Mengenai Saya

SIDOARJO, JAWA TIMUR, Indonesia
Belajar Menjadi "Internal Jurnalism"

Rabu, 15 September 2010

TELKOM Madiun Benchmark SPEEDY Ke SBT


TAHUN 2006

TELKOM Madiun Benchmark SPEEDY Ke SBT

Memanajemeni Produk Speedy, baik dari sisi teknis, maupun operasional memang diperlukan ketrampilan tersendiri. Faktor density dan geography juga menjadi bahan yang perlu mendapat perhatian tersendiri. Faktor-faktor inilah yang membuat jajaran Technical Access Support TELKOM Madiun bertandang ke TELKOM SBT untuk melakukan sharing sekaligus benchmarks, Rabu (13/9) di Gedung OPMC Jln. Ketingtang 156, Surabaya.

Benchmark hanya dilakukan dalam sehari saja. Para Benchmarker terdiri dari ASMAN Technical Access Support, Sunarko beserta dua orang rekannya, yaitu RM Pamungkas dan Nyarita. Rekan Jarakses SBT yang mendampingi para Benchmarker masing-masing adalah Suluh Riawan, Bambang Setiana dan Hadi Subrata.

Managing Infrastructure merupakan salah satu factor sukses dalam produk Speedy di era persaingan yang ketat saat ini dan kedepan. KANDATEL Surabaya Metro memang kini menjadi tolok ukur bagi KANDATEL lain di Jawa Timur sekaligus menjadi obyek benchmark. Mulai masalah operasional sampai kepada PS New Engine Driver ini dijelaskan oleh rekan Jarakses SBT.

Mengingat investasi di bidang teknologi informasi ini sangat menjanjikan, maka KANDATEL Madiun tak segan-segan berguru kepada saudaranya sendiri, yaitu TELKOM SBT yang memang sudah bagus performansinya. Data-data standard tak canggung-canggung disampaikan kepada Benchmarker, termasuk performance evaluation.

NURSIDIK

GM TELKOM SBT Bahas Persiapan Audit SOA


TAHUN 2006

GM TELKOM SBT Bahas Persiapan Audit SOA

Bukan main yang menjadi Auditor kali ini adalah Auditor Eksternal kelas dunia, yaitu PricewaterhouseCoopers (PwC) yang dalam melakukan audit selalu terstruktur, memiliki Professional Qualifications, and Top Down Integrated Audit Approach ! Persiapan menghadapi Auditor ini telah dilakukan Manajemen TELKOM SBT pada hari Rabu (13/9) di lantai-4 Gedung OPMC Jln. Ketintang 156, Surabaya.

Seluruh ASMAN hingga para Senior Leaders hadir dalam pertemuan yang berlangsung selama dua jam ini. Deputy GM Telkom SBT, Sujito dalam kesempatan ini menjelaskan secara teknis dan sangat detil, sedangkan GM TELKOM SBT, Tulus Sudarsono hanya memberikan beberapa Guide Lines saja.

Siklus pendapatan, beban, aktiva tetap, pajak, hingga laporan keuangan dipaparkan secara detil. Tak ketinggalan juga semua Transactional Level yang meliputi pemahaman Bispro sesuai R-2, peta tanggung jawab masing-masing control, berkas transaksi, hasil CSA bulanan, evidence tiap control, cek tindaklanjut hasil ICDL, hasil WT dan hasil audit IAG.

Rencana audit oleh PwC ini adalah tanggal 27 hingga 29 Septemer 2006, sehingga ada cukup waktu untuk mempersiapkannya. Pengecekan, Tindaklanjut dan Review merupakan tiga kata yang sering menggema dalam setiap bahasan. Ini menunjukkan, bahwa persiapan TELKOM SBT sudah oke banget.

NURSIDIK

Pisah Kenal GM 1,3-T TELKOM SBT


TAHUN 2006

Pisah Kenal GM 1,3-T TELKOM SBT

Jajaran TELKOM SBT khususnya, DIVRE-V umumnya kini kedatangan New Comer, GM TELKOM SBT yang baru, yaitu Tulus Sudarsono NIK : 602213 menggantikan Badriyanto yang kini hijrah ke TELKOM Bogor sebagai GM. Pada acara Pisah Kenal, Selasa (12/9) di Balairung Lebah Biru Jln. Ketintang 156, Surabaya, seluruh jajaran SBT hadir untuk berpisah melepas GM 1,3-T, Badriyanto, dan berkenalan dengan penggantinya.

Jabatan Tulus sebelumnya adalah AVP Dealer Management, Subdit Sales Direktorat Konsumer, Corporate Office. Kini Tulus menjadi tumpuan harapan bagi seluruh karyawan dan karyawati untuk memajukan TELKOM SBT yang selama ini sudah well-performed dan always the best, seperti yang dituturkan Badri dalam LAST PUNCH-nya.. Tantangan dan kondisi DATEL yang Real War memang rada beda dengan kondisi Kantor Korporat. Di DATEL banyak Pasukan Tempur, di Pusat tidak demikian. Pencapaian, harapan dan tantangan ke depan KANDATEL 1,3-T kini ada dipundaknya.

Kini estafet kepemimpinan telah diserahterimakan. Dalam kesan-kesannya Badriyanto mengatakan, bahwa tim work SBT sudah solid dan High Spirit, SBT masih terbaik di DIVRE-V. Saya berharap dengan hadirnya Pak Tulus, maka SBT masih tetap terbaik. Target 2006 SBT menurut Badri adalah Revenue 1,3 Trilyun, 1 Juta Sales/Pelanggan dan 79 % CSI.

Sedangkan GM baru, Tulus Sudarsono dalam FIRST PUNCH-nya, mengatakan, bahwa Surabaya adalah tolok ukur, jadi kalau Direksi membuat Kebijakan, maka tolok ukurnya dilihat dari Surabaya dulu. Baik Performance Finance, Performance Flexi, maupun inovasi IT selalu Surabaya yang menjadi The Best. Saya dengar, bahwa spirit dan militansi jajaran SBT memang bagus. Semoga ini menjadi modal untuk tumbuh dan berkembang dan sustainable growth yang baik.

EGM DIVRE-V, Nanang Ismail kosim (NIK), mengatakan, bahwa mutasi promosi bagi saya bukan hal yang biasa, tapi hal yang luar biasa, sebab dapat mempengaruhi semua tatanan. System adalah sama, yang beda adalah Leadership Style-nya saja. SBT memang merupakan Leadernya DATEL yang ada di DIVRE-V.

SBT walau tidak punya gedung, tapi bisnisnya nyata dan jalan. Apalagi Klas kantornya belum naik dan masih dalam proses. SBT hanya memiliki semangat yang tinggi. Saya minta kepada Pak Tulus untuk terus membakar semangat jajaran TELKOM SBT, jangan membakar yang lain, kata NIK sedikit joke.

Ketua DPD SEKAR SBT, Dwi Anggara atas nama seluruh karyawan dan karyawati dalam sambutannya mengatakan appreciate kepada Pak Badri yang selama ini telah membangun komunikasi dengan SEKAR secara baik dan lancar. Hampir setiap masalah dapat disolusikan dengan baik. Selamat jalan Pak Badri dan selamat datang Pak Tulus, kata Anggara mengakhiri.


NURSIDIK

Langkah Awal New GM TELKOM SBT


TAHUN 2006

Langkah Awal New GM TELKOM SBT

Konsolidasi dengan para Senior Leaders merupakan langkah awal yang ditempuh GM TELKOM SBT yang baru, Tulus Sudarsono. Langkah ini dilakukan Tulus sesaat setelah menghadiri acara Serah Terima Jabatan (SERTIJAB) di Balairung Lebah Biru Jln. Ketintang 156, Surabaya, Selasa (12/9).

Tulus, melalui Kandatel Secretary, Eko Prijanto mengundang para Senior Leaders TELKOM SBT saat itu juga dengan materi pokok : KONSOLIDASI. Ini menunjukkan, bahwa Tulus memang ingin langsung ON BOARD tancap gas mengejar sisa bulan yang dalam hal ini masih sisa 3,5 bulan lagi.

Kepada Redaksi, GM yang mantan AVP Dealer Management Corporate Office ini menuturkan kesan pertamanya ketika melangkahkan kaki di Surabaya, bahwa dirinya senang. Saya senang, apalagi para Senior Leaders di SBT ini sudah sangat solid, sehingga optimis dapat meraih target Revenue 1,3 Trilyun untuk tahun ini, apalagi peluang pasar (Market Opportunity) di Surabaya ini masih sangat luas, katanya lagi.

Saya akan aligned dengan system yang telah dibangun baik oleh GM sebelumnya, yaitu Pak Badri. Aligment ini untuk minggu pertama tentu saya lakukan dengan para Seniors Leaders termasuk dengan Deputy GM TELKOM SBT, Pak Jito, lanjutnya. Waktu saya masih di DIVRE-II, maupun di Corporate memang TELKOM Surabaya gaungnya luar biasa. Memang, masih kata Tulus, bahwa hampir disetiap DATEL biasanya tak pakai rem, larinya kencang.

Dari setiap evaluasi, gaung itu terus menggema, dimana Surabaya selalu memiliki performansi yang baik, apakah itu Finance Performance, Flexi Performance, terlebih inovasi IT-nya. Jadi kesan saya pertama kali disini ialah sangat senang, targetnya menantang, yaitu 1,3 Trilyun. Sekali lagi kami optimis, apalagi ada Manager VAS, Pak Sosiadi, kuncinya sambil ngakak, Manager VASpun yang duduknya berhadapan ikut ngakak pula. Selamat, semoga sukses !
NURSIDIK

USI DIVRE-V Ganti Battere Laptop Bermasalah


TAHUN 2006

USI DIVRE-V Ganti Battere Laptop Bermasalah

Hati-hati dengan notebook jenis Dell Latitude, Inspiron, XPS dan precision workstation notebooks, karena baterenya bermasalah ! Hal tersebut diungkapkan salah seorang teknisi USI DIVRE-V kepada Reporter di ruang kerjanya Jln. Ketintang 156, Surabaya, Senin (11/9).

Ditambahkan, bahwa manajemen akan mengganti battere yang bermasalah tersebut dalam kesempatan pertama agar terhindar dari bahaya “meledak”, selain juga untuk memperlancar tugas operasional yang mobilitas setiap harinya cukup tinggi.

USI DIVRE-V sangat aware dan care dengan tools kerja karyawan berupa software atau piranti lunak. Apabila piranti lunak mereka terganggu, tentu akan mempengerahui operasional yang berujung kepada kinerja, sebab perangkat IT saat ini sangat diperlukan dan sudah merupakan “makanan” sehari-hari. Kami tak hanya melayani dan menyediakan perangkat, tetapi kami yaitu USI DIVRE-V juga memperhatikan dari sisi SMK-3. Bayangkan, kalau gara-gara battere lalu terbakar, kan berabe, lanjutnya.

Dikatakan, bahwa Dell Tarik 4,1 Juta Batere Notebooknya di Seluruh Dunia, termasuk yang selama ini dipakai oleh PT. Telekomunikasi Indonesia (TELKOM). Penyebabnya ialah karena ancaman overheat yang bisa memantik kebakaran. Juru bicara Dell seperti dilansir Washington Post menjelaskan, batere Sony yang dirakit di notebook tersebut dikapalkan antara 1 April 2004 sampai 18 Juli tahun ini, kuncinya mengutip info dari “detik.com”.

Terkait dengan rencana pergantian sejumlah 1975 unit battere Dell (termasuk 182 unit yan teralokasi di Jawa Timur, DIVRE-V) yang terlanjur masuk ke PT. Telkom Indonesia melalui program seat management yang di delivery oleh ISC dan AGIT Jakarta, info terakihir dari Dell bahwa battere pengganti telah sampai di Jakarta (Pabean) pada tanggal 7 september 2006. Mudah-mudahan tidak kena Red light sehingga bisa didistribusikan tepat waktunya (rencana semula mulai tanggal 15 September). Rencana distribusi tahap pertama (500 units batere). Sedangkan total Telkom se Indonesia lumayan banyak.
NURSIDIK

SERTIJAB GM TELKOM BOGOR, ARIS HARTONI KEPADA BADRIYANTO


TAHUN 2006

SERTIJAB GM TELKOM BOGOR, ARIS HARTONI KEPADA BADRIYANTO


Serah terima Jabatan General Manager Telkom Bogor dari Aris Hartoni kepada Badriyanto telah dilaksanakan pada hari Jumat (8/9) 2006 di lantai 7 Gedung Plasa Telkom Bogor Jalan Pajajaran No. 37. Acara tersebut dihadiri oleh EGM DIVRE II JAKARTA ERMADI DAHLAN, Deputy EGM DWI SASONGKO PURNOMO berserta para Sinior Leaders DIVRE II JAKARTA dan para Manager dan Asman Telkom Bogor, dengan diawali dengan menyanyikan lagu Jayalah Telkom.

Aris Hartoni General Manager yang lama dalam sambutanya menyampaikan ucapan bayak terima kasih kepada seluruh karyawan/ti Telkom Bogor yang selama ini telah membantu dan mendukung beliau selama di Bogor, dan Ucapan Maaf kepada seluruh karyawan/ti apa bila ada kekurangan, dan beliau berpesan untuk dipertahankan semua prestasi yang kita peroleh, dan di Bogor harus sabar karena pelanggan Bogor kebanyakan arpunya hanya Rp 100.000,- ini mencapai 60% sendiri dari pelanggan Bogor.

Badriyanto GM Telkom yang baru dalam sambutannya mengucapkan selamat bergabung , beliau minta agar Bogor di tahun 2007 menjadi The Best Datel , maka kita harus Focus terhadap Customer, dan dipertahankan selamanya dan kita harus punya Spirit yang tinggi untuk sama sama memajukan Telkom Bogor, dan mari kita jaga keseimbangan Kerja, Keluarga dan Olah raga agar tetap jaya terus .

Dalam sambutannya EGM Divre II Jakarta Ermadi Dahlan menyampaikan beberapa point “pertama kita harus bersyukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa yang mana kita masih diberikan kesehatan dan Telkom Divre Ii tetap Exsis dan tetap jaya. Beliau berpesan bahwa event seperti ini sangat strategis untuk menyampaikan sebuah pemikiran untuk modernisasi Management Datel kepada seluruh karyawan , untuk melakukan Transformasi”. Selesai sambutan dilanjutkan kunjungan ke Kontak Center lantai 3 Gedung Plasa Telkom Bogor dilanjutkan ke Gedung OPMC lantai 1 ruang Access Network Operation dan berbincang-bincang dengan karyawan yang sedang bertugas. Yang terakhir Mengucakan terima kasih kepada Aris Hartoni yang telah memimpin Telkm Bogor sampai berhasil.


Jar/Boo

Ujian Pertama Manager SAS, Mobil Dibakar Bonek


TAHUN 2006

Ujian Pertama Manager SAS, Mobil Dibakar Bonek

Peristiwa pembakaran mobil oleh Bonek Surabaya benar-benar terjadi pekan kemarin tak terkecuali mobil operasional Divisi Long Distance (DLD). Manager Security and Safety, Wibowo Sugiarto yang baru saja menjabat terpaksa harus menuju ke lokasi, yaitu Gelora 10 Surabaya beserta jajarannya untuk melakukan evakuasi. Saya begadang sampai larut malam, katanya usai mengikuti acara Unjuk Ketrampilan SATPAM di Jln. Ketintang 156, Surabaya.

Peristiwa anarkis berupa pembakaran ini merupakan ujian pertama saya, kemudian saya harus begadang hingga larut di lokasi. Segala sesuatu pasti ada ujiannya, yang penting marilah kita ambil hikmahnya yang tentu dibalik musibah tentu ada hikmah. Kondisi kesehatan saya saat kejadian memang kurang fit, akibatnya sepulang dari Lapangan Gelora 10 Nopember saya harus istirahat.

Alhamdulillah, hari ini saya bisa bergabung dengan para SATPAM SBT, SBB dan dari KANCATEL Mojokerto dalam acara Unjuk Ketrampilan Seni Bela Diri Pencak Silat dan Demo menghalau peristiwa perampokan di hadapan Manajemen DIVRE-V yang disaksikan oleh jajaran Bank Mandiri yang dihadiri oleh salah seorang Direksinya. Saya hari ini benar-benar senang bergabung dengan para SATPAM, apalagi berjoget bersama, kunci Sang Manager SAS yang sekaligus aktivis SEKAR Nasional dari DPW-V Jawa Timur.

NURSIDIK

Joint Retail Bank Mandiri & Telkom DIVRE-V

TAHUN 2006

Joint Retail Bank Mandiri & Telkom DIVRE-V

Jalinan kerjasama Telkom dan sejumlah Bank papan atas di Negeri ini semakin hangat, tak terkecuali dengan Bank Mandiri. Kepentingan bisnis antara Bank dan Telkom memang saling terkait, sehingga saling sinerji. Hal ini nampak jelas saat wakil jajaran Direksi Bank Mandiri, yaitu Senior Vice President Konsumer and Finance, Ibu Sarastri Baskoro hadir pada saat senam pagi di halaman Kantor DIVRE-V Jln. Ketintang 156, Surabaya.

Sementara dalam kesempatan tersebut, KAKANWIL-VII Bank Mandiri, Santoso Budi Riyanto mengatakan, bahwa kalau selama ini kerjasama yang telah dilakukan antara PT. TELKOM dan Bank Mandiri adalah kerjasama Korporasi, kini menyisir segment yang lebih bersifat Retail, yaitu penjualan terminal Flexi. Bank Mandiri akan selalu lebih dekat dengan Bapak Ibu sekalian. Untuk keperluan tersebut, maupun keperluan jasa perbankan lainnya, maka silahkan menghubungi kami yang sudah membuka Kantor Kas di Area Telkom DIVRE-V ini, pinta Santoso.

Kegiatan senam ini jangan sampai berhenti disini saja, mungkin suatu saat kami dari Bank Mandiri akan mengudang Bapak Ibu sekalian. Sebelum senam, maka dalam kesempatan ini kami perkenalkan dulu salah satu Direksi kami dari Jakarta, yaitu Ibu Sarastri Baskoro. Beliau adalah Senior Vice President Konsumer and Finance yang akan melakukan tukar menukar cindera mata dengan EGM DIVRE-V, Nanang Ismail Kosim.

Usai tukar menukar cindera mata, maka acara ini dilanjutkan dengan senam bersama dalam suasana keakraban antara jajaran kedua “perusahaan raksasa” tersebut. Senam dipandu sepenuhnya oleh Beauty Fitness Center Surabaya. Para Senior Leaders Bank Mandiri dan TELKOM DIVRE-V mulai menghentakkan kaki, tangan dan seluruh anggota badan mengikuti irama musik hip-hop.

NURSIDIK

TELKOM Dukung IT Seluruh Sekolah Kabupaten Mojokerto


TAHUN 2006

TELKOM Dukung IT Seluruh Sekolah Kabupaten Mojokerto

Menindaklanjuti Workshop IT antara PT. Telkom dengan Kodya Mojokerto pada tanggal 01 September 2006 dengan hasil sukses dan mendapat respon positif dari 100 peserta, maka pada hari ini Rabu tanggal 06 September 2006 di Kancatel Mojokerto telah dilaksanakan share IT.

Dalam kesempatan kali ini instansi yang beruntung adalah dari Diknas Kabupaten Mojokerto pada umumnya serta seluruh guru dan tenaga pengajar di Mojokerto pada khususnya.

Acara pada kesempatan kali ini dikemas secara apik dan menarik sehingga seluruh audience yang hadir terhenyak dan menyimak acara dari pembukaan yang pada kesempatan kali ini dibuka oleh Kadiknas H. Akh. Jazuli, SH. Msi sampai dengan acara ini berakhir.

Dari 64 SMU dan SMP yang diundang ternyata yang datang mencapai 80% dengan kondisi 70% sudah mempunyai komputer sehingga hal ini akan lebih memudahkan di dalam kerjasama untuk menciptakan tenaga atau lulusan SMU yang berwawasan, berdaya-jual serta mempunyai kompetensi yang tinggi dan siap untuk berkompetensi di dalam era globalisasi sekarang ini.

Sedikit sambutan dari Arif Irfansah selaku JM Kancatel Mojokerto, yang menggaris bawahi tentang sebuah kata bijak yaitu “ Berawal dan Berakhir “, dengan harapan bahwa Berakhir disini adalah dengan kerjasama yang sinergi dan baik antara PT. Telkom dengan Diknas Mojokerto didalam memberikan informasi dan pengetahuan tentang IT Pertelekomunikasian ke seluruh siswa SMU dan SMP di Mojokerto sehingga akan didapatkan atau diperoleh siswa-siswa atau tenaga-tenaga lulusan SMU dan SMP yang berpotensi dan berdaya jual tinggi didalam era globalisasi. Presentator kali ini adalah Sdr. Ketut dari Datel SBT, Oemar Poernomo, Nanang KM serta Sdr. Arif Irfansah selaku Orginzer dari Kancatel Mojokerto.

“ Ada yang lebih penting, yaitu Kepuasan Pelanggan “ (@kk@-y/Mr).

DIVRE-V Siapkan Bibit Wartawan PORTAL


TAHUN 2006

DIVRE-V Siapkan Bibit Wartawan PORTAL

Para karyawan dan karyawati TELKOM DIVRE-V bakal meramaikan berita-berita PORTAL TELKOM, sebab sebanyak 30 orang telah dipersiapkan melalui pelatihan bersertifikat yang berlangsung selama dua hari di DIKLAT (TTC) Surabaya. Mereka memang merupakan bibit Reporter Generasi Baru yang dilatih untuk siap pakai.

Nama pelatihan yang dipersiapkan untuk mereka adalah JURNALISTIC AND MEDIA RELATION, sehingga para alumninya diharapkan sudah mampu menghandel permasalahan media, khususnya Internal Relation (INREL) yang memang sangat penting dalam mendesiminasikan komunikasi dan informasi yang terjadi dalam perusahaan, termasuk event-event penting internal.

Materi yang mereka terima antara lain Fotografi, Media Relation, Menulis Berkualitas, How To Deal With Media, Event Management, Teknik Penulisan Berita termasuk Praktek Penulisan Berita yang memang sudah dipersiapkan sebagai bekal utama agar selepas pelatihan, mereka benar-benar siap pakai.

Instruktur yang mengisi materi berasal dari internal dan eksternal, yaitu Ivone Andayani adalah Eksternal Relation Divisi Komunikasi DIVRE-V, Djadi Sugiarto adalah Manager PR DIVRE-V, Nana Suryana adalah Internal PR Corporate, Masmimar Mangiang adalah Dosen Fakultas Ilmu Komunikasi UI Jakarta sekaligus wartawan senior, Ashadi Siregar selain wartawan senior juga Novelis kondang dari Yogyakarta.

NURSIDIK

Para Karyawan Dipeluk GM 1 Trilyun


TAHUN 2006

Para Karyawan Dipeluk GM 1 Trilyun

Karena panggilan tugas yang lebih menantang di tempat yang baru yaitu KANDATEL Bogor sebagai GM, maka GM SBT Badriyanto, Kamis (7/9) berpamitan ke seluruh jajarannya yang tersebar di 3 CATEL, antara lain : CATEL Sidoarjo, CATEL Mojokerto dan CATEL Jombang.

Hal tersebut dilakukan GM 1 Tilyun, Badriyanto sebelum sertijab, mengingat waktu yang terus berputar cepat, disisi lain memang harus segera ON BOARD di tempat yang baru. Jadi mumpung ada kesempatan, maka dilakukannya silaturahmi sekaligus berpamitan ke 3 Catel sekaligus.

