada Sales Achiever, yaitu :
1. Untuk Sales Flexi :
a. Target setahun yang diselesaikan dalam 6 bulan akan menerima Rp. 25 juta.
b. Target setahun yang diselesaikan dalam 5 bulan akan menerima Rp. 30 juta.
c. Target setahun yang diselesaikan dalam 4 bulan akan menerima Rp. 35 juta.

2. Untuk Sales POTS, yaitu :
a. Target setahun yang diselesaikan dalam 6 bulan akan menerima Rp. 20 juta.
b. Target setahun yang diselesaikan dalam 5 bulan akan menerima Rp. 25 juta.
c. Target setahun yang diselesaikan dalam 4 bulan akan menerima Rp. 30 juta.

 NURSIDIK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar