Mengenai Saya

SIDOARJO, JAWA TIMUR, Indonesia
Belajar Menjadi "Internal Jurnalism"

Senin, 09 Agustus 2010

Soewiyarso Pimpin Rapat OIT Di STO Bangkalan Madura


TAHUN 2010

Soewiyarso Pimpin Rapat OIT Di STO Bangkalan Madura

SM-II/2010 harus kita kawal dengan ketat dan fokus ke bisnis utama, yaitu jualan Speedy dan mampu meretensi customer. Kongkritnya ialah target yang telah dicanangkan dan disepakati harus dapat diamankan. Kita sadari, bahwa target memang tidak harus dicapai, akan tetapi harus dapat kita lampaui. Demikian antara lain kata stimulus yang disampaikan Manager DCS-II Surabaya Utara, Soewiyarso saat memimpin rapat OIT (Operational Improvement Team) di Bangkalan, Madura.

Untuk memaksimalkan dan mengoptimalkan resources yang ada, maka Soewiyarso meminta agar seluruh jajaran mampu memparalelkan action plan, sehingga efektivitas implementasi dilapangan dapat mensolusi kendala yang ada. Yang namanya Operational Improvement Team memang harus mampu mensolusi dan mendongkrak kinerja, utamanya di SM-II/2010.

Disisi lain untuk mengantisipasi ledakan layanan di bulan puasa ramadhan, Soewiyarso meminta seluruh jajaran untuk mampu memberikan pelayanan terbaik, sehingga kepuasan pelanggan diraih dan jika dikaitkan dengan kinerja, maka hal tersebut akan berkaitan, seperti layanan pasang baru speedy, bundling dan sejenisnya.

Biasanya setiap bulan puasa dan saat lebaran, seluruh operator saling bersaing untuk menarik perhatian masyarakat agar menggunakan produknya. Untuk itulah kesiapan kita harus lebih siap dari pesaing kita. Dalam kesempatan tersebut, Soewiyarso dalam kesempatan tersebut juga menyampaikan potret semester pertama (SM-I/2010). **bukan-diksi.

FOTO : Soewiyarso saat OIT di Bangkalan, Madura.

SBU : Get New Perspective In Grebeg Customer


TAHUN 2010

Untuk mentrigger pasar yang kompetitif memang dibutuhkan sebuah emosional to the market. Tanpa emosi, maka mustahil kita mampu memenangkan persaingan bisnis yang sangat hebat. Untuk itulah TELKOM DCS SBU masih konsisten dan masih dalam posisi emotional trigger. Ini adalah ujung dari careness kita tanpa batas waktu (timeless). Bisnis akan cerah jika pangsa pasar yang memberikan peluang dapat kita kuasai.

Inilah tantangan para Marketer, sehingga program Grebeg Customer terus dijalankan setiap Hari Sabtu dan Minggu. Sebuah fakta menunjukkan, bahwa hasil Grebeg Customer ini tergolong ada dan lumayan yang ujung-ujungnya diharapkan memperoleh hasil yang gemilang. Sebuah contoh, Tim melakukan Grebeg pada hari Sabtu dan Minggu kemarin tanggal 7 dan 8 Agustus 2010. Di kegiatan ini saja, Tim berhasil meraih 11 pelanggan baru untuk Speedy. Ini adalah riil, bahwa hasilnya ada dan faktual.

Kegiatan hari Sabtu dan Minggu tersebut diikuti oleh personil CS-SBU, yaitu : Sdr. Kun Agustiyono, Sdr.Agus Ismono dan Sdr.Dodi Munardi plus jajaran Agency CTR yang dipimpin Sdr. Rico serta dibantu sales Sdr.Budi (Sinyo). Mereka ini adalah tim marketer yang concern terhadap kejayaan perusahaan yang berbasis value committment to long term.

Kalau Business As Usual itu adalah sudah biasa, padahal kita semua mencari hal dan hasil yang luar biasa, maka tim akan terus melanjutkan kegiatan yang luar biasa ini, kita harus keluar dari pakem yang ada. Tantangan kita semua tentu bagaimana kita mampu mencurahkan fikiran kita untuk sukses bisnis kita, mari kita terus melibatkan diri dalam upaya sukses bisnis dimaksud. **bukan-diksi.

