Mengenai Saya

SIDOARJO, JAWA TIMUR, Indonesia
Belajar Menjadi "Internal Jurnalism"

Sabtu, 07 Agustus 2010

Soewiyarso : Kita Harus Gesit Meraih Peluang

TAHUN 2010

Soewiyarso : Kita Harus Gesit Meraih Peluang

Usai SKJ di halaman Kantor SBU, Jln. Mergoyoso, 1-3, Surabaya, Jumat (7/5), Manager CS-SBU, Soewiyarso memberikan arahan tentang isu-isu terkini seputar perusahaan utamanya internalisasi masalah kebijakan penjualan produk, kebijakan harga, bundling, diskon dan sejenisnya. Hal tersebut disampaikan agar seluruh jajaran faham dan mampu mensosialisasikan kepada keluarga ataupun tetangga.

Peluang ada dimana-mana, kita harus gesit meraih peluang. Dengan sosialisasi produk kepada keluarga ataupun tetangga berarti anda sudah berupaya meraih peluang. Terlebih di Surabaya saat ini sedang berlangsung SSF 2010 (Surabaya Shopping Festival) yang dihelat di 18 Mall, maka saya harapkan hal ini disampaikan kepada lingkungan terdekat, keluarga atau tetangga, lanjutnya.

Saya lihat peserta SKJ pagi ini juga banyak diikuti oleh SATPAM kita, maka saya harap internalisasi ini juga dapat dipahami oleh rekan SATPAM, sehingga tolong dapat ditularkan kepada keluarga terdekat atau tetangga. Syukur-syukur kalau dapat membantu melakukan Grebeg Customer, asal tidak mengganggu tugas utamanya atau kalau ada kesempatan saja, jika tidak ada waktu saya harap jangan dipaksakan. Yang penting turut menularkan atau mempromosikan produk TELKOM ke keluarga itu saja sudah lebih dari cukup.

Sekali lagi peluang bisnis dan peluang pasar itu ada dimana-mana, termasuk dari keluarga terkecil. Mari kita bantu mempromosikan produk TELKOM ini mulai dari keluarga kita sendiri, tetangga dan seterusnya. Hal ini kelihatannya sepele, tapi sebenarnya jika kita mau melakukannya, maka kita akan menjadi Tim yang sangat solid, dan gebrakannya pasti akan lebih powerfull, kuncinya. ++bukan-diksi.

Foto : Soewiyarso sedang melakukan internalisasi produk usai SKJ.

TELKOM SBU : e-RT/RW Adalah Untuk Developing Market


TAHUN 2010

TELKOM SBU : e-RT/RW Adalah Untuk Developing Market

Di era ``IME`` sekarang ini, maka seluruh gaya hidup, bahkan aktivitas masyarakat sudah serba ``e`` yang artinya, bahwa teknologi informasi dan komunikasi (INFOKOM). Mulai belanja (shopping), belajar, hingga ke aktivitas warga sudah mulai Melek IT, dan sudah masuk ke dunia maya. Salah satu contohnya ialah dengan adanya program e-RT/RW yang saat ini sedang gencar digaungkan oleh Walikota Surabaya, Bambang DH.

Melihat kenyataan tersebut diatas, bahwa masyarakat sudah Melek IT, maka tentu saja hal ini dipandang sebagai peluang bagi bisnis internet Speedy TELKOM, sehingga program yang merupakan bagian dari Developing Market ini ``ditangkap`` dengan baik dan tidak disia-siakan begitu saja. Warga sangat antusias dan bangga akan kehadiran program e-RT/RW ini, salah satu contoh saat Launching di Kecamatan Krembangan, tak tanggung-tanggug warga menyediakan tempat di Hotel ``IBIS``, Surabaya, Rabu (5/5).

Warga yang rata-rata tergolong bisnis UKM (Usaha Kecil Menengah) ingin memanfaatkan website dengan situs yang dideliver oleh TELKOM, yaitu ialah http://sapawarga.org untuk promosi usaha mereka, dimana fungsi situs utamanya adalah sebagai laporan info lintas sektor RT hingga Camat, namun warga ingin memanfaatkan pula sebagai media promosi produk mereka, sehingga benar-benar memiliki Value Added. UKM yang merupakan Small Business akan benar-benar menjadi tulang punggung perekonomian negara yang handal dan lebih powerfull. Jadi, e-RT/RW ini tak hanya sekadar jejaring info saja.

