Mengenai Saya

SIDOARJO, JAWA TIMUR, Indonesia
Belajar Menjadi "Internal Jurnalism"

Senin, 05 Juli 2010

SBU : Siswa SMA Speedy Holiq Hibur Pengunjung FSSF 2010


Speedy Holiq artinya Peng-gila Speedy, mirip Peng-gila Flexi yang sering kita sebut dengan Flekster. Speedy Holiq waktu itu diresmikan oleh MENKOMINFO, M. Nuh setahun yang lalu di Surabaya, sehingga kini baru berusia 1 tahun. Penggila Speedy yang membentuk komunitas Speedy Holiq dari luar kota Surabaya tepatnya dari kota Pandaan Jawa Timur telah menunjukkan ketrampilannya bermain musik di arena FSSF 2010 Tunjungan Plaza-2 Lantai-1 Surabaya, Sabtu (8/5).

Para siswa SMA penggila Speedy ini tak hanya hadir sendirian, tetapi mereka berbondong-bondong berkunjung rombongan bersama orang tua mereka termasuk para Guru SMA. Para orang tua dan Guru ingin melihat arena FSSF sekaligus menyaksikan putra-putri mereka mendemonstrasikan ketrampilan mereka bermain musik menghibur warga kota Surabaya, apalagi sekarang ini kan Malam Sabtu Malam Minggu besok kan libur, jelas salah seorang Guru.

Dara dan Irfan dua orang presenter yang nge-lead rangkaian acara musik Speedy Holiq banyak memaparkan tentang sejarah berdirinya Speedy Holiq yang dikatakannya bahwa usia Speedy Holiq ini masih Balita. Kendati masih tergolong Balita, namun penggemarnya sudah lumayan banyak, terutama bagi mahasiswa dan pelajar. Dara juga menjelaskan soal manfaat internet bagi dunia pendidikan sampai kepada dunia hiburan.

Semua itu adalah bagian dari produk TELKOM yang dinamakan IME, sergah Irfan. Lho, istilah apalagi kok ada istilah IME, Tanya Dara pura-pura tidak faham yang padahal sudah diskenariokan oleh jajaran TELKOM CS-SBU. Begini, IME itu adalah singkatan dari Information, Media dan Edutainment, sehingga para Speedy Holiq ini saat ini sudah memasuki dunia IME, sebab kalau kita browsing internet ada 3 unsur IME itu. **bukan-diksi.

FOTO : Para Speedy Holiq bermain musik menghibur warga kota di TP-2 Surabaya (8/5).

SBU : Flexi Terus Memberi Penawaran Menarik


Paling jujur, paling hemat dan paling murah, itulah slogan TELKOM Flexi yang selalu menggema seantero Nusantara tak terkecuali di FSSF 2010 yang berlangsung di 18 Mall Surabaya Metro. Penawaran menarik terus dilakukan oleh Telkom Flexi selama 30 hari penuh, sehingga bagi yang menyia-nyiakan peluang baik ini memang pasti akan merugi, sebab diskon yang diberikan benar-benar membuat semua orang terperangah.

Boleh dibilang tebar hadiah selama 30 hari selama Mei, dan selain itu Flexi terus memberikan penawaran menarik di sejumlah pusat perbelanjaan selama momen SSF2010. Hadiah plus-plus untuk all item ditebar, dimana setiap pembelian di booth Flexi mendapatkan kesempatan mengambil undian langsung 3 setrika, 3 DVD player, dan 2 kipas angina. Promo ini berlangsung setiap hari, kupon undian bisa dilihat di setiap outlet Flexi.

Sementara di Plasa Marina lantai dasar tak kalah meriahnya dengan Mall lainnya. Disini Flexi bekerjasama dengan Plaza Cellular menawarkan hadiah yang menarik, bahkan pada akhir pekan terakhir di Mei ada hadiah langsung berupa televise 21 inch yang diikutsertakan dalam undian hadiah langsung.

Masih di Plasa Marina, Selain hadiah langsung dengan sistem ambil undian, Flexi juga memberikan beragam souvenir yang bisa langsung dibawa pulang oleh pembeli. Di antaranya, jam weker, gantungan kunci, dan bolpoin Flexi. Diskon senilai Rp 10 ribu hingga Rp 299 ribu juga diberikan untuk pengunjung yang mengadakan transaksi selama Surabaya Shopping Festival 2010. **bukan-diksi.

SBU : Flexi SSF 2010, Shopping, Shopping, Shopping


Warga kota Surabaya dalam menyongsong Hari Jadi Kota Surabaya yang ke-717 terus berbondong-bondong melakukan shopping sekeluarga di 18 Mall sekotamadya Surabaya dalam event FSSF 2010 (Flexi Surabaya Shopping Festival 2010). Event ini merupakan event tahunan yang diselenggarakan bekerjasama dengan PEMKOT Surabaya. Tak hanya Flexi yang memberikan super diskon, sebab Speedy juga melakukan hal yang sama demi memeriahkan HUT Surabaya dan memanjakan warga kota.

Kalau Flexi memberikan super diskon, yaitu diskon sampai Rp. 0,- untuk berbagai varian HP dan modem Flexi di semua Mall peserta Flexi Surabaya Shopping Festival dengan persediaan terbatas, maka Speedy memberikan Tripple Bonus, yaitu Bonus Modem Wireless khusus pkaet load, familia, eksekutif dan bisnis. Tak hanya itu, Speedy juga memberikan bonus diskon abonemen selama 3 bulan serta bonus pasang baru (free registrasi). Jadi selama Mei ini TELKOM benar-benar pesta diskon.

Dua orang remaja di TP (Tunjungan Plaza) Surabaya sempat tergiur dengan diskon dari TELKOM di arena FSSF 2010 ini. Keduanya mengatakan dan berharap agar produk TELKOM, khususnya Flexi terus diperbaiki kualitasnya, ketika ditanya soal harga keduanya menjawab dengan serentak, bahwa harganya sangat murah. Kami berdua memakai Flexi lho Pak, paparnya sambil tertawa ngakak.

Kami adalah pelajar yang harus berhemat berkomunikasi, maka kami selalu memakai Flexi sebab memang sangat murah, tambahnya. Sederet Brand dari berbagai operator dan provider memang banyak memberikan iming-iming diskon, namun dua remaja ini sejak dulu lebih tertarik Flexi, sebab Flexi benar-benar jujur, tuturnya. Pak, kami berdua difoto donk, pintanya. Oke deh, mari silahkan action, jawab Reporter! Tiba-tiba saja dua remaja tadi lari, kami hanya bercanda kok Pak. Ooala….! Begitulah, paling tidak dengan adalah super diskon ini mampu memberikan stimulus dan pelanggan benar-benar merasakan keuntungan berbelanja.**BUKAN-DIKSI.

SBU : FSSF Merupakan Strategi Promo Yang Smart


Flexi Surabaya Shopping Festival 2010 yang diselenggarakan dalam rangka HUT Surabaya yang ke-717 memang tergolong strategi promo yang cukup jitu dan smart. Brand TELKOM Flexi yang mewarnai 18 Mall se Kotamadya Surabaya menunjukkan pencitraan dan prestige Flexi, sehingga imej masyarakat bahwa Flexi memang terdepan di kelasnya.

Perhelatan akbar selama sebulan penuh yang diberi nama FSSF ini merupakan konsep unik dan terintregratif dalam bisnis yang melibatkan para retailer, tenant, pengrajin, pengusaha sampai kepada Usaha Kecil Menengah (UKM) dalam berpromosi, sehingga mereka ikuti tren memberikan diskon besar-besaran, hingga harga beberapa items mengalami terjun bebas.

Memang strategi promo itu terkadang mampu applicated dan diterima masyarakat ketika ia menyajikan sebuah diskon atau potongan harga yang dikemas sedemikian rupa, FSSF merepresentasikan kecerdasan sebuah promo disain dan bisnis disain yang pada gilirannya reputasi Flexi semakin meningkat.

Apalagi FSSF ini diadakan di 18 Mall seiring dengan pesatnya pertumbuhan ekonomi di Surabaya, sehingga memberikan nilai tambah retailer, tenant, UKM, dan pelaku ekonomi lainnya. Jujur saja Brand Flexi semakin branded dan semakin ada dihati masyarakat. FSSF, really,...really,....really,.....ruarr biasaa....**bukan-diksi.

SBU : Shopping Festival 2010, Kejar EBS Atau LNS


Memang Flexi Surabaya Shopping Festival 2010 (FSSF2010) banyak memberikan berkah dan keuntungan bagi konsumen secara umum, sebab dengan adanya FSSF2010 ini seluruh pengusaha atau pemiliki stand di 18 Mall se Surabaya memberikan super diskon yang dikemas menjadi dua kemasan, yaitu diskon pagi hari yang dikemas dengan nama Early Birds Sale (EBS), sedangkan diskon malam hari dikemas dengan nama Late Night Sale (LNS).

Untuk diskon pagi hari atau EBS dimulai jam 10 pagi hingga jam 12 siang, sedangkan untuk diskon malam atau LNS dimulai jam 7 malam hingga jam 9 malam. Strategi diskon cara baru ini mungkin saja mampu menyerap calon pembeli yang memiliki waktu pas-pas-an karena kesibukan kerja sehari-hari. Dengan ditetapkannya dua kemasan diskon yang sudah jelas jam-nya, maka konsumen bisa meluangkan waktu ditengah kesibukannya untuk hadir di jam tersebut.

Untuk pebisnis, guru, dosen, karyawan atau karyawati yang pagi hari merupakan jam kerja jelas tidak akan dapat hadir di pagi hari yang merupakan jam kerja, maka pasti akan menyempatkan hadir pada malam harinya untuk mengejar diskon LNS yang memberikan potongan harga up-to 80 %. Sedangkan untuk ibu rumah tangga pasti akan hadir pagi hari usai menyelesaikan urusan dapur untuk mengejar Early Birds Sale.

Lain halnya pada hari-hari libur seperti Sabtu dan Minggu, dapat dipastikan arena FSSF ini akan membludak, sebab seluruh lapisan masyarakat semua pada libur dan ingin santai. Walau hanya sekedar cuci mata di Mall, namun tak menutup kemungkinan mereka akan tertarik untuk membeli produk tertentu, apalagi di hari libur ini merupakan bertemunya dua konsumen yang ingin menikmati kedua diskon, yaitu EBS dan LNS. **bukan-diksi.

SBU : FSSF2010 Merupakan Strategi Jitu Flexi


Flexi Surabaya Shopping Festival 2010 harus diakui sebagai strategi jitu TELKOM Flexi untuk menyulap kota Surabaya yang pada HUT nanti akan berumur 717 menjadi SURABAYA BUMI FLEXI. FSSF2010 ini ternyata diikuti oleh ratusan pengusaha besar, menengah, kerajinan rakyat, opertor dan provider lainnya. Ikon utamanya tetap menggunakan Logo Brand TELKOM Flexi.

Pokoknya seluruh pemilik stand di 18 Mall ikut menikmati asyiknya arena FSSF 2010 ini. Contoh, Gerai Wendy’s di Surabaya Town Square lantai dasar ikut memberikan promo menarik selama SSF2010. Setiap pembelian paket combo satu sampai delapan gratis es krim coklat. Ada juga paket share pack seharga Rp. 70 ribuan yang berupa paket hemat bertiga. Paket tersebut berisi 3 ayam, 3 nasi, 6 nuggets serta 3 medium drink. Tak hanya itu, setiap pembelian paket combo, konsumen bisa meningkatkan kentang medium menjadi big size.

Pengusaha seprei di arena FSSF 2010 ini juga ikut nimbrung memberikan potongan 10 persen, pengusaha kopi luwak, kemeja batik pria wanita, salon, arloji, HP, Laptop, kemeja kasual, pokoknya di FSSF 2010 ini banyak promo hemo, diskon heboh merek ternama, jadi rasanya rugi jika menyiakan peluang emas ini.

FSSF 2010 ini tak hanya merupakan dalam menggaet pengunjung beberapa Mall di Surabaya, akan tetapi yang lebih penting disini adalah sebagai upaya penetrasi, advertising product, promo product yang sudah benar-benar branded serta jujur dan paling hemat. Bukan ini juga merupakan serangan pasar ? Kalau tidak percaya silahkan saja tanya ke pakar bisnis ! **bukan-diksi.

SBU : Tim Sale Speedy Setia Di FSSF 2010


Di akhir minggu kedua pelaksanaan FSSF 2010 ini, Tim Sales Speedy dan Agency ternyata masih tetap setia menjaga outlet dan menawarkan produk Speedy ke para pengunjung di Tunjungan Plaza-2 (TP-2), Jumat (14/5). Tim Sales Speedy ini bergabung satu outlet dengan TELKOM Flexi yang menjadi jargon dan ikon utama FSSF 2010 di 18 Mall se Surabaya Metropolis.

Ikon Utama SSF 2010 adalah TELKOM Flexi, tapi pesertanya adalah seluruh pebisnis se Kota Pahlawan Surabaya yang memiliki stand atau toko-toko di 18 Mall yang tersebar di penjuru kota. Berarti, TELKOM Flexi benar-benar membawa berkah bagi pengusaha lainnya di event yang dihelat dalam rangka menyongsong HUT Surabaya yang ke-717 akhir Mei 2010 ini.

Sebagaimana Tim Flexi, maka Tim Sales Speedy juga menerapkan 2 shift setiap harinya selama 1 bulan penuh, yaitu sift pagi mulai jam 09.00 WIB pagi hingga jam 15.30 WIB siang, kemudian shift siang hingga malam mulai jam 15.30 WIB hingga jam 21.00 WIB. Wajah ceria terpancar dari setiap TimSales dan Agency yang menandakan, bahwa mereka sangat mendukung suksesnya perhelatan akbar dan commercial ini.

Soliditas antara Flexi dan Speedy inilah yang membuat nama TELKOM semakin besar dan sangat diperhitungkan oleh para provider dan operator lain. Bisa dibayangkan, Flexi mampu menjadi ikon utama Surabaya Shopping Festival 2010 dan Speedy juga mampu membuat program e-RT/RW yang selama 12 hari ``menyita`` jam kerja Pak Walikota karena beliaulah yang melaunching program besar tersebut. **bukan-diksi.

FOTO : Tim Sales Speedy Tetap Ceria di TP-2, Jumat (14/5).

Ismono : TELKOM Serius Membina Segmen Anak Muda


ASMAN Modern Channel TELKOM CS-SBU, Ismono Adi Jatmiko mewakili Senior Leader telah menyampaikan kata sambutan pada acara GEBYAR INTERNET SEHAT & LAUNCHING SPEEDY HOLIQ di Tunjungan Plaza-2 Lantai-1, Surabaya, Sabtu (8/5). Dalam sambutannya Ismono antara lain mengatakan, bahwa TELKOM sangat appreciate atas bergabungnya komunitas Speedy Holiq wilayah Pandaan dengan wilayah Surabaya. Saya pernah tugas di Pandaan, saya tahu pasti betapa begitu antusiasnya para anak muda, khususnya pelajar terhadap komunitas ini, yang tentu saja tak lepas dari dukungan para Guru, untuk itu saya atas nama manajemen TELKOM mengucapkan terimakasih.

Maksud Tema INTERNET SEHAT disini adalah agar kita semua memanfaatkan fasilitas dunia maya dengan sebaiknya-baiknya, utamanya untuk dunia pendidikan dan hiburan. Jangan sampai kita justru terjerumus kepada hal-hal yang negatif. Sebab, dari 25 juta pengguna internet, 20 juta diantaranya pernah akses atau membuka situs porno. Kalau tidak kita sosialisasikan dari awal, maka akan berdampak negatif, bahkan sistemik. Disinilah peran guru dan orang tua untuk selalu mengawasi dan menasehati putra-putrinya agar bisa memanfaatkan kemajuan IT dengan baik dan positif.

Perlu bapak dan ibu ketahui, bahwa TELKOM serius membina segmen anak muda. Bahkan TELKOM seluruh Jawa Timur telah menyediakan fasilitas internet untuk umum yang diberi nama BROADBAND LEARNING CENTER. Kami persilahkan kepada para pelajar, mahasiswa dan umum termasuk komunitas yang ada untuk memanfaatkannya dengan baik. Kami tidak memungut bayaran alias gratis! Jadi jika misalnya ada komunitas Ibu-Ibu PKK, Guru dan apapun silahkan mengajukan ke TELKOM untuk mendapat pelatihan gratis, papar Ismono.

Saya yakin, bahwa disekolah-sekolah telah memiliki laboratorium yang mana bisa melakukan kerjasama dengan TELKOM untuk mensupport fasilitas IT-nya, maupun pelatihan pengenalan internet, sekali lagi gratis. Dengan fasilitas internet, maka diharapkan para siswa dan pelajar dapat bersaing secara global dalam hal mutu pendidikan. Saya berharap kerjasama ini merupakan awal dari kerjasama yang lebih besar. Terakhir saya ucapkan selamat atas bergabungnya Speedy Holiq Pandaan dengan yang ada Surabaya, karena ini merupakan awal bergabungnya komunitas IT, semoga dalam waktu dekat meluas se Jawa Timur, termasuk institusi swasta dan pemerintah, kuncinya. **bukan-diksi.

FOTO : Ismono saat menyampaikan sambutan Speedy Holiq, Sabtu (8/5).

SBU : Grebeg Customer Based On Territory Concept

Territorial berarti tanah daratan atau wilayah atau daerah yang menurut geografi organisasi merupakan suatu wilayah kerja. Wilayah inilah dibagi-bagi sedemikian rupa, sehingga menjadi beberapa bagian yang telah ditandai dan dibatasi agar mudah dipetakan potensi yang ada, sehingga mudah ditemukenali kekurangan dan kelebihannya. Strategi territorial inilah yang kemudian dalam dunia bisnis dimanfaatkan untuk melakukan strategi serangan pasar agar efektif dan tepat sasaran, lebih jauh agar resources yang tersedia dapat difungsikan seoptimal mungkin.

Atas dasar konsep territorial inilah, maka diciptakan suatu strategi pemasaran untuk mencari pelanggan dengan strategi yang dinamakan Grebeg Customer. Dalam Grebeg Customer, maka beberapa daerah yang okupansinya rendah akan mendapat serangan terlebih dahulu dalam hal melakukan pemasaran. Tentu saja setelah dihitung kapasitas jual yang tersedia dan siap jual, sehingga setiap terjadi transaksi penjualan akan selalu dapat dilayani dengan cepat.

Grebeg Customer dilakukan agar terjadi akselerasi atau percepatan penjualan, selain untuk benteng barikade bagi masuknya pesaing. Serangan dengan mengutamakan okupansi rendah sebenarnya merupakan taktik, sehingga selain ada strategi, yaitu Grebeg Customer juga ada taktik, yaitu prioritas okupansi rendah dan yang Ready For Sale. Kita masih ingat strategi perang Sun Tzu, yaitu Strategy without tactics is the slowest route to victory. Tactics without strategy is the noise before defeat (Strategi tanpa taktik adalah jalan paling lambat untuk kemenangan. Taktik tanpa strategi adalah suara gaduh sebelum kekalahan). Maka, keduanya harus dilakukan terjadi percepatan dan menang.

Menggenerik strategi dan keunggulan bersaing dalam bisnis yang penuh tantangan dan persaingan sekarang ini harus mampu diciptakan oleh para Marketer dan Penjual, tanpa itu maka sulit untuk mampu bertahan, apalagi meraih sebuah VICTORY, sebab persaingan itu sendiri merupakan inti keberhasilan dan kegagalan. Kini Grebeg Customer terus digulirkan oleh jajaran TELKOM CS Surabaya Utara, bahkan mendapat dukungan penuh manajemen. Kita semua berharap strategi grebeg-menggrebeg ini mampu meningkatkan market share dan memenangkan persaingan. Semoga.!!! =bukan-diksi=.

SBU : Langganan Yes TV Tak Ada Ruginya

Begitulah bunyi brosur Yes TV yang melakukan sales and promo di arena FSSF 2010. Yes TV menawarkan TV berlangganan mulai 125 ribu per bulan termasuk channel Star Movies, ESPN, Star Sport, Liga Italia Serie A, Disney Channel, Playhouse Disney plus parabola dan dicoder dipinjamkan. Suatu tawaran yang menarik bagi konsumen.

Bagi masyarakat yang gemar nonton film dan tidak mau antri berdesakan beli tiket di bioskop, maka dengan hadirnya Yes TV, maka kini cukup nonton di rumah dengan harga super murah, tanpa antri berdesakan. Untuk informasi ke kasteme, maka Yes TV membuka layanan info 14047 (mirip call center 147), serta bisa email ke ccare@yestv.co.id, dan ccare@telkomvision.com.

Yes TV juga menawarkan harga voucher mulai Rp. 50 ribu sedangkan untuk berlangganan mulai Rp. 125 per bulan. Bagi penggemar film, maka harga ini memang relatif terjangkau. Konsumen diberi pilihan untuk memilih cara berlangganan, system voucher atau berlangganan bulanan, dimana untuk pilihan paket berlangganan ini bervariatif dengan 3 paket dasar dan 4 paket a la carte, kualitas gambar dan suara produk Telkom Vision ini terbaik.

Selain info customer care via email, maka pelanggan juga dapat mengunduh informasi detil di www.yestv.co.id atau www.telkomvison.com. Ada juga paket premium tambahan, yaitu paket cinema-1 (HBO, HBO Signature), cinema-2 (HBO, HBO Signature, Max), NHK Premium (NHK), Liga Inggris (ESPN, PREMIER, STAR SPORT PREMIER). Channel premiun tersebut ditawarkan dengan harga terjangkau masing-masing, Rp. 60.000,-; Rp. 80.000,-; Rp. 50.000,- dan Rp. 60.000,- **bukan-diksi.

SBU : Rp. 0,- Merupakan Angka Psikologis Bagi Pesaing

Banyak umbul-umbul dan poster FSSF 2010 di berbagai sudut kota Surabaya. Dan yang paling menyolok pada poster atau banner tersebut adalah tarif Rp. 0,- yang merupakan angka psikologis bagi pesaing lainnya, dan merupakan angka menggembirakan bagi konsumen sebab di Annual Business Fair ini semua produk dijual dengan harga murah dan super diskon.

Dan bagi TELKOM Flexi sendiri angka tersebut menunjukkan angka cerdas, dimana angka ini pernah dipakai sebagai strategi marketing oleh operator lainnya. Setelah angka itu sudah lama tidak digunakan sebagai senjata oleh pesaing kita, maka kini gilirannya kita menggunakannya sebagai senjata pamungkas. Ketika enerji pesaing sudah mulai berkurang, maka saat yang tepat untuk menggunakan senjata tersebut.

Strategi harga memang bisa macam-macam jenisnya, seperti buy 4 get 1 free plus diskon 10 % ditambah lagi Free ONGKIR (Ongkos Kirim). Ada yang memberikan hot price, hot sale, system kupon berhadiah, lucky draw, jual rugi, kuras gudang, cuci gudang, harga banderol, turun harga, best buy, best price, big sale, harga promo, midnight price, early bird singing price, harga miring, dan sebagainya.

Flexi Nol rupiah, cuma Flexi yang begini, gratis nelfon Lokal dan SLJJ 24 jam sedama Flexi memang membuat konsumen tertarik. Strategi harga semacam inilah yang saat ini sedang dimanajemeni dengan baik dalam setiap agenda promo. Harga menjadi semakin fleksibel disesuaian dengan musim dan event tertentu. Ternyata reaksi pasar terhadap persaingan harga ini sangat positif, sebab bukankah konsumen memang menginginkan harga yang murah dan produk berkualitas. **bukan-diksi.

Beli Flexi Raih Motor

[ Kamis, 27 Mei 2010]

DISKON menarik hadir untuk tiap pembelian produk Flexi di booth Flexi TEC. Semua produk Flexi diskon Rp 10 ribu dan Rp 20 ribu selama Senin-Jumat. Khusus Sabtu dan Minggu, setiap 25 pembeli pertama akan mendapat diskon Rp 50 ribu. Cara mendapatkan diskon, cukup menukarkan struk belanja di TEC dengan nilai Rp 100 ribu atau kelipatannya dengan kupon Flexi SSF 2010. Selain mendapatkan kupon Flexi, pengunjung juga memperoleh kupon undian motor TEC. Selain motor, ada hadiah elektronik yang diundi pada 5 Juni. (puj/oki)

SUMBER http://jawapos.co.id/metropolis/index.php?act=detail&nid=136102

Mulai Aktifkan Program E-RT/RW IME

SURABAYA - Program e-RT/RW untuk 10.513 RT/RW mulai diaktifkan. Kemarin Wali Kota Bambang D.H. meninjau sosialisasi dan pelaksanaan program yang dimaksudkan untuk membuat kampung di metropolis melek teknologi dan informasi (TI) tersebut.

Dalam sosialisasi kemarin (30/4), PT Telkom selaku pemilik program membagikan modem kepada seluruh RT/RW di Kota Pahlawan. Program kampung melek TI itu diawali dengan membuat jejaring pertemanan yang bisa diakses seluruh RT/RW melalui www.sapawarga.org.

Ada empat kecamatan yang mulai menerapkan program itu kemarin. Yakni, Sukolilo, Tambak Sari, Mulyorejo, dan Tegalsari. Bambang meninjau penerapan program itu yang dimulai di kecamatan Mulyorejo. ''Ini merupakan sosialisasi program e-RT/RW. Program ini merupakan bentuk kepedulian pemkot terhadap warga Surabaya yang pembiayaannya ditanggung PT Telkom," kata Bambang kemarin.

Dengan program itu, kata Bambang, minimal komunikasi antar-RT/RW bisa terjalin. ''Kita ingin membangun jejaring pertemanan antarwarga, mirip Facebook. Dengan begitu, hubungan warga terjalin dengan baik," terangnya.

Dalam situs pertemanan www.sapawarga.com, ada berbagai menu yang bisa diakses. Dimulai dari login dengan memasukan surat elektronik alias e-mail. Kemudian, user atau pengguna bisa memilih menu yang diinginkan. Antara lain, profile (ganti foto profil, ubah tampilan profil, maupun komentar), pesan (kirim pesan baru, inbox, outbox), setting (info content seperti pengaduan proyek, menerima pengaduan proyek sesuai dengan lokasi kecamatan dan kelurahan yang dipilih), menu RT (moderasi warga, entry kemajuan penduduk), serta menu keluar. Menu-menu yang tersedia mirip dengan fasilitas menu yang ada di jejaring pertemanan Facebook.

Rencananya, pemkot bekerja sama dengan ITS untuk menyempurnakan program itu. Bambang berharap agar Surabaya dapat menjadi pilot project skala nasional untuk program tersebut. "Banyak manfaat program ini. Sehingga, warga bisa memanfaatkan semaksimal mungkin," terang pejabat nomor satu di lingkungan pemkot tersebut.

Tak hanya itu, sesama RT/RW bisa sharing jika ada persoalan yang muncul. Dengan demikian, masalah bisa diatasi hanya melalui jalinan pertemanan tersebut. Itu dinilai amat efisien. "Mengurangi waktu maupun tenaga," imbuhnya.

Selain itu, jaringan pertemanan tersebut terhubung dengan pemkot. Karena itu, koordinasi dengan pemkot semakin mudah. Terutama, untuk pengadaan proyek. "Monitoring dan kontrol juga mudah," ujarnya.

Manfaat lain, kata Bambang, bisa mengurangi arus kemacetan. "Jangan hanya berpikir mengurangi kemacetan itu harus selalu dengan menambah jalan dan sistem transportasi yang baik. Komunikasi melalui internet juga salah satunya," sebut Bambang. (kit/c10/aww)