Mengenai Saya

SIDOARJO, JAWA TIMUR, Indonesia
Belajar Menjadi "Internal Jurnalism"

Selasa, 13 Juli 2010

Sholat Dzuhur Puasa Hari Pertama Masjid Takhobbar DIVRE-V Membludak


TAHUN 2005

Memang tak seperti sholat dzuhur hari-hari biasanya, sebab pada hari pertama puasa, Rabu (5/9) Masjid Takhobbar DIVRE-V Jln. Ketintang 156, Surabaya membludak dipenuhi jama’ah laki dan perempuan. Apalagi setelah sholat dzuhur langsung diisi cerama agama yang di hari pertama ini diisi oleh Bpk Ustadz. KH. Drs. Farid Anwar yang menjelaskan tentang Isra’ Mi’raj dan perbintangan termasuk planet Bhima Sakti.

Membludaknya jama’ah sholat dzuhur di hari pertama puasa ramadhan membuat suasana mirip dengan suasana sholat Jum’at. Apalagi setiap hari Pengurus Masjid Takhobbar menjadwalkan sejumlah kegiatan, sehingga suasana benar-benar bernuansa Islami. Ada pengajian rutin, ada bursa buku agama, ada sholat trawih yang juga membludak hingga ke lapangan tennis “war-square”.

Para jama’ah juga pada berebut memilih tempat didalam masjid, sebab memang sudah memiliki fasilitas AC, suasana sejuk di dalam masjid yang berAC InsyaAllah akan membuat para jama’ah lebih khusyuk.

Rachmat, salah seorang Pengurus Masjid Takhobar mengatakan kepada Reporter, bahwa khusus untuk Ustadz KH Farid Anwar ini akan mengisi rutin sesudah sholat dzuhur setiap hari Rabu.

Banyak hal-hal yang istimewa di bulan puasa ini, untuk itulah tak heran jika banyak orang berlomba-lomba berbuat kebajikan, amal, ibadah sholat tarawih, membaca ayat suci Al-Qur’an.  NURSIDIK

Manajemen SBT Silaturahmi Dengan “Sang Juara Umum” MAQ


TAHUN 2005

SILATURAHMI.
Jelang Puasa Ramadhan 2005-1426-H, manajemen TELKOM SBT melakukan silaturahmi dengan para peserta Musabaqoh Al-Qur’an (MAQ) seluruh Kafilah SBT yang sudah dua kali berturut-turut meraih Juara Umum. Silaturahmi juga dilakukan kepada para Pembina / Guru yang semuanya berasal dari Departement Agama Jawa Timur. Selain beramah tamah, seluruh Kafilah dan para Guru mendapat bingkisan sebagai tali asih dari manajemen TELKOM SBT yang diwakili oleh Deputy GM TELKOM SBT. M. Firdaus.

KAJI AL-QUR’AN.
Deputy GM yang didampingi berapa Senior Leader dalam obrolannya, antara lain mengatakan, bahwa mengaji atai mengKAJI Al-Qur’an adalah kewajiban ummat Islam. Terlebih akan tiba bulan puasa, maka manfaatkanlah bulan penuh berkah ini dengan membaca ayat-ayat Allah SWT.

Hitung-hitung pengkajian dan pengajian ayat Al-Qur’an di bulan suci Ramadhan ini sebagai media latihan dalam menghadapi lomba di tingkat Nasional, yaitu dalam Musabaqah Al-Qur’an Nasional (MAN) tahun depan, selain IsnyaAllah akan dicatat Allah sebagai ibadah.

OPTIMIS.
Deputy GM merasa optimis, bahwa Kafilah DIVRE-V akan kembali meraih Juara Umum lagi. Deputy dalam kesempatan tersebut juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh Kafilah SBT, juga kepada para Pembina / Guru atas usaha kerasnya, sehingga mampu menjadi Juara Umum di tingkat DIVRE, yang InsyaAllah di tingkat Nasional akan berjaya lagi.

Sementara itu Team Leader para Pembina, Ustadz H. Dzulhilmi Ghozali, LC, mengatakan pula, bahwa memang Kafilah SBT ini bukan sekedar bisa dan mampu saja, tetapi menurut saya juga tangguh, dam merupakan tim yang sangat kompak, sehingga tak heran kalau kemenangan itu berhasil diraihnya, alias pantas menjadi bintang,….Alhamdulillah, …ucapnya lirih….  NURSIDIK

SBT : Susahnya Bermain Voli Dengan Net Tertutup


TERTUTUP.
Bermain voli dengan net terbuka saja susah, apalagi dengan net yang ditutup oleh kain seperti yang dilombakan oleh Panitia IBO 2005 TELKOM SBT, Senin (5/9) di Lapangan Parkir OPMC Jln Ketintang 156, Surabaya. Walau susah, namanya juga permainan hiburan, maka yang nampak justru pemandangan yang lucu dan menghibur, demi suksesnya “GELAR IBO 2005” dalam rangka Hari Bhakti Postel ke-60.

Sore kemarin usai jam kerja, tak seperti biasanya, lapangan parkir OPMC SBT dipenuhi oleh para pegawai menyaksikan hiburan ringan berupa pertandingan bola voli tertutup. Penutupnya berupa kain, yang atas berwarna biru gelap dan yang bawah berwarna merah darah.

PRAN VS OPHAR.
Sesuai jadwal, maka hari pertama kemarin Bagian PRANAKASES berhadapan dengan Bagian OPHARAKSES. Masing-masing Bagian menurunkan pemain-pemain yang dianggap mumpuni di arena hiburan ini. Kedua kubu memilik pemain campuran antara TKM, Mitra Outsourcing, maupun karyawan Telkom sendiri.

Disini kedua kubu selalu memainkan kemampuan indra “kira-kira” alias bermain dengan perasaan, sebab dengan net tertutup sangat sulit untuk meng-scanning larinya bola yang muncul begitu tiba-tiba. Acara semakin hidup ketika masing-masing supporter berteriak seolah memberi petunjuk arah larinya bola.

“Blaaab…!!!”, bola itu tiba-tiba di-smash-kan di depan Agus dari Bagian PRANAKSES. Waduh…..!!! Tewas lo…!!! Teriak yang lain. Yaap,..awaas…kanaan….tahan…over… langsung saja, begitulah jenis-jenis teriakan para pemain dan penonton. Emosi penontonpun tak jarang terpancing, sebab ikut juga berteriak.

Hingga turun minum babak pertama, kubu OPHAR JARAKSES masih unggul. Rupanya pada babak kedua serangan balasan dari PRANAKSES untuk menebus kekalahannya tak urung dilancarkan secara gencar. Walau banyak yang menjagokan PRANAKSES, namun di babak kedua ini nasibnya sama seperti di babak pertama, yaitu harus mengakui keunggulan lawannya.  NURSIDIK

Ditandai Pasang PIN, SBT “Kick Off” Pelayanan Dengan Cinta


TAHUN 2005

KICK OFF.
TELKOM SBT melaksanakan apel pagi bertema Melayani Dengan Cinta (MDC) pada hari Senin (5/9) bertempat di Lapangan Tennis “War-Square” DIVRE-V Jln. Ketintang 156, Surabaya. Kick Off yang diikuti oleh seluruh jajaran SBT termasuk Unit Bisnis dan Tenaga Kerja Mitra / Outsourcing ini ditandai dengan pembukaan slubung Stand Banner MDC yang disusul dengan penyematan PIN MDC kepada beberapa perwakilan Front Liner serta pemberian Reward kepada UPIM SBT yang meraih pemasaran SPEEDY yang disrahkan oleh GM TELKOM SBT, Bagyo Nugroho.

LAPORAN.
Dalam kick off MDC ini, Manager Customer Service, Gatot Indra laporan program kampanye MDC. Dilaporkan, bahwa kick off pagi ini merupakan tindak lanjut pencanangan MDC yang telah dilakukan oleh KADIVRE-V bulan Agustus lalu, yang meliputi perilaku ”Melayani dengan Cinta”.

Kunci sukses program ”Melayani Dengan Cinta” adalah : “5-S : SENYUM, SAPA, SANTUN, SOLUSI, SUKSES” yang mempunyai makna sebagai berikut : SENYUM : tulus dari dasar hati yang paling dalam, bukan senyum yang dibuat-buat, wajah cerah dan akrab. SAPA : mengucapkan salam/greeting, menye-butkan nama pelanggan/rekan/mitra kerja dalam berkomunikasi. SANTUN : tingkah laku sopan sesuai dengan tata krama. SOLUSI : menggali permasalahan dan membe-rikan solusi penyelesaian masalah. SUKSES : kepuasan pelanggan merupakan tujuan dan sukses bagi kita semua.

IKRAR.
Sementara itu seorang perwakilan Front Liner, yaitu Sagita dalam kesempatan tersebut membacakan ikrar pelayanan yang isinya sebagai berikut :

1. Memberikan pelayanan kepada PELANGGAN, MITRA, dan REKAN KERJA dengan tulus, ikhlas, dan penuh CINTA.
2. Memberikan pelayanan secara Jujur, Bersahabat dan Bertanggungjawab sesuai dengan Etika Pelayanan dan norma-norma yang berlaku.
3. Memberikan pelayanan dengan berpegang teguh pada Prinsip Service Excellence. Semoga Allah SWT membantu kami melaksanakan IKRAR ini.

SERVICE EXCELLENT.
GM TELKOM SBT selaku Pembina apel dalam sambutannya antara lain mengatakan, bahwa Service Excellent sudah merupakan tekad kita bersama yang terus menerus diimprove dan ditingkatkan dari waktu ke waktu hingga muncul program ”Melayani Dengan Cinta”.

Memang Pelayanan itu harus datang dari hati nurani yang paling dalam, sehingga apapun kondisinya kita selalu senyum dengan segala keihlasan hati nurani. Untuk itu jangan heran kalau dalam Standing Banner MDC ada simbol berupa gambar hati.
5-S yang terdiri dari Senyum, Sapa, Santun, Solusi serta Sukses merupakan hal yang sangat dasar dan sederhana sekali. 5-S ini gampang diingat oleh kita semua, untuk itu dalam mengaplikasikan di lapangan harus mengikuti tata urutannya, pinta Bagyo.
Di akhir sambutannya, Bagyo menginformasikan kepada para peserta apel pagi, bahwa dirinya akan mutasi ke Jakarta sebagai GM Jakarta Pusat. Bagyo sangat salut terhadap semangat ”Arek-Arek SBT” yang masih tinggi, semoga tetap dipelihara terus.  NURSIDIK

Ngintip Permainan Rakyat Gelar IBO SBT


TAHUN 2005

SEPTEMBER CERIA.
Bulan September bagi jajaran TELKOM merupakan bulan yang ceria, pasalnya BUMN yang bergerak dalam bidang jasa “halo-halo” ini selalu merayakan ultahnya, istilah yang membumi di kalangan orang Telkom adalah memperingati Hari Bhakti Postel yang ke-60. Tepat sekali dengan lagunya Vina yang berjudul September Ceria yang pernah diundang DIVRE-V Surabaya melantunkan tembang tersebut dua tahun yang lalu.

LOMBA.
Sudah rutin dalam menyongsong ultahnya, seluruh jajaran mempersiapkan berbagai perlombaan, mulai dari lomba yang ringan berupa permainan rakyat, sampai lomba olah raga pada umumnya. Yang kita intip kali ini adalah lomba rakyat yang penuh dengan keunikan, ada unsur hiburan, mengundang kgelak tawa, yaitu lomba “Sepak Bola Gandul”.

Yang menjadi gandulan adalah hasil tanaman terong yang bulat panjang. Terong ini sangat enak untuk sayuran segar. Nah, terong inilah yang dipakai untuk menendang bola oleh para peserta lomba yang diikuti oleh karyawan, TKM dan Mitra Outsourcing di Lapangan Parkir OPMC TELKOM SBT, Jln. Ketintang 156 Surabaya, Senin (5/9).

Sebagai acara “leisure” pelepas penat setelah seharian bekerja, tentu lomba rakyat ini sangat diminati oleh para pegawai, baik sebagai penonton maupun sebagai pemain. Dari hasil lomba kemarin keluar sebagai juara-I adalah : Heru dari STO Manyar, juara-II : Darmadji STO Darmo dan juara-III adalah : Maradum STO Darmo.  NURSIDIK

GM JASNITA Berpisah di Pantai Pasir Putih


TAHUN 2005

Rekreasi dalam rangka Acara Pisah Kenal antara Manager Telkom Sidoarjo yang lama, Gunawan Rismayadi yang sekarang GM Jasnita dengan Manager Baru, Mulyadi yang diselenggarakan di Pasir Putih, Situbondo pada Sabtu malam 05 Februari 2005, dihadiri segenap pasukan Telkom Sidoarjo beserta keluarga tidak terkecuali Satpam dan bahkan Cleaning Service.

Hadir juga saat itu para Undangan beserta keluarga, diantaranya GM SBT Bagyo Nugroho, Manager Marketing Marnoto, Manager Ophar jarakses yang baru Tri Agus, Manager Telkom Jombang, Sutimin dan beberapa Mitra termasuk diantaranya Kopegtel Sidoarjo 'Citra Delta'.

Acara dipandu oleh Andi Pernadi dari AP Sepanjang serta H Mudjajin dari UPNA sebagai pembaca do'a dan hiburan berupa 'folk music' sengaja didatangkan dari Probolinggo dengan para penyanyinya yang cukup 'semlohe', sehingga malam yang dingin oleh hembusan angin laut menjadi hangat dan penuh dengan suasana kekeluargaan.

Setelah acara penyerahan cinderamata dari beberapa Unit Kerja, dilanjutkan dengan sambutan perwakilan dari rekans di Telkom Sidoarjo yang disampaikan oleh SS Marketing, Dwi Anggara; "....kami bangga menjadi saksi hidup perjalanan kader-kader terbaik Telkom yang selama ini berasal dari Sidoarjo menjadi pimpinan-pimpinan Telkom masa kini dan masa yang akan datang..."; demikian SS Marketing dalam sambutannya.

"....sebetulnya saya masih kerasan di Sidoarjo, tapi karena kepercayaan yang diberikan oleh perusahaan, maka amanah ini akan saya laksanakan dengan se-baik-baiknya........"; demikian sambutan GM Jasnita dengan dibumbui sedikit 'joke' "...........Telkom Sidoarjo itu ibarat Komputer Pentium 4 versi paling mutakhir, sehingga sebelum di-enter hasilnya sudah keluar duluan...".

Lain lagi dengan sambutan perkenalan dari Manager Telkom Sidoarjo yang baru :".......saya merasa bangga diberi kesempatan untuk bergabung dengan Telkom Sidoarjo, sebuah Kancatel yang memiliki historis dengan berbagai prestasi; ...............saya mempunyai impian bahwa seluruh komponen yang ada di Sidoarjo bisa menjelma menjadi satu kesatuan seperti di Amerika yang namanya 'Delta Force' yang selalu ditugaskan untuk menyelesaikan misi-misi tertentu dengan hasil yang senantiasa gemilang.............", demikian harapan Sang Manager yang dalam menyampaikan sambutan ini didampingi oleh sang Isteri.

Setelah penyerahan Cinderamata, maka sebagai gong-nya adalah sambutan dari Sang GM SBT :".......secara nyata di lapangan, Sidoarjo ibaratnya adalah seorang Putri yang jadi rebutan para Pangeran yaitu Pangeran Telkom, Pangeran Indosat, Pangeran Satelindo dan Pangeran Star One.............."; disampaikan juga bahwa Star One setiap hari 'ngglibet' di Sidoarjo dalam rangka merebut hati pelanggan dengan menampilkan sales-girl-nya yang 'aduhai; dan karena Sidoarjo merupakan sebuah tantangan bagi Divre 5 maka 'agility' atau kelincahan suatu organisasi dalam bertindak, menjadi syarat mutlak yang diperlukan.

Diharapkan juga bahwa jika GM Jasnita di Sidoarjo baru sekitar 6 bulan merasa belum cukup, maka bisa melakukan 'balas dendam'; karena Sidoarjo potensinya sangat tinggi, untuk itu maka GM SBT menobatkan Bapak Angkat-nya Telkom Sidoarjo bukan hanya dari Kandatel SBT saja tapi juga GM Jasnita, "...... jangan ragu-ragu jika ada dana promosi sisa untuk di'gelontorkan' ke SBT untuk diteruskan ke Sidoarjo.......", demikian sedikit 'joke serius' dari Sang GM.

Selanjutnya acara hiburan berlangsung sampai larut malam yang untuk kemudian keesokan harinya dilanjutkan dengan acara rekreasi pantai; tak ketinggalan juga ada Tennis Lapangan dan yang cukup seru adalah olah-raga Bola Voley Pantai antara para 'Bos' melawan Team Sidoarjo yang dikomandani langsung oleh Manager yang baru. Tak ketinggalan saat itu Sang GM hadir sebagai pengamat. Dan seusai 'pertandingan', disaat istirahat dalam obrolan santai, pembicaraan mulai masalah keindahan pantai yang ada di Indonesia sampai keindahan yang ada di pantai Florida bahkan Bay-Watch, mengalir secara alami menuju sebuah topik yang memang sedang hangat saat ini, .... strategi sejuta Flexi!!!!!!!!!
Go...go...go.....!!!!!! .......Fight...fight....fight...!!!!!....Win...win...win....!!!!

SALAM PATRIOT !