Mengenai Saya

SIDOARJO, JAWA TIMUR, Indonesia
Belajar Menjadi "Internal Jurnalism"

Sabtu, 07 Agustus 2010

SBU : Grebeg Customer adalah Jualan Berjamaah


TAHUN 2010

SBU : Grebeg Customer adalah Jualan Berjamaah

Ketatnya persaingan membuat para pebisnis harus bekerja lebih keras lagi, sebab kalau tidak tentu akan terlibas oleh para pesaingnya, tak terkecuali TELKOM. Untuk itulah, TELKOM Divisi Customer Service Surabaya Utara (DCS-SBU) mengawali strategi penjualannya dengan pola yang baru yang dinamakan Grebeg Customer, yaitu calon customer yang tersebar di beberapa Kecamatan, RT dan RW didatangi oleh Tim Sales secara berkelompok.

Yang namanya ``menyerang`` memang tidak bisa dilakukan sendiri sendiri, tapi harus berkelompok atau berjamaah, dan terencana. Kenapa demikian, jawabnya ialah dengan berjamaah, maka diharapkan akan lebih afdol dan lebih powerfull. Hasilnya jika dilakukan secara berjamaah juga akan lebih baik ketimbang dilakukan sendiri. Hal inilah yang dilakukan oleh CS-SBU ketika menjalankan program Grebeg Customer. Semua turun berjualan secara berjamaah!

Tak hanya pelaksana saja yang melakukan serangan berjamaah ini, sebab semua memang turun berjualan, tak terkecuali para ASMAN termasuk Sang Manager yang selalu mendampingi setiap ada Grebeg di beberapa lokasi yang sudah disiapkan. Tujuan jualan berjamaah melalui Grebeg Customer sudah jelas, yaitu : 1. Bertujuan memperluas Channel /saluran penjualan dan persiapan pembuatan counter speedy perumahan. 2. Kita bisa menggandeng komuniti yang ada guna penetrasi pasar (misalnya komunitas pedagang Kaki lima, kelompok pengajian, tokoh masyarakat, tokoh agama, RT/RW, hobby dll). 3. Pemanasan pasar, pembuatan teritory serta barikade terhadap kompetitor yang selalu bergentayangan disana- sini.

Hasil Grebeg Customer ini selalu dievaluasi oleh jajaran CS-SBU, sehingga stabilitas efektivitas kegiatan berjualan dapat dikendalikan sedemikian rupa, termasuk jumlah resources yang tersedia selalu dievaluasi, sehingga update informasi tentang pasar yang ada di kampung-kampung dapat dilakukan dengan baik. Dengan evaluasi bisa saja akan terjadi adanya IMPROVE SALES STRATEGY, sehingga diupayakan adanya diferensiasi strategi dengan kata lain menaikkan LEVEL STRATEGY sesuai dengan iklim persaingan agar selalu tercipta suasana baru, lebih semangat dan tetap lincah.***bukan-diksi.

FOTO : Nampak Manager CS-SBU, Soewiyarso dan para ASMAN ikut turun Nggerebeg Customer. Semua level turun berjualan, mulai level pelaksana, hingga Level Manager.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar