Mengenai Saya

SIDOARJO, JAWA TIMUR, Indonesia
Belajar Menjadi "Internal Jurnalism"

Jumat, 17 September 2010

Akibat Ulah Pencuri, GAMAS Di Krian Ada 2 Lokasi


TAHUN 2006

Akibat Ulah Pencuri, GAMAS Di Krian Ada 2 Lokasi

Gangguan Massal (GAMAS) siang ini, Kamis (5/10) terjadi di 2 lokasi, yang satu akibat pencurian, sedangkan yang satu lagi akibat terkena BEGO. Teknisi jaringan dari Krian mengatakan, bahwa untuk pencurian sendiri terjadi di Desa Bogempinggir berupa Kabel Udara (KU) Kapasitas 20” sepanjang 210 meter. Sedangkan yang terkena BEGO ada di Cabinet RB DP 36 Kapasitas 10”.

Padahal pagi harinya juga telah terjadi hal yang serupa, yaitu GAMAS akibat pencurian kabel udara. Hal tersebut dilaporkan oleh rekan Yayat Hidayat, Asman CAM TELKOM SBT. Dikatakan, bahwa GAMAS pagi ini adalah akibat ulah pencuri berupa pencurian KU di Ds Gagangpanjang STO Tulangan KU 100". Memang tidak panjang hanya 20 meteran, tetapi tetap menggangu pelayanan kita dan dampak multipliyer effek sungguh luar biasa.

Ditambahkan, bahwa pencurian di lokasi ini agak terjadi sedikit ketidakwajaran atau keanehan, yaitu di Area kebun tebu. Jika tebunya di panen atau di potong KU kita hilang, padahal di tempat lainnya KU dicuri pada saat tebu belum di potong karena pencuri ngumpet di kebun tebu.

Untuk itu kedepannya pihak CATEL Sidoarjo diharapkan mengupayakan dalam bentuk kerja sama dengan Pabrik Gula, untuk monitor progress info tentang kapan tebu di potong. Dengan demikian kita mengetahui timing critical point, sehingga saat kritis inilah kita perketat patrolinya. (NURSIDIK).

SBT : Jajaran Corporate Customer Access Network Buka Bareng


TAHUN 2006

SBT : Jajaran Corporate Customer Access Network Buka Bareng

Kompetisi pada segmen Corporate Customer di industri telekomunikasi semakin ketat, maka perlu adanya Corporate Customer Management Solution. Sebenar kuncinya adalah hanya pada SDM kita saja, dimana harus mampu workhard, worksmart dan merupakan teamwork yang solid, dan yang terakhir ada full support dari manajemen. Demikian antara lain dikatakan oleh ASMAN CCAN (Corporate Customer Access Network) TELKOM SBT, Mulyo Sukartono saat melakukan buka bersama, Kamis (5/10) di tempat lesehan Pak Mamin, Jln. Kendangsari, Surabaya.

Mulyo dalam acara buka bareng ini sengaja mengajak para Tenaga Kerja Mitra dan Mitra Kerja selain untuk mengakrabkan tali silaturahmi, maka yang lebih penting lagi ialah semakin solidnya kelompok kerja. Buka bareng ini merupakan “budaya” yang selalu diadakan selama ini di kalangan Internal CCAN.

Tanpa adanya kelompok kerja (teamwork) yang solid, maka tak mungkin semua Job CCAN dapat tuntas seperti sekarang ini. Manajemen apapun, perusahaan dan organisasi apapun, maka kunci keberhasilannya banyak didominasi pada cara menciptakan teamwork. Mulyo juga menegaskan lagi, bahwa banyak kegagalan dialami oleh suatu organsasi hanya disebabkan oleh tidak kompaknya kelompok kerja atau teamwork.

Dari hasil monitoring, maka kompetisi di segmen corporate customer ini semakin menggila aja. Nah, kalau kita dari sisi SDM terutama dari jajaran CCAN (Corporate Customer Access Network) tak kkompak, maka sudah sejak awal kita terlibas oleh kompetitor. Jadi sekali lagi, bahwa tujuan buka bareng ini selain untuk ibadah, juga untuk memelihara teamwork. (NURSIDIK).

GM SBT Working Around Ke Plasa TELKOM


TAHUN 2006

GM SBT Working Around Ke Plasa TELKOM

Secara Full Team, yaitu bersama para Senior Leaders, GM TELKOM SBT, Tulus Sudarsono kembali melakukan Working Around ke Plasa TELKOM Rungkut pada hari Rabu (4/10). Plasa TELKOM yang merupakan wajah pelayanan dan sebagai salah satu Business Market Place memang harus selalu tampil menawan. Kontak bisnis antara Customer dan CSR selalu terjadi setiap hari, sehingga memang Plasa Telkom harus mampu memberikan kesan yang bagus.

Dalam kesempatan tersebut, Tulus berbincang ringan dengan Manager Customer Care, Senior Supervisor serta beberapa Pelaksana. Yang diperbincangkan adalah masalah Quality Of Services, Continuous Improvement serta upaya merentensi termasuk Customer Satisfaction. Beberapa masukan dari Supervisor Plasa sangat berarti bagi GM yang kemudian bila ada yang crucial, maka akan segera disolusi di tingkat manajemen.

Tulus nampak ingin Learn More tentang wajah pelayanan yang ada Plasa Telkom apalagi merupakan ujung tombak (front line). Beberapa Custom Solution sesekali dideliver oleh GM kepada para Pelaksana yang memberi masukan serta kepada Sang Supervisor. Fungsi pelayanan memang sangat dominan di Plasa ini, sehingga ia juga harus mampu pula befungsi sebagai Solution Center, sehingga para Customer tercinta tidak merasa dipingpong.

Plasa Telkom harus selalu Committed kepada para Customernya, dan juga harus selalu mendevelop nuansa-nuansa cerah ceria, sehingga terbangun Corporate Image yang kuat, termasuk Corporate Reputation. Plasa TELKOM yang merupakan tempat bertemunya Customer dengan CSR harus selalu dikawal performansinya. BISPRO didalam berinteraksi dengan pelanggan harus selalu di refresh. (NURSIDIK).

Resep Tembus 1000 SST Dari TELKOM Sidoarjo


TAHUN 2006

Resep Tembus 1000 SST Dari TELKOM Sidoarjo

Selasa 3 Oktober 2006 yang bertepatan dengan hari kesepuluh bulan Romadhon, Manajemen Catel Sidoarjo melaksanakan Briefing morning yang memang sudah menjadi tradisi tiap bulan dan dipimpin langsung oleh Junior Manager Catel Sidoarjo, Mochamad Sholeh Triagung.

Saat presentasi Cak Agung panggilan akrabnya mengatakan pada bulan puasa ini kita semua harus banyak bersyukur. Sebagai insan Telkom sebentar lagi mendapat THR dan jangan lupa tingkatkan kesholehan ritual kita juga sosial, karena 2 dimensi ini saling terkait.

Disisi lain Cak Agung mengucapkan Alhamdulillah, bahwa pemasaran bulan September ini kita bisa tembus 1010 SST. Diharapkan di bulan Oktober akan tembus 2000 SST, Amiinnn… sahut seluruh jajaran serentak.

Ketika masuk ke sesi Tanya jawab, maka rekan AJM OMAN I, Wayan Suardana menanyakan soal Login SISKA di Unit OMAN Sidoarjo yang sangat kurang, padahal untuk target pengekringan 1000 SST harusnya otoritas login tidak cuma satu. Tujuannya agar target pengekringan dapat dilibas cepat. Bukankah dalam era KOMPETISI yang cepat memakan yang lambat.

Kemudian ditanyakan juga soal Jaringan tambahan untuk ekspan di Wringin Anom dan Durungbedug belum terealisasi ada apa denganmu … ???, katanya. Lain halnya pertanyaan lain rekan dari AJM CS, yaitu Cak Slem. Yang ditanyakan soal penanggulanan antrian pembayaran rekening yang setiap bulan terlalu panjang sampai trotoar jalan, solusinya, Securitinya, dan sebagainya.

Officer 2 UPMB Ketut Murdana tidak mau kalah, dia berharap untuk unit Marketing dalam memasarkan Speedy harus yang Valid dan Detail. Informasi identitas serta atribut yang lain hendaknya dikawal dari awal sampai operasional, agar tagihannya jelas dan tidak terjadi tunggakan apalagi merugikan pelanggan. Semua tersolusi dan pada akhir acara, Cak Agung memberikan SK mutasi Intern untuk mengoptimalkan SDM yang ada demi tercapainya Target Catel Sidoarjo. (CAK DJUM).

Tulus Sudarsono Beri Nama Mushollah “AL-IKHLAS”


TAHUN 2006

Tulus Sudarsono Beri Nama Mushollah “AL-IKHLAS”

Acara padat baik kedinasan, maupun ibadah di bulan Maghfiroh nan Mubarok 1427-H bagi GM TELKOM SBT, Tulus Sudarsono sudah merupakan amanah yang harus dijalani. Calendar Of Event selama bulan Puasa yang sudah terpampang jelas di ruang Sekretariat menunjukkan padatnya acara, tak terkecuali pemberian nama Mushollah mungil dan indah di STO Rungkut, Jln. Kendangsari Nomor 1-3, Surabaya.

Bagaimana kalau kita sepakat kita beri nama AL-IKHLAS untuk Mushollah yang mungil dan ber-AC ini ?, pinta Tulus kepada hadirin. Setuju ... !!! jawabnya serentak. Wah, cukup demokratis pemberian nama tempat ibadah ini yang diikuti dengan keikhlasan untuk menyetujui penamaan tersebut.

Pemberian nama AL-IKHLAS memang sangat pas, sebab mengandung makna yang sangat dalam, apalagi didalam kitas suci AL-QURAN juga tersurat dan tersirat Surat Al-Ikhlas yang merupakan surat ke 112, tergolong surat Makiyyah, terdiri atas 4 ayat dan pokok isinya adalah menegaskan KeEsaan Allah SWT sembari menolak segala bentuk penyekutuan terhadapNYA.

Makiyyah adalah istilah yang diberikan kepada ayat Al-Quran yang diturunkan di Mekkah atau diturunkan sebelum Rasulullah SAW hijrah ke Madinah. Sebuat surat dapat terdiri atas ayat-ayat yang diturunkan di Mekkah secara keseluruhan, namun bisa juga sebagian diturunkan di Madinah (Madaniyah).

Mushollah ini menurut rekan Usman dari STO Rungkut, akan dipercantik dengan melakukan renovasi bagian depannya saja. Dana spontanitaspun melalui ”piring terbang” yang baru saja diedarkan oleh rekan Abd. Aziz selaku Panitia sudah lumayan cukup untuk mempercantik dan lebih memperindah rumah ibadah ini. (NURSIDIK).

GM SBT Ke “CDROM” STO Rungkut


TAHUN 2006

GM SBT Ke “CDROM” STO Rungkut

Memasuki puasa Romadhon putaran kedua hari ke sebelas, GM TELKOM SBT, Tulus Sudarsono masih nampak fit dan ceria, sebab seperti hari-hari sebelumnya selalu Working Around ke beberapa Unit Kerja sekaligus Silaturahmi dan Self Introduction agar lebih dekat dengan seluruh jajaranya. Kali ini, Rabu (4/10) ke STO Rungkut, suatu STO yang berdiri di kawasan padat industri, Disini Tulus ber-Safari Ramadhan menghadiri CDROM (Ceramah Di bulan Romadhon).

Sebelum Penceramah “CDROM” memulai acara, maka terlebih dahulu GM TELKOM SBT, Tulus Sudarsono memberikan sambutan, yang intinya agar performansi TELKOM SBT di bulan Romadhon ini tetap prima, terutama menyangkut Posko Lebaran bagi para Pemudik. Pada prinsipnya, masih kata Tulus bahwa kerja itu Ibadah, jadi mari kita tingkatkan IMTAQ (Iman Taqwa) kita atau tingkatkan kualitas penghambaan kita kepada Allah SWT di bulan Mubarok ini.

Sedangkan Penceramah Ustadz Drs. H. Agus Romdhon Saputra dalam kesempatan tersebut mengangkat suatu tema yang berjudul “Taqwa”. Beberapa referensi tentang Taqwa diangkat untuk disharingkan kepada para jamaah yang terdiri dari karyawan dan karyawati Plasa dan STO Rungkut serta para Senior Leaders TELKOM SBT yang mendampingi Safari Romadhon GM, Tulus Sudarsono.

Kedudukan kata Taqwa berkaitan dengan Siam atau Puasa sesuai yang tersurat dan tersirat dalam Surat AlBaqoroh dikupas tuntas sampai La alakum Tattaquun. Taqwa harus selalu ada didalam diri kita dan harus selalu mengalir didalam lisan kita, didalam setiap aktivitas kerja dan kehidupan kita sehari-hari. Arti Taqwa yang paling Haqiqi adalah Jalankan Segala PerintahNYA dan Jauhi Segala LaranganNYA, kuncinya. (NURSIDIK).

Untuk Berkompetisi, GM SBT Tinjau ALPRO Ke MDF Rungkut-I


TAHUN 2006

Untuk Berkompetisi, GM SBT Tinjau ALPRO Ke MDF Rungkut-I

Cita-cita To Be The Winner dalam era persaingan saat ini tidak dapat dilihat dari satu sisi saja, tetapi ia harus dilihat secara Overall, mulai dari SDM, Budget sampai kepada sisi pendukung lainnya termasuk Infrastruktur yang berupa Alat Produksi (ALPRO). Hal inilah yang mendasari GM SBT, Tulus Sudarsono melihat secara langsung kondisi ALPRO di STO Rungkut-I didampingi DGM dan Sekretarisnya.

Menurut Tulus, ALPRO ini sangat berkaitan dengan Customer Retention, Get New Customer dan Customer Satisfaction, sehingga mereka tak bakal lari kemana-mana, walau diiming-imingi oleh competitor berbagai diskon menarik. Tulus juga menanyakan ALPRO SPEEDY yang masih ada Idle Capacity sebesar 200 SST serta program Additional lainnya.

Memang target yang harus dituntaskan hingga akhir tahun ini masih lumayan, namun jika tidak dikawal, maka akan lolos juga, apalagi era persaingan sudah semakin sadis, bukan apple to apple lagi, tetapi suda head to head, caplok mencaplok. Maka menjadikan Customer sebagai Raja memang satu-satunya pilihan, tak ada yang lain.

Keinginan Kastemer mungkin bisa jadi ”optional” atau ”varying”. Nah, yang inilah yang harus selalu dapat kita antisipasi, kalau target sales kita ingin tercapai yang akan berujung kepada Revenue. Satu lagi, bahwa keinginan dan harapan kastemer biasanya dipengaruhi oleh Culture Values, Advertising (iklan), Marketing dan saluran komunikasi bisnis atau media promo yang lain.(NURSIDIK).

Lailatul Qadr Di Masjidnya Telkom DIVRE-V


TAHUN 2006

Lailatul Qadr Di Masjidnya Telkom DIVRE-V

Kendati baru memasuki hari yang kesembilan, Senin (2/10), namun Ceramah Ramadhan rutin usai sholat Dzuhur di Masjid TAKHOBBAR DIVRE-V Jln. Ketintang 156, Surabaya sudah membahas masalah malam Lailatur Qadr. Topik ini disampaikan oleh K.H. Abdul Rahman Nafis, LC. Para Jama’ah yang sebagian besar karyawan karyawati TELKOM DIVRE-V antusias mendengarkan, menyimak, pingin mendapatkan malam seribu bulan tersebut.
Nafis dalam kesempatan tersebut menyampaikan Firman Allah SWT yang berkaitan dengan Lailatul Qadr. Surah al-Qadr yang diturunkan di Mekkah setelah hijrahnya Nabi ke Madinah itu hanya berjumlah lima ayat, isinya berkisar tentang suatu malam yang dijanjikan yang didokumentasikan alam dengan gempita. Suatu malam komunikasi antara bumi dengan mala’ul a’la. Malam dimulai turunnya al Quran pada kalbu Muhammad SAW. Malam agung yang tak ada duanya di persada alam, keagungannya, tanda-tandanya, dan efeknya bagi seluruh kehidupan manusia. Keagungan yang tak bisa dideteksi nalar: “Sesungguhnya Kami turunkan ia di Malam Qadr. Tahukah kamu apa itu Malam Qadr? Malam Qadr itu lebih baik dari seribu bulan” (Al-Qadr: 1-3).
Para Ulama, lanjut Nafis, sepakat bahwa malam Lailatul itu ada, tetapi ada perbedaan tentang saat turunnya., berupa apa, nilainya apa (Value), kapan , malam ke berapa, dan sebagainya. Namun, bila kita membaca hadits-hadits Nabi SAW, dapat kita simpulkan sebagai berikut :
~ Lailatul Qadr terjadi setiap tahun di bulan suci Ramadhan, terutama pada malam-malam sepuluh hari terakhir ketika Rasulullah SAW melakukan I’tikaf, “Apabila memasuki sepuluh hari terakhir di bulan Ramadhan, Rasulullah saja menghidupkan malam-malamnya dengan beribadah. Beliau membangunkan istrinya, bersungguh-sungguh dan serius bribadah,” (HR Bukhari dan Muslim)
~ Lebih utamanya pada malam-malam ganjil, yaitu 21,23, 25, 27 , dan 29. Rasulullah SAW bersabda, “Carilah Lailatul Qadr pada malam-malam ganjil di sepuluh hari terakhir di bulan Ramadhan,” (HR Bukhari dan Muslim).
~ Lebih spesifik lagi adalah pada tanggal 27 Ramadhan menurut pendapat mayoritas ulama dan tanggal 21 menurut Imama Syafi’i. Ibnu Abbas pernah meminta sahabat yang lebih tua, lemah dan tidak mampu berdiri berlama-lama untuk bertanya kepada Rasul, kapankah ia bisa mendapatkan Lailatul Qadar? Rasulullah SAW menasehati agar ia mencarinya pada malam ke 27 (HR Thabrani dan Baihaqi). Malam Jum’at yang jatuh pada tanggal ganjil, juga perlu diperhatikan.
NURSIDIK

SALES FORCE SBT Mencari NEW MARKET, Sales Flexi Leading


TAHUN 2006

SALES FORCE SBT Mencari NEW MARKET, Sales Flexi Leading

Anda tahu NEW MARKET di Virginia dari sebuah majalah bisnis yang berisi informasi pemasaran dan bisnis, tetapi belum tentu mengetahui NEW MARKET di TELKOM SBT AREA, yang tau hanyalah para SALES FORCE, sebab mereka telah berhasil melibas pemasarannya di bulan September 2006 dan LEADING se JAWA TIMUR !

Karena sering dan rutin mendapat arahan, maka para Sales Froce SBT mengetahui tempat-tempat yang baru dan menjanjikan. Marketer yang THE BEST diberi reward. Mereka tak tabu terhadap BATTLE FIELD bahkan BATTLE OF NEW MARKET, sehingga tak ada istilah PASAR JENUH bagi mereka, yaitu bagi PEMASAR yang masih mudah dan enerjik ini.

Padahal mereka hanya dibekali Manajemen dengan SATU KATA atau SATU KALIMAT saja yang sangat sederhana, yaitu telepon adalah merupakan DRIVER KEHIDUPAN, apakah itu kehidupan sosial, politik, ekonomi, bisnis. Jadi ciptakanlah NEW MARKET di cela-cela kehidupan tersebut. Customer Is The King benar-benar dipegang teguh oleh para SALES FORCE yang merupakan THE POWER OF MARKETING !

ASMAN Sales and Promotion, Sujoko mengucapkan selamat Sales Force dan seluruh jajaran yang berkontribusi atas keberhasilan, bahwa Sales Flexi LEADING se Jawa Timur. Support para PONGGAWA mulai dari CATEL Jombang, Mojokerto dan Sidoarjo luar biasa atas keberhasilan ini. (NURSIDIK).

Mojokerto : Buka Puasa, Tarawih, Patroli, Dilanjut Sahur


TAHUN 2006

Mojokerto : Buka Puasa, Tarawih, Patroli, Dilanjut Sahur

Setelah melakukan kegiatan-kegiatan pemasangan alarm KU lokasi rawan Pencurian, pengikatan bearer KU dengan kawat, pemasangan kawat berduri, pengaliahan KU ke Tiang PLN, pemasangan overpal kunci grendel pada pintu kabinet, pemberian alarm buzzer di kabinet DLC, patroli rutin setiap hari Mirya dan hari (Jum’at, Sabtu dan Minggu), pemasangan spanduk daerah rawan pencurian, kegiatan sosial (pemberian lampu penerangan, kesehatan dll) serta pelaksanaan FGD dengan aparat keluharan, kecamatan, aparat desa, serta dengan pihak Kepolisian, maka pada Jum’at tanggal 29 September 2006 tidak seperti biasanya Kancatel Mojokerto telah melakukan gebrakan tentang antisipasi pencurian Kabel Telpon dengan mengerahkan hampir 80% armadanya.

Dipimpin langsung oleh JM Kancatel berserta AJM-nya setelah melakukan tarawih bersama, maka seluruh armada berangkat dari STO Empunala pukul 9.45 WIB. Berbekal sentolop / senter, pentungan karet, surat tugas patroli, denah lokasi, daftar nomer Polsek dll rombongan pertama menelusuri lokasi Modongan, Jatirejo-Delanggu-Pasinan.

Seluruh komponen baik dari Pegawai Kancatel Mojokerto, Unit bisnis Datel SBT lokasi Catel Mojokerto tenaga TKM, SATPAM, serta dibantu dari pihak pengamanan extern yaitu dari pihak Polsek-polsek lokasi Mojokerto telah berusaha untuk memberikan sumbangsih baik tenaga maupun fikiran dalam rangka antisipasi Pencurian kabel tsb.

Para peserta hanya 80% mengingat yang 20% adalah pegawai wanita. bak film cowboy wajah-wajah siap perang dan siap tempur bahkan ada yang bawa pistol meskipun kalau ditembakkan bukannya peluru yang keluar namun api karena ada rekan kerja yang mau merokok tapi tidak punya korek api, tapi minimal hal-hal tersebut akan sangat berguna sekali di lapangan dan bisa membuat ciut nyali pencuri. Selain dengan pesawat Handphone maka komunikasi antar kelompok dilakukan dengan memakai salah satu mitra kerja PT. Telkom Kancatel Mojokerto yaitu Radio Madja FM.

Untuk mensinergikan acara, maka sebelum acara patroli bersama dilaksanakan, pada sore harinya telah dilakukan buka puasa bersama yang dihadiri oleh seluruh jajaran Kancatel Mojokerto. Terpancar rasa kekaguman Arif Irfansah selaku JM Kancatel Mojokerto terhadap keakraban dan rasa persaudaraan dari bawahannya “Semoga acara ini akan selalu berkesinambungan dalam rangka menjalin tali Silaturahmi seluruh jajaran Kancatel Mojokerto“.

Seluruh armada Patroli kembali ke STO Empunala kurang lebih pukul 2.30 WIB dan langsung pulang ke rumah masing-masing setelah dilakukan sahur bersama. Kami sempat berfoto bareng di produk Pesaing kita wah rasanya pengen banget cabutin tuh Umbul-umbul sekitar 40 buah (tapi terus terang red. Liat kedewasaan dari rekan-rekan yang batal untuk mencabuti umbul-umbul dimaksud, meskipun dengan rasa gondok, ati mringkil, ati njededeg dll).
(@kk@-y Saputro/Mojokerto).

Tenant Plaza Marina Akan Disapu HOTSPOT


TAHUN 2006

Tenant Plaza Marina Akan Disapu HOTSPOT

Perkembangan MULTI MEDIA CENTER pertama di Plaza Marina Surabaya semakin menakjubkan, sebab usai diresmikan Direktur Konsumer dua pekan silam, kini selain digunakan oleh para pialang saham, juga ada fasilitas HOT SPOT yang dimilikinya sudah diincar oleh para Tenant.

Saat ini Lantai-2 disapu pakai 2 (dua) Access Point (AP), Lantai-3 dengan 1 (satu) Access Point (AP), sedangkan Lantai-1 rencananya besok Selasa malam akan ditarik UTP u/ 1 buahh AP depan counter McDonald. Jika sudah hidup semua akan direncanakan event pameran khusus Hotspot dengan Tenant-tenant PDA GSM/CDMA dengan promo kartu I-Vas. Prospeknya sangat cerah dan bagus !

TELKOMHotspot adalah salah satu layanan akses internet yang disediakan Telkom melalui WiFi (Wireless Fidelity), Teknologi berstandar IEEE 802.11b yang bekerja pada frkwensi 2,4 Ghz dengan kecepatan transfer data sampai dengan 11 Mbps untuk koneksi dari komputer sampai dengan Access Point. Perihal setting pada Laptop, PC atau PDA, saya biasa saja, asalkan Wifi nya dalam status "enable", akan mendetek secara otomatis, dan pilih SSID : TELKOMHotspot

Untuk bisa menggunakan akses internat melalui TELKOMHotspot, harus menggunakan IVAS "Satu Kartu Multi Layanan Internet", yg bisa dibeli di plasa Telkom ataupun outlet2 lain (ktr. pos, bandara, cafe, mall dll). Bisa juga beli IVAS meluai SMS ke 4827 dengan cara :

1. Beli Baru : ketik IVAS25000 atau IVAS15000
2. Isi Ulang : ketik VIVAS25000 (10 digit login ID IVAS)
3. Cek Saldo : ketik saldo(10 digit login ID IVAS)

NURSIDIK

SBT Antisipasi SUPPLY DEMAND Di Bandara JUANDA Baru


TAHUN 2006

SBT Antisipasi SUPPLY DEMAND Di Bandara JUANDA Baru

Seiring dengan tuntutan bisnis, maka laju perkembangan angkutan udarapun berjalan sangat pesat, sehingga Bandara Udara JUANDA SURABAYA melakukan perluasan. Meski belum FINISH atau masih PROSES, namun kebutuhan sarana infrastruktur telekomunikasi sudah diantisipasi oleh jajaran TELKOM SBT, sebelum DICAPLOK oleh OTHER PROVIDER atau KOMPETITOR.

Antisipasi infrastruktur tersebut kini sudah pada tahap Rapat Penjelasan dan Penyerahan RKS (Rencana Kerja dan Syarat) serta metoda pengadaan yang dilaksanakan di Ruang Rapat General Support SBT, Senin (2/10). Metode pengadaan adalah dengan cara pemilihan langsung dengan mengundang minimal 3 (tiga) mita kerja karena nilainya diatas Rp. 50 juta.

Para Mitra Kerja yang diundang dalam Rapat RKS ini adalah : CV. Gunung Anyar, PT. Cakrawala Ujo Mandiri, PT. Pamitra Jaya Prima, CV. Indo Mulya, CV. Citra Mandiri dan PT. Citra Utama Teknik. Rapat RKS ini langsung dipimpin oleh Officer-2 Logistic Procurement, Agus Sudarmono yang memaparkan secara transparan tentang RKS ini tanpa ditutup-tutupi, no hidden agenda !

Kerjasama yang baik dan solid dengan para Mitra Kerja sangat penting dan diutamakan dalam proyek ratusan juta rupiah ini, kata Agus. Proyek ini menindaklanjuti koordinasi berkelanjutan antara Bandara Juanda dengan UCC-5 untuk mengantisipasi rencana peresmian dan pengoperasian Bandara Juanda Baru.

Selain itu, proyek ini juga memenuhi permintaan dan antisipasi demand di Bandara Baru dan CO Bandara Lama ke Bandara Baru sebanyak 500 sst layanan POTS, ISDN PRA / Akses 2 Mbps, Speedy dan Multimedia. Proyek ini memiliki aspek strategis, yaitu Retensi Customer PT. Angkasa Pura dan Komunitas Bandara,. Juga sebagai Entry Barrier pesaing opoerator lain serta penetrasi layanan produk TELKOM. (NURSIDIK)

SBT : Inovasi “BAMS” Diharapkan Diimplementasikan Nasional


TAHUN 2006

SBT : Inovasi “BAMS” Diharapkan Diimplementasikan Nasional

Diera persaingan ini, maka kalau tidak diikuti dengan inovasi dan kreatifitas, maka tentu akan kecaplok competitor dan mati. Untuk itu semua KANDATEL di DIVRE-V ini selalu memiliki semangat berinovasi. Ada 1 hasil inovasi TELKOM SBT yang siap implemented secara Nasional, dan pernah ditinjau oleh Dir Konsumer, Guntur Siregar.

Permohonan awal dari EGM DIVRE-V yang ditujukan kepada Direktur Konsumer adalah Implementasi Penggunaan Alat Ukur Broadband di Lingkungan DIVRE-V. Inovasi Alat Ukur BAMS (Broadband Access Measurement System) ini adalah dalam rangka meningkatkan performansi kesiapan Jaringan Akses untuk layanan Broadband yang sudah diimplementasikan untuk melakukan pengukuran jaringan akses siap broadband di KANDATEL Surabaya Timur.

Berdasarkan eveluasi implementasi alat ukur BAMS di TELKOM SBT, ternyata mampu melakukan pengukuran jaringan akses broadband secara simultan dan multi pair serta kaitannya dengan pemenuhan spesifikasi jaringan akses broadband sesuai KR 22. Inovasi BAMS ini mempunyai kemampuan untuk melakukan pengukuran Parameter Jaringan Akses Broadband sebagai berikut : Pengukuran Tahanan Isolasi, Tahanan Loop, Tegangan DC, Tegangan Asing, Kapasitansi, Redaman Saluran, Longitudinal Balance dan Unbalance Resistance.

Alat ini direncnakan distandarisasi di lingkungan DIVRE-V Jawa Timur dengan tahapan implementasi : Standarisasi inovasi (selesai Minggu-I Oktober 2006), Instalasi di seluruh KANDATEL di lingkungan DIVRE-V (selesai Minggu-II 2006), IHT penggunaan BAMS (selesai minggu-II 2006). Harapannya ialah distandarisasi secara Nasional, sehingga mampu mempercepat Penetrasi Speedy di Telkom. (NURSIDIK).

Mengais Rizqi Di Masjid Takhobbar DIVRE-V


TAHUN 2006

Mengais Rizqi Di Masjid Takhobbar DIVRE-V

Harganya relatif murah, bahkan ada yang sangat murah. Ragam barang yang diperdagangkan juga variatif. Itulah para pedagang yang menjajakan dagangannya di depan Masjid Takhobbar DIVRE-V Jln. Ketintang 156, Surabaya setiap usai sholat Jumat. Para pedagang ini diserbu oleh para jamaah yang rata-rata karyawan TELKOM DIVRE-V.

Rizqi memang ditentukan oleh Allah SWT, tetapi manusialah yang harus berusaha dan berdoa agar mendapatkan rizqi tersebut. Para pedagang juga ikut sholat Jumat, ikut berdoa. Mungkin inilah yang dimaksud dengan usaha dan doa itu. Mereka menggela buku-buku Agama, MP3 bernafaskan Islam, Baju Muslim, elektronik sampai kepada tools pertukangan, ada saja yang membelinya. Sekali lagi, inilah rizqi dari Allah SWT !
Segala Puji bagi Allah, Tuhan Sekalian Alam. Dialah yang menciptakan mahluk Manusia dengan melebihkan sebagian mereka terhadap yang lain dalam mendapatkan rizqi. Pada kenyataannya manusia itu ada yang kaya dan ada yang miskin. Namun perbedaan itu dimata Allah dimaksudkan sebagai cobaan; mana diantara mereka yang banyak bersyukur serta banyak amal baiknya.
Bahwa kebijaksanaan Allah dalam melebihkan sebagian manusia dalam rizqi, kecantikan, ketampanan, kecerdasan, kesehatan, kekuatan, dan sebagainya merupakan manifestasi dari bentuk-bentuk kebijaksanaan-NYA yang amat tinggi dan dalam, bukan berarti yang diberikan segala-galanya itu lalu menunjukkan yang dicintai oleh Allah. Demikian pula yang sebaliknya yang hidup serba kekurangan, bukan berarti yang diberikan cobaan, atau orang-orang yang dibenci Allah.(NURSIDIK).

Slamet.H., Terima Best Mitra Security Di Hari Bhakti


TAHUN 2006

Slamet.H., Terima Best Mitra Security Di Hari Bhakti

Para penerima penghargaan pada hari Bhakti POSTEL ke-61 saat upacara di halaman Kantor DIVRE-V Jln. Ketintang 156, Surabaya Rabu (27/9) tentu merasa senang, bahwa prestasinya selama ini benar-benar diapresiasi oleh manajemen. Apalagi penghargaan tersebut diserahkan saat upacara yang dihadiri oleh para karyawan dan karyawati.

Perasaan senang campur haru tersebut juga dialami oleh rekan kita, Slamet Hartoyo sebagai Petugas Security (SATPAM) peringkat terbaik 2006. Sudah 4 tahun lebih saya mengabdi di PT. TELKOM dan baru kali ini menerima apresiasi dari manajemen. Saya hanya bersyukur kepada “Yang Diatas” atas karunia kesehatan yang dilimpahkan kepada diri saya dan keluarga, kalau saya sakit, maka tentu saja saya tidak dapat melakukan tugas saya sebagai Security yang dituntut selalu dalam kondisi prima, tuturnya.

Saya pernah bertugas di Ponorogo selama 4 bulan, di KANCATEL Sidoarjo selama 1 tahun, kemudian ditarik di TELKOM SBT Metro hingga sekarang. Anak saya sebenarnya 3 orang, tetapi yang nomor 2 meninggal dunia saat baru lahir. Saya dengar anak Bapak ada yang mendapat beasiswa dari TELKOM ya...?, tanya Redaksi. Benar, yaitu cewek yang kini sudah klas 4 SD.

Anak saya yang pertama sudah klas 3 SMA. Prestasi di bidang olahraga lumayan juga terutama sepak bola. Pernah selama 2 tahun telah dua kali ikut PERSEBAYA Yunior. Dalam kesempatan ini Slamet mengucapkan terimakasih kepada Manajemen atas apresiasinya, sedangkan kepada rekan-rekan yang beragama Islam mengucapkan selamat beribadah Puasa.(NURSIDIK).

Nuansa Ramadhan di Catel Jombang.


TAHUN 2006


Nuansa Ramadhan di Catel Jombang.

Pada bulan September yang bertepatan dengan Hari Bhakti Postel ke 61 dan bertepatan pula di bulan suci Ramadhan, dimana umat Islam diwajibkan berpuasa sebulan penuh, menahan lapar, haus dan pula menahan hawa nafsu .

Pada bulan yang penuh rahmat, barokah dan ampunan ini Kancatel Jombang mengadakan kegiatan siraman rokhani. Acara ini diikuti seluruh karyawan / wati, SPM, Satpam, Kopegtel dan TKM. Muthahirina selaku Takmir musholla NURULLAH, dalam acara pembukaan menjelaskan bahwa kegiatan ini diadakan setelah sholah Dhuhur.

Setiap hari Selasa dan Kamis diadakan siraman rochani dengan menghadirkanl ustadz atau ustadzah. Dalam siraman rochaninya, Drs. KH.D.Yasin Sholeh kembali mengingatkan kepada kita kutipan ayat suci Al Quran dari surat Al Baqoroh 183, yang artinya : “ Diwajibkan atas kamu untuk berpuasa sebagaimana diwajibkannya orang orang sebelum kamu, agar kamu bertaqwa“

Yang utama dari makna tersebut adalah, kita tidak hanya menahan rasa lapar dan haus tapi juga bisa mengendalikan hawa dan nafsu. Marilah kita isi bulan yang agung ini dengan kegiatan yang positif. Kemudian setiap hari Senin dan Rabu bisa diisi dengan belajar mengaji dan tafsir Qur’an. Bahkan Nunu Nugroho selaku JM Catel Jombang biasa mengisi acara tersebut dengan Sejarah Islam, dan cerita Nabi. Kita gunakan waktu istirahat dengan amalan amalan yang positif dengan tadarusan membaca Kitab suci Alloh.

Setelah sebulan penuh kita berpuasa, InsyaAllah kitapun akan bertemu dengan hari yang Fitri, dimana kita laksana baru dilahirkan kembali ke fitrah. Kita laksanakan sholat Idhul Fitri dan saling maaf memaafkan. Semoga di Bulan suci Ramadhan ini senantiasa membawa berkah bagi kita dan Perusahaan yang kita cintai,.. Amin. (Koesdar).

IHT Speedy Indirect Channel Management SBT

TAHUN 2006

IHT Speedy Indirect Channel Management SBT

Gaung Promo Produk Speedy dengan gaung IHT (In House Training) Speedy hampir sama melengkingnya. Hal ini menunjukkan, bahwa pertarungan bisnis di jalur dunia maya ini tak main-main dan memang tak pernah main-main, Kill Or To Be Killed !!!, begitulah…!!!! Untuk itu, jajaran ICM (Indirect Channel Management) menerima IHT dipusatkan di .di Broadband Competence Center dan Jawara Competence Center, yang berlokasi di Plasa Telkom Manyar SBT, Kamis (28/9).

Objective IHT adalah untuk meningkatkan kompetensi personil Indirect Channel Management (khususnya mengenai layanan Speedy) untuk memenangkan persaingan di segmen Warnet, serta sebagai Media sharing dan diskusi mengenai layanan Speedy. IHT Speedy ini diselenggarakan dari hasil kerjasama Sekar DPD SBT dengan Divlat Surabaya (TTC).

Acara dibuka oleh Asman Indirect Channel Management SBT, Indratmoko Susanto, Mewakili Manager Customer Care SBT. Peserta sebanyak 18 orang dari Indirect Channel Management SBT Metro dan Catel (SDA, MR, JG) dan Personal Customer Care SBT. Materi yang disampaikan adalah :

Sekilas product knowledge Speedy untuk reminding product knowledge Speedy bagi peserta. Yang tak kalah pentingnya adalah Materi Pelatihan Speedy tingkat lanjutan, yang berupa :
1. Complain Handling Speedy, berisi identifikasi masalah layanan Speedy dan solusinya, disampaikan oleh Arif Swa dari Personal Customer Care SBT.
2. Technical troubleshooting Speedy, disampaikan oleh Hendriesjaf Arief dari CCAN SBT.
3. Praktek.

Sesuai objective pelatihan, maka sebagai media sharing problem & solutions masalah layanan Speedy khususnya untuk segmen Warnet disambut antusias perserta sehingga tanya jawab & diskusi terus mengalir. Setiap bahasan dalam diskusi terus berkembang antara lain mengenai bagaimana meyakinkan pelanggan Warnet dengan studi kelayakan bisnis Warnet Speedy, bagaimana konfigurasi optimal Speedy untuk Warnet, SLG & QoS Speedy untuk Warnet, dll.(NURSIDIK)

SATPAM Mojokerto Back-Up Sukses ECR


TAHUN 2006

SATPAM Mojokerto Back-Up Sukses ECR

Sebelum upacara peringatan HUT Parpostel tanggal 27 September 2006, Arif Irfansah selaku JM Kancatel Mojokerto menyempatkan diri untuk memberikan arahan, petunjuk dan ucapan terima kasih kepada seluruh jajaran Satpam Mojokerto.

Ucapan Terimakasih tersebut bukan tak beralasan, sebab para SATPAM telah ikut serta dalam mensukseskan Pencairan ECR (Employee Customer Retention) Catel Mojokerto posisi Bulan Agustus dan September 2006 (s/d tgl. 26 September 2006) yang telah menempati posisi ranking 1 untuk Datel SBT.

Didalam sambutannya Arif menuturkan bahwa semua tergantung pada niat yang timbul dari hati nurani diri sendiri dan disertai dengan pelaksanaan yang ikhlas dan tulus. Tentunya hasil yang positif pasti akan didapat, entah itu berguna bagi rekan-rekan SATPAM sendiri, masyarakat, pelanggan, stakeholder maupun bagi perusahaan PT. Telkom tercinta ini. Selain itu Arif menambahkan bahwa tujuan dari ECR ini adalah sbb :
1. Penyambung lidah antara uneg-uneg Pelanggan dengan Managemen PT. Telkom.
2. Mengurangi Cabutan.
3. Memelihara Pelanggan khususnya pelanggan telepon POTS.
4. Empati dan Kepedulian insan PT. Telkom terhadap keberadaan pelanggannya.
5. Dll.

Acara ini digelar dibawah Tower STO Empunala yang telah disulap dan sedikit renovasi sebagai tempat pojok ide (tentunya sudah diperhitungkan dampaknya). Perlu diketahui bahwa setiap up/STO di Catel Mojokerto untuk tempat-tempat yang luang telah direnovasi terserah kepada masing-masing pegawai setempat untuk membuat dan menyulapnya. Ada yang berupa taman dengan Gubuk-nya seperti di STO Mojosari dan STO Pacet, Kolam ikan lele seperti di STO. Mlirip, Kolam ikan hias di STO. Empunala dll. Tentunya bahan yang dipakai bukanlah bahan yang mahal atau harus membeli di toko, tetapi ada yang memakai bekas kabel, bekas tiang, ada yang memanfaatkan ban mobil bekas dll.

Pada kesempatan ini pula Arif menyampaikan bahwa tanpa mengurangi rasa hormat dan penghargaan yang setinggi-tingginya terhadap seluruh Pegawai Jajaran Kancatel Mojokerto, maka ide pengoptimalan tenaga Satuan Pengamanan telah dibuatkan suatu standarisasi Inovasi dengan judul ”Optimalisasi Tenaga SATPAM Untuk Sukses ECR”

Saputro/Catel MR.

HRC-5 Sosialisasi HRCC & TNA On Line Ke Telkom SBT


TAHUN 2006

HRC-5 Sosialisasi HRCC & TNA On Line Ke Telkom SBT

Supaya karyawan semangat cerdas dan pintar di era kompetisi yang semakin ketat ini, maka manajemen DIVRE-V membukan Program Training On Line. Untuk mengetahui lebih detil tentang Training On Line ini, maka pada hari Selasa (26/9) pihak HRC05 dibawah koordinasi Anne telah melakukan sosialisasi di Lantai-4 Gedung OPMC Jln. Ketintang 156, Surabaya. Sedangkan untuk HRCC sendiri disajikan oleh Darwis Siregar.

Anne yang memberikan materi sosialisasi adalah di Departemen HR05 Surabaya. Dikatakan, bahwa ada 12 items pelayanan karyawan secara terintegrasi atau Integrated Employee Service (IES) yang berbasis IT dan salah satu diantaranya adalah implementasi Training Need Analysis (TNA).

Ke-12 IES tersebut meliputi TNA ON LINE, SPPD ON LINE, Cuti On Line, SKI On Line, Assessment Kompetensi On Line, Medical Clamim SPT On Line, Employee Care, BKP, DJM dan Personal Data. Melalui aplikasi tersebut setiap karyawan turut merencanakan dan mengajukan kebutuhan pelatihan yag tentu harus disetujui atasan dengan memperhatikan kompetensi dan kinerja yang bersangkutan.

Data-data yang diperoleh dari aplikasi ini akan dikompulasi secara On Line di HR Center untuk dianalisa dan menjadi referensi dalam penetapan program pengembangan karyawan 2007 setelah diselaraskan dengan kebutuhan dan tujuan organisasi termasuk visi dan misinya.

Anne secara gamblang menjelaskan dan mengupas tuntas apa TNA On Line ? Buat apa sih TNA itu ?, Kenapa ? Bagaimana cara mengusulkannya ? Bagi atasan sendiri bagaimana cara approvalnya ? Kemudian apa manfaatnya bagi karyawan ? Aplikasi ini selalu LIVE didalam Portal.telkom.co.id sejak tanggal 18 September 2006.(NURSIDIK)

Kegiatan Manfaat Di Bulan Puasa TELKOM DIVRE-V


TAHUN 2006

Kegiatan Manfaat Di Bulan Puasa TELKOM DIVRE-V

Mengaji atau belajar membaca Kitab Suci Al-Quran tak terbatas dan tak dibatasi oleh usia, sebab tua, muda berhak untuk belajar membacanya, termasuk mengkajinya seperti yang dilakukan oleh para karyawan DIVRE-V, Selasa (26/9) di Perpustakaan atau Rumah Baca Az-Zahra yang lokasinya berdampingan dengan Masjid Takhobbar Jln. Ketintang 156, Surabaya.

Kegiatan spiritual apapun yang berbau ibadah dan yang selaras dengan ajaran Agama Islam akan mendapat pahala ganda, bahkan tidurpun berpahala (dari pada ngomongin orang lain, rekan, sahabat, tetangga atau sering disebut ngerumpi). Sang Ustadz dengan tekun dan sabar menuntun murid-muridnya yang karyawan DIVRE-V untuk mampu baca Al-Quran dan mampu memahami maknanya.

Media dan informasi untuk memahami Islam adalah Al-Quran. Jadi memang wajar kalau setiap ummat Islam harus paham dan melek baca Al-Quran. Kita akan mampu berdakwah manakala sudah mengkaji dan mendalami Kitab Suci Ummat Muslim ini. Memang sebaiknya sejak kecil harus belajar mengaji, namun demikian tidak ada kata terlambat bagi yang ingin mahir.

Dinamika Islam dengan segala wacana yang ada menuntut bagi kita untuk selalu mendalami makna Al-Quran agar tidak mudah terjerumus dengan liku-liku kehidupan yang serba glamour dan konsumtif sekarang ini. Janganlah kesibukan dunia mampu melupakan keperluan akhirat kita.

NURSIDIK

MMC Telkom SBT Dimanfaatkan Oleh Pialang Saham


TAHUN 2006

MMC Telkom SBT Dimanfaatkan Oleh Pialang Saham

Baru saja diresmikan oleh Direktur Konsumer PT. TELKOM, Guntur Siregar, kini Multi Media Center (MMC) yang berlokasi di Plasa Marina Surabaya sudah beroperasi maksimal dan dimanfaatkan oleh pebisnis. Tercatat Pelanggan pertama pengguna Business Center di Telkom Multimedia Center Plasa Marina Surabaya Timur ialah para Pialang Saham.

Bukan main, mereka berjumlah 8 orang bermata sipit yang memanfaatkan Business Center MMC Plasa Marina tersebut untuk pertemuan bisnis pada hari Selasa (26/9). Durasi yang dihabiskan lumayan juga, yaitu dimulai jam 20.00 WIB sampai dengan jam 22.15 WIB. Mereka adalah para pengusaha yang bergerak di bidang perdagangan saham dan valuta asing.

Mereka adalah pelanggan pertama yang menggunakan ruangan Business Center di Telkom Multimedia Center Plasa Marina Surabaya Timur. Fasilitas yang dimanfaatkan pada acara tersebut adalah ruang, 1 PC dan TV Plasma untuk presentasi, dan akses internet Speedy. Para pebisnis ini masing-masing membawa PC laptop untuk akses internet Speedy melalui Wi Fi.

Komentar leader pertemuan bisnis tersebut, Mr. Robby : "Ruangan ini sudah nyaman bagi kami, dan kami berharap akan bisa rutin menggunakan Business Center di Telkom Multimedia Center untuk pertemuan bisnis”. Jadi MMC ini benar-benar dibangun sebagai 2nd curve produk TELKOM.

Mereka mendapatkan informasi mengenai layanan Telkom Multimedia Center dari salah satu toko / counter produk IT pada saat berbelanja di Plasa Marina Surabaya. Pada kesempatan tersebut, Customer Care SBT juga meminta beberapa feedbcak dari para pelanggan tersebut untuk perbaikan layanan dan pengembangan bisnis di Telkom Multimedia Center. Selain itu para pelanggan tersebut juga dikenalkan dengan produk Speedy, Telkom Hotspot dan kartu i-VAS.(NURSIDIK)

DIVRE-V : Padat Mulai Awal Ramadhan, Hingga Idul Fitri


TAHUN 2006

DIVRE-V : Padat Mulai Awal Ramadhan, Hingga Idul Fitri

Kegiatan masjid Takhobbar DIVRE-V Jln. Ketintang 156, Surabaya selama bulan suci Ramadhan 1427-H kali ini sangat padat, seperti yang dituturkan Bendahara Masjid Takhobbar, Rachmat kepada Redaksi, bahwa mulai awal Ramadhan hingga Idul Fitri, Takmir sudah membuat Action Plan yang jelas dan terjadwal.

Kalau sholat tarawih tahun lalu dilaksanakan dalam 11 rakaat (8+3), maka tahun ini menjadi 23 rakaat (20+3). Kami setiap hari juga selalu mengalokasikan dana yang datangnya dari subsidi dinas, donatur, dermawan, infaq dan kencleng jamaah untuk membeli makanan dan menuman berupa 300 (tigaratus) bungkus nasi. Peruntukannya adalah pada saat buka bersama warga sekitar.

Saat Sholat Tarawih, maka sebelumnya akan selalu diisi ceramah setiap hari. Ada 15 Penceramah yang masing-masing akan mengisi selama 2 hari dengan thema yang selalu berbeda beda. Tarawih di hari pertama thema yang diambil dalam ceramah adalah MARHABAN RAMAHAN MUBARRAK, sedangkan di hari terakhir nanti thema yang akan diangkat ialah IDUL FITRI SEMANGAT HIDUP BARU yang akan disampaikan oleh Ustdz. Drs. H. Husnur Rofiq, SH.

Bukan itu saja, sebab saat usai sholat Shubuh setiap hari juga ada ceramah Shubuh dan Dialog Bulan Ramadlan dengan menghadirkan 10 Penceramah yang akan mengupas tuntas permasalah Feqih, Islam Rahmatan Lil Alamin, Birrul Walidain, Implementasi Al-Quran Dalam kehidupan, Tingkatan Puasa, Tingkatan Tauhid, 6 perkara sebelum datang 6 perkara, Syariat Islam, Pengobatan Rohani dan Puasa sebagai Bulan Latihan.

NURSIDIK

Jaket dan Sandal Maling Kabel Tertinggal


TAHUN 2006

Jaket dan Sandal Maling Kabel Tertinggal

Kabel Udara milik TELKOM CATEL Jombang sudah dicuri dan digulung, belum sempat membawa kabur barang curian, maka petugas patroli melewati Tempat Kejadian Perkara (TKP). Tak ayal lagi Sang Pencuripun tunggang langgang mengambil langkah seribu. Akibatnya sandal dan jaket tak sempat dibawa alias tertinggal termasuk kabel curian tergeletak di sawah Minggu kemaren.

Pencurian Kabel Udara (KU) memang sedang marak dan memang kerap kali terjadi. Pencurian KU yang tertinggal bersama alat bukti lainnya berupa sandal dan jaket ini terjadi di Ds. Banjardowo Denanyar, pada Cabinet FRD. Setelah didata, ternyata KU yang dipotong sepanjang 60 meter sudah dikupas.

Pencurian tak selamanya berjalan mulus, sebab kali ini ketahuan anggota Koramil Jombang yang sedang pulang habis piket malam. Salah seorang anggota SATPAM pabrik di dekat lokasi pencurian menginformasikan kepada rekan kita Margiyono dari TELKOM CATEL Jombang. Sandal, jaket dan kabel hasil curian yang tergeletak di sawah dapat dipakai sebagai barang bukti bagi apara kepolisian.

Rekan Margiyono menuturkan kepada Reporter, bahwa dari jaket dan sandal yang tertinggal tersebut sudah dapat dilacak siapa pemiliknya, yang ternyata warga penduduk Jombang sendiri. Pihak POLRI Jombang masih melakukan pendalaman terhadap hasil lacakan ini, semoga dalam waktu yang tak terlalu lama segera dapat ditangkap.

NURSIDIK

Ibadah Yang Bolong Isi Di Bulan Puasa


TAHUN 2006

Ibadah Yang Bolong Isi Di Bulan Puasa

Tentu kita pernah juga mengalami ibadah yang bolong alias sholat lima waktunya tidak lengkap. Mari kita lengkapi dan kita isi di bulan suci Ramadhan ini, sebab bulan puasa ini sangat dipenuhi dengan ampunan. Hal tersebut diungkapkan Ustadz. Drs. Ali Masud, MAG ketika berceramah badah Dzuhur di Masjid TAKHOBBAR DIVRE-V Jln. Ketintang 156, Surabaya.

Seperti hari sebelumnya, maka pada hari ketiga puasa ini, materi kontent ceramah masih menyangkut tentang fadilah dan keutamaan berpuasa di bulan suci Ramadhan. Puasa Ramadhan hakekatnya adalah melatih dan mengajari naluri (instink) manusia yang cenderung tak terkontrol. Naluri yang sulit terkotrol dan terkendali itu adalah naluri perut yang selalu menuntut untuk makan dan minum dan naluri seks yang selalu bergelora sehingga manusia kewalahan untuk mengekang dua naluri ini.

Fadilah Puasa yang lain adalah Umar ibnul Khathab r.a. berkata, "Orang yang berdzikir kepada Allah pada bulan Ramadhan akan diampuni dosa-dosanya; dan yang memohon kepada Allah pada bulan Ramadhan tidak akan kecewa. Penceramah dalam kesempatan tersebut memberi selingan, yaitu tidur (tertidur) di bulan puasa, lalu mimpi indah masuk surga.
Puasa mengatur keseragaman ummat. Selama Ramadhan, umat berseragam dalam sahur dan berbuka, dalam bekerja dan beristirahat, serta dalam shalat, istighfar, dan bertobat kepada Allah. Lidahpun seragam dalam bertakbir, bertasbih, dan bertahmid sehingga tercegah dari kata-kata buruk dan menyakiti orang lain, menjauhi perbuatan keji dan munkar, mengisi hati dengan cinta kasih kepada sesama hamba Allah, selalu baik dan bersih lahir bathin, serta sabar menghadapi segala macam kesulitan hidup. (NURSIDIK)

Manager CATEL SIDOARJO Ternyata “Seorang Pemulung”


TAHUN 2006

Manager CATEL SIDOARJO Ternyata “Seorang Pemulung”

Disaat pendapatan dan pemasaran lagi stagnan, serta target walaupun terlalu tinggi mesti harus tercapai,tidak menjadikan seorang Manager Catel Sidoarjo, Mohamad Sholeh Triagung putus harapan ataupun patah hati. Dengan menjalin mitranya CV Multi Solusi Tehnik yang berjualan terminal Flexi juga sebagai Autorize Dealer (AD) E-Voucher, telah mengundang 200 pengelola Warkom dan Warnet area Sidoarjo.

Bertempat di Aula Telkom Sidoarjo, hari Rabu tanggal 20 September 2006 bertepatan dengan rencana kehadiran COO Garuda Sugardo, yang akan mengunjungi korban bencana banjir Lumpur di Desa Reno Kenongo, dalam acara TELKOM PEDULI BENCANA, Dua ratus (200) pengelola Warkom dan Warnet dirayu, dilamar bahkan dipeluk untuk menjadi agen e-voucher dan outlet Flexi. Lebih menarik lagi, semua undangan yang hadir dan berkomitmen serta bertransaksi untuk menjadi agen e-Voucher diberi terminal Flexi secara gratis sebagai alat untuk operasionalnya. Dalam sambutannya, Moch.Sholeh Triagung mengatakan, seiring dengan banyaknya kompetitor juga pesatnya kemajuan teknologi pendapatan wartel yang semakin menurun inilah solusinya, menjadi agen e-voucher dapat menambah penghasilan sekaligus melek tehnologi. Untuk memenangkan kompetisi di era globalisasi, semua elemen pengusaha, bahkan Insan Telkom dituntut memiliki daya & gaya fighter (serang), kita memang harus selalu mengupgrade kemampuan diri, sedangakan gaya fighter agar mampu memenangkan persaingan. Sebagai modal dasar memenangkan persaingan diperlukan persatuan dan kesatuan serta semangat untuk berubah menjadi yang terbaik

Rayadi, Direktur CV. MULTI SOLUSI TEHNIK dalam presentasinya mengatakan, bahwa e- voucher mempunyai banyak kelebihan dan keunggulan dibanding voucher fisik. Antara lain E-Voucher tidak ada waktu hangus, proses pengadaan mudah, stok fleksibel, multi nominal untuk satu deposit, transaksi mudah seperti ngirim SMS.

Dari hasil wawancara dengan AJM CS Slamet Harjatno sekaligus sebagai Koordinator penyelenggara acara serta Officer-2 ICM, Suisto sebagai Ketuanya diharapkan setelah 200 pengelola menandatangani aplikasi kontrak sebagai agen E-Voucher langsung diaktifasi menggunakan nomor Flexi classy,dengan Walhasil, Telkom sudah mendapat pelanggan flexi sebanyak 200 orang. Slamet Harjatno melanjutkan Moment tersebut tidak berhenti disini, ini terus berlanjut secara bertahap dan semua ini didukung oleh Manager Catel Sidoarjo, sehingga Mochamad Sholeh Triagung berhak mendapat julukan “PEMULUNG PENDAPATAN”.


By cak djum sda

Kepedulian Sosial TELKOM Mojokerto


TAHUN 2006

Kepedulian Sosial TELKOM Mojokerto


Setelah melakukan kunjungan ke STO Mojosari untuk melihat Triall Speedy
Di ruang Pelayanan pada tanggal 22 September 2006 JM Kancatel Mojokerto Arif Irfansah langsung melakukan kunjungan Social ke Kecamatan Ngoro Tepatnya di pusatkan di Desa Lolawang untuk melihat Klinik “Telkom Peduli Sehat” terhadap Masyarakat dikecamatan ngoro tersebut, dimana di kecamatan Ngoro meliputi 20 Desa yaitu Desa Lolawang, Sedati, Purwojati, Kutogirang, Kesemen, Sri Gading, Jasem, Sukoanyar, Tanjang Rono, Bandar Asri, Tambak Rejo, Candi Harjo, Wonosari, Wates Negoro, Wotan Mas Jedong, Kunjoro Wesi, Ngoro, Manduro, Kembang Sri, serta desa Randu Harjo.
Kunjungan JM Kancatel Mojokerto tersebut disambut oleh Kepala Desa Lolawang, dimana Dengan adanya “Klinik Telkom Peduli Sehat” bisa menjalin kerjasama yang baik dengan masyarakat di Kecamatan Ngoro. Selain itu, kecamatan Ngoro sering banyak sekali pencurian kabel telepon. Harapan dari PT TELKOM adalah bagaimana asset Negara ini dapat dijaga dan dipelihara dengan baik oleh seluruh komponen masyarakat baik warga desa, aparat desa, serta aparat keamanan. Semoga di daerah Kecamatan Ngoro tidak terjadi lgi pencurian kabel telepon, demikian harap Arif Irfansah kepada kepala Desa Lolawang.

YULIANTO

Jelang Puasa DIVRE-V Bagikan SEMBAKO


TAHUN 2006

Jelang Puasa DIVRE-V Bagikan SEMBAKO

Warga tak mampu sekitar Kantor DIVRE-V Surabaya hari ini, Jum’at (22/9) bolehlah sedikit plong, sebab Telkom DIVRE-V dengan Program Peduli Sosial telah membagikan SEMBAKO. Kepedulian sosial DIVRE-V ini dibeikan dalam rangka memperingati Hari Bhakti Postel ke-61. Wajah ceria dan berbinar dari warga sekitar nampak ketika mereka menerima bingkisan SEMBAKO.

Semakin dekat dengan masyarakat sekitar, maka Corporate Reputation juga akan semakin cerah. Memang setiap event yang bertepatan dengan hari-hari Nasional tertentu termasuk bencana alam kerapkali manajemen DIVRE-V tak pernah melupakan The Environment alias lingkungannya, seperti aksi sosial kali ini yang memang sudah selaras dengan Program Good Corporate Citizenship (GCC).

Memang siapa yang mau peduli terhadap masyrakat tidak mampu kalau bulan BUMN yang selalu untung seperti Telkom, sehingga InsyaAllah bisnis yang dijalankannya mendapat berkah, menambah reputasi baik dan mendapat simpati masyarakatnya, sehingga semoga Telkom tatap jaya selamanya.

Berbagai program sosial yang selaras dengan GCC memang telah secara periodik terjadwal maupun tak terjadwal seperti bencana alam telah dilakukan manajemen DIVRE-V. Puasa ramadhan tinggal satu hari lagi, para warga yang tak mampu sudah mendapat sembako untuk bekal mengawali bulan suci yang dinanti.

NURSIDIK

Fun Games DIVRE-V Sambut Hari Bhakti POSTEL


TAHUN 2006

Fun Games DIVRE-V Sambut Hari Bhakti POSTEL

Kegembiraan, keceriahan nampak jelas dari wajah-wajah seluruh peserta FUN GAMES yang terdiri dari TELKOM, Telkomsel, Gratika, Infomedia, Indovision dan Mitra Kerja. FUN GAMES yang dihadiri seluruh anak perusahaan yang tergabung dalam TELKOMGorup ini dilaksanakan dalam rangka menyambut Hari Bahkti POSTEL ke-61 yang penyelengaaraannya dipusatkan di halaman parkir Kantor DIVRE-V Jln. Ketintang 156, Surabaya, Jumat (22/9).

Kehadiran seluruh anak perusahaan menunjukkan kebesaran nama TELKOM INDONESIA yang memang harus solid di era persaingan yang ketat ini. Mereka disini juga bersaing dalam lomba yang dikemas dalam FUN GAMES, antara lain Lomba Estafet Belut, Joget Berpasangan Tali Berantai, Fashion Berpasangan dan FUN POCO-POCO.

Acara hari Bhakti POSTEL ke-61 ini juga dimeriahkan BAZZAR MURAH JELANG RAMADHAN, BAZZAR RAKYAT sebab harganya benar-benar merakyat SUPER MURAH terjangkau kantong rakyat sekitar lingkungan kantor. Kepedulian lingkungan atau Social Care tercermin dalam BAZZAR yang diminati oleh 52 perusahaan multi nasional dalam berpartisipasi promo produk di stand Bazzzar.

Event hari Bhakti ini seharusnya tanggal 27 September 2006, tetapi karena bertepatan dengan bulan suci Ramadhan, maka diajukan penyelenggaraannya yang dikemas dengan BAZZAR MURAH JELANG RAMADHAN yang jatuh pada hari Minggu. DOORPRIZE berupa peralatan elektronik rumahtangga juga membanjiri acara FUN GAMES.

NURSIDIK

DIVRE-V Luncurkan SMS Ramadhan


TAHUN 2006

DIVRE-V Luncurkan SMS Ramadhan

Ummat Islam khususnya di Jawa Timur dalam bulan Ramadhan ini akan mendapat fasilitas komunikasi berupa SMS yang berkaitan dengan kegiatan Ibadah di bulan Ramadhan. Fasilitas SMS yang diluncurkan oleh Dir Konsumer, Guntur Siregar saat melakukan MOU Layanan Info, dengan Rabu (20/9) di Surabaya ini memiliki 8 jenis pesan yang menurut Guntur akan memudahkan bagi Ummat Islam mencari info, sekaligus ajang beramal.

Cukup kirim ke 7005 hanya dari Flexi, maka info tersebut sudah didapat dengan instant ! Jenis-jenis pesan yang dikirim sesuai dengan yang diinginkan konsumen ialah : Pertama, Infaq 5000 atau Infaq 10000, artinya pengiriman Infaq melalui Flexi senilai Rp. 5.000,- (lima ribu rupiah) atau Rp. 10.000,- (sepuluh ribu rupiah).

Kemudian yang kedua adalah Info Tarawih yang menampilkan Nama Masjid, Nama Khotib, dan alamat Masjid, tariffnya cukup Rp. 1.000,- (seribu rupiah). Yang ketiga adalah Info Pesan Antar / delivery resto untuk berbuka puasa, yang ditampilkan adalah nama resto dan nomor telepon resto.

Layanan SMS keempat adalah Info jadwal Imsakiyah. Layanan ini menampilkan jadwal sholat semua waktu dan jadwal imsak (jadwal Surabaya), tariff hanya Rp. 1.000,- Sedangkan jenis SMS kelima adalah Info Masjid yang menampilkan Nama Masjid terdekat dengan area, alamat Masjid.

Fasilitas Info SMS yang keenam ialah Informasi Khotib / Penceramah Tarawih serta tempat khotib berceramah. Sedang yang ketujuh merupakan Mutiara Ramadhan, yang ditampilkan adalah keutamaan hari-hari di bulan ramadhan & tips Ramadhan yang setiap hari berbeda, misalnya saat 17 Ramadhan yang merupakan Hari Nuzulul Al-Quran, maka muncul mutiara hari ini :”Ampunan adalah perbuatan unik; ia dapat menghangatkan hati dan menyejukkan luka”. Help merupakan fasilitas kedelapan, yaitu bantuan untuk melihat daftar pesan SMS Ramadhan.

NURSIDIK

Para Inovator DIVRE-V Pamer Ke Dir Konsumer


TAHUN 2006

Para Inovator DIVRE-V Pamer Ke Dir Konsumer

Mengingat inovasi merupakan nafas atu jantungnya perusahaan, hidup matinya perusahaan, maka tak heran kalau para Inovator memamerkan hasil karyanya kepada Direktur Konsumer, Guntur Siregar saat melakukan kunjungan ke Surabaya, Rabu (20/9). Ada jargon yang mengatakan di era kompetisi ini cukup menyentuh para Inovator. Jargon tersebut berbunyi INOVASI ATAU MATI.

Saat dipameri hasil inovasi di ruang Lebah Biru Kantor DIVRE-V, maka Guntur Siregar merasa salut dan appreciate terhadap karya Arek-arek DIVRE-V Jawa Timur ini. KANDATEL SBT dalam kesempatan tersebut memamerkan hasil inovasinya, yaitu : Broadband Access Measurement System (BAMS), Nomor Aktif Pulsa Nol (NAPN) dan Employee Customer Retention (ECR).

KANDATEL SBB dalam kesempatan tersebut memamerkan Alat Ukur On Line, Prime Customer Card, Tangga. Departemen Finance dan UBC DIVRE-V memamerkan the Cash In Management System (CiMS), Kandatel Madiun memamerkan Manajemen Klem Ex Cabutan, sedangkan KANDATEL Jember memamerkan Tools Estimasi Pelanggan Seluler.

Seluruh karya inovasi arek-arek Jawa Timur dalam kesempatan tersebut diamati oleh Guntur yang didampingi oleh EGM DIVRE-V, Nanang Ismail Kosim, Deputy EGM DIVRE-V, Husnis Tharim serta para Senior Leaders se Jawa Timur. Perasaan puas dan kesan mendalam nampak, setelah itu Dir Konsumer melanjutkan perjalanan ke Plaza Marina Surabaya.

NURSIDIK

HOTSPOT DI BANDARA JUANDA


TAHUN 2006

HOTSPOT DI BANDARA JUANDA

Pada hari yang sama, Rabu (20/9) setelah meresmikan Multimedia Center di Plasa Marina, Direktur Konsumer Telkom, Guntur Siregar, melaunching satu layanan baru berbasis mobile internet yaitu TELKOMHotspot di bandara Juanda Akses internet hotspot yang dipersembahkan oleh Telkom ini beroperasi pada frekuensi 2,4 GHz dengan kemampuan transfer data maksimum 11 Mbps dan jarak jangkau terjauh dari Akses Point (AP) 100 meter.

"Dengan hadirnya hotspot ini, penumpang pesawat yang sedang menunggu keberangkatan bisa memanfaatkan waktu tunggu untuk browsing internet menggunakan notebook (lap top), smart phone, dan PDA, atau perangkat yang menggunakan Customer Premises Equipment (CPE) dan dilengkapi teknologi Wi-Fi (wireless fidelity)," kata Guntur di hadapan para Wartawan. Guntur juga mengharapkan peresmian hotspot ini akan sangat mendukung aktivitas bisnis masyarakat yang mempunyai mobilitas tinggi.

Lebih jauh Guntur mengatakan bahwa Bandara Juanda merupakan satu lokasi yang sangat strategis untuk implementasi hotspot, karena merupakan pintu utama bagi lalu lintas penerbangan internasional dan nasional di Jawa Timur. Telkom telah telah melakukan kerjasama penyediaan layanan hotspot dengan beberapa pengelola hotel dan café, satu diantaranya adalah Starbucks Café di Plasa Tunjungan IV.

Nanang Ismail Kosim, Executive General Manager Telkom Divre V Jawa Timur menambahkan "Untuk lokasi di public domain, akses hotspot ini juga akan kami sediakan di Taman Kota Bungkul secara free setelah proyek renovasinya selesai. Dan ini akan menjadi satu-satunya Taman Kota yang punya akses internet gratis."

TELKOMHotspot adalah layanan akses internet nirkabel yang disedikan oleh TELKOM bagi pelanggan yang mempunyai mobilitas tinggi. Hotspot beroperasi pada area terbatas sesuai dengan jarak jangkaunya. Untuk menikmati layanan TELKOMHotspot ini, pelanggan hanya perlu membeli i-VAS Card, yaitu kartu yang didesain Telkom sebagai alat bayar micropayment atau alat belanja di dunia maya. Kartu ini bisa didapatkan di Plasa Telkom, beberapa lokasi yang sudah dilengkapi hotspot, atau melalui sms Telkomsel di nomor 4827.i-VAS Card tersedia dengan nominal harga: Rp.27.500, Rp. 55.000, dan Rp 100.000,- Di Juanda ini pula, tahun 2004 lalu, Telkom juga telah menyediakan akses internet di lokasi berupa 2 buah Anjungan Internet Mandiri.

NURSIDIK

Dir Konsumer Resmikan Multi Media Center Pertama Di Surabaya


TAHUN 2006

Dir Konsumer Resmikan Multi Media Center Pertama Di Surabaya

Seiring dengan perkembangan teknologi di bisnis informasi, komunikasi berupa data dan suara, TELKOM Surabaya Timur membangun Multi Media Center pertama Di Indonesia, yang diresmikan pembukaannya oleh Direktur Konsumer, Guntur Siregar, Rabu (20/9). Multi Media Center ini berlokasi di Plaza Marina Lantai-2 Blok-H, Jln. Margorejo, Surabaya.

Direktur Konsumer, Guntur Siregar didampingi EGM DIVRE-V (Nanang Ismail Kosim), Deputy EGM (Husni Thamrin), GM SBT (Tulus Sudarsono) dan Deputy SBT (Sujito) dalam peresmian tersebut berkenan menekan tombol “Mouse Wireless”. Acara ini dihadiri oleh seluruh Senior Leaders se Jawa Timur, serta beberapa undangan, antara lain Vendor, Pelanggan High Usage, Direktur Plaza Marina dan beberapa Mitra Kerja.

Guntur berharap agar Multi Media Center pertama di Indonesia yang merupakan upaya untuk meningkatkan pelayanan ini dapat diikuti oleh DATEL lainnya. Sebab sebagai perusahaan jasa yang Customer Centric, maka pelayanan memang harus diutamakan termasuk kulatas dan kuantitasnya.

Sementara itu, GM TELKOM SBT, Tulus Sudarsono mengatakan, bahwa spirit mendevelop Multi Media Center ini ialah upaya mendekatkan diri ke pelanggan, Sinerji Telkomgroup, dan secara khusus didedikasikan untuk Tenan atau penghuni / pemilik toko di Plaza Marina yang memang berdiri di lingkungan bisnis. WiFi atau Wireless Internet yang sudah terinstalasi ternyata mendapat sambutan hangat dari para Tenan.

NURSIDIK

Opening Meeting Audit CIQS TELKOM SBT


TAHUN 2006

Opening Meeting Audit CIQS TELKOM SBT

Konsistensi implementasi CIQS (Cable Installation Quality System) TELKOM SBT kali ini akan diuji lagi oleh Auditor dari RISTI Bandung. Opening Meeting dilakukan di Ruang C2U Gedung OPMC Lantai-4 Jln. Ketintang 156, Surabaya. Hal membuktikan, bahwa pengawasan mutu CIQS terus dipantau agar tetap unggul di era kompetisi yang sangat ketat sekarang ini, demikian antara lain Welcome Speech yang disampaikan oleh GM TELKOM SBT, Tulus Sudarsono.

Opening Meeting yang dihadiri oleh para Senior Leaders TELKOM SBT ini ditampilkan pula komitmen implementasi CIQS untuk semua jajaran, dari mulai Senior Leaders sampai dengan pelaksanaan dapat dikategorikan sangat patuh dan konsisten atas pelaksanaan implementasi CIQS.

Manajemen SBT dalam opening ini juga menampilkan beberapa inovasi dibidang jaringan akses, sehingga tak heran kalau dari pihak Auditor sangat tertarik dengan inovasi terutama hasil inovasi BAMS, JCC serta BCC.

Dalam Opening Meeting ini, Tulus memberikan penjelasan tuntas tentang konsistensi program CIQS di lingkungan TELKOM Surabaya Timur dalam bentuk presentasi. Mulai dari visi, misi, kebijakan mutu, sasaran mutu sampai kepada ruang lingkup penerapan CIQS.

Dikatakan, bahwa CIQS yang merupakan standard proses system mutu untuk semua kegiatan yang dilakukan oleh jajaran operasional Jarakses sebagai acuan bagi seluruh kegiatan yang berkaitan dengan pekerjaan Ophar telah diimplementasikan secara bertahap sejak 1 April 2002, mulai dari sosialisasi, pelatihan, identifikasi dokumentasi sampai akhirnya kepada implementasi CIQS itu sendiri.

NURSIDIK

Jajaran SAS TELKOM SBT Waspada Teroris


TAHUN 2006

Jajaran SAS TELKOM SBT Waspada Teroris

Peningkatan kewaspadaan kini dilakukan jajaran Security And Safety (SAS) TELKOM SBT menyusul surat KAPOLDA Jawa Timur tanggal 14 September 2006 yang berisi himbauan akan bahaya terorisme di akhir tahun. SAS SBT mengeluarkan surat yang ditujukan kepada para KASUB UNIT dan para KAPOK untuk mengantisipasi surat KAPOLDA JATIM tersebut.

SAS SBT melalui suratnya tertanggal 26 September 2006 menginstruksikan kepada seluruh jajarannya agar dalam pelaksanaan tugas selalu berpegang pada PROTAP yang ada, selalu waspada terhadap keluar masuknya orang dan barang, kendaraan bermotor beserta barang bawaannya.

Surat KAPOLDA JATIM menjelaskan, bahwa berdasarkan data yang ada aksi-aksi terorisme banyak dilakukan pada bulan-bulan di penghujung tahun dan salah faktor yang menjadi pertimbangan aksi terorisme pada obyek vital seperti yang telah terjadi sebelumnya diakibatkan oleh lemahnya pengamanan, sehingga dengan mudah dimanfaatkan oleh para pelaku teroris.

Sehubungan dengan hal tersebut, maka pihak KAPOLDA JATIM menghimbau kepada seluruh Instansi vital untuk meningkatkan kewasapadaan, untuk mengantisipasi aksi-aksi terorisme dan segala bentuk ancaman KAMTIBMAS. Kemudian KAPOLDA meminta bila ada hal-hal yang mencurigakan serta adanya ancaman atau tindakan terorisme agar segera koordinasi dengan kepolisian terdekat atau Detasemen Khusus 88 Anti Teror Polda Jatim.(NURSIDIK).

PKB 3 SEKAR Akan Ke Babak Perundingan


TAHUN 2006

PKB 3 SEKAR Akan Ke Babak Perundingan

Perjanjian Kerja Bersama Ke-3 (PKB-3) antara Serikat Karyawan dan Manajemen yang persiapannya dilakukan cukup lama, yaitu lebih kurang 7 bulan kini sudah menjadi darft. Langkah berikutnya ialah mengajukan kepada Manajemen dalam forum perundingan, kata KETUM SEKAR TELKOM, Syinar Budhi Artha pada pertemuan Kondolidasi Nasional di Sekretariat DPW-2 Jakarta, Senin (18/9).

Sementara itu SEKJEN, Wisnu Adi mengatakan, bahwa usia PKB-2 hampir tamat, yaitu pada 9 Desember 2006 nanti, jadi kita akan segera susun DRAFT SK agar Tim Perunding antara Manajemen dan SEKAR sesegera mungkin terbentuk yang mana hal ini butuh keseriusan Manajemen, sehingga PKB3 akan selesai pada waktunya.

Rapat Konsolidasi yang dihadiri oleh seluruh Pengurus DPW SEKAR TELKOM Se Indonesia dan Ketua MPO ini menargetkan dapat mendeklarasikan PKB3 ini pada akhir tahun 2006 atau paling tidak pada awal tahun baru 2007, Sebab PKB merupakan harapan dan tumpuan seluruh karyawan Telkom yang isinya banyak menyangkut kesejahteraan karyawan.

Dalam diskusi, Wisnu memaparkan perjalanan penyusunan PKB3 yang diawali bulan Februari 2006, dan saat RAKERNAS SEKAR di Surabaya Bulan Maret 2006 lalu. Kemudian Pembentukan Tim Sukses PKB3, Pertemuan Jogya dengan hasil Matrix, Pembentukan Tim Perunding (yang masih dalam proses). InsyaAllah semua berjalan sukses, demi kesejahteraan karyawan dan kejayaan Telkom.

NURSIDIK

Pendonor Darah SBT Diapresiasi Bapak Walikota


TAHUN 2006

Pendonor Darah SBT Diapresiasi Bapak Walikota

Setetes darah sangat bermanfaat bagi nyawa si penderita. Slogan inilah yang mengetuk pintu hati rekan kita dari Jarakases TELKOM SBT, Abdul Aziz untuk dengan tulus, ikhlas serta secara aktif mendonorkan darahnya. Walhasil ia dipanggil Bapaknya Arek Suroboyo, yaitu Walikota Madya Surabaya, Bambang Dwi Hartono di Graha Sawunggaling Lantai-VI Kantor PEMKOT Surabaya, Senin (18/9).

Undangan Aziz dari Dinas Jarakses TELKOM SBT oleh Walikota bertepatan dengan peringatan ulang tahun ke-61 Palang Merah Indonesia, sehingga Walikota Madya Surabaya dalam kesempatan tersebut menyerahkan penghargaan kepada Pendonor Darah Sukarela sebanyak 75 kali tahun 2006. Sebanyak 365 orang dalam acara ini menerima penghargaan dari Walikota.


Rekan kita Aziz, sudah melakukan tugas kemanusiaan donor darah yang ke 86 kali. Hal ini ia lakukan sejak tahun 1982 sebelum masuk TELKOM. Ia tertarik pada slogan yang terpampang di salah satu rumah sakit waktu bezuk saudara sakit di RSUD Kota Tuban. Waktu itu ada orang yang keluarganya sambil menangis serta berlari-lari minta tolong kepada setiap orang yang di jumpainya untuk minta bantuan darah bagi anaknya yang lagi pendarahan waktu melahirkan.

Wah,.. butuh transfusi darah !!! Tentu butuh darah, kalah tidak kasihan, demikian yang ada di benak rekan Aziz. Disisi lain ada slogan yagn berbunyi "setetes darah anda nyawa bagi si penderita". Sejak saat itulah saya melakukan tugas kemanusiaan ini, tuturnya kepada Redaksi. Kemudian belakangan dan slogan baru tahun 2006 dari PMI UPTD Surabaya slogannya berbunyi "Beramal dengan uang sudah biasa, beramal dengan darah luar biasa".

NURSIDIK

Mancing, Kebersamaan Raih Taget


TAHUN 2006

Mancing, Kebersamaan Raih Taget

Ternyata banyak cara membangun Team Work yang solid, selain melalui Outbond juga dapat itempuh melalui Lomba Mancing seperti yang dilakukan jajaran Telkom SBT, Minggu (17/9) di arena Kolam Pancing Surya Jaya, Krian.

Acara Mancing ini dikomandoi oleh jajaran TELKOM Mojokerto dengan konsep dasar yang applicable, yaitu Hiburan, Kebersamaan dan Ketekunan membidik dalam GOAL di era kompetisi yang super ketat.

Umbul-umbul Telkom Flexi dan Telkomsel yang berkibar diseputar kolam pancing menunjukkan, bahwa acara mancing ini tak sekedar hiburan dan kebersamaan semata, tetapi dikemas juga dalam bentuk “Marketing Efforts”. Rahardjo Saputro menuturkan kepada Redaksi, bahwa pihaknya sengaja “Sekali Dayung, Dua Pulau Terlampaui”.

Komunitas “Fishing” Telkom SBT dalam acara ini nampak tekun meraih target atau GOAL., yaitu mendapatkan ikan sesuai target yang ujung-ujungnya bagi The Winner akan mendapatkan Rewards. Para Senior Leaders benar-benar berkolaborasi dalam suasana keakraban. Fishing, Umpan, Raih Target !

NURSIDIK

Tulus Sudarsono, TELKOM SBT Is The 5th Excellent


TAHUN 2006

Tulus Sudarsono, TELKOM SBT Is The 5th Excellent

Kita harus pertahankan performance TELKOM SBT, sebab KANDATEL kita ini merupakan The Fifth Excellent DATEL se Indonesia. Hal tersebut diungkapkan GM TELKOM SBT, Tulus Sudarsono mengawali tatap muka untuk kali pertama dengan seluruh jajaran usai senam kesegaran jasmani di halaman parkir barat Gedung OPMC Jln. Ketintang 156, Surabaya, Jum’at (15/9).

Manajemen SBT sudah melakukan mapping menuju KANDATEL 1,3 T, jadi kami mohon dukungan seluruh jajaran untuk mewujudkan impian tersebut. Kendati dihadang competitor kita optimis saja, yang penting tetap solid, katanya lagi. Kita sama-sama ketahui, bahwa kompetisi di Surabaya paling keras setelah Jakarta, dan sasaran bidik kedua competitor memang Surabaya.

Untuk menghalau competitor, maka kita harus tetap eksis di jalur Trisula, yaitu Speedy, Flexi dan POTS. Winning Competition, masih kata Tulus tentu setiap provider ingin menang, untuk itu usahakan agar kita jangan sampai dilibas mereka. Kita lihat Esia dengan segala cara dan strategi sudah menang di Jakarta.

Telkom Malaysia sudah membeli Excellcomindo dan ingin melibas Indosat. Untuk itu mari usahakan jangan sampai melibas kita. As a whole, Telkom is ok ! Jadi nggak usah khawatir. Mari kita berdarah-darah, sampai bertulang-tulang sesuai dengan iklim kompetisi saat ini. Yang penting sekali lagi untuk toward / menuju 1,3-T kami butuh dukungan rekan-rekan.

Deputy GM TELKKOM SBT, Sujito dalam kesempatan tersebut juga menginformasikan agenda kegiatan SBT minggu depan, antara lain sehubungan dengan rencana kunjungan COO akan dilakukan apel pagi, dilanjutkan dengan peresmian Multimedia Center Surabaya, juga pelaksanaan Kick Off 500 WARNET.

Acara lanjutan Telkom Peduli Luapan Lumpur Lapindo juga termasuk yang diagendakan manajemen. Kemudian yang paling mendesak waktunya untuk segera dipersiapkan adalah rencaca Audit CIQS oleh RISTI, kemudian minggu ke-4 adalah Audit SOA. Sujito meminta agar seluruh owner proses terkait mempersiapkan dengan matang. Untuk amannya, maka lakukan lagi cek, kontrol dan review/evaluasi, kuncinya mengakhiri.

NURSIDIK

Mohon Pamit Dan Dukungan Jajaran Dit. Consumer


TAHUN 2006

Mohon Pamit Dan Dukungan Jajaran Dit. Consumer

Assalamu’alaikum Wr. Wb,
Ysh, Bapak, Ibu, Rekan-Rekan jajaran Dit. Consumer.

Sehubungan dengan kepindahan saya dari AVP Dealer Management untuk mengemban amanah tugas baru di KANDATEL SBT (Surabaya Timur), maka bersama ini perkenankalah saya mohon pamit.

Saya kembali ke habitat semula sebagai orang lapangan di KANDATEL / DIVRE seperti beberapa tahun lalu yang sempat saya geluti di DIVRE-II, baik di Cengkareng, Bogor, Jakarta Pusat, maupun di Flexi Jakarta.

Rasanya baru sekejap bersama teman-teman menyusun suatu kebijakan-kebijakan sebagai guide / pegangan teman-teman di DIVRE / DATEL yang berjuang di lapangan, kini saatnya saya melaksanakan / menjalankan kebijakan-kebijakan itu sendiri.

Tiada gading yang tak retak, pada kesempatan ini saya beserta keluarga mohon maaf kalau ada kesalahan-kesalahan yang saya perbuat, baik sengaja atau tidak sengaja, dan tak lupa mohon doa restu dan dukungan rekan-rekan sekalian untuk saya dalam melaksanakan tugas sebagai Nahkoda di KANDATEL SBT untuk meraih sukses target dan memenangkan persaingan dengan kompetitor di medan perang SBT !

Wassalamu’alaikum Wr.Wb,
Tulus Sudarsono

Manager General Support SBT, Bangga SDMnya Rajin Ibadah


TAHUN 2006

Manager General Support SBT, Bangga SDMnya Rajin Ibadah

Saya sangat bangga bila SDM kita rajin ibadah seperti rekan kita Sdr. Rachmat. Walau sudah mendekati MPP, namun semangatnya luar biasa, terutama ibadahnya. Saya perhatikan memang ibadah makin tekun saja, sehingga Alhamdulillah mendapat berkah mutasi dan promosi, kata Manager General Support SBT, Suroso saat acara perpisahan sederhana di lantai-5 Gedung OPMC SBT Jln. Ketintang 156, Surabaya, Jumat (15/9).

Dalam acara perpisahan sederhana cukup tumpengan dan dihadiri oleh rekan-rekan dekatnya dari Dinas General Support ini. Selanjutnya Suroso menambahkan, bahwa Telkom sebagai perusahaan besar dan memiliki organisasi yang besar pula selalu mendasarkan kegiatan sesuai dengan system prosedur atau bisnis proses yang ada. Jadi mutasi dan promosi rekan kita ini adalah sesuai dengan system tersebut.

Manajemen hanya mampu mengusulkan nama-nama sesuai dengan hasil sijab, tetapi keputusan pada kewenangan DIVRE-V, apalagi sampai mutasi. Jadi mari kita senantiasa bekerja keras dan cerdas, agar penilaian manejemen kepada diri kita masing-masing mampu memberikan nilai lebih.

Sementara itu Rachmat yang telah mendapat SK Mutasi dan Promosi di TELKOM CDC DIVRE-V dalam kesan-kesannya mengatakan, bahwa suka duka selama di Bagian General Support telah ia jalani. Yang paling berkesan menurutnya ialah keakraban sesama rekan, dimana kalau ada yang sakit selalu dikunjungi seluruh rekan lainnya. Ini yang sangat sulit saya lupakan, katanya. Acara perpisahan ini diakhiri dengan pemberian talih asih sebagai kenang-kenangan yang disampaikan Suroso kepada Rachmat.

NURSIDIK