FOTO : Grebeg yang menghasilkan 11 pelanggan baru, Minggu (8/8).

Ada Pengarang Buku Di Pelatihan Telkom-Tube Semarang


TAHUN 2010

Ada Pengarang Buku Di Pelatihan Telkom-Tube Semarang

Pelatihan TELKOM-Tube atau Telkom Digital Signage (TDS) di Semarang kali ini dihadiri oleh 40 TDSer dari seluruh Indonesia. Ada yang istimewa dalam pelatihan ini, yaitu disediakannya waktu untuk sharing session, yang pertama diisi oleh Lintong Simare-mare, sedangkan yang kedua diisi oleh rekan TDSer dari DCS-II Jember, yaitu Tri Irianto yang menduduki posisi di Modern Channel.

Sharing session yang diisi oleh rekan Tri Irianto adalah soal kreativitas seorang jurnalis internal Telkom yang berhasil mengarang sebuah kumpulan Cerita Pendek (CERPEN) berjudul “Bau Bayi Terapiku” yang diterbitkan oleh Adiwacana, Yogyakarta. Buku setebal 147 halaman ini (termasuk hard cover dan pengantar) dicetak 10.000 eksemplar dengan harga Rp. 35 ribu.

Di hadapan audience yang terdiri dari para siswa pelatihan TDS, Tri diberi waktu 45 menit untuk bercerita tentang proses bagaimana terciptanya sebuah CERPEN hingga layak untuk naik cetak. Awalnya hanya sebuah cerpen saja yang diselesaikan, lalu di-share ke milis komunitas jurnalis internal untuk mendapat respon, kisah Tri Irianto mengenang perjalanan penerbitan buku perdananya. Dari satu cerpen inilah, kemudian tumbuh 23 cerpen, sedangkan yang diterbitkan hanya 20 cerpen saja. Rencana untuk buku berikutnya akan menulis sebuah novel.

Buku berjudul Bau Bayi Terapiku ini mendapat ulasan singkat dari VP PMC-Corporate Communication PT. TELKOM, Eddy Kurnia yang antara lain mengatakan, bahwa Sang Penulis rupanya bisa keluar dri kungkungan persoalan tersebut, ia dengan baik dapat merangkai cerita menjadi jalinan kata, kalimat serta plot yang menarik. Kalau membaca buku ini, menurut Eddy Kurnia kita akan makin banyak petualangan batiniah yang bisa kita peroleh. Dengan gaya “Kick Andy” Sang Penulis membawa buku dikelas pelatihan TFS sebanyak 35 eksemplar dan langsung diborong oleh AVP News & Information Management Corporate Office, Johny Haumahu, luar biasa….

Kalau ulasan singkat dari Eddy Kurnia diletakkan di halaman depan, maka ada beberapa ulasan singkat dari rekan-rekan sekerjanya juga yang ditempatkan di halaman belakang hard cover dengan disain dan tatak letak yang serasi. Di akhir sharing, Tri Sang Penulis meminta para siswa TDS untuk lansung saja membaca sendiri dari buku tersebut. **bukan-diksi.

Foto : Nampak Sang Penulis mendeliver sharing session di Semarang, Senin (9/8).

SBU : FSSF Memasuki Minggu Ke-4


TAHUN 2010

SBU : FSSF Memasuki Minggu Ke-4

Memasuki minggu ke empat, maka Flexi Surabaya Shopping Festival atau FSSF 2010 di 18 Mall se Kotamadya Surabaya semakin menunjukkan eksistensinya secara gagah diantara operator lainnya. Brosur Gebyar Super Diskon terus dibagikan oleh para SPG kepada setiap pengunjung. Berbagai merk HP Flexi CDMA ditawarkan dengan harga terjangkau, termasuk Olive USB Modem, Sky Data USM Modem, ZTE 8720 USB Modem.

HP Flexi ZTE A100 dijual hanya dengan harga Rp. 249 ribu saja, belum lagi merk lain seperti : NOKIA 1508, ZTE C332, NF-710, HT MOBILE (HT-G75), Ti-Phone (T89), ZTE GC-990, NEXIAN C900, FlexiNet Unlimited hanya Rp. 2.500,- per hari, Rp. 15.000,- per minggu atau Rp. 50.000,- per bulan. Pokoknya para pengunjung ditawari internetan sepuasnya di arena FSSF 2010 ini.

Caranya ganpang banget, hanya regristrasi pakai kartu Flexi lalu ketik REGHARIAN; REGMINGGUAN; atau REGBULANAN lalu kirim ke 2256. Setelah itu siap untuk browsing di dunia maya, bisa untuk Facebook, Gtalk, Twitter, Blogger,Messenger, Chatting dan sebagainya. Flexinet adalah internet dari TELKOM Flexi yang dapat digunakan di seluruh kota di Indonesia.

Flexi Surabaya Shopping Festival 2010 ini juga beberapa took elektronik dan IT di 18 Mall yang menawarkan produknya seperti : Dell tawarkan Core 2 Duo termurah, obral paket alat karaoke keluarga, HP TV bonus pulsa. Pusat teknologi informasi dan game di ITC mega grosir dan di Hi-Tch Mall juga memasang banderol murah, paket hemat dan potongan harga dengan kemasan HOT PRICE. **bukan-diksi.

FOTO : Kondisi FSSF di PAKUWON masih tetap PROSPEK !

MUSWIL-4 DPW-V Dibuka Resmi Oleh Djoko Raharjo


TAHUN 2010

MUSWIL-4 DPW-V Dibuka Resmi Oleh Djoko Raharjo

Musyawarah Wilayah-4 DPW-V SEKAR TELKOM telah dibuka secara resmi oleh GM DCS-II Area-V, Djoko Rahardjo pagi tadi, Kamis (5/8) di Aula Lebah Biru Kantor DIVRE-V Jln. Ketintang 156, Surabaya. MUSWIL-4 DPW-V ini dihadiri oleh para pengurus DPD, perwakilan beberapa DPW, DPP, beberapa Senior Leader dan para Peninjau. Agenda penting di hari pertama ini ialah Sharing Session yang dipandu oleh SGM Finance yang mengusung topik ”Finance Performance”, sedangkan hari kedua akan diisi ceramah oleh Dir.HCGA dengan tema “Leadership & Change”.

Djoko Raharjo dalam sambutannya antara lain mengatakan, bahwa TELKOM saat ini sedang perang besar, yaitu perang untuk meningkatkan pertumbuhan. Kita punya Manajemen, kita punya SEKAR dan kita punya Stake Holder, kita punya Pelanggan, untuk itu mari kita bulatkan tekad untuk meningkatkan pertumbuhan revenue yang impact-nya adalah untuk kesejahteraan kita semua sesuai dengan Tema MUSWIL-4 ini, yaitu : SEKAR SELALU KONSISTEN MENJAGA SOLIDITAS UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN KARYAWAN DAN BERKOMITMEN MENSUKSESKAN BISNIS TIME.

Ditambahkan, bahwa semester-I profit mengalami penurunan 5 % dari tahun kemarin pada semester yang sama. Ini menjadi tantangan kita semua, saya sendiri juga anggota SEKAR, untuk itu marilah kita hadapi tantangan tersebut. Pada 5 tahun terakhir secara total mengalami pertumbuhan positif 2 % dan terjadi baru kali ini, mari kita dongkrak terus. Kita sudah tumbuh, namun dibandingkan dengan pesaing ternyata masih jauh. Sekali lagi mari kita kesana, saya yakin masih ada peluang, tukasnya.

Bisnis TIME Berkontribusi Baru 0,2 %, artinya kita sudah T-I-M-E tapi masih belum bulat, untuk ini tak perlu kecil hati sebab peluang kita masih besar. Komponen TIME diantaranya adalah IP-TV, masih ada ruang tumbuh seperti operator lain. Kita semua disejahterakan perusahaan, untuk itu sekali lagi mari kita bulatkan tekad untuk memajukan TELKOM. **bukan-diksi.

Foto : Nampak Djoko Rahardjo saat sambutan pembukaan, Kamis (5/8).