A Sound Of Marketing TELKOM (suara Marketing) akan terus menggema di seluruh sudut kota Surabaya, yang berarti, bahwa Sales is Never Ending, Marketing Is Never Ending, Promo Is Never Ending, All activities are never die. Boleh dikatakan, bahwa Steps to Developing a Marketing Plan selalu bergulir berkelanjutan dan formatnya akan selalu disesuaikan (customize) dengan situasi dan kondisi terkini yang paling aktual. Pokoknya Together Do The Best. ++bukan-diksi.

FOTO : Launching e-RT/RW di Hotel Ibis, Surabaya (5/5).

SBU : Ismono Evaluasi Strategi Sales, What’s Up ?


TAHUN 2010

SBU : Ismono Evaluasi Strategi Sales, What’s Up ?

Ternyata Tim Sales TELKOM Surabaya Utara makin ``ganas saja`` dan bakal lari lebih kencang lagi larinya. Pasalnya, hari ini, Kamis (6/5) bertempat di Ruang Rapat Lantai-5 Jln. Mergoyoso 1-3, Surabaya mereka mendapat briefing dari ASMAN Modern Channel SBU, Ismono Adi Jatmiko dengan materi utama ialah Evaluasi dan Whats Up Strategy. Artinya, Tim Sales terus Running di Grebeg Customer Across All Kampoengs untuk mengeksplore New Market, discovering new market serta dalam upaya mampu Enlarging Coverage.

Luar biasa ! Semangat memang merupakan modal utama, sebab strategi saja ternyata belum cukup, harus diikuti semangat. Kemampuan Tim Sales SBU dalam melibas pasar memang telah teruji, namun demikian perlu dievaluasi juga, sehingga segala sumber daya yang dikerahkan dalam menggerebeg pasar seimbang dan selalu dalam kondisi check and balance. Harapan lain ialah agar resources yang tersedia dapat dimanfaatkan seefektif mungkin dan tidak mubazir, apalagi jumlahnya resources tidak banyak.

Strategi berikutnya adalah menetapkan tujuan yang Based On Target And Goal, sehingga jika terjadi perubahan pasar dan peta persaingan, maka eksekusinya benar-benar tepat sasaran dan fokus. Promosi, pemasaran dan penjualan memang harus berjalan efektif. Setelah menetapkan tujuan, maka beberapa alat ukur yang menjadi tolok ukurpun di share di forum briefing ini. Alat ukur inilah yang nantinya akan dipakai untuk melakukan evaluasi.

Dalam kesempatan tersebut, Ismono juga menekankan agar Work Team yang sudah solid ini terus dipertahankan, agar serangan Across All Kampoengs dan beberapa titik-titik potensiil dapat dilakukan lebi gencar lagi. Ini semua adalah demi kinerja perusahaan dan kinerja kita semua. Aktivitas grebeg-menggerebeg ini sangat efektif sangat mendukung perusahaan dalam menarik dan mempertahankan pelanggan. Jika Grebeg Customer optimal, maka kita akan menjadi Marketplace Master. Semoga! **bukan-nursidik.

FOTO : Nampak Ismono sedang mendeliver sebuah briefing (6/5).

Soewiyarso : Ada Tantangan, Pasti Ada Spirit


TAHUN 2010

Soewiyarso : Ada Tantangan, Pasti Ada Spirit

Pak tolong targetnya jangan terlalu tinggi dong. Demikian antara lain dilontarkan oleh salah seorang perwakilan sebuah Agency ketika mengadakan pertemuan dengan Manager CS-SBU, Soewiyarso dengan beberapa jajarannya dalam rangka penetapan target penjualan Speedy di Lantai-5 TELKOM SBU, Jln. Mergoyoso 1-3, Surabaya, (6/5).

Dihadapan 9 Agency yang hadir, Soewiyarso menegaskan, bahwa target yang menantang pasti akan membangkitkan spirit atau gairah, sebaliknya jia target tidak menantang, maka spirit dan adrenalin sulit untuk dikeluarkan, gairah jadi hilang!!!. Percayalah, bahwa target ini sudah dihitung dan tidak ``ujug-ujug``` begitu saya kita ceplok lalu muncul angka ini. Semua ada perhitungannya, dan yang jelas semua pasti ada rewards-nya, imbuhnya.

Motivasi untuk berhasil dalam penjualan ini adalah adanya dorongan ego, kemudian dai ego akan membentuk spirit dan akhirnya muncul adrenalin. Tanpa dorongan ego, maka impian atau cita-cita untuk berhasil meraih target akan sangat susah. Penjualan akan ``meledak`` atau ``booming`` jika kita mampu berhitung dan memetakan kondisi pangsa pasar dan target pasar kita, lanjutnya.

Jadikanlah hasil penjualan bulan lalu mampu memicu motivasi kita untuk meningkatkannya bulan ini. Anda harus punya cita-cita atau mimpi untuk meledakkan penjualan, jika tak punya mimpi, maka apa yang harus dicapai kan menjadi tidak jelas. Sekali lagi, bahwa sukses penjualan bulan lalu harus menjadi tolok ukur dan menjadi motivasi untuk lebih meningkat bulan ini. **bukan-diksi.

FOTO : Nampak Soewiyarso memaparkan target Agency, Kamis (6/5).

SBU : Grebeg Customer Based On Territory Concept


TAHUN 2010

SBU : Grebeg Customer Based On Territory Concept

Territory berarti tanah daratan atau wilayah/daerah (termasuk air) yang menurut geografi organisasi merupakan suatu wilayah kerja. Wilayah inilah dibagi-bagi sedemikian rupa, sehingga menjadi beberapa bagian yang telah ditandai dan dibatasi agar mudah dipetakan potensi yang ada, sehingga mudah ditemukenali kekurangan dan kelebihannya. Strategi territorial inilah yang kemudian dalam dunia bisnis dimanfaatkan untuk melakukan strategi serangan pasar agar efektif dan tepat sasaran, lebih jauh agar resources yang tersedia dapat difungsikan seoptimal mungkin.

Atas dasar konsep territorial inilah, maka diciptakan suatu strategi pemasaran untuk mencari pelanggan dengan strategi yang dinamakan Grebeg Customer. Dalam Grebeg Customer, maka beberapa daerah yang okupansinya rendah akan mendapat serangan terlebih dahulu dalam hal melakukan pemasaran. Tentu saja setelah dihitung kapasitas jual yang tersedia dan siap jual, sehingga setiap terjadi transaksi penjualan akan selalu dapat dilayani dengan cepat.

Grebeg Customer dilakukan agar terjadi akselerasi atau percepatan penjualan, selain untuk benteng barikade bagi masuknya pesaing. Serangan dengan mengutamakan okupansi rendah sebenarnya merupakan taktik, sehingga selain ada strategi, yaitu Grebeg Customer juga ada taktik, yaitu prioritas okupansi rendah dan yang Ready For Sale. Kita masih ingat strategi perang Sun Tzu, yaitu Strategy without tactics is the slowest route to victory. Tactics without strategy is the noise before defeat (Strategi tanpa taktik adalah jalan paling lambat untuk kemenangan. Taktik tanpa strategi adalah suara gaduh sebelum kekalahan). Maka, keduanya harus dilakukan terjadi percepatan dan menang.

Menggenerik strategi dan keunggulan bersaing dalam bisnis yang penuh tantangan dan persaingan sekarang ini harus mampu diciptakan oleh para Marketer dan Penjual, tanpa itu maka sulit untuk mampu bertahan, apalagi meraih sebuah VICTORY, sebab persaingan itu sendiri merupakan inti keberhasilan dan kegagalan. Kini Grebeg Customer terus digulirkan oleh jajaran TELKOM CS Surabaya Utara, bahkan mendapat dukungan penuh manajemen. Kita semua berharap strategi grebeg-menggrebeg ini mampu meningkatkan market share dan memenangkan persaingan. Semoga. **bukan-diksi.

FOTO : Grebeg Customer di bilangan Kebraon Utara yang di Lead oleh rekan Handoko sedang dikunjungi GM CS-II Regional-V, Djoko Raharjo, didampingi Manager CS-SBU, Soewiyarso, Minggu (2/5).

SBU : Arena SSF 2010, Super Diskon Handphone Flexi


TAHUN 2010

SBU : Arena SSF 2010, Super Diskon Handphone Flexi

SURABAYA - Selama penyelenggaraan SSF 2010, Flexi memberikan penawaran menarik melalui promo gebyar super diskon hingga harga Rp 0. Selain itu, Flexi juga memberikan hadiah langsung untuk pembelian handphone (HP) dan modem bundling operator CDMA tersebut di WTC.

Menurut Lilik, person in charge (PIC) pameran Flexi di WTC, ada dua lokasi pameran yang bisa menjadi jujukan pengunjung, yakni pintu masuk utama dan Galleria. Dalam program gebyar super diskon itu, pembeli bisa memilih delapan tipe HP Flexi plus tiga macam modem. "Khusus untuk pembelian unit pertama ada diskon antara Rp 10 ribu hingga Rp 20 ribu," terang Lilik kemarin.

Sedangkan untuk pembelian kedua, pembeli berkesempatan mendapatkan kupon diskon Rp 50 ribu hingga Rp 299 ribu. Karena harga ponsel yang bisa dipilih mulai harga Rp 199 ribu, maka promo diskon flexi bisa dikatakan memberikan HP dengan harga Rp 0.

Untuk setiap pembelian, konsumen juga berhak mendapatkan hadiah langsung. Mulai gantungan kunci, hingga tempat HP maupun tas pinggang Flexi. ''Pembeli juga berhak mendapatkan diskon lima persen untuk produk aksesori original Nokia di toko Akar Daya," imbuh Lilik.

Dia menambahkan, delapan HP Flexi yang ditawarkan memiliki range harga mulai Rp 199 ribu, yakni tipe NF 710, hingga Rp 1,1 juta, yakni HT Mobile G75 yang memiliki fitur tiga kartu standby bersamaan (GSM-GSM-CDMA).

Ada juga tiga tipe ponsel qwerty dengan harga Rp 999 ribu. Di antaranya, Nexian Muslim C900 merupakan ponsel single band CDMA 200 1X 800 Mhz. Ponsel dengan kamera dual on tersebut memiliki berbagai fitur muslim. Mulai Mobile Quran dan Mobile Hadits, Adzan, Dzikir, serta masih banyak lagi.

TiPhone T89 memiliki sebutan ponsel hybrid karena bisa digunakan untuk GSM-CDMA/GSM. Dengan layar 2,4 QVGA, ponsel ini sudah dilengkapi bluetooth serta MP3/MP4 player. Tipe berikutnya adalah ZTE GC-990 yang merupakan ponsel dual standby GSM-CMA. "Untuk modem, pembeli bisa memilih produk mulai harga Rp 499 ribu," katanya.

Pengunjung juga akan dihibur permainan-permainan yang dipandu MC setiap Sabtu dan Minggu. Bagi yang mampu menjawab pertanyaan maupun tantangan permainan akan mendapatkan berbagai hadiah. (aan/fat)

Sumber : http://www.jawapos.co.id/metropolis/index.php?act=detail&nid=131914

Keterangan : Counter TELKOM di Tunjungan Plaza-2, Rabu (5/5). Foto : bukan-diksi.

Soewiyarso : Semoga e-RT/RW Bisa Me-Nasional


TAHUN 2010

Soewiyarso : Semoga e-RT/RW Bisa Me-Nasional

Wajar jika ada suatu pola, teknologi atau system yang bagus dibenchmark oleh rekan-rekan yang lainnya seperti yang selama ini kita lakukan, yaitu benchmark ke DATEL, DIVRE lain atau bahkan sampai ke negara-negara lain yang emmang layak untuk dibenchmark disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan saat ini. Hal ini tak terkecuali terhadap Program e-RT/RW yang embrionya dari arek-arek Suroboyo.

Dalam sharing info 135 yang dihadiri jajaran HR, Rabu (5/5), Manager CS-SBU, Soewiyarso mengatakan, bahwa embrio e-RT/RW yang sudah berjalan cukup baik ini tidak menutup kemungkinan akan menjadi percontohan Nasional, itupun masih memerlukan kajian lebih dalam lagi. Sebenarnya program e-RT/RW yang mirip jejaring sosial FACEBOOK ini bertujuan untuk meningkatkan Awareness warga kota untuk menggunakan produk TELKOM Speedy, sehingga ada Promo Value. Selain itu, masih kata Soewiyarso, juga menjadi Point Of Sales bagi RT dan RW sekotamadya Surabaya.

Program ini sebenarnya merupakan hasil inovasi atau boleh dikatakan sebuah ``business creation`` meski harus dikaji lagi agar mampu meNasional, sehingga market share secara Nasional dapat diciptakan secara serentak, sehingga terjadi Growth Of Sales secara serentak pula dan terjadi akselerasi penjualan. Point Of Sales adalah program untuk mempermudah melakukan transaksi dan untuk memonitor stock barang penjualan. Yang penting data transaksi dapat di kontrol dengan mudah.

Ada satu lagi isu terkini yang ``dilempar`` Soewiyarso dalam sharing Patriot-135 kali ini, yaitu soal Grebeg Customer. Dikatakan jika setiap orang (involved everyone) terlibat dalam program ini, maka hasil sales pasti akan meningkat secara significant. Untuk itu saya menawarkan jika ada rekan-rekan HR ingin terlibat, saya sangat berterimakasih. Jika memang ada, maka silahkan diatur saja, tidak harus setiap Sabtu dan Minggu, mungkin sebulan sekali saja. Saya yakin dengan keterlibatan rekan-rekan HR, maka akan faham kondisi lapangan, sehingga membantu dalam penyusunan Training Needs.**bukan-diksi.

FOTO : Soewiyarso dalam acara Sharing Patriot 135, Rabu (5/5).

SBU : Yang Hobi Belanja, Bulan Ini Dimanjakan Flexi


TAHUN 2010

SBU : Yang Hobi Belanja, Bulan Ini Dimanjakan Flexi

Bagi yang hobi belanja, maka belanjalah bulan ini juga, sebab selama Mei arena SSF 2010 warga kota dimanjakan dengan adanya Surabaya Shopping Festival (SSF) di 18 Mall se kotamadya Surabaya dalam rangka menyambut Hari Jadi Kota Pahlawan Surabaya yang ke-717, dimulai 1 Mei 2010 hingga 31 Mei 2010. Event SSF 2010 ini ada diskon besar-besaran.

Demi meramaikan dan merayakan Hari Jadi Kota Surabaya inilah, maka TELKOM turut berpartisipasi penuh dalam memanjakan warga kota dengan memberikan super diskon untuk produk Flexi dan Speedy. Tak tanggung-tanggun, sebab anak perusahaan seperti Telkom Vision dan Telkomsel juga turut nimbrung dalam Perhelatan Komersial Akbar yang memiliki nilai-nilai bisnis (business values), yaitu peluang bisnis bagi produk Telkom, benar-benar event BIG SALE !!

Jika akhir pekan tiba, maka tak usah bingung ngabisin waktu kemana? Kunjungi saja salah satu dari 18 Mall di Surabaya dan jangan lupa mampir di Outlet TELKOM Flexi, pasti banyak pilihan mutu dan harga spesial, belum lagi ada free abonemen, diskon dan lainnya. Fitur baru Flexi pasti digemari, apalagi tersedia juga Flexinet Unlimited, Flexi ngROOMpi, Flexi Chatting, dan lain-lain yang pasti disukai setiap orang.

Surabaya Shopping Festival adalah event tahunan yang digelar oleh PEMKOT Surabaya dan didukung oleh puluhan pusat perbelanjaan dan Mall di Surabaya. Tak hanya produk IT, elektonik dan otomotif saja yang digelar di event ini, sebab produk lain seperti fashion, tas, sepatu, kacamata dan property juga lengkap tersedia, termasuk beberapa operator telekomunikasi terbesar. Pastinya para pengunjung dan para SHOPPER akan tertarik dan puas deh! **bukan-diksi.

Foto : Salah satu sudut outlet TELKOM di Pakuwon Trade Center (PTC) Surabaya.

SBU : Grebeg Customer adalah Jualan Berjamaah


TAHUN 2010

SBU : Grebeg Customer adalah Jualan Berjamaah

Ketatnya persaingan membuat para pebisnis harus bekerja lebih keras lagi, sebab kalau tidak tentu akan terlibas oleh para pesaingnya, tak terkecuali TELKOM. Untuk itulah, TELKOM Divisi Customer Service Surabaya Utara (DCS-SBU) mengawali strategi penjualannya dengan pola yang baru yang dinamakan Grebeg Customer, yaitu calon customer yang tersebar di beberapa Kecamatan, RT dan RW didatangi oleh Tim Sales secara berkelompok.

Yang namanya ``menyerang`` memang tidak bisa dilakukan sendiri sendiri, tapi harus berkelompok atau berjamaah, dan terencana. Kenapa demikian, jawabnya ialah dengan berjamaah, maka diharapkan akan lebih afdol dan lebih powerfull. Hasilnya jika dilakukan secara berjamaah juga akan lebih baik ketimbang dilakukan sendiri. Hal inilah yang dilakukan oleh CS-SBU ketika menjalankan program Grebeg Customer. Semua turun berjualan secara berjamaah!

Tak hanya pelaksana saja yang melakukan serangan berjamaah ini, sebab semua memang turun berjualan, tak terkecuali para ASMAN termasuk Sang Manager yang selalu mendampingi setiap ada Grebeg di beberapa lokasi yang sudah disiapkan. Tujuan jualan berjamaah melalui Grebeg Customer sudah jelas, yaitu : 1. Bertujuan memperluas Channel /saluran penjualan dan persiapan pembuatan counter speedy perumahan. 2. Kita bisa menggandeng komuniti yang ada guna penetrasi pasar (misalnya komunitas pedagang Kaki lima, kelompok pengajian, tokoh masyarakat, tokoh agama, RT/RW, hobby dll). 3. Pemanasan pasar, pembuatan teritory serta barikade terhadap kompetitor yang selalu bergentayangan disana- sini.

Hasil Grebeg Customer ini selalu dievaluasi oleh jajaran CS-SBU, sehingga stabilitas efektivitas kegiatan berjualan dapat dikendalikan sedemikian rupa, termasuk jumlah resources yang tersedia selalu dievaluasi, sehingga update informasi tentang pasar yang ada di kampung-kampung dapat dilakukan dengan baik. Dengan evaluasi bisa saja akan terjadi adanya IMPROVE SALES STRATEGY, sehingga diupayakan adanya diferensiasi strategi dengan kata lain menaikkan LEVEL STRATEGY sesuai dengan iklim persaingan agar selalu tercipta suasana baru, lebih semangat dan tetap lincah.***bukan-diksi.

FOTO : Nampak Manager CS-SBU, Soewiyarso dan para ASMAN ikut turun Nggerebeg Customer. Semua level turun berjualan, mulai level pelaksana, hingga Level Manager.

SBU : Built In Training, Simple, Tanpa Biaya


TAHUN 2010

SBU : Built In Training, Simple, Tanpa Biaya

Untuk kesekian kalinya jajaran Customer Service Surabaya Utara (CS-SBU) melakukan Built In Training (BIT), sederhana, tanpa mengeluarkan biaya, tapi langsung dapat diaplikasikan dalam pekerjaan di Plasa TELKOM Mergoyoso. Dari sisi biaya jelas terjadi penghematan, dari sisi waktu jelas tak banyak menyita waktu ketimbang harus pelatihan di DIKLAT yang jaraknya lumayan jauh, Wasting Time.!!!

Hari ini, Selasa (4/5) yang mendapat giliran BIT adalah 2 orang CSR baru, yaitu Hendra dan Yossy. Keduanya diharapkan dapat memperkuat Tim CSR SBU, sehingga citra layanan TELKOM mampu dipertahankan dan semakin baik. Tempat BIT tak jauh, cukup di tempat kerja dan cukup di Ruang Platinum Plasa TELKOM Mergoyoso, Surabaya.

Semakin banyak BIT dilakukan, maka semakin membantu meringankan tugas dan fungsi Unit HR, sehingga unit HR mampu meningkatkan pelayanannya lebih baik lagi kepada para SDM-nya. Walau tak seperti The Best CSR Training, namun diharapkan hasil BIT yang simple ini sangat memuaskan.

Pembawa materi BIT adalah Supervisor Plasa TELKOM Mergoyoso, Ida Awal Dwi Nuraini Materi yang diajarkan meliputi : place customer order in computer system, respond to customer request, provide customer with product and service information, identify and resolve customer issues using the computer system, follow-up on customer inquires, immediately resolved, billing issues sampai kepada bagaimana membuat reports. Pokoknya pelayanan yang bersifat Basic diajarkan oleh rekan Ida. Semoga pelayanan TELKOM selalu prima dan excellent.**bukan-diksi.

FOTO : Suasana BIT Di Ruang Platinum Plasa Telkom Mergoyoso.

SBU : Walikota Surabaya Sebagai ``Marketer`` Speedy


TAHUN 2010

SBU : Walikota Surabaya Sebagai ``Marketer`` Speedy

Dapat dipastikan selama dua minggu ini Walikota Surabaya akan ``bertindak`` sebagai Marketer TELKOM Speedy. Pasalnya, sesuai jadwal yang sudah dikonfirmasi ke Protokoler Walikota, maka mulai 30 April 2010 hingga 15 Mei 2010 Walikota Surabaya, Bambang DH akan roadshow melakukan peresmian e-RT/RW di beberapa kecamatan dan kelurahan yang ada di Surabaya Metro.

Hampir pada setiap sambutannya di acara launching e-RT/RW, Walikota Surabaya selalu memuji produk TELKOM Speedy, bahkan lebih luas lagi selalu memuji PT. TELKOM yang selama ini selalu peduli terhadap lingkungannya. Kekaguman walikota Surabaya ke PT.TELKOM berawal ketika ada program CSR TELKOM yang membantu PEMDA membangun Taman Bungkul sebagai Taman Kota yang dilengkapi dengan fasilitas Wifi TELKOM Speedy. Dilanjutkan lagi dengan taman flora dan fauna Surabaya, Kebon bibit lengkap dengan Wifi-nya, dll.

Appresiasi walikota Surabaya akhirnya terus bergulir hingga sekarang, dan reputasi TELKOM DIVRE-V khususya dan Corporate Image umumnya semakin luar biasanya baiknya dijajaran birokrat kota pahlawan Surabaya. Reputasi dan nama baik perusahaan inilah yang merupakan modal utama TELKOM untuk terus membangun dan mengembangkan bisnis di berbagai kesempatan, dengan Speedy sebagai brand yang ditawarkan.

Kemarin saja, Senin (3/5), Walikota road show ketiga lokasi di bilangan Surabaya Utara, yaitu di Kecamatan Bulak, Kelurahan Sidotopo dan Kecamatan Semampir. Disinipun Pak Walikota kembali memuji kepedulian TELKOM yang memang selalu care terhadap lingkungannya, sehingga program e-RT/RW yang menggunakan produk TELKOM Speedy terlaksana dengan baik. Kalau diperhatikan dari rangkaian peresmian e-RT/RW ini saja, maka tak berkelebihan jika Pak Walikota turut mempromosikan produk TELKOM Speedy. Terimakasih Pak Wali !!!**bukan-diksi.

FOTO : Walikota launching e-RT/RW di Kec. Sidotopo, Senin (3/5).

SBU : SPG Tetap Tampil Simpatik, Modis & Trendy

TAHUN 2010

SBU : SPG Tetap Tampil Simpatik, Modis & Trendy

Ditengah kesibukan menawarkan produk TELKOM ke para pengunjung di event FSSF 2010, ternyata para SPG tetap berpenampilan menarik dan trendy. Cerah ceria dan lincah, bahkan ada salah seorang yang merayakan ULTAH-nya di arena FSSF. Simpatik adalah modal utama untuk menarik pelanggan ketika mereka para SPG ini melakukan promosi produk TELKOM. Walau mereka menggunakan short skirt dan tight fitting outfit, namun penampilan tetap elegan dan trendy.

SPG memang hadir untuk memenuhi kebutuhan perusahaan dan mereka memang serius terjun di dunia bisnis khususnya bidang penjualan dan promosi. Itulah sebabnya mereka dinamakan Sales Promotion Girl (SPG), walau ada juga dibantu oleh para pria dalam Sales Agency. Mereka membantu perusahaan dalam usaha promosi produk yang berusaha tampil semenarik munkin.

Terkait dengan promosi dan penjualan, maka sangatlah tepat kalau bekerjasama dengan agency yang khusus bergerak dibidang yang satu ini, sebab kalau karyawan TELKOM sendiri rasanya kok tak mungkin, selain disibukkan oleh tugas sehari-hari juga factor usia karyawan itu sendiri. Apalagi harus tampil di event seperti FSSF, EXPO, Exhibition, BIG SALE, dan sebagainya.

Jadi ini merupakan a smart way atau a beautiful way to promote our product ! EO atau Agency memang memiliki SPG pilihan yang terlatih, ramah dan cerdas yang menjadi modal utama dalam mempromosikan sebuah produk selama event berlangsung, atau hanya sebagai Stand Guide, apalagi tak jarang dari mereka yang masih aktif kuliah, sehingga soal kecerdasannya dan penampilannya sudah tak diragukan lagi. **bukan-diksi.

SBU : Papa, Pasang Internet Speedy dong


TAHUN 2010

SBU : Papa, Pasang Internet Speedy dong

Itulah sepenggal kalimat permintaan sang anak kepada papanya ketika melewati tenda TELKOM Speedy dalam program Grebeg-Customer di Jln. Randu, Tambaksari, Surabaya, Sabtu (8/5). Grebeg Customer yagn di Lead oleh rekan FAIZ ini berhasil mendobrak angka sales menjadi 22 SSS per harinya. Lalu Sang Papa tak bisa berbuat banyak kecuali menuruti permintaan buah hatinya yang baru dijemputnya dari pulang sekolah dan masih menggunakan seragam PRAMUKA.

Pasar pasti akan merespon jika kita mau menstimulir pasar yang salah satunya melalui program Grebeg Customer dimana para Tim sales selalu merencanakan lokasi-lokasi strategi untuk digrebeg. Ini adalah bukti dan fakta ketika sang anak kita tawari internet speedy, maka sang anak merespon cepat dengan meminta kepada papanya untuk dapatnya dipasang internet di rumahnya, apalagi sudah memiliki telepon rumah.

Cara-cara membedah pasar seperti inilah yang sekarang sedang ngetrend dan dilakukan oleh jajaran CS-SBU. Setiap Sabtu dan Minggu mereka selalu ACROSS ALL KAMPOENG di wilayah kerja Surabaya Utara. Yang akan digrebeg memang sudah dipetakan dan direncanakan, antara lain : Utara Bagian Utara (Utara-Utara), Utara Bagian Selatan (Utara-Selatan) yang merupakan bordering dengan SBS, kemudian Utara-Barat dan Utara Timur.

Tenda di Progam Grebeg Customer sudah dianggap sebagai Work-Place atau Work Station yang menyenangkan, sebab memang karena sudah terbiasa turun ke lapangan di ujung Kampoeng, dekat Pos SATPAM RT/RW, bahkan dekat pertokoan. Grebeg merupakan X-TREME SALES yang dilakukan oleh orang-orang berdedikasi tinggi dan berobsesi menguasai pangsa pasar, memblokade serangan Other Provoders. **bukan-diksi.

FOTO : Kegiatan Grebeng di Jln. Randu, Tambaksari yang berhasil meraih sales.

SBU : Flexi Tebar Pesona Selama Mei di 18 Mall


TAHUN 2010

SBU : Flexi Tebar Pesona Selama Mei di 18 Mall

Selama bulan Mei 2010 ini TELKOM Flexi dapat dipastikan terus melakukan tebar pesona di 18 Mall se kotamadya Surabaya di event Flexi Surabaya Shopping Festival (FSSF). Partisipasi TELKOM Flexi ini adalah dalam rangka menyongsong hari jadi kota pahlawan Surabaya yang ke-717, dimana FSSF ini dihelat mulai tanggal 1 Mei 2010 hingga 31 Mei 2010.

Super spesial diskon memang menjadi jargon masing-masing operator dan produsen yang turut di arena Big Sale selama sebulan penuh ini. Jadi tak hanya super diskon saja, akan tetapi ditambah dengan kata spesial, sehingga menjadi SUPER SPESIAL DISKON !! Luar biasa memang !! Shopping Festival yang menjadi ajang promosi dan ajang bersaing ini tentu akan menguntungkan warga kota Surabaya, sebab harga serba murah dan serba dibanting.

Hari pertama FSSF memang masih belum begitu membludak, tetapi hari kedua sudah mulai nampak peningkatan kunjungan sebab memang jatuh pada hari Minggu yang merupakan hari keluarga untuk shopping ke berbagai tempat pusat perbelanjaan. Tanggal muda juga menjadi salah satu pemicu membludaknya pusat perbelanjaan. Pantauan Reporter di dua Mall, yaitu Tunjungan Plaza dan Pakuwon Trade Center memang menunjukkan adanya peningkatan kunjungan.

Para SPG Flexi dari beberapa Sales Agency nampak bersemangat dan bergairah dalam menyambut para pengunjung dengan memberikan brosur untuk produk Speedy dan Flexi, bahkan anak perusahaan Yes TV juga turut menyatu di outlet FSSF ini, senergi memang ! Pokoknya di event ini TELKOM Flexi benar-benar melakukan tebar pesona. Para Official FSSF kita juga memberikan dukungan yang luar biasa untuk suksesnya perhelatan akbar ini. Para official ini mendukung dari semua aspek, bahkan membantu memberikan informasi kepada para pengunjung, sehingga para SPG-pun merasa senang.**bukan-diksi.

FOTO : Kegiatan FSSF’10 di Pakuwon Trade Center (PTC), dimana para SPG nampak proaktif menyambut para pengunjung.