Kesan dan pesan baik dari wakil karyawan, maupun dari manajemen rata-rata mengatakan hal yang senada, yaitu sebagai sosok yang enerjik, care / aware, detil serta ketat dalam mengawal target. Ringan tangan dalam memberikan dukungan (support) dalam bentuk apapun.

Dalam setiap kesempatan berpamitan, Badri selalu mohon maaf kepada seluruh jajarannya, sebab selama bergabung di KANDATEL 1-T tentu ada hal-hal yang tidak mengenakkan, baik disengaja atau tidak, langsung atau tak langsung. Sebagai manusia biasa tentu tak lepas dari kekhilafan. Seluruh rekan yang ada di 3 Catel berpesan agar ditempat yang baru lebih sukses lagi.

NURSIDIK

The Best Sales SBT Dapat Apresiasi


TAHUN 2006

The Best Sales SBT Dapat Apresiasi

Tahukah Anda, bahwa pekerjaan seorang salesman tidaklah mudah seperti yang kita bayangkan ? Profesi yang satu ini selain membutuhkan keuletan, juga diperlukan skill negosiasi. Tak jarang harus juga sedikit mengerti psikologi orang yang sedang kita bidik. Hal ini diungkapkan oleh rekan Salesforce TELKOM SBT yaitu Mas Yani yang berhasil meraih The best sales bulan september 2006, yang dihitung dari jumlah realisasi total hasil pemasaran baik POTS dan Flexi Classy. Hari ini Yani menerima apresiasi dari manajemen di ruang Marketing Jln. Ketintang 156, Surabaya, Selasa (5/9).

Walaupun tidak harus menguasai sepenuhnya, tapi paling tidak sedikit mengetahui tentang ilmu penjualan, harus aktif membaca literatur tentang marketing and sales, katanya kepada Redaksi. Relationship dan selling strategi paling tidak harus diketahui walau tidak dalam tingkat mahir, sehingga setiap perkembangan pasar secara tidak langsung dapat terpantau dikombinasikan dengan melalui pengalaman di lapangan.

Meyakinkan calon kastemer juga memerlukan sedikit ilmu relationship dan negosiasi, sehingga dealed benar-benar terjadi. Dan semua harus berangkat dari target, sebab tanpa target, maka tidak ada tantangan yang mampu menggerakkan adrinalin kita, tambahnya. Suka dan duka itu adalah biasa dalam aktivitas selling ini. Tantangan alam, cuaca dan lingkungan yang terkadang kurang bersahabat harus dapat diatasi, dan jangan mudah putus asa.

Kita bangkitkan semangat diri kita sendiri dengan melihat keberhasilan orang lain, tanpa itu niscaya kerja kita kurang enerjik, tak antusias dan seperti tak punya obsesi apapun. Kalau demikian halnya, maka kerja kita akan sia-sia, pemborosan waktu dan tenaga yang percuma. Berikanlah calon kastemer informasi yang jelas dan fokus. Hal ini penting untuk meyakinkan mereka yang tak cukup cuma sekali.
If you have many different products to offer, the challenge is which one to present first. If you guess wrong, your prospect may walk away believing you're not a good fit for his or her needs. You will find that you can Sell More By Showing The Right Product On The First Try.


NURSIDIK

HPN, Pelanggan Ngintip Dapur Flexi Surabaya


TAHUN 2006

HPN, Pelanggan Ngintip Dapur Flexi Surabaya

Pada Hari Pelanggan Nasional (HPN) Senin (4/9), para pelanggan benar-benar dimanjakan. Dari beberapa sumber pantauan, terdapat sejumlah Bank di Surabaya juga membuatkan pelanggannya secangkir kopi, teh, soft drink dan snack., kemudian anak kecil di Plasa Telkom Darmo naik kursi disodori permen oleh CSR, sebab ibunya sedang melakukan aplikasi PSB, Pasang Baru. Kemudian Telkom SBT mengundang perwakilan pelanggan melihat dapur Flexi di Kebalen Surabaya.

Dapur Flexi di Kebalen yang merupakan ROC (Regional Operation Center) Area Surabaya adalah tepat bagi pelanggan untuk melihatnya dari dekat, sehingga mereka mampu memahami bagaimana cara kerja Flexi yang selama ini digunakan oleh jutaan konsumennya. Di dapur ini, mereka berdiskusi masalah Flexi, mulai dari masalah kualitas, hingga ke masalah yang cukup teknik, termasuk Konfigurasi Network Flexi.

Beberapa segment pelanggan diundang dalam acara ini termasuk Ketua APWI (Budiono), Ketua DPRD (Musyafak Rouf), Dewan Pelanggan (Krinayana Yahya), Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Surabaya (Paidi Prawiroredjo). Mereka adalah perwakilan pelanggan yang diharapkan akan mampu mengkomunikasikan apa yang pernah dilihatnya secara langsung kepada para konsumen di Surabaya.

Agenda Customers Day masing-masing perusahaan memang berbeda-beda, tetapi esensinya adalah di hari yang bahagia ini, para pelanggan harus benar-benar merasakan kebahagiaan itu. Kirim email ke pelanggan juga dilakukan sejumlah perusahaan jasa, bahkan ada yang mengadakan Malam Apresiasi Pelanggan, yaitu Bank Mandiri.

NURSIDIK

Customer’s Day TELKOM SBT Mirip McDonald’s


TAHUN 2006

Customer’s Day TELKOM SBT Mirip McDonald’s

Customers Day atau hari pelanggan merupakan hari istimewa yang ditujukan bagi pelanggan tercinta dan tesayang. Di hari ini, TELKOM SBT merayakannya dengan cara yang hampir mirip dengan cara-cara yang dilakukan perusahaan franchises terbesar berkelas dunia, McDonalds, dimana beberapa Direksi McDonalds melakukannya sendiri melayani pelanggan, demikian juga dengan Telkom SBT dimana GM dan para Senior Leaders melayani pelanggannya sendiri di Plasa Telkom Darmo Jln. Kapuas 59, Surabaya, Senin (4/9).

Ini adalah kebetulan, dalam arti sama sekali tidak mengadop, membenchmark, membest practice cara-cara McDonalds dalam membahagiakan pelanggannya. Konon di McDonalds ada Pimpinannya yang bahkan cuci piring, tetapi kalau di Telkom lebih dari itu, yaitu membersihkan Telepon Umum. Semua yang dilakukan adalah demi meningkatkan pelayanan dan kepuasan pelanggan.

Para Senior Leaders Telkom SBT pada hari pelanggan ini benar-benar duduk di loket, banyak pelanggan yang datang ada yang komplin ada yang membayar billing, ada yang PSB, pokoknya semua jenis layanan yang ada di Plasa yang biasanya dilayani atau diduduki oleh CSR cantik, kini diganti oleh Para Senior Leaders termasuk GM TELKOM SBT, Badriyanto.

Beda memang, biasanya berkecimpung dalam mengola startegi manajemen, sekarang duduk di ujung tombak yang bersentuhan langsung dengan pelanggan, tetapi semua berjalan lancar dan tidak canggung. Para Senior Leaders dalam melayani para Raja-Raja nya ini disaksikan dan bahkan diamati langsung oleh rekan-rekan Yayasan Lembaga Konsumen Surabaya (YLKS) yang sangat kritis.

NURSIDIK

CSR TELKOM SBT Maju Ke Tingkat Nasional


TAHUN 2006

CSR TELKOM SBT Maju Ke Tingkat Nasional

Alhamdulillah saya akan ikut seleksi CSR (Customer Service Representative) Tingkat Nasional di Bandung, kata Aning panggilan akrab dari Mbak Suryaning Nurhayati kepada Reporter ditengah-tengah acara Customers Day yang berlangsung di Plasa Telkom Darmo, Jln. Kapuas 59, Surabaya, Senin (4/9).

Alumni S-1 F-MIPA Jurusan Pendidikan Kimia UNESA Surabaya (dulu bernama IKIP) ini ketika berbincang dengan Reporter mengatakan, bahwa dirinya bersama dengan 2 CSR rekannya terpilih mewakili DIVRE-V untuk maju mengikuti seleksi tingkat Nasional di Corporate Office, Bandung. Untuk Tingkat DIVRE-V, Aning masuk rangking ke-2, sedangkan rangking pertama adalah rekan CSR dari KANDATEL Madiun, dan rangking ke-3 dari KANDATEL Malang.

Aning yang asli Arek Suroboyo dan menguasai Bahasa Inggris ini mulai bergabung di Plasa Telkom Darmo sejak 7 Juli 2005. Baginya tidak menduga bisa terpilih sebagai peringkat ke-2, sebab pengalamannya yang hanya baru setahun. Tetapi menurutnya banyak sukanya bekerja disini, pasalnya ialah lingkungan kerja yang kondusif, serta Team Work yang solid.

Banyak sukanya di Plasa Telkom Darmo ini, sebab saya tidak bekerja sendiri, tetapi merupakan Team Work yang kompak. Segala kesulitan selalu ada solusi jika diantara kami yang di front room dan di back room saling kerjasama dengan baik. Setiap pagi sebelum memulai pekerjaan, kami selalu melakukan Patriot 135, sehingga ada sharing info dan kekompakan selalu terpelihara.

Dukanya sih sedikit, terhadap semua kastemer yang kritis sekalipun, selalu dapat kami solusikan dengan koordinasi sesama Team disini. Disiplin ilmu Anda adalah Kimia, ada nggak hubungannya dengan Customer Service, Tanya Reporter. Saat sekolah, kami pernah dapat mata kuliah psikologi, soalnya di IKIP kan sekolah Ilmu Keguruan. Mata kuliah psikologi inilah berkaitan erat dengan Human Being alias kehidupan manusia, jawab singkat gadis single empunya hobi memasak. Selamt deh !

NURSIDIK

CSR SBT Berpetualang Penuh Tantangan


TAHUN 2006

CSR SBT Berpetualang Penuh Tantangan

Perubahan terus terjadi, maka yang namanya teamwork, skill and ability petugas Plasa Telkom yang terdiri dari Customer Service Representative (CSR) dan Customer Care (CC) dalam memuaskan kastemer di era ganasnya kompetisi juga terus di up-grade dan di-update. Medianya kali ini adalah Gathering dan Outbond di alam bebas agar lebih bebas berinovasi dalam menjalin kekompakan tim. Adventure, berpetualang penuh tantangan !

Selama 2 hari, yaitu Sabtu & Minggu (2-3/9) para ujung tombak (front liner) ini digembleng di kawasan Gunung Bromo Jawa Timur. Untuk mengevaluasi kekompakan tim, maka NOARS RAFTING memandu mereka menyusuri sungai dengan aliran deras pegunungan yang jernih, namun memiliki tantangan dan resiko seperti halnya mereka menghadapi competitor.

Winning Customers Through Excellent Service merupakan obsesi utama para Senior Leaders, sehingga Manager CC, Gatot Indra menerjunkan para CSR nya ke alam bebas. Tantangan dan rintangan akan tersolusi manakala mereka mengedepankan kerja tim. Sebelum RAFTING, mereka menerima materi Studi Kasus Layanan Flexi & PSTN dipaparkan oleh Kawit Waluyo, Asisten Mgr Direct Channel Management SBT.

Masih masalah actual, maka ada satu penyampaian lagi materi menarik teraktual, yaitu "Studi kasus Layanan Speedy" oleh Arif Swa, Asisten Mgr Personal Customer Care SBT. Setiap kasus didiskusikan dan direspons peserta. Beda memang diskusi di kantor dan di alam bebas. Mereka sangat antusias, terlihat dari berkembangnya diskusi selama penyampaian materi, banyak pertanyaan dan masukan yang disampaikan, dan hasil post-test ternyata10 orang mencapai nilai 90.

Perpaduan IQ dan stamina fisik terlihat secara kongkrit. Evaluasi menjadi semakin berbobot. Dalam forum diskusi tersebut juga dihasilkan usulan-usulan program aksi layanan yang akan segera ditindaklanjuti. Suasana jadi hidup dan interaktif ketika beberapa fun game seperti kontes yel-yel pelayanan dan unjuk bakat CSR menjadi salah satu materi kontennya.

Masih suasana alami yang segar, acara apresiasi yang ditunggu adalah "Anugrah Bintang CSR 2006", berupa pemberian apresiasi kepada CSR SBT : Aning, yang mewakili Divre V maju ke pentas nasional dalam Best CSR Award 2006, Ratna Sari Dewi yang merupakan 5 besar Best CSR Divre V tahun 2006. Sedangkan Team Building di hari ke-2 adalah acara pamungkas. Potret leadership, potret teamwork diuji pada adventure ini.

Kemudian acara ditutup dengan pembacaan CARE COMMITMENT :
1. Berikan yang terbaik untuk pelanggan.
2. Sikap Melayani Dengan CINTA (5-S).
3. Orientasi proses menjamin “COSO SOA”.
4. Berfikir positif dan inovatif.
5. Selalu Tampil Ceria dan bersahabat.

NURSIDIK

Kepedulian Sosial TELKOM Mojokerto


TAHUN 2006

Kepedulian Sosial TELKOM Mojokerto

Setelah melakukan acara Feed Back seluruh pegawai Kancatel Mojokerto beserta UBIS lokasi Mojokerto, pada tanggal 19 September 2006 melakukan kegiatan social. JM Kancatel Mojokerto, Arif Irfansah beserta jajarannya menyempatkan diri untuk mendatangi lokasi pencurian kabel yang nota bene sudah 3 kali dalam sebulan ini. Lokasinya berada di Kampung/Desa Belahan Tengah Mojosari yang kebobolan pencurian kabel telepon. Kedatangan manajemen PT. Telkom Mojokerto disambut hangat oleh Nordin selaku Kepala Desa berserta seluruh jajarannya. Pertemuan sangat akrab dan penuh kekeluargaan.

Dalam pertemuan disepakati bahwa, pihak aparat Desa Belahan Tengah Mojosari siap untuk membantu PT. Telkom apabila ada tindakan Pencurian. Antusiasme Kepala desa Belahan Tengah beserta jajarannya bersambut dengan diberikannya bantuan seperangkat alat olah raga berupa Bola Volley, Net beserta tiangnya yang dalam hal ini disampaikan langsung oleh Landung selaku AJM Oman Kancatel Mojokerto dan diterima oleh Ketua Karang Taruna Desa Belahan Tengah Mojosari.

Harapan dari PT. Telkom adalah bagaimana asset negara ini dapat dijaga dan dipelihara dengan baik oleh seluruh komponen masyarakat baik dari unsur warga desa, aparat Desa, aparat keamanan, dan pihak-pihak yang terkait, sehingga apabila ditenggarai ada tindakan yang menjurus atau teridentifikasi adanya pencurian atau pengrusakan Asset PT. Telkom, maka informasi dini dari komponen masyarakat sangatlah membantu sekali. Sehingga dengan waktu yang relatif singkat kami bisa mengambil tindakan preventif dan mengatasinya, demikian ungkap Arif Irfansah selaku JM. Kancatel Mojokerto.

Setelah memeriksa lokasi-lokasi yang sering terjadi pencurian kabel telepon, Arif menyempatkan diri berkunjung ke UP Ngoro dimana sebagai rasa empati dan sebagai bentuk tali asih dari bapak ke anak, Arif selaku JM Kancatel Mojokerto memberikan sejumlah uang kepada Imron salah satu anggota Satpam Ngoro yang terkena musibah lumpur Lapindo. Dengan harapan semoga musibah tersebut cepat berlalu dan bisa diterima atau dihadapi dengan fikiran dan serahkan semua kepada Yang Di Atas. Ada binar kebahagiaan yang terpancar dari Imron, bukan melihat besar kecilnya bantuan tetapi perhatian dan empati yang diberikan JM Kancatel Mojokerto atas musibah yang menimpanya demikian tutur santun ybs ke Red dibelakang kantor.

Ada hal yang lebih penting, yaitu kepuasan pelanggan.
@kk@y-/Mr.

Di era persaingan, SBT Raih Net Sales Positif


TAHUN 2006

Di era persaingan, SBT Raih Net Sales Positif

Ditengah maraknya persaingan walau perekonomian masih belum stabil, namun bisnis ‘halo-halo’ tetap mampu diprediksi secara positif, terbukti TELKOM SBT bulan ini mampu meraih Net Sales Positif. Deputy GM TELKOM SBT, Sujito menyampaikan rasa syukur atas pencapaian ini dihadapan para karyawan usai senam pagi di halaman Kantor DIVRE-V Jln. Ketintang 156, Surabaya.

Bisnis ‘halo-halo’ memang tak begitu terkena dampak krisis, dalam arti tak begitu parah, sebab saat ini ia merupakan sebuah kebutuhan penting sebagai sarana komunikasi dan informasi. Jito mengatakan, bahwa sudah 3 bulan berturut-turut hasilnya negative, namun selalu mengecil hingga sekarang sudah pulih, Positif alias surplus sekitar 200-an, tadi malam sudah mencapai 3000-an.

Di era kompetisi, maka harus diakui bahwa Brand Telkom sebagai BUMN yang masih National Flag Carrier ternyata tetap kuat walau para competitor mengepung dan menghajar dari segala penjuru. Di percaturan Pasar Nasional (Across National Markets) dan sebagai pasar internasional (International Market) yang terus menggeliat, maka Telkom dengan SDM profesionalnya yang selalu inovatif, bekerja keras dan cerdas serta senantiasa berupaya mampu mondominasi market share, ujung-ujungnya memenangkan persaingan.

Jito dalam kesempatan tersebut juga memaparkan keberhasilan sales speedy bulan ini yang dikatakan terbagus dari bulan-bulan sebelumnya. Ini harus dipertahankan agar terus tumbuh berkembang. Peningkatan sales kita sangat-sangat bagus, obsesi kita bulan depan dapat agar untuk speedy mampu tembus 1 kilo kendati menghadapi bulan Ramadhan, sebab ada program Paket WARNET MERDEKA dan SPEEDY NEGRIKU.

Mari terus kita dongkrak net sales kita untuk ALL PRODUCT, Flexy, Speedy dan POTS. Kita masih punya banyak PR untuk menghabisi tahun 2006 ini yang merupakan tugas kita semua terutama bagi para Manager Sales lengkap dengan Sales Team, serta setiap owner proses agar senantiasa memantau perkembangan pasar dengan segala perspektif dan estimasinya, agar kinerja di tahun 2006 ini lebih baik, Growth 2007 diharapkan 15 % dan Always The Best.



NURSIDIK

SBT : Anti Narkoba Salah Satu Wujud CSR


TAHUN 2006

SBT : Anti Narkoba Salah Satu Wujud CSR

Telkom Corporate Social Responsibility (TCSR) akan memberikan Awards kepada mereka-mereka yang peduli terhadap lingkungannya bila telah memenuhi syarat atau criteria yang telah dipersyaratkan. Ada CSR Individu Internal, ada pula CSR Unit Internal. GCC selaras dengan program GCC yang merupakan salah satu upaya untuk membangun citra perusahaan.

Valued Added CSR kali ini adalah adanya penilaian terhadap individu, yaitu untuk melihat sampai sejauh mana para individu yang nota bene adalah karyawan dan karyawati Telkom peduli terhadap lingkungannya. Untuk individu yang akan diajukan dari SBT adalah Indra, Herdi dan Mamas. Bertiga telah memiliki cukup kontribusi terhadap lingkungannya.

Sebelum maju, maka ketiganya diajak manajemen berdiskusi mulai dari persiapan sampai dengan kepada buktu eviden yang nantinya ada kemungkinan besar akan dipertanyakan oleh para tim penilai. Ternyata kepedulian social ini memiliki scope yang sangat luas, mulai dari peduli lingkungan, generasi muda, pendidikan, panti asuhan, budaya sampai kepada masalah narkoba.

Satu contoh rekan Indra Gunawan yang juga Ketua RT, ternyata banyak memiliki aktivitas yang berkaitan dengan kepedulian terhadap sesama dan lingkungannya. Dan yang cukup menarik dan belum banyak tersentuh, justru Indra juga memiliki kepedulian untuk pemberantasan narkoba yang kalau di Surabaya ada organisasi yang bernama GERANAT atai gerakan anti narkoba. Pemberantasan narkoba yang gampang-gampang susah ini merupakan kegiatan peduli linkungan tentang kemanusiaan dan kesehatan bagi generasi penerus bangsa. Indra mendirikan GESANG (Gerakan Sadar Anti Narkoba) pada 30 Juli 2006 yang telah diresmikan WAWALIKOTA Malang, dan banyak kegiatan social lainnya yang ia lakukan. Kita baru tau loh !!!

NURSIDIK

Manajemen SBT Bahas CSR Awards 2006


TAHUN 2006

Manajemen SBT Bahas CSR Awards 2006

Bertempat di ruang DGM TELKOM SBT, Jum’at (1/9) para calon peserta Individu dan Unit CSR Awards berdiskusi dengan para Senior Leaders membahas persiapan yang terksenario. Diskusi ini dipandu langsung oleh DGM, Sujito dan dimoderatori oleh Manager General Support, Suroso. Manager lainnya adalah sebagai nara sumber.

Beberapa Key Success Factors dan Critical Point menjadi dominasi dalam setiap bahasan. Dikatakan Sujito, bahwa ada 7 (tujuh) pilar implementasi kegiatan TCSR (Telkom Corporate Social Responsibility) yang mesti diwaspadai dan dipersiapkan dengan matang, yaitu :

• Education, kegiatan yang bertujuan meningkatkan kualitas pendidikan baik hardware maupun brainware bagi stakeholder.
• Health, kegiatan yang bertujuan meningkatkan kualitas kesehatan stakeholder.
• Culture of Civility, kegiatan kepedulian untuk melestarikan dan membina budaya, seni, olahraga, agama dan kegiatan kemasyarakatan lainnya dalam upaya mendukung perusahaan mengimplementasikan nilai-nilai Good Corporate Governance.
• Partnership, kegiatan yang mempererat jalinan kemitraan dengan pihak ketiga baik di bidang product maupun lainnya yang related maupun non related dengan core business Telkom dan bertujuan untuk memberikan manfaat bagi semua pihak.
• Environment, kepedulian untuk meningkatkan kualitas lingkungan internal maupun eksternal perusahaan agar terjadi hubungan harmonis antara perusahaan dengan lingkungannya.
• Disaster and Rescue, kegiatan untuk memberikan bantuan dalam penanggulangan bencana.
• Public Service Obligation, kegiatan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di bidang sarana dan prasarana.

Diskusi menghasilkan beberapa kesepakatan yang kemudian akan dipegang teguh agar benar-benar tampil prima dan solid. Sekedar untuk memacu semangat dalam menghadapi Team Satgas Penilaian Kantor Korporat, maka diinformasikan oleh Sujito, bahwa Corporate akan menganugerahkan TCSR Award.

NURSIDIK

Antisipasi Booming Speedy, SBT Sinerjikan Vendor Modem, Mitra OS Dan Beri Training


TAHUN 2006

Antisipasi Booming Speedy, SBT Sinerjikan Vendor Modem, Mitra OS Dan Beri Training

Ketersediaan ALRPO Speedy Telkom SBT sudah mampu untuk mengantisipasi membludaknya atau booming akan permintaan. Dari sisi SDM yaitu tenaga teknis juga dipersiapkan untuk mengantisipasi, dengan dilaksanakannya Training pada hari Senin (7/8) di Jawara Competence Center STO Manyar Surabaya. Peserta yang berjumlah 30 orang terdiri dari Vendro Modem, Mitra IKR, Mitra Semi Outsourcing (OS) dan Mitra Outsourcing (OS).

Event ini dibuka secara resmi oleh GM TELKOM SBT, Badriyanto yang didampingi oleh dua Manager, yaitu Manager Operasional Jarakses dan Manager Maintenance Jarakses. Dalam sambutannya, Badri mempresentasikan teknologi terkini dan kecenderungan Global serta Domestic Market. Paparan Badri ini dimaksudkan untuk merubah mindset dan paradigma para Mitra OS yang selama ini hanya berkutat dan terbelenggu ke masalah Q gangguan dan PSB yang kecenderungannya justru menurun.

Jaringan akses tembaga kondisi yang lalu, sekarang dan kedepan dipaparkannya seiring tuntutan kemajuan teknolodi INFOCOM. Brain (Otak) para Tenaga Mitra IKR, OS dan Vendor seolah dicuci oleh Badri agar keterbelengguan itu berakhir untu melihat secara rasional terknologi masa kini dan kedepan. Kebutuhan Customer akan service contents semakin meningkat, Customer are heading towards more complex home networks, as their desire for new and exciting application increases, tandas Badri.

Usai sambutan, maka dilanjutkan dengan acara pelatihan inti teori dan praktek yang mengantar para peserta mampu instalasi dan setting modem ADSL jenis route menggunakan aplikasi HTTP yang disampaikan oleh rekan Richard Richardo dari Opharakses TELKOM SBT. Out training ini antara lain : Siswa mampu melakukan pemeriksaan kelengkapan modem ADSL jenis router, mampu melakukan instalasi CPE ADSL dengan baik dan benar, serta aplikasikan HTTP (web based).

• NURSIDIK

Aliansi Telkom-Depag dan Vendor Gebrak Pasar SPEEDY


TAHUN 2006

Aliansi Telkom-Depag dan Vendor Gebrak Pasar SPEEDY

Manager Telkom Sidoarjo, Tri Agung tak mengenal kehilangan pasar, pesan beliau kepada rekan Marketing mekanisme pasar bisa kita kendalikan. Hati-hati jangan sampai pasar mengendalikan kita, tetapi dalam melayani, kita harus mengikuti kebutuhan dan keinginan pasar, sehingga customer bisa merasakan puas dengan apa yang kita lakukan, karena kita telah memberikan kepada mereka sesuai kebutuhkan.

Ungkapan beliau dibuktikan, bahwa pasar Speedy tidak didominasi oleh segmen sekolah yang berbasis umum, tetapi justru masuk pasar sekolah dibawah naungan Depag, akan lebih ideal jika Internet memasuki pasar sekolah yang berbasis spiritual untuk keseimbangan antara dunia dan akheratnya.

Agenda short seminar Speedy For School di Kota Delta sudah berjalan secara maraton dan telah menyapu bersih sekolah umum dan sekolah dibawah Depag 95 % telah berlangganan produk Speedy. Undangan short Seminar 70 sekolah, hadir 65 sekolah dari jumlah tersebut yang terlayani oleh pelayanan Speedy STO Sidoarjo area sebanyak 35 ssl, sebagian ikut Waru dan sisanya diluar pelayanan kita.

Tri Agung ternyata jeli melihat potensi pasar, dalam acara ini selain membidik pasar Speedy setelah para Kepala Sekolah sudah sepakat dengan tawaran kita Free aktivasi dan Free Modem Speedy, diluar dugaan Tri Agung menawarkan DISKON pembelian terminal Flexi sebanyak Rp.200.000,-. Ide ini betul-betul original dan makin GILA-AJA sehingga pada kesempatan yang sama para guru rame-rame serbu vendor Flexi Classy dan dalam event ini transaksi sebanyak 51 orang dan 27 inden seluruhnya menggunakan pasca bayar.

Tak selamanya gosip miring itu benar, katanya classy saat ini sudah mulai ditinggalkan oleh masyarakat, tetapi dengan penawaran kemasan Bundling terminal kembali menjadi pilihan utama.
By onslem

SAS Telkom SBT Akan Aktifkan TENTON DVR System


TAHUN 2006

SAS Telkom SBT Akan Aktifkan TENTON DVR System

Sistem pengawasan untuk keperluan Safety And Security (SAS) Telkom SBT sudah menggunakan peralatan canggih, yaitu dengan system Remote Control. Peralatan yang sudah terinstall masih terbatas untuk satu STO saja, yaitu STO-I Rungkut yang mampu dimonitor dari Gedung OPMC, Jln. Ketintang 156, Surabaya.

ASMAN Security & Safety TELKOM SBT, Warsito saat meninjau Ruang Kontrol, Rabu (30/8) mengatakan, bahwa idealnya semua STO dapat dikontrol dari sini, tapi semua tergantung dari anggarannya saja. Tahap awal adalah mengaktifkan yang sudah ada dulu supaya tidak mubazir.

System Security Remote Control yang akan diaktifkan memakai Sistem Digital Video Recording (DVR) yang merupakan pengembangan dari teknologi CCTV Analog yang sudah banyak beredar di pasaran bebas. Melalui DVR ini, maka ruangan STO Rungkut-I akan dipantau dari jarak jauh, yaitu dari Gedung OPMC Telkom SBT. Alat ini sekarang belum connect, kita akan telusuri dulu, agar segera diaktivasi.

Pengembangan teknologi dari Korea Selatan ini menggabungkan fitur-fitur teknologi system CCTV konvensional seperti PELCO USA, Panasonic system, Philips, VICON, SERIM, beberapa sistem lainnya yang kemudian menjadikannya ke dalam satu system yang terintegrasi, yaitu TENTON DVR SYSTEM. Telkom SBT menggunakan TENTON DVR System yang baru hanya mampu memonitor satu lokasi saja, itupun masih akan diaktifkan.
DVR adalah suatu sistem yang secara digital menyimpan berbagai data video, yang dihasilkan oleh perangkat kamera CCTV . Video direkam ke dalam database yang tersimpan di Hard-Disk. DVR dibuat berdasarkan pada arsitektur komputer. Data video dapat dicari dengan cepat berdasarkan hari, jam, hingga ke menit. DVR juga dapat diakses melalui internet dan jaringan atau modem. Sehingga memungkinkan untuk melakukan pengendalian jarak jauh dan memonitoring keadaan kamera di mana saja. Salah satu keuntungan yang terbesar tentang DVR dibandingkan dengan TIME-LAPSE VCR yang baku adalah melebihi kapasitas dan kestabilan saat video direkam.. Rekaman video DVR dapat dilihat pada saat DVR sedang melakukan perekaman. Kebiasaan yang membosankan dimana harus mengganti TAPE VHS pada TIME LAPSE VCR, dapat digantikan dengan 1 HARD DISK saja.

NURSIDIK

Trik Selling Untuk Akselerasi Sales Speedy SBT


TAHUN 2006

Trik Selling Untuk Akselerasi Sales Speedy SBT

Mengingat pencapaian Sales Speedy per bulannya hanya 776 SSL, maka para Sales Force perlu mendapatkan ilmu tambahan, yaitu TRIK SELLING, agar Sales New Engine Driver ini lebih terdongkrak lagi. Hal tersebut dikatakan Manager Data & VAS Sales SBT, I Nyoman Gede Sosiadi dihadapan sejumlah Sales Force di Gedung OPMC Lantai-4 Jln. Ketintang 156, Surabaya.

Idealnya dengan bertambahnya Sales Force, maka kinerja Sales juga akan terdongkrak secara significant, tetapi kenyataannya tidak demikian, tidak cukup significant, tambahnya. Mari kita sharing info tentang kondisi riil dan kendala di lapangan, termasuk testimoni, setelah itu rekan kami, yaitu Faizal akan menyampaikan beberapa trik menjual agar performansi selling speedy kita lebih baik lagi.

Dalam kesempatan tersebut, para Sales Force juga menerima tata cara atau bisnis proses instalasi Speedy bagi Mitra dalam Program Speedy Untuk Negeriku, sehingga job antara Sales Force dan Mitra Instalasi menjadi jelas tidak tumpang tindih. Fungsi Sales Force Speedy hanya terbatas pada kegiatan selling saja, sehingga lebih focus dan lebih produktif.

Dalam rangka meningkatkan akselerasi Sales Speedy untuk membangun Customer Data Base dengan memanfaatkan moment Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke 61, maka Program : Speedy Untuk Negriku diharapkan mampu mendongkrak pemasaran di berbagai segmen seluas-luasnya. Pelanggan yang dibidik ialah : Pelanggan untuk semua kelas Layanan baik Limited maupun Un-Limited, Berlaku untuk Pelanggan Umum maupun Karyawan Telkom Plus iming-iming Gimmick.

NURSIDIK

Akibat Lumpur Lapindo, 4 Rumah TKM Ditinggalkan


TAHUN 2006

Akibat Lumpur Lapindo, 4 Rumah TKM Ditinggalkan

Pada hari Rabu (30/8) adalah menginjak hari ke-92 penanganan penghentian semburan lumpur lapindo yang belum membuahkan hasil. Akibatnya, tanah yang berada di sekitar lokasi semburan liar lumpur lapindo saat ini mengalami penurunan atau ambles antara 2 cm, 5 cm hingga 25 cm yang terjadi di 3 desa, yaitu : Desa Siring, Desa Jatirejo dan Desa Kedung Bendo. Apalagi tanggul di KM 39 kemarin jebol, lumpuhkan jalan tol Surabaya–Gempol.

Terdapat 2 orang was-was dan 4 orang TKM TELKOM sudah meninggalkan rumahnya. Data yang berhasil dihimpun oleh rekan unit Support TELKOM Sidoarjo, menunjukkan bahwa ada 4 TKM yang kondisi rumah sudah tergenang Lumpur liar Lapindo Brantas yang kemudian mengungsi. Mereka adalah :

SUWANDI (TKM Jarakses Tulangan) : Rumah Sendiri di Desa Siring RT.09 RW.02 Jl. Diponegoro Porong. Kondisi rumah sekarang tidak dapat ditempati, sejak seminggu yang lalu. Barang dan perabotan serta keluarga mengungsi ketempat Mertuanya. WIDYA LESMANAWATI (TKM bagian SOPP Sidoarjo) : Rumah sendiri di Desa Jati Rejo (Sengan) no.26. Kondisi rumah sekarang tidak dapat ditempati, sejak seminggu yang lalu. Barang dan perabotan serta keluarga mengungsi ketempat Saudaranya di Griya Anggrek Mas Sidoarjo.

DWI ASTUTI (TKM bagian Simpan Pinjam) : Rumah sendiri di Tanggulangin Anggun Sejahtera Blok C.10 No.10. Kondisi rumah sekarang tidak dapat ditempati, sejak 2 bulan lalu. Barang dan perabotan serta keluarga mengungsi ketempat Orang Tua di Jl. Cendrawasih 15, Sidoarjo. PIUS BUDI (TKM bagian IKR) : Rumah sendiri di Desa Jatirejo RT.06 RW.02 Porong. Kondisi rumah sekarang tidak dapat ditempati, sejak 3 bulan yang lalu. Barang dan perabotan serta keluarga mengungsi ketempat Mertua di Tanggulangin Sidoarjo.

Ada 2 orang lagi yang kondisi rumah belum terkena Lumpur, tapi merasa was-was karena kedekatan dengan lokasi, yaitu : KHAIRUL HUDA (SATPAM) : Rumah Kontrakan, masih ada sisa waktu 20 Bulan. Alamat Perumahan Tanggulangin Anggun Sejahtera B.4 No.5 Tanggulangin. Kondisi rumah masih ditempati bersama barang perabotan keluarga. Jarak 150 meter dari Kolam Tanggul terdekat dan 1 Km dari pusat Bencana.Kondisi masih relatif aman, hanya ada kekhawatiran yang sangat jika tanggul jebol lagi.

Kemudian M. AFIFUDIN (TKM Jaringan) : Alamat Jl. Raya Pembangunan 48 Kepatang Tanggulangin Anggun. Kondisi rumah masih ditempati bersama barang perabotan keluarga. Jarak sekitar 500 meter dari Tanggul terdekat. Kondisi masih relatif aman, hanya ada kekhawatiran yang sangat jika tanggul jebol lagi. Bulan Puasa sebentar lagi tiba, apalagi diramal akan datangnya musim hujan. Kapan Lumpur ini berakhir ?
NURSIDIK

SATPAM Telkom Mojokerto Care Customer


TAHUN 2006


SATPAM Telkom Mojokerto Care Customer

Acara Patriot 135 di Kancatel Mojokerto Rabu 30 Agustus 2006, ada nuansa baru di dalam barisan peserta apel, dimana seluruh jajaran Satuan Pengamanan (SATPAM) Kancatel Mojokerto turut serta bergabung dan bersinergi dengan seluruh jajaran Pegawai dan TKM. Terlintas senyum dan rasa bangga Arif Irfansah selaku JM Kancatel Mojokerto dalam menyambut dan menerima dengan senang hati atas inisiatif dan tantangan dari seluruh Jajaran SATPAM yang dengan kesadaran dan keikhlasannya ingin sekali membantu Managemen PT. Telkom dan Kancatel Mojokerto khususnya dalam rangka sukses ECR bulan Agustus dan bulan-bulan selanjutnya.

“Selalulah memakai 5-S didalam pelaksanaan sukses ECR, meskipun dari Satuan pengamanan tetapi usahakan bibir ditarik 1 cm ke kiri dan 1 cm ke kanan tapi jangan lupa untuk menutupnya“, ujar Arif didalam sambutannya. Pada kesempatan kali ini, tanggung jawab setiap Petugas SATPAM mendapat jatah 10 kunjungan pelanggan sesuai dengan lokasi kerjanya. Dimana sebelum melaksanakan kegiatan dimaksud, selain Surat Tugas dari JM Kancatel, ada juga pembekalan dari AJM Support Administrasi Catel Mojokerto tentang pelayanan pelanggan dengan 5-S, juga SATPAM diberi bensin 2 liter untuk setiap 10 kunjungan pelanggan, seragam kaos ada yang bercap Speedy, Flexy, 007 dll (hal ini dalam rangka optimalisasi sisa-sisa kaos yang ada).

Lebih baik melangkah selangkah untuk mencapai tujuan, dari pada seribu kali berangan-angan dan berandai-andai didalam usaha pencapaian tujuan, ungkap Rachmad salah seorang anggota SATPAM lokasi kerja Ngoro Industri. “Ada yang lebih penting, yaitu kepuasan pelanggan “
@kk@-y

SBT Rekrut Sales Force, Power Kompetisi


TAHUN 2006

SBT Rekrut Sales Force, Power Kompetisi

Assistant Manager Wireless Sales & Promotion TELKOM SBT, Sudjoko mengatakan kepada Redaksi di ruang Marketing, Selasa (29/8), bahwa salah satu kekuatan (Power) kompetisi yang semakin ganas saat ini ialah ada di Sales Force, untuk itu kami akan memperkuat dan merekrut lagi tenaga Sales Forces yang enerjik. Mereka akan kami sebar menjelajah pasar di semua segment.

Market Solution yang cukup powerfull menurut Djoko memang masih ada pada tenaga Sales Force. Para kompetitorpun juga melakukan strategi serupa, bahkan mereka lebih atraktif, terutama yang dilakukan ditempat strategis seperti Plaza, Mall, Hypermarket dan beberapa lokasi lainnya. Mungkin mereka memiliki Sales Force Management yang sudah standard dan teruji, mungkin dalam bentuk Enterprise Resource Planning yang mana perlu kita intip juga lho !

Sementara itu salah seorang Sales Force Telkom SBT yang sudah 3 bulan melanglang buana menjelajah pasar, mengatakan, bahwa dalam tempo 3 bulan yang mampu digenjotnya hanyalah pada produk Flexi dan POTS, sedangkan untuk produk SPEEDY masih belum begitu menggairahkan, sebab Speedy menjadi Life Style kalangan tertentu saja. Ditambahkan, bahwa pergerakan Sales Flexi lebih cepat disbanding POTS, sebab pangsa pasar di perkotaan sudah banyak. Hanya saja yang kami incar adalah daerah perumahan baru di pinggiran kota.
NURSIDIK

Sampai Jumpa di MAN VII

TAHUN 2006

Sampai Jumpa di MAN VII

Perhelatan akbar MAN VI TELKOM di Yogyakarta telah usai. Jumat (25/8) malam tadi, upacara penutupan telah dilakukan, pengumuman pemenang pun telah dilaksanakan. Selamat kepada Kafilah Divre VII yang berhasil menjadi juara umum pada pelaksanaan MAN kali ini, serta Divre I yang menempati peringkat 2, Divre V di peringkat 3, dan Divre II di peringkat juara harapan. Selamat juga kepada seluruh peserta yang telah tampil di ajang ini. Dengan berhasil tampil di Jogja menjadi perwakilan kafilah, itu sudah merupakan prestasi yang luar biasa.

Sekali lagi, tak ada gading yang tak retak. Namun, bukan berarti panitia bermaksud lepas tangan dari berbagai kekurangan yang mungkin tampak dalam pelaksanaan kali ini. Gajah tidak pernah harus bertanggung jawab atas keretakan gadingnya, namun kita sebagai manusia harus selalu mampu mempertanggungjawabkan perbuatan kita masing-masing. Meski begitu, sesuai dengan kodratnya, manusia itu penuh dengan keterbatasan. Kami segenap panitia mohon maaf atas segala kekurangan yang terjadi akibat keterbatasan tersebut.

Tak lupa kami menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu TELKOM sehingga pelaksanaan MAN VI ini dapat terselenggara dengan baik. Rasa terima kasih khususnya kami ucapkan kepada masyarakat Yogyakarta serta aparat pemerintahannya yang telah dengan sepenuh hati menyediakan ruang bagi kami serta menyambut kedatangan kafilah-kafilah TELKOM Group dari seluruh Indonesia, serta panitia lokal Divre IV Jawa Tengah & DIY, juga SDM TELKOM Jogja yang telah luar biasa meluangkan waktu, tenaga, dan pikiran demi suksesnya MAN VI.

Selamat kembali ke tempat asal, kami yakin kota Jogja yang ramah ini memang tidak mudah untuk dilupakan. Sampai jumpa pada pelaksanaan MAN VII berikutnya. *

Bersinergi Dengan Vendor WARTEL


TAHUN 2006

Bersinergi Dengan Vendor WARTEL

Pendapatan wartel yang semakin turun harus segera disikapi baik oleh pengelola WARTEL, PT. Telkom maupun oleh para Vendor perangkat WARTEL. Kita tidak bisa menghindar dari pesatnya kemajuan teknologi yang telah menggeser kebiasaan masyarakat dari menggunakan WARTEL ke telepon genggam. Kalaupun tarif di WARTEL diturunkan dan atau pola sharing dirubah sekalipun, itu tidak akan menjawab permasalahan yang ada. Hal ini dikarenakan saat ini perang tarif antar operator Telekomunikasi di Indonesia sangat sengit.

Agar Pengelola WARTEL, Telkom dan juga para Vendor perangkat bisa survive, maka harus ada inovasi dan langkah konkrit. Salah satunya adalah merubah bisnis WARTEL ke WARNET atau tetap berbisnis WARTEL namun didukung oleh bisnis tambahan lainnya sepertu penjualan pulsa, kartu perdana, kafe dan sebagainya.

Demikian isi sambutan DGM Kandatel Surabaya Timur, Sujito pada saat pembukaan acara FGD Vendor perangkat WARTEL yang dilaksanakan di Rumah Makan Biyung di kawasan Gubeng pada hari Rabu 23 Agustus 2006 kemarin.

FGD yang dihadiri 20 Vendor perangkat ini mencoba menemu kenali permasalahan dan berusaha mencari solusi agar terjadi win win solution antara PT.Telkom, Pengelola WARTEL dan para Vendor perangkat.

Indratmoko Susanto selaku penanggung jawab kegiatan ini memaparkan berbagi kiat yang disambut baik oleh para Vendor, dalam presentasinya tidak ketinggalan menyisipkan Promo WARNET Speedy sebagai salah satu solusi pengganti WARTEL. Salah satu sinergi antara Telkom dengan Mitra diwujudkan dalam suasana kegembiraan berupa nyanyi dan foto bersama. (AR)

Sayonara, Sampai Jumpa di MAN VII, Oleh TELKOMSEL !


TAHUN 2006

Sayonara, Sampai Jumpa di MAN VII, Oleh TELKOMSEL !

Perhelatan akbar MAN VI TELKOM di Yogyakarta telah usai. Jumat (25/8) malam, upacara penutupan telah dilakukan, pengumuman pemenang pun telah dilaksanakan. Selamat kepada Kafilah Divre VII yang berhasil menjadi juara umum pada pelaksanaan MAN kali ini, serta Divre I yang menempati peringkat 2, Divre V di peringkat 3, dan Divre II di peringkat juara harapan. Selamat juga kepada seluruh peserta yang telah tampil di ajang ini. Dengan berhasil tampil di Jogja menjadi perwakilan kafilah, itu sudah merupakan prestasi yang luar biasa.

Foto Bareng dengan EGM-DIVRE-V, Nanang Ismail Kosim (NIK) merupakan kebanggaan tersendiri walau untuk kali ini belum beruntung mempertahankan Juara Umum. Semua lari ke atas panggung utama ketika Pak NIK diundang oleh Tim Reporter untuk berkenan foto bersama Kafilah DIVRE-V, mumpung acara penutupan belum dimulai. Pak NIK adalah idola Kafilah DIVRE-V saat acara penutupan.

Reporter se Indonesia tak lupa menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu, sehingga pelaksanaan MAN VI ini dapat terselenggara dengan baik. Rasa terima kasih khususnya kami ucapkan kepada masyarakat Yogyakarta serta aparat pemerintahannya yang telah dengan sepenuh hati menyediakan ruang bagi kami serta menyambut kedatangan kafilah-kafilah TELKOM Group dari seluruh Indonesia, serta panitia lokal Divre IV Jawa Tengah & DIY, juga SDM TELKOM Jogja yang telah luar biasa meluangkan waktu, tenaga, dan pikiran demi suksesnya MAN VI.

Selamat kembali ke tempat asal, kami yakin kota Jogja yang ramah ini memang tidak mudah untuk dilupakan. Sampai jumpa pada pelaksanaan MAN VII berikutnya, sebagai Tuan Rumah InsyaAllah TELKOMSEL (lokasi menyusul). *DIKSI*

Yusuf Budi Mulia : Saya Tak Pernah Janji Ke Manajemen, Tapi Alhamdulillah Berhasil !


TAHUN 2006

Yusuf Budi Mulia :

Saya Tak Pernah Janji Ke Manajemen, Tapi Alhamdulillah Berhasil !

Peluk cium dan jabat tangan ucapan selamat mewarnai usainya perlombaan MFQ Karyawan di Museum Negeri Propinsi DIY Sono Budoyo Unit-II Dalem Condro Kiranan Yogyakarta, Kamis (24/8). Setelah berlaga pada dalam Lomba MFQ babak final ini Yusuf Budi Mulia (Kafilah DIVRE-V) berhasil meraih emas dengan score tertinggi 1275.

Reporter Jurnal Man lalu mengajak bincang-bincang sekitar 10 menit dengan Sang JAWARA di luar ruangan, dan waktu yang Reporter diminta tersebut dipenuhi. Saya tak pernah memberi janji muluk kepada Manajemen. Semua itu saya pasrahkan kepada “Yang Diatas”, katanya.

Dalam lomba ini, kami tak pernah memikirkan jadi juara, dan perlu dicatat, bahwa juara bukanlah tujuan akhir kami, sebab yang paling esensi adalah bagaimana kita-kita ini mampu mengimplementasikan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari, lanjutnya sambil mengangkat kopyahnya dan memasangnya kembali.

Pengertian kata pasrah kepada “Yang Diatas” apakah katanya nanti aja, gitu ? Oh, tidak dong,…yang saya maksud pasrah disini, ialah kita tetap berusaha dengan melakukan persiapan latihan secara intensif. Lalu Yang Diatas, yaitu Allah SWT adalah Yang Maha Menentukan atas segalanya. Jadi saya cenderung ke proses ketimbang hasilnya, kalau prosesnya sudah benar, maka hasilnya ya, … saya serahkan (pasrahkan) kepada Allah SWT, jawabnya. Terimakasih ya, dan sekali lagi selamat. Ok, sama-sama, Pak !***

Emas MFQ Karyawan Putra Diraih DIVRE-V


TAHUN 2006

Emas MFQ Karyawan Putra Diraih DIVRE-V

Allahu Akbar yang diucapkan oleh Peserta, Dewan Juri, Pengawas dan Supporter sebanyak tiga kali menggema ruangan lomba pada babak final MFQ Karyawan putra. Kamis (24/4). Seperti hari hari sebelumnya lomba tetap diadakan di Museum Negeri Prop. DIY Sono Budoyo Unit-II Dalem Condro Kiranan Yogyakarta.

Ketimbang hari sebelumnya, maka jumlah Supporter cukup membludak pada babak final ini, sebab masing-masing Kafilah yang saling manjagokan selalu memberi spirit jago-jagonya sendiri. Paket-paket pertanyaan yang dibagi menjadi beberapa sesi hingga sesi akhir berupa adu cepat dengan pencet lampu berjlan sangat seru !

Para peserta tidak hanya dituntut mampu meguasai kandungan isi Al-Qur’an saja, teteapi mereka juga dituntut implementasinya atau pengamalannya juga dalam kehidupan sehari-hari. Mulai persoalan Rukun Iman, Rukun Islam, Leadership (kepemimpinan) secara Islami, Bisnis secara Islami, Perbankan secara Islami sampai kepada hubunga antar ummat manusia dipertanyakan dalam soal-soal MFQ ini.

Kejar-kejaran nilai (score) setiap paket / sesi cukup ketat.Di babak final ini, peserta DIVRE-V ada dua, yaitu Yusuf Budi Mulia yang duduk di meja Regu-A dan Subchan Basori Regu-D. Sedangkan dua lainnya ada rival yang memang harus diperhitungkan, sebab sama-sama tangguhnya.

Dalam setiap sesi, Yusuf Budi Mulia (Regu-A) selalu memimpin score. Sebelum sesi rebutan saja sudah mengantongi score 1010 dibanding Regu-B, C dan D yang mengantongi nilai masing-masing 420-850-840.. Lantas terjadi fluktuasi lagi pada lomba kecepatan menulis Ayat dalam Kitab Suci Al-Qur’an serta babak rebutan, hingga berakhir dengan kemenangan Regu-A dengan komposisi score : 1275 – 450 – 1090 – 1030. ***

WISMAN Bule, Jeruk Minum Jeruk


TAHUN 2006

WISMAN Bule, Jeruk Minum Jeruk

Sedang membidik lalu dibidik, itulah yang dilakukan seorang Jurnal Man kepada dua orang Wisman bule yang rata-rata setiap hari ada disekitar panggung utama dan Pameran TELKOM CDC pada Event Nasional MAN-VI, 20-26 di kota gudeg, Yogjakarta. Bidik membidik inilah yang dijuluki rekan di Press Room sebagai jeruk minum jeruk.

Memang penyelenggaraan event besar ini ternyata mampu memberikan pencitraan positif baik kepada perusahaan, maupun kepada Pemerintah, Bangsa dan Negara, terutama dibidang pariwisata.

Event MAN yang selalu dilaksanakan 4 tahun sekali ini selain merupakan program kongkrit selaras dengan program IBO PT. TELKOM, juga merupakan media yang mampu dikemas sekaligus sebagai media promo produk Telkom, sebab umbul-umbul produk yang dipampang di beberapa lokasi akan menjadi kekuatan market penetration tersendiri.

Para Customer, para share holder, maupun para Wisman bule yang ada disekitar Arena tentu akan tahu kalau logo dan brand di setiap umbu-umbul tersebut adalah produk PT. TELKOM. Event terbuka ini tentu pula akan membawa dan membentuk opini public terhadap kepedulian Telkom terhadap karyawan dan lingkungak masyarakat luas.***

Hj. Erlina : Menerima Segala Desain Busana Muslim Dan Bordir, Market Driven !


TAHUN 2006

Hj. Erlina :

Menerima Segala Desain Busana Muslim Dan Bordir, Market Driven !

Kepedulian TELKOM terhadap lingkungan dalam bentuk pembinaan usaha kecil menengah betul-betul dapat dirasakan oleh Ibu Hj. Erlina yang diikutkan dalam pameran selama berlangsungnya MAN-VI di alun-alun Keraton Jogyakarta mulai 20 hingga 26 Agustus 2006.

Kami bersyukur diikutkan pameran ini oleh Telkom CDC DIVRE-V, sehingga kami dibantu dalam pemasarannya, termasuk promosinya. Seluruh ongkos transportasi pulang pergi ditanggung, kami hanya tinggal menempati dan menjual saja, katanya kepada Reporter Jurnal Man.

Bu Lina yang asli orang Surabaya ini membuka show room di rumahnya sendiri yaitu Jln. Simpang Darmo Permai Selatan VIII / 9-11 Surabaya. Mengingat Darmo Permai merupakan kawasan elit, maka positioning produknya pun bisa menjadi multi position segment, artinya bahwa produk dapat disegmentasikan kepada golongan menengah keatas, maupun menengah ke bawah, tergantung permintaan pasar (market driven), Pak, katanya kepada Jurnal Man.

Yang kami mainkan adalah bahannya, sedangkan desain dan kualitasnya sama, sehingga harga yang kami tawarkan juga cukup kompetitif dan variatif. Untuk segmen menengah keatas tentu harganya beda dengan klas menengah kebawah. Bagaimana apakah terjadi transaksi selama pameran, Tanya Jurnal Man. Lumayan dan Alhamdulillah hari ini sudah laku 10 stel. Ada pesan buat manajemen ?. Kami hanya berterimaksih semoga Telkom tetap jaya !

What’s On Jogja

TAHUN 2006

What’s On Jogja

Ternyata kegiatan penyelengaaraan MAN-VI TELKOM 2006 di Jogja ini masuk dalam agenda Harian Iklan Berbahasa Inggris “JOGJA AD”, atau Jogja Advertising yang berisi berbagai info bisnis. Harian setebal 48 halaman ini sarat akan iklan dan info pariwisata DIY Jogja dan sekitarnya. Jadi tak heran kalau ada Wisman yang setiap hari mondar mandir di sekitar alun-alun utara keratin Jogja. What’s On In Jogja ? is free for all non profit activities, groups, ets.

Event MAN-VI TELKOM dimuat di rubrik What’s On Jogya yang berisi Agenda kegiatan DIY Jogya selama bulan Agustus yang dikutip dari Jogjakarta Provincial Culture & Tourism Office. Jadi gaung Event Nasional Telkom ini lumayan menggema dimana-mana. Arus informasi dan komunikasi memang saat ini lebih cepat dan gampang didapat dimana-mana.

Di media berbahasa Inggris ini ditulis, bahwa tanggal 20 hingga 26 Agustus 2006 dilaksanakan kegiatan Musabaqoh Al-Qur’an Nasional ke-6 oleh PT. TELKOM. Kalimat aslinya adalah sebagai berikut : August 20 – 26, 2006, 6th TELKOM National Musabaqah Al-Qur’an. This event is National Holy Qur’an Reading Competition, with more than 1500 participants from all over Indonesia. Venue : Pagelaran Kraton & Alun-Alun Utara Jogjakarta, Sultan Palace. Selamat semoga sukses.

Reporter Jurnal MAN-VI Yogja Harus Enerjik

TAHUN 2006

Reporter Jurnal MAN-VI Yogja Harus Enerjik

Penyelenggaraan Event Nasional TELKOM, yaitu MAN-VI di kota wisata Jogyakarta 20 sampai 26 Agustus 2006 perlu dikomunikasikan secara luas, baik secara internal maupun eksternal. Untuk itulah Panitia Penyelenggara harus ‘merekrut’ Reporter Pemburu Berita dari seluruh Indonesia untuk melakukan liputan yang lokasi antara lomba yang satu dengan yang lain berjauhan.

Seluruh Reporter bersifat mobile, sehingga harus lincah, enerjik. Untuk menghasilkan kondisi prima dan enerjik, maka stamina harus senantiasa dijaga. Tapi yang jelas mobilitas para Jurnal Man ini sangat tinggi, bergerak ke seluruh lokasi agar dapat mengcover semuanya sesuai Agenda Harian Lomba, termasuk peliputan di ajang Pameran TELKOM CDC di Alun-Alun Utara Keraton Jogya (Sultan Palace).

Para Peliput ini diorganisasikan oleh Panitia dengan baik, sehingga target liputan harian dapat terpenuhi yaitu dalam hal memenuhi quota mengisi Jurnal Harian yang selalu terbit tepat waktu. Jurnal Harian edisi cetak ini meski hanya setebal 20 halaman dan Cover Color, namun cakupannya sudah representative. Rubrikasi disusun sedemikian rupa, sehingga tiap halaman selalu tampil elegan.

Kans Peluang Emas Bagi MFQ Putra DIVRE-V


TAHUN 2006

Kans Peluang Emas Bagi MFQ Putra DIVRE-V

Yusuf Budi Mulya dari DIVRE-V pada semi final MFQ putra menang telak dengan berhasil meraih score tertinggi 1365, sedangkan kedua rivalnya masing-masing hanya memperoleh 860 dan 1180. MFQ Putra Rabu (23/8) di Museum Negeri Prop. DIY Sono Budoyo Unit-II Dalem Condro Kiranan Yogyakarta ini berjalan tertib dan lancar.

Kans untuk meraih peluang emas bagi DIVRE-V di MFQ Putra ini ditentukan oleh babak final esok hari di tempat yang sama. Usai menang telak, Yusuf langsung diberi ucapan selamat oleh seluruh rekan Kafilah DIVRE-V, termasuk Ketua Kafilahnya sendiri, yaitu Darwadi. Sesaat setelah itu Redaksi Journal Man meminta untuk foto bersama. Rekan seangkatan Yusuf dari DIVRE-VII juga ikut nimbrung foto bareng, bahkan sempat menanyakan nomor Flexi Yusuf.

MFQ (Musabaqoh Fahmil Qur’an) adalah jenis musabaqoh yang melombakan penguasaan pengetahuan berbagai aspek tentang Al-Qur’an yang melipti bacaan, hafalan, terjemah, kandungan isi Al-Qur’an serta ilmu-ilmu keislaman dalam Al-Qur’an yang berhubungan dengan kehidupan seorang muslim secara individu maupun msyarakat.

Peserta yang unggul adalah peserta yang paling menguasai hafalan, terjemah dan pemahaman ayat-ayat tentang sholat, puasa, zakat, haji, sifat-sifat Allah, Malaikat, Rasul/Nabi dan Hari Akhir. Kemudian juga ayat-ayat tentang Kitab Allah, khususnya Al-Qur’an, ayat tentang akhlak dan hubungan antar manusia, dan ayat-ayat tentang eksistensi manusia, etos kerja serta pembangunan.**

MMQ Hari Perdana Di Panggung Utama Berlangsung Khidmad


TAHUN 2006

MMQ Hari Perdana Di Panggung Utama Berlangsung Khidmad

Terdengar suara Dewan Juri dengan lantang :”Peserta berikutnya adalah Peserta dengan nomor MP-042 yang akan membacakan Maqra Wajib Surah Asy Syu’araa’ ayat-181 dan Maqra Pilihan Surah Ar-Ruum ayat-51”. Ternyata peserta dengan nomor MP-042 adalah M. Sulkan berasal dari Kafilah DIVRE-V Surabaya-Jawa Timur yang dengan santunnya naik ke mimbar Tilawah.

MMQ atau Musabaqoh Murattal Al-Qur’an pada hari pertama ini berjalan tertib dan lancar. Seluruh Kafilah untuk cabang MMQ di hari perdana ini hadir lengkap termasuk para Official, tak terkecuali Sekretaris Panitia MAN-VI Yogyakarta, M. Yahya Arwiyah yang dengan khidmadnya mengikuti dan mengawal ketat jalannya lomba, bahkan melototin score setiap peserta usai membaca dan turun dari mimbar, dengan sesekali menyalami beberapa official.

Di atas mimbar Tilawah, M. Sulkan sangat berhati-hati dalam membacakan surah wajib dan pilihannya, sebab Kafilah DIVRE-V yang nota bene mantan Juara Umum mesti ia pertahankan bersama dengan rekan-rekan lainnya yang berjumlah 30 orang.

Surah Asy Syu’araa’ ayat-181 kalau kita simak, terdiri dari 227 ayat. Sebagian besar surat Asy Syu'araa' menerangkan kisah nabi-nabi dengan ummatnya masing-masing. Mereka mengalami penderitaan dan permusuhan dari kaumnya, tetapi pada akhirnya mereka mendapat kemenangan, dan lawan-lawan mereka mengalami kehancuran.

Kisah-kisah ini diceritakan oleh Allah S.W.T untuk menghibur hati Rasulullah S.A.W.. dan kaum muslimin; karena kelak mereka akan mendapat kemenangan sebagaimana para rasul zaman dahulu itu. Sedangkan kandungan arti dalam ayat 181 sendiri adalah :” Sempurnakanlah takaran dan janganlah kamu termasuk orang- orang yang merugikan”.

Kemudian Surah Ar-Ruum ayat-51 memiliki arti :” Dan sungguh, jika Kami mengirimkan angin (kepada tumbuh-tumbuhan) lalu mereka melihat (tumbuh-tumbuhan itu) menjadi kuning (kering), benar-benar tetaplah mereka sesudah itu menjadi orang yang ingkar”.

Pokok-pokok isinya Surah Ar-Ruum yang terdiri atas 60 ayat ini adalah menerangkan tentang :

1. Keimanan:
Bukti-bukti atas kerasulan Nabi Muhammad s.a.w. dengan memberitahukan kepadanya hal yang ghaib seperti menangnya kembali bangsa Rumawi atas kerajaan Persia; bukti-bukti ke-Esaan Allah yang terdapat pada alam sebagai makhluk-Nya dan kejadian- kejadian pada alam itu sendiri; bukti-bukti atas kebenaran adanya hari berbangkit; contoh-contoh dan perumpamaan yang menjelaskan bahwa berhala-berhala dan sembahan-sembahan itu tidak dapat menolong dan memberi manfaat kepada penyembah-penyembahnya sedikitpun.

2. Hukum-hukum:
Kewajiban menyembah Allah dan mengakui ke-EsaanNya karena hal itu sesuai dengan fitrah manusia; kewajiban berda'wah; kewajiban memberi nafkah (sedekah) kepada kaum kerabat, fakir miskin, musafir dan sebagainya; larangan mengikuti orang musyrik; hukum riba.

3. Kisah-kisah:
Pemberitaan tentang bangsa Rumawi sebagai suatu umat yang beragama walaupun dikalahkan pada mulanya oleh kerajaan Persia yang menyembah api akhirnya dapat menang kembali.

4. Dan lain-lain:
Manusia pada umumnya bersifat gembira dan bangga apabila mendapat nikmat dan berputus asa apabila ditimpa musibah, kecuali orang- orang yang beriman; kewajiban rasul hanya menyampaikan da'wah; kejadian-kejadian yang dialami oleh umat-umat yang terdahulu patut menjadi i'tibar dan pelajaran bagi ummat yang kemudian. *(BP135)*.

Ketua Panitia MAN-VI Kunjungi Press Room


TAHUN 2006

Ketua Panitia MAN-VI Kunjungi Press Room

Hari pertama dimulainya lomba semua cabang, Ketua Panitia MAN-VI, Herry Kusaery berkunjung ke Dapur Redaksi Jurnal MAN-VI (Sekretariat & Press Room) didampingi Koordinator Bidang Acara, Yul Martin. Pemimpin Redaksi Jurnal MAN-VI, Nana Suryana menjelaskan kepada Kusaery tentang fasilitas yang ada di Press Room.

Sebagai orang yang bertanggungjawab terhadap kelancaran jalannya lomba disemua cabang yang mesti dipertanggungjawabkan, maka kehadiran Ketua Panitia ini disamping ingin memberikan support moral, juga ingin mengetahui kelancaran arus informasi dan komunikasi seputar MAN-VI yang merupakan event Nasional ini.

Dalam kesempatan itu, Nana menjelaskan soal Bisnis Proses (BISPRO) arus berita untuk konsumsi internal dan eksternal hasil liputan, serta Press Release. Program kerja harian liputan internal untuk jurnal harian dalam bentuk cetak juga diinformasikan, tak terkecuali juga soal fasilitas IT yang disediakan unit USI setempat. Untuk kendala sementara ini belum ada, kata Nana menjawab pertanyaan Ketua Panitia. InsyaAllah lancar sampai akhir di hari penutupan nanti.

Meski lokasi pelaksanaan lomba seluruh cabang terpencar dan jaraknya cukup berjauhan, namun Kusaery tetap melakoninya, dan mengatakan datar :”Nggak apa, nggak begitu jauh kok, paling cuma berapa menit, toh masih di seputar alun-alun sini saja !”. Gaya khasnya yang selalu ceria, membuat jajaran Redaksi Jurnal Harian MAN-VI terhibur, termotivasi, dan terinspirasi untuk melaksanakan Job, sehingga arus informasi MAN-VI mengalir jernih dan deras bak air terjun pengunungan yang dingin dan indah. (BP135).

Style Mitra Binaan TELKOMSEL Di Pameran MAN-VI


TAHUN 2006

Style Mitra Binaan TELKOMSEL Di Pameran MAN-VI

Anak perusahaan PT. TELKOM, yaitu TELKOMSEL turut pula berpartisipasi mensukseskan Pameran TELKOM CDC yang digelar ditegah-tengah penyelenggaraan MAN-VI Yogyakarta. Alun-alun Utara KratonYogya sore itu, Minggu (20/8) cukup meriah sesaat sebelum pembukaan secara resmi malam harinya. Apalagi bertepatan dengan Long Weekend atau libur panjang, sehingga wisatawan domestic banyak yang hadir, ada yang di stand pameran, ada pula yang menyaksikan gladi resik kesenian Kyai Kanjeng pimpinan sastrawan, seniman, agamawan, budayawan kondang Emha Ainun Najib atau Cak Nun.

Stand Mitra Binaan Telkomsel berdampingan dengan Stand Telkom Flexi yang berhadapan dengan Stand Mitra Binaan TELKOM DIVRE-V. Hiburan musik bernafaskan Islami yang disajikan musisi Telkomsel secara Live sempat menarik perhatian pengunjung. Ini merupakan hiburan dan tontonan gratis bagi wisatawan domestic dan para pelajar yang menjalani liburan panjang. Demikian juga dengan gladi resik Kesenian Kyai Kanjeng juga sempat dipadati pengunjung.

Diprediksi Event Akbar ini bakal menyedot ribuan pengunjung yang memang mengelu-elukan kehadiran Cak Nun. Masyarakat kota gudeg juga sudah banyak yang mengetahui event Telkom berskala Nasional ini. Mulai Tukang Becak sampai orang hotel dan penginapan juga memaklumi kalau di alun-alun bakal ada perhelatan Akbar selama seminggu. Mereka tahu dari membaca Spanduk dan Banner yang dipampang di beberapa lokasi strategis sudut kota. (BP-135).

Keterangan Gambar : Musisi Telkomsel sedang melantunkan lagu bernafaskan Islami.

Kafilah DIVRE-V Melakukan Defile


TAHUN 2006

Kafilah DIVRE-V Melakukan Defile

Acara Opening Ceremony MAN-VI Jogyakarta pada hari Minggu malam (20/8) di alun-alun Kraton diwarnai dengan pawai iring-iringan Kafilah atau Defile. Dengan disaksikan oleh Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, para Pejabat PEMDA, dan beberapa Direksi, serta segenap lapisan masyarakat, Kafilah DIVRE-V yang dipimpin oleh Darwadi melakukan Defile memberi penghormatan kepada hadirin.

Kota Gudeg, kota pelajar, kota seni budaya, dan kota dagadu malam itu benar-benar meriah. Tontotan yang merupakan hiburan gratis dari Pentas Seni Kyai Kanjeng Pimpinan Cak Nun benar-benar dapat dinikmati baik oleh warga Jogya sebagai tuan rumah, maupun para pelajar yang libur panjang dari luar kota. Patut dicatat, bahwa event ini adalah event Nasional PT. TELKOM.

Lintas profil Kafilah kali ini menghadirkan Kafilah DIVRE-V yang pada MAN sebelumnya meraih Juara Umum. Saat melakukan Defile, Kafilah yang dipimpim oleh Darwadi ini mendapat applause meriah. Pada Jurnal Harian yang terbit pada hari pertama, Pemimpin Kafilah, Darwadi mengatakan kepada Jurnalis MAN-VI, bahwa DIVRE-V siap pertahankan gelar sebagai Juara Umum lagi.

Cabang Lomba yang akan diikuti adalah : Musbaqoh Tilawtil Al-Qur’an (MTQ), Mussabaqoh Hifzhil Qur’an (MHQ), Musabaqoh Fahmil Qur’an (MFQ), Musabaqoh Dakwah Al-Qur’an (MDQ), dan Musabaqoh Murattal Al-Qur’an (MMQ). Kafilah DIVRE-V terdiri dari 30 orang peserta dan 5 orang official. Manajemen DIVRE-V mempersiapkan para peserta dengan berbagai persiapan yang dibina oleh DEPAG dan MUI JATIM, agar mampu tampil prima dan percaya diri. Sebelum berangkat ke Jogya mereka dikarantina di kota dingin atau kota apel, Lawang. Secara fisik dan mental memang sudah dipersiapkan.

Ke 30 peserta DIVRE-V yang siap mengikuti MAN-VI ini adalah sbb : A. Mudhofir Wicaksono (MHQ), A. Satria Permana (MDQ), Arief Ardiansyah (MMQ), D. Achmad Nurdin (MHQ), Fariz (MHQ), Handy AS (MFQ), M. Syafril Suaidi (MDQ), M. Uripan (MTQ), Prawono (MTQ), M. Slamet (MHQ), Sudarsono (MMQ), Yusuf Budi Mulia (MFQ), Haryo Danurdoro Widodo (MMQ), M. Firdaus Zuhdi (MFQ), M. Sulchan (MMQ), Chandra Sari N (MDQ), Devita Prinanda (MFQ), Dewi Anggraheni (MDQ), Dewi Eva Norma Amalia (MTQ), Fatmawati (MTQ), Himatun Nafisah (MMQ), Mujila (MFQ), Nabela Zahro (MMQ), Nuraini Widodo (MHQ), Nur Hasanah (MMQ), Siti Rosyida (MMQ), Siti Aliza Farahnur (MFQ), Sri Kadarwati (MHQ), Taufiqoq Rokhmah (MHQ) dan Triana Rahmanita (MHQ). –BP-135-