Mengenai Saya

SIDOARJO, JAWA TIMUR, Indonesia
Belajar Menjadi "Internal Jurnalism"

Rabu, 25 Agustus 2010

SBT : Partisipasi Flexi Sidoarjo Pada Pesta Rakyat


TAHUN 2006

SBT : Partisipasi Flexi Sidoarjo Pada Pesta Rakyat

Tak usah terpengaruh yang lain, sebab Flexi memang keren dan paling oke ! Inilah Voice Of Marketing yang disoundingkan pada sebuah pesta rakyat dalam rangka menyambut HUT Kota Sidoarjo KE-147 (sama nomor telepon Call Centre-147). FLEXI Mensponsori pesta rakyat di Sidoarjo ini Minggu kemarin, di antaranya sepeda sehat dan panggung terbuka, dengan menggandeng mitra kerja, dan Properti Permata Tanggulangin sebagai pusat bidikan Flexi dengan salah satu produknya FLEXI SOLUTION.

Dalam kesempatan yang sama Flexi juga ikut mensponsori kejuaraan olahraga panjat tebing yang diadakan oleh FPTI cabang Sidoarjo, penanaman bunga dalam pot pada acara Sidoarjo Hijau Berseri, arung jeram bekerja-sama dengan Delta Post, peserta dari warga kota, Wartawan dan perwakilan Flexi Sidoarjo membludak. Dalam peluang ini, Flexi buka counter pada pameran yang diadakan oleh Instansi ataupun Industri. Event ini diharapkan mampu meningkatkan penetrasi, membangun citra Flexi, bahwa Flexi juga berperan kegiatan masyarakat khususnya di Acara Pesta Rakyat HUT Kota Sidoarjo.

• DIKSI

UPMB-SBT : Reminding Calls & Letters, Intensif Dilakukan


TAHUN 2006

UPMB-SBT : Reminding Calls & Letters, Intensif Dilakukan

Bagi pelanggan yang menunggak, tentu tidak serta merta diputuskan teleponnya, tetapi dilakukan reminding calls terlebih dahulu secara intensif, apalagi pelanggan “gemuk” mestinya perlu dipelihara, seperti yang dilakukan oleh unit bisnis UPMB Area SBT yang sempat dijepret reporter pada hari Senin (20/2) di Gedung OPMC Lantai-2, Jln. Ketintang 156, Surabaya.

UPMB atau Unit Payment Management & Billing Area SBT dikendalikan seorang Manager, yaitu Wibowo Sugiarto. Ditengah-tengah kesibukan tugas sehari-hari, ia juga masih sempat ngurusi SEKAR. Sesibuk apapun, kami akan selalu menjaga performansi unit kami, Tim kerja di unit kami sudah kompak, sehingga solusi selalu ada didalam unit kami, katanya.

Soal sukses reminding call, Wibowo mencontohkan tentang pencairan Flexi yang dulunya sangat rendah dibawah 50 %, sekarang sudah hampir sama pencapaiannya dengan POTS diatas 90 %, opo ora hebat iki ??? bagi Perusahaan..!!! termasuk Speedy yang masih sangat rendah kita juga mencoba untuk terus memantau baik peringatan secara tertulis (Reminding Letters) sebanyak 1.461 Pelanggan, ternyata hasilnya juga ada karena prosentase bayar cenderung mulai merembet naik. Tim Reminding call ini yang pertama dibentuk di UPMB SBT lho… ??, lanjutnya sambil ngakak.

Lihat saja, kinerja hasil Reminding Calls cukup lumayan. Kami treat seluruh kastemer sama, yaitu semua kami call, hanya saja bagi pelanggan gemuk tentu kami hati-hati, sebab mereka itu perlu kita retain and maintan agar tidak lari meninggalkan kita. Masing-masing personel operator yang terdiri dari tenaga harian dipatok target, sehingga dari target tersebut, saya mampu melakukan control dan evaluasi secara sistematis dan dibuatkan summary reports.

Saya akan membuat catatan kecil manakala terdapat hasil call records yang kira-kira sangat kritis. Kami punya strategi tersendiri untuk perlakuan pelanggan yang satu ini. Reminder Facilities kami sediakan dan selalu diusahakan dalam kondisi siap pakai. Begitu sedikit mengalami trouble, maka back-up facility harus selalu siap.

Respons pelanggan cukup baik dengan program ini, sebab ketika diingatkan dengan greeting yang simpatik, maka rata-rata dari mereka yang terdiri orang-orang super sibuk mengucapkan terimakasih dengan tutur kata yang cools dan menjanjikan. Ribuan pelanggan setiap harinya selalu kami lakukan reminding calls. Jadi setiap hari kami selalu berinteraksi dengan pelanggan dari berbagai level segment yang dibagi kedalam beberapa group kerja diantara para Personel Reminder Operator.

• NURSIDIK

SBT : Kiat Telkom Mojokerto Sukses Dalam “Billing”


TAHUN 2006

SBT : Kiat Telkom Mojokerto Sukses Dalam “Billing”


Dalam upaya meningkatkan pelayanan dalam antrean pelayanan kepada pelanggan pembayar rekening telepon pada setiap bulan yang kecenderungannya terkonsentrasi pada tanggal 18 sampai dengan 20 dimana pada tanggal-tanggal tersebut selalu membludak, Telkom Mojokerto bekerjasama dengan Kopegtel selaku Collecting Agent SOPP melaksanakan program Go To Ten, yaitu pelanggan yang membayar sebelum atau tanggal 10 setiap bulan diikutkan dalam undian. Dimana ini akan dilakukan setiap bulan dengan hadiah sebuah pesawat televisi 21” dan 5 buah door prize. Pada akhir tahun nanti pelanggan yang secara konsisten membayar sebelum tanggal 10 akan diikutkan dalam Grand Prize berupa sebuah motor Supra X 125.

Menurut Manager Kancatel Mojokerto Arif Irfansah lebih dari itu yang diharapkan adalah percepatan pengumpulan uang tagihan telepon atau C3MR (Cash Colection Current Month Ratio) yang pada saat ini rata-rata pencapaian C3MR Mojokerto adalah 95%, untuk itu Arif berharap dengan program ini akan lebih ditingkatkan.

Pada kesempatan bulan ini pelanggan yang beruntung adalah Bp. Johanes Muljanto yang beralamat di Perum Pondok Teratai Blok Mawar No. 18 Mojokerto. Penyerahan hadiah langsung dilaksanakan pada saat itu pula yang disaksikan oleh para pelanggan yang pada saat ini sedang ramai membayar SOPP.

“Saya kaget waktu dihubungi petugas telepon kalau saya mendapatkan sebuah pesawat televisi, karena sebenarnya saya belum tahu persis program ini, hanya karena saya selalu mendahulukan pembayaran rekening telepon setiap tanggal 5 supaya tidak berdesak-desakan seperti sekarang ini”, ungkap Bp. Johanes Muljanto, ketika ditanya perasaannya mendapat hadiah.

Selain itu, Management juga menyediakan hadidh lainnya, yaitu 5 door prize yang diraih oleh pelanggan yang dapat menjawab pertanyaan seputar Flexi, yang dipandu Agus Riyantowo.