Memilih Ketua SEKAR DPW-V & MPW-V Periode 2010-2013


TAHUN 2010

Memilih Ketua SEKAR DPW-V & MPW-V Periode 2010-2013

Dalam MUSWIL keempat ini kami SEKAR DPW-V JATIM akan memilih Ketua DPW-V periode 2010-2013 dan MPW-V yang amanah, jujur, profesional dan yang dipercaya anggota untuk mengawal perusahaan. Demikian antara lain sambutan Ketua Panitia MUSWIL-4 DPW-V, Edie Kurniawan mengawali Agenda pertama di hari pertama MUSWIL-4, Kamis (5/8) di Jln. Ketintang 156, Surabaya.

MUSWIL-4 DPW-V JATIM yang mengangkat tema : SEKAR SELALU KONSISTEN MENJAGA SOLIDITAS UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN KARYAWAN DAN BERKOMITMEN MENSUKSESKAN BISNIS TIME menurut Kurniawan memiliki makna yang sangat komprehensif, sebab ada 3 point strategis didalamnya, yaitu : Solid, Sejahtera dan Bisnis TIME.

Makna solid adalah tidak lagi ada silo-silo organisasi yang pada gilirannya akan lebih powerful lagi dalam menghadapi kompetitor, tidak ada lagi isu jual Divisi. Makna sejahtera sudah jelas sehingga tidak perlu penjelasan lagi, sedangkan bisnis TIME merupakan era baru bisnis TELKOM yang sekarang ini harus kita geluti secara profesional hingga mencapai performansi yang bagus.

Disisi lain, Ketua DPW-V PAW, Agus Mintono dalam sambutannya menegaskan, bahwa MUSWIL-4 ini merupakan amanah MUNAS-4 dan atas arahan serta dorongan ALL DPD agar segera melakukan perubahan organisasi. Kita semua berharap agar dalam MUSWIL-4 kali ini menghasilkan keputusan dan rekomendasi yang bermanfaat bagi organisasi dan perusahaan dan berhasil memilih Ketua DPW-V periode 2010-2013 yang dapat diterima semua kalangan, kuncinya. **bukan-diksi.

SGM Finance Isi Sharing Session Di MUSWIL SEKAR DPW-V


TAHUN 2010

SGM Finance Isi Sharing Session Di MUSWIL SEKAR DPW-V


MUSWIL keempat SEKAR TELKOM DPW-V Surabaya dihari pertama mengagendakan sebuah Sharing Session yang diisi oleh SGM Finance, Otong Iip mengusung tema :”Perspektif Keuangan TELKOM Consolidated Dan Unconsolidated”. Temanya memang sangat menarik jika dikaitkan dengan kondisi perusahaan dan kesejahteraan karyawan, sehingga beberapa pertanyaan dari “floor” tak jauh-jauh dari itu, terlebih terkait dengan PKB-IV.

Pertanyaan tentang isu merger dengan Esia juga meluncur dari peserta MUSWIL, demikian juga soal aktuaria dikaitkan dengan Laba Perusahaan. Disisi lain muncul pula pertanyaan tentang Simplifikasi atau Penyederhanaan tentang SPPD, yang mana dahulu sebelum pegawai mendapat SPJ/SPPD selalu menerima uang cash didepan, tapi sekarang prosesnya lama sekali.

Soal Esia dapat dijelaskan, bahwa ada 3 kajian, yaitu : spin off sendiri, akuisisi dan merger. Kalau kita jual Flexi, maka khawatir Esia akan menghantam dan menghajar pelanggan Telkomsel yang notabene adalah anak perusahaan. Jadi kajian harus baik dengan catatatan tidak ditumpangi masalah politis. Kita juga perhitungkan bahwa Esia banyak masalah seperti masalah Lapindo, masalah hutang dan lain-lain.

Untuk masalah aktuaria dan SPPD secara umum dapat dijelaskan, bahwa kita harus menjaga EBITDA, mampu kendalikan beban, dan mendorong bisnis TELKOM. Jumlah karyawan mengecil atau susut pasca PENDI, maka kesejahteraan akan meningkat. Dikatakannya, bahwa Telkom paling prudent listing-nya ada 2 maka sangat dipercaya. Kita punya manfaat pasti artinya setelah pensiun ada jaminan yang konsekwensinya muncul aktuaria, dimana TELKOM menyisihkkan uang untuk 5 hingga 10 tahun kedepan. Untuk SPPD dikaitkan dengan good cost dan bad cost, sehingga mendorong seluruh jajaran untuk efisien. Kalau SPPD menghadiri pemakaman orang tua di luar kota atau luar pulau memang harus dibayarkan didepan, tukasnya. **bukan-diksi.

LPJ Ketua DPW-V Diterima Dengan Catatan


TAHUN 2010

LPJ Ketua DPW-V Diterima Dengan Catatan

Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) yang disampaikan Ketua DPW-V, Agus Mintono pada hari pertama MUSWIL-4 SEKAR TELKOM DPW-V dapat diterima dengan catatan. Beberapa Ketua DPD memang memaklumi, bahwa masa-masa PAW (Penggantian Antar Waktu) memang penuh gejolak pro dan kontra, sehingga tak heran larinya agak terseok-seok. Belum lagi dihadapkan pada persoalan TO, Perundingan PKB-IV, tuntutan pensiunan soal BPK dan beberapa pernak-pernik lainnya.

Yang menjadi catatan untuk diperbaiki dimasa-masa mendatang antara lain soal Laporan Keuangan yang tidak semua DPD menerimanya alias terlewati, sebagian lagi soal kekecewaan beberapa DPD terhadap hasil PKB-IV dan ini sudah terjadi dengan harapan dalam perundingan ke depan lebih smart lagi, soal apresiasi terhadap senior mantan pengurus SEKAR, dan beberapa lainnya.

Ke depan beberapa DPD juga mengharapkan tidak ada lagi persoalan terhadap adanya MUSWIL-LUB, maupun tidak adanya MUSWIL-LUB, sebab semua itu ada ketentuannya dan semua itu dapat dimusyawarahkan secara kekeluargaan untuk mencapai mufakat, sehingga soliditas organisasi dapat lebih ditingkatkan lagi. SEKAR harus lebih solid dan powerful dalam mengawal perusahaan, apalagi tantangan kedepan tidak ringan.

Secara umum agenda LPJ ini berjalan dengan lancar dan benar-benar mencerminkan demokrasi secara murni dan bertanggungjawab. Penyampaian LPJ ini disaksikan seluruh DPD, beberapa DPW lain, DPP, seorang anggota MPO, Mantan Ketua DPW-V, mantan Ketua DPW-VII Makassar serta beberapa undangan dan peninjau. Sesi rekomendasi akan dilaksanakan seusai agenda LPJ. **bukan-diksi.

Sigit Sumarsono Terpilih Sebagai Ketua SEKAR DPW-V


TAHUN 2010

Sigit Sumarsono Terpilih Sebagai Ketua SEKAR DPW-V

Setelah melalui seleksi ketat yang melewati sebuah prosesi dan pemaparan visi misi, maka terpilihlah 3 calon kuat Ketua DPW-V, yaitu : Mercury Febrianto, M. Umar Fauzi dan Sigit Sumarsono. Setelah dilakukan pemilihan suara, maka Sigit Sumarsono memperoleh 13 suara, M. Umar Fauzi 4 suara dan Mercury Febrianto 1 suara, sehingga Sigit Sumarsono yang mantan SEKJEN DPW-V terpilih sebagai Ketua SEKAR TELKOM DPW-V periode 2010-2013.

Sementara itu Kabinet atau Kepengurusan belum disusun, hanya setelah formatur terbentuk tersusunlah sebagian Pengurus saja, yaitu Ketua-I : Sri Rendra, Ketua-II : Edie Kurniawan, SEKJEN : IGK Bagyarta dan Bendahara : Lilik, sedangkan susunan para KABAG dan Level dibawahnya akan diumumkan secepatnya, sebab diharapkan pada hari kedua MUSWIL-4 ini mereka akan dilantik.

Suasana demokrasi benar-benar tercermin, apalagi dalam pemaparan visi misi oleh ketika kontestan atau calon tampak jelas adanya upaya untuk bertekad memelihara soliditas organisasi. Secara umum, pemaparan visi misi ketiga calon ada kemiripan yang kesemuanya terdapat point tentang kesejahteraan, soliditas dan memajukan perusahaan yang sedang bergelut di bisnis TIME.

Agenda pemilihan Ketua DPW-V ini diakhiri dengan ucapan selamat kepada Ketua terpilih, Sigit Sumarsono yang dilakukan secara spontan oleh para peserta MUSWIL-4 dari ALL DPD, DPW, DPP, Anggota MPO, para Senior serta para peninjau. Ucapan selamat juga dilakukan kepada calon tunggal Majelis Pertimbangan Organisasi Wilayah (MPOW), Agus Mintono. Selamat kepada Ketua terpilih, semoga amanah dapat dijalankan dengan baik dan barokah. Amiiin. **bukan-diksi.

Faisal Syam : Tim Perunding SEKAR Layak Dapat Bintang


TAHUN 2010

Faisal Syam : Tim Perunding SEKAR Layak Dapat Bintang

TPS atau Tim Perunding Sekar memang layak mendapat bintang karena mampu menyelesaikan Perundingan Kerja Bersama Ke-4 (PKB-IV) dengan baik. Hal tersebut saya bandingkan dengan PKB-nya perusahaan penerbangan Garuda Indonesian Airlines yang lebih lama yang mengakibatkan kinerja penerbangan tertua di Indonesia terpuruk dan investor-pun menjadi maju mundur. Demikian antara lain ditegaskan Direktur HCGA, Faisal Syam saat memberikan ceramah pada MUSWIL-4 SEKAR TELKOM DPW-V di Aula Lebah Biru Kantor DIVRE-V Jln. Ketintang 156, Surabaya, Jumat (6/8). Ceramah Dir. HCGA tersebut mengusung thema “Leadership And Change Management”.

Layout Content materi yang diusung meliputi : Telkom at a Glance, Our Business Environment & Challenge, No Other Option We Must Change, Transformation Means Change People & System, How we implemented? Dikatakan, bahwa Telkom saat ini dalam kondisi bagus, sehingga kita harus berjalan tegap tak usah minder. Telkom telah melakukan transformasi organisasi atau TO, sedangkan beberapa perusahaan lain ketinggalan. Stake Holder pun appreciate terhadap TELKOM, tukas Dir. HCGA. SEKAR-pun juga telah merubah paradigma dan sudah bertransformasi, hal ini tercemin dari beberapa perubahan dalam beberapa pasal dalam PKB-IV, tambahnya.

Posisi Telkom diantara Operator TIME di Asia pada tahun 2009 juga ditayangkan. Dikatakan, bahwa ranking Telkom secara Net Income lebih tinggi dibanding revenue sesuai dengan Rank Based On Revenue. Laba bersih tahun 2009 beberapa perusahaan di Indonesia yang ditayangkan menunjukkan, bahwa Telkom masih menduduki ranking kedua, sedangkan ranking pertama adalah Pertamina 15.400 trilyun, Telkom 11.332 trilyun. Sedangkan PLN 10.356 trilyun dan ASTRA 10. 080 trilyun. Bank Mandiri, Bank BRI, Bank BCA, Semen Gresik dan Bank BNI jauh dibawah. Sekali lagi kita harus berjalan tegap, boleh jadi kalau di pesawat kita boleh duduk angkat kaki, Gerrr... applause dari audience. Mari kita terus kerja keras dan cerdas, jika pendapatan naik, maka kesejahteraan akan mengikuti. Akhir Agustus juga akan ada THR, lalu seorang pengurus DPW nyeletuk, bahwa awal September juga ada insentif TW-II.

Most Important HR Issues dijelaskan juga secara sekilas saja oleh Dir. HCGA, termasuk masalah Leadership. Mengutip Tanri Abeng, maka Dir. HCGA mengatakan ada Five Insight to be Extraordinary Leader, yaitu : 1. Good does not equal great, and your organization needs you to be great. 2. You don’t have to be a superhero to be an extraordinary leader. 3. To get wher you want to go, you need to know where you are. 4. When choosing which strengths to develop, play to your passions. 5. When building your strenghts, often the best approach is to build around them. **bukan-diksi.

KETUM : SEKAR Menjadi Katalisator


TAHUN 2010

KETUM : SEKAR Menjadi Katalisator


Hari kedua MUSWIL-4 SEKAR TELKOM DPW-V, Jumat (6/8) di-agenda pertama berjalan sesuai jadwal, yaitu pelantikan Pengurus Baru Periode 2010-2013 yang disusul ceramah oleh Dir. HCGA. Usai pelantikan, Ketua DPW-V yang baru diminta untuk memberikan sambutan. Sebagai ketua baru, maka Sigit Sumarsono dalam sambutannya selain mengucapkan terimakasih kepada semua pihak, juga meminta kepada seluruh pengurus DPW dan DPD untuk tak segan-segan mengingatkan atau mengkritisi kepemimpinannya atau kepengurusannya agar organisasi dapat berjalan dengan baik. Jika ada persoalan diharapkan dapat dimusyawarahkan dengan baik sehingga cepat selesai dan tetap solid Ada pepatah mengatakan, bahwa Guyup agawe santoso, Congkrah agawe bubrah, Artinya : bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh.

Sementara itu KETUM SEKAR TELKOM, Wisnu Adhi Wuryanto usai melantik, menggarisbawahi pepatah tersebut, sebab organisasi manapun memang membutuhkan soliditas, agar semua fungsi berjalan dengan baik. SEKAR mencoba menjadi katalisator yang baik, dan menjadi ‘oli pelumas’sampai ke area-area, karena masih ada silo-silo. Hal ini dapat kita maklumi, sebab mereka sedang menterjemahkan fungsi-fungsi yang baru. Apa yang dilakukan ini adalah dalam upaya mendukung suksesnya bisnis TIME. Wisnu berharap kepada Pengurus Baru DPW-V JATIM untuk menjadi role model. Mulailah dengan yang sederhana dalam fungsi kedinasan, misalnya jika terlambat harus beritahu atau Calling atau kirim SMS ke atasannya.

Sementara itu EGM DCS-II, Tri Djatmiko dalam sambutannya menyoroti tema MUSWIL-4 DPW-V kali ini, yaitu : SEKAR SELALU KONSISTEN MENJAGA SOLIDITAS UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN KARYAWAN DAN BERKOMITMEN MENSUKSESKAN BISNIS TIME. Dikatakan Tri Djatmiko, bahwa tema tersebut sangat selaras dengan bisnis baru perusahaan yang memang perlu dukungan dari seluruh karyawan. Tri berharap agar SEKAR terus mendorong tumbuhkembangnya bisnis TIME, sehingga terjadi lonjakan Growth yang significant.

Saya yakin, bahwa SEKAR DPW-V JATIM adalah pejuang sejati yang memang telah dibuktikan secara nyata. Kami dari manajemen siap untuk berdiskusi dan audiensi demi kemajuan perusahaan. TELKOM JATIM Semester-I meraih kinerja yang baik berkat dukungan rekan-rekan semua yang selalu kompetitif, kreatif dan inovatif. Mari terus kita perjuangkan hingga kita menjadi THE BEST. Demikian pesan dari saya dan selamat mengabdi, pinta Tri mengakhiri. **bukan-diksi.

Lintong : Sharing Knowledge Tentang PR


TAHUN 2010

Lintong : Sharing Knowledge Tentang PR

Dia sering mengisi ceramah di luar TELKOM, tulisannya sering dimuat di media eksternal, dia adalah rekan kita Lintong Simare-mare. Ditengah pelatihan Telkom Tube di Semarang Lintong mendeliver sharing Knowledge tentang ke PR-an. Dijelaskan Lintong, bahwa misi pekerjaan PR mengandung suatu konsekwensi yang begitu jauh dan sejauhmanana berdampak positif bagi perusahaan. Lintong mengatakan, saya lihat Pak Pak Johny Haumahu selalu memberi aura baru dalam setiap pelatihan. Beliau care terhadap TDS-er yang saling share yang rutin diadakan untuk menyamakan kompetensi antara yang satu dengan yang lain.

Lintong dalam sharing knowledge-nya memandang PR dari kacamata non PR. Menulis baginya adalah hobi sekarang sudah 5 buku diterbitkan, web blog-nya sudah diakses 75 ribu orang lebih. Dari konteks sharing knowledge Lintong berharap, semoga pandangannya yang dari kacamata non PR ini obyektif dan menjadi manfaat bagi rekan-rekan PR dan bagi corporate communication. Mari kita bicara Background, bahwa Telkom itu luar biasa, orang-orang PR-nya luar biasa. Tanpa tangan seorang PR tak mungkin TELKOM dikenal. PR mengangkat orang secara pribadi dan mengangkat secara unit secara overall sehingga memiliki value seperti sekarang ini.

Lalu apa yang diberikan perusahaan kepada anda sebagai PR, yang pasti adalah gaji dan ini tak usah dibahas ! Tetapi selain gaji yang juga penting adalah mutual transaction, sebab ini menyangkut karir seorang PR. Terlalu banyak PR Telkom dimanfaatkan perusahaan tanpa mengangkat value pada posisi strategis yang seharusnya diperhitungkan. Sekali lagi PR TELKOM adalah orang yang luar biasa, contoh riil diri saya ketika ceramah di luar dibayar mahal. Kalau di luar saja diapresiasi sebesar itu, sedangkan di TELKOM sendiri memandang PR seperti dulu dan klasik.

Padahal berkat PR, maka EGM dikenal, berkat PR, GM dikenal, pokoknya semua dikenal, sehingga PR ini merupakan agent yang layak dipertimbangkan. Ketika saya melihat teman-teman melakukan liputan yang luar biasa yang mengusahakan cepat dirilis, tapi faktanya yang punya event itu tidak care terhadap karir yang secara teori manajemen, maka perusahaan melakukan hal yang tidak seharusnya dilakukan. Ini adalah problema yang cukup klasik dan belum tersolusi. Tapi jangan putus asa kawan, Value Your Self terus dan tiada henti, pinta Lintong mengakhiri. **bukan-diksi.

FOTO : Lintong dalam sharing session di Semarang, Senin (9/8).

Johny Haumahu Rajut Kembali TDS-er Pasca TO


TAHUN 2010

Johny Haumahu Rajut Kembali TDS-er Pasca TO

TELKOM Era baru, yaitu masuk dalam produk baru IME, dan era ini harus menjadi fokus utama kita sekarang dan kedepan. Bisnis dan teknolgi memang telah berubah yang salah satunya adalah ditandai dengan bisnis konten. TDS ini merupakan salah satu karya nyata dalam mengisi bisnis konten, sehingga dalam pelatihan TDS Feature kali ini adalah concern kita terhadap bisnis konten tersebut. Demikian antara lain kata sambutan AVP News & Information Management Corporate Office, Johny Haumahu saat pembukaan pelatihan TDS Feature di DIVLAT Semarang, Senin (9/8).

Lebih jauh Jhoni meminta kepada para TDS-er untuk mulai aktif lagi memproduksi konten TDS pasca TO (Transformasi Organisasi) yang menduduki LOKER baru akibat mutasi dan promosi. Kondisi pasca TO memang rekan-rekan tidak eksis lagi, untuk itulah mari kita rajut kembali aktivitas kita seperti dulu.

Berkumpulnya kita kembali hari ini dimediasi oleh HR yang dimasukkan dalam kategori pelatihan untuk peningkatan skill dibidang informasi audio visual, sehingga terus mengalami peningkatan atau kemajuan. Bahkan ada rekan-rekan yang sudah menggunakan High Definition. Di beberapa perusahaan juga sudah mengaplikasikan seperti TDS kita, dan eranya memang sudah begitu.

Sekarang ini mulai banyak yang pasang iklan di TDS, seperti ASTRA. Kita masih pikir-pikir dulu untuk legalitasnya dan eksplorasinya menuju kearah bisnis. TDS ini adalah seratus persen merupakan product creative. Di Corporasi yang mengemuka adalah product creative, sebab product creative is unlimited, yaitu ada beberapa dimensi didalamnya. **bukan-diksi.


FOTO : Tampak Johny Haumahu sedang memberikan pengantar sambutan di Semarang, Senin (9/8).