Mengenai Saya

SIDOARJO, JAWA TIMUR, Indonesia
Belajar Menjadi "Internal Jurnalism"

Jumat, 30 Juli 2010

SBU : Ada FSSF2010 Karena DEMAND STILL STRONG


TAHUN 2010

SBU : Ada FSSF2010 Karena DEMAND STILL STRONG

Flexi Surabaya Shopping Festival ini digelar dalam jangka waktu yang cukup lama bukan berarti kondisi pasar sudah lesu, akan tetapi sebaliknya bahwa ternyata DEMAND STILL STRONG, sehingga tak ada kata lain mengutip ajakan Senior Leaders DIVRE-V agar kita semua selalu take action dan terus berjualan : jual, jual, jual. Apalagi karakteristik dan kebutuhan pelanggan selalu berubah, sehingga permintaan tidak akan melemah, ALWAYS STRONG

Pasar masih powerful khususbya pasar di bisnis “halo-halo” alias pasar telekomunikasi. Untuk itulah jangan heran jika produk HP terus bertambah dengan berbagai merk dan teknologi. Upaya Market Pressure melalui FSSF ini akan membuat pesaing menjadi lemah dan akan melakukan serangan yang tak terarah dan tidak fokus, alias kelabakan.

Sementara itu TELKOM dengan segala kreativitasnya terus melakukan serangan dan Expansion Market yang salah satunya melalui FSSF. Tidak ada SPECUALTION DEMAND dalam gebrakan FSSF ini, yang ada adalah DEMAND STILL STRONG, sehigga selalu optimis dalam CLEAN UP THE MARKET dengan FSSF yang diyakini merupakan stratei dan diharapkan merupakan ENERGY MARKET.

Penggelaran FSSF ini merupakan SMART ACTION dan merupakan upaya untuk INCREASE EFFORT SALE secara bertubi-tubi selama satu bulan penuh. Setelah itu WHATS UP ? Tentu masih ada kreasi bisnis yang lain yang masih disimpan sebagai amunisi untuk melakukan serangan pasar berikut pasca FSSF 2010 ini. Tak ada yang tau memang strategy berikutnya, itupun sesuai dengan karakteristik pasar yang setiap saat berubah. **bukan-diksi.

SBU : Joko Raharjo Aktif Kawal Grebeg Customer


TAHUN 2010

SBU : Joko Raharjo Aktif Kawal Grebeg Customer

Untuk mengembalikan kejayaan DIVRE-V Jawa Timur, maka seluruh jajaran memasang kuda-kudanya kembali sebagai provider bisnis telekomunikasi, tak terkecuali GM DCS-II Timur Area DIVRE-V Jawa Timur, Joko Raharjo (JR). Pengawalan terhadap action plan yang dilakukan oleh jajarannya dilakukan secara ketat tak terkecuali dalam soal Grebeg Customer yang dilakukan setiap hari libur Sabtu dan Minggu.

Grebeg Customer merupakan salah satu jawaban terhadap situasi persaingan saat ini, sehingga dalam menghadapi bisnis dan persaingan saat ini seluruh jajaran diarahkan untuk OPEN THEIR MIND TO THE MARKET ONLY. Mereka menghadapi sengitnya persaingan pasar secara fokus dalam bentuk PENGGEREBEGAN, dimana cara ini benar-benar REAL dalam menaklukkan pasar. Bukankah dalam obsesi To Become A Market Leader kita harus melakukan ALL EFFORTS ?

Pokoknya kita tidak akan pernah menyerah dalam menaklukkan pasar yang semakin membara ini. Direncanakan semua titik lokasi akan digrebeg, ini merupakan sebuah SOLVING THE REAL COMPETITION MARKET, semua belum berakhir. Pasar selalu hidup dan tumbuh yang harus digerebeg to get more customer. Apakah ini sebuah bentuk SOLVING THE COMPETITIF MARKET? Ya, paling tidak inilah kiat dan jurus kita agar ruang gerak pesaing menjadi sempit.

Grebeg customer yang merupakan operasi pasar riil turun ke lapangan ini memang selalu dikawal ketat oleh JR. Dalam gambar tampak JR plus driver-nya sempat berpose dalam operasi lapangan di lokasi GIANT HYPER MARKET Surabaya. Pemandangan ini mirip Einstein plus driver-nya disaat mengajar mahasiswanya tempoe doeloe yang kemanapun selalu bersama driver-nya. Semoga Program Grebeg Customer ini merupakan The Largest Creative Regional Market, From Market Driven to Market Driving In Selling Strategy. **bukan-diksi.

SBU : FSSF 2010 Is Top Kill Maneuver To Competitors


TAHUN 2010

SBU : FSSF 2010 Is Top Kill Maneuver To Competitors

Kalau kita cermati dan amati secara teliti, maka kegiatan FSSF 2010 (Flexi Surabaya Shopping Festival 2010) ini, maka sadar atau tidak event ini merupakan “War Biz” dalam rangka menyambut HUT Kota Surabaya ke-717. Tapi War Biz ini dikemas sedemikian rupa, sehingga tak nampak vulgar perang bisnisnya, sebab dikemas dengan adanya hiburan musik, fashion show dan lain sebagainya.

Oleh karena Flexi merupakan IKON UTAMA dalam event yang dihelat selama sebulan penuh di 18 Mall ini, maka jujur saja bahwa FSSF 2010 ini merupakan ”top kill maneuver” yang kita bidikkan kepada para pesaing kita yang selama ini telah melakukan serangan bertubi-tubi. Selain sebagai Top Kill Maneuver, maka FSSF 2010 ini juga merupakan efektif marketing dalam hal sales, promo dan akuisisi.

Selama event FSSF 2010, Flexi telah memberikan great service, great discount, dan great people dalam mentreatment para pengunjung festival. Kekuatan TELKOM Flexi semakin powerful dalam hal meraih new customer dan meningkatkan market share. Sebelum dan selama event berlangsung nampak dukungan seluruh jajaran tercurah disini, apakah dukungan dari mitra, maupun dari jajaran internal kita sendiri, sehingga event selalu berjalan mulus setiap harinya hingga hampir pekan terakhir ini.

Dukungan seluruh jajaran ini mencerminkan, bahwa THE POWER OF TELKOM IS IN OUR HANDS. Arena FSSF 2010 memang memberikan energi baru bagi kita, sekaligus merupakan New Business Strategy yang memberikan banyak peluang. FSSF 2010 hampir selesai, kurang sepekan, Kerja tim yang kompak, solid, sinergis dan harmonis tercermin dari event bisnis terbesar ini. Semua jenis GREAT telah kita persembahkan kepada Customer, sebab Customer adalah King, bahkan dalam running text portal Telkom disebutkan, bahwa Customer Is Cash. **bukan-diksi.

Soewiyarso Rencanakan Branding, Bundling Speedy Dan Yes TV


TAHUN 2010

Soewiyarso Rencanakan Branding, Bundling Speedy Dan Yes TV

Manager DCS Surabaya Utara, Soewiyarso dalam waktu singkat ini merencanakan untuk melakukan Branding Speedy Center di Hi-Tech Mall, sebuah Pusat Elektronik dan Komputer Jln. Kusuma Bangsa, Surabaya. Sebelum Take Action, Soewiyarso terlebih dahulu memerintahkan kedua ASMAN-nya, yaitu ASMAN Modern Channel, Ismono Adi Jatmiko dan ASMAN Direct Channel, Kun Agustiyono untuk melakukan survei di lokasi tersebut.

Survei dimaksud direalisasikan oleh kedua orang ASMAN pada hari Rabu (26/5) dengan melakukan tanya jawab kepada pengelolah Speedy Center, yaitu MASCOM AGENCY yang diterima oleh 3 orang staf MASCOM. Instruksi ini dimaksudkan agar tercipta bisnis secara sinergi, terutama dalam hal mensolusi dampak persaingan yang suhunya makin membara.

Persaingan sudah tidak apple to apple lagi, akan tetapi sudah pada tahap head to head, sehingga perlu kesatuan langkah dan gerak yang sinergi dan harmonis. Persaingan yang head to head ini nampak jelas, sebab Indosat yang notabene adalah pesaing besar juga membangun Stand Broadband Center berhadapan denagn Speedy Center.

Mengingat konsep sinergi ini sudah membumi (tidak di awang-awang), maka diharapkan di sinergi dengan Agency akan mendapatkan benefit yang berlipat ganda sesuai dengan konsep sinergi itu sendiri, yaitu jika 1 + 1, maka hasilnya akan lebih dari 2. Modal dasar sinergi adalah keragaman, perbedaanlah yang membuat kita sinergi. Bayangkan saja jika di sebuah tim sepakbola keinginan semua pemainnya adalah menggolkan bola, maka akhirnya semua ingin jadi striker. Klub seperti Brazil yang punya falsafah “pertahanan terbaik adalah menyerang” pun masih punya penjaga gawang, back, dan gelandang. Karena itu dengan sinergi membuat tim sales kita menjadi kuat, karena satu dengan yang lain saling mengisi, jelas Soewiyarso. **bukan-diksi.

FOTO : Nampak kedua ASMAN survei di Speedy Center Hi-Tech Mall Surabaya, Rabu (26/5).

SBU : SP-135 Dan ULTAH-15 TELKOMSEL


TAHUN 2010

SBU : SP-135 Dan ULTAH-15 TELKOMSEL

Sharing pada Silaturahmi Patriot 135 di DCS SBU kali ini, Rabu (26/5) memang cukup spesial, pasalnya berkenaan dengan ulang tahun anak perusahaan yang ke-15, yaitu TELKOMSEL. Walau tak ada tumpeng atau kue ulang tahun, namun paling tidak salah seorang petugas CSR yang ada di Plasa TELKOM Mergoyoso melakukan sharing di forum SP-135 ini perihal ulang tahun perusahaan tempat ia mengabdi.
Dalam rangkaian program ulang tahun yang ke-15, Telkomsel bekerjasama dengan beberapa mitra brand menawarkan berbagai promo istimewa bagi pelanggan kartuHALO, simPATI, dan Kartu As. Hanya dengan menunjukkan “TELKOMSEL” di layar ponselnya, pelanggan mendapatkan diskon khusus pembelian produk dari brand-brand ternama, seperti: Nestea, Invio, Buavita, Kidzania, dan Coca Cola.
Dengan menunjukkan “TELKOMSEL” di layar ponselnya, pelanggan Telkomsel mendapatkan gratis Nestea untuk setiap pembelian main course di merchant berlogo Telkomsel-Nestea Zone: Solaria, Eaton, Depot 369, Quali, Penang House, Malay Village, Bentoya, Chubo-Chubo, dan Goota. Khusus di Surabaya juga berlaku untuk resto Papa Rons dan Pepper Lunch. Bahkan pelanggan juga mendapatkan diskon ekstra hingga 20% untuk setiap transaksi di restoran-restoran tersebut. Promo berlaku 15 Mei – 31 Juli 2010.
Menyambut ulang tahun yang ke-15, Telkomsel memberikan 15 hadiah spesial, seperti: gratis nelpon dan internet, gratis layanan mobile lifestyle, bonus beragam konten, dan sebagainya. Telkomsel juga menghadirkan paket bundling Kartu As – Nexian G381i seharga Rp 299.000 yang sudah dilengkapi aplikasi Nexian Messenger (chatting sesama pengguna Nexian) dan gratis internetan sebesar 2 MB per bulan selama 6 bulan yang dapat digunakan untuk Facebook, Yahoo Messenger, Twitter, dan MySpace. Dalam waktu dekat, Telkomsel juga akan mengadakan kegiatan Customer Day di 8 kota besar, yakni Jakarta, Bandung, Medan, Pekanbaru, Semarang, Surabaya, Manado, dan Balikpapan.

Tak hanya sharing soal ULTAH TELKOMSEL, namun seperti biasanya masing-masing unit kerja juga sharing soal persoalan-persoalan terkini untuk mendapatkan solusi awal sesuai dengan skala prioritas. **bukan-diksi.

FOTO : Suasana SP-135, Rabu (26/5) di Lantai-5 Jln. Mergoyoso Surabaya Utara.

SBU : Hadiah FSSF 2010 Siap Diundi Di WTC


TAHUN 2010

SBU : Hadiah FSSF 2010 Siap Diundi Di WTC

Beruntunglah bagi warga Surabaya Metropolis yan telah berbelanja di arena FSSF 2010 yang digelar sepanjang Mei 2010 ini, sebab dalam waktu dekat, yaitu saat acara penutupan pada tanggal 31 Mei 2010 pihak WTC (World Trade Center) Surabaya akan melaksanakan undian berhadiah tersebut. WTC adalah pusat handphone terbesar di Surabaya, bahkan di kawasan Indonesia Timur.

Bermacam hadiah telah disediakan oleh pihak penyelenggara dengan hadiah utama adalah motor HONDA REVO. Sedangkan hadilah lainnya meliputi kulkas, TV, sepeda gunung, kipas angin, DVD Player, handphone, peralatan rumah tangga dan beberapa hadiah hiburan lainnya dengan total hadiah Rp. 500 juta. Pada acara undian nanti akan dimeriahkan dengan Lomba Fashion Show, Workshop sulap, Parade Super Hero, Fear Factor dan Games serta Quis.

Disekitar panggung saat ini dikelilingi oleh gerai TELKOM Flexi dan beberapa Agency seperti : Wahyu Selular Jaya yang menawarkan Mobile Phone merk CROSS dengan berbagai Type dan harga yang didiskon secara bervariasi. Juga para pembeli akan mendapatkan kupon yang diundi setiap bulannya dengan hadih sepeda motor. Produk HP lainnya yang ditawarkan adalah merk ViTELL Hape Hemat, Koneksi Cepat, All Things Possible.

ViTELL yang dilengkapi fasilitas Bluetooth dan Modem memberikan bonus features : detik.com, facebook, ebuddy, twitter, friendster, msn, mig33, kapanlagi.com, kompas.com dan metronews.com Spesifikasi V717 meliputi : Dual GSM ON, Digital Camera, QWERTY Keypad, Memory Up to 2GB, MP3/MP4, FM Radio, Speaker Phone, Bluetooth, MMS/GPRS/WAP dan Universal Charger. **bukan-diksi.

SBU : Puluhan Petugas Outbond Call Terima Brifing


TAHUN 2010

SBU : Puluhan Petugas Outbond Call Terima Brifing

Untuk meningkatkan pelayanan demi kepuasan pelanggan, maka sedikitnya 35 petugas Outbound Call dibrifing oleh Koordinator OBC Caring Jawa Timur, Agus Eko Prijanto di ruang rapat area Surabaya Utara Jln. Mergoyoso 1-3, Surabaya, Rabu (26/5). Berhadapan dengan konsumen atau pelanggan tentu bukan perkara mudah, apa dan bagaimana memenangkan hati pelanggan merupakan pondasi dasar kesuksesan usaha dan memenangkan persaingan. Caring berarti Care terhadap pelanggan agar puas.

Dalam brifingnya, Eko memaparkan target dan kinerja serta informasi terbaru tentang Caring. Brifing ini bersifat interaktif, ada tanya jawab, sehingga dengan forum feedback yang biasa dilakukan setiap hari Rabu yang dihadiri oleh seluruh agent Service Operation Control (SOC) dan agent Caring. Banyak hal yang disampaikan dan dibahas dalam forum ini. Eko dalam kesempatan tersebut menyoroti masalah kinerja yang dinilainya masih kurang memuaskan. Raihlah kinerja secara optimum sesuai dengan ukuran yang sudah ada, agar pelanggan puas dan tidak lari ke pesaing, pinta Eko.

Hal yang tak kalah pentingnya ialah masalah aplikasi yang masih terkendala, sebab masalah aplikasi ini berkaitan erat dengan kinerja itu sendiri Bisa jadi tidak tercapainya kinerja disebabkan oleh terkendalanya aplikasi, sehingga dalam brifing ini kendala tersebut dibahas tuntas yang pada gilirannya tercapai Total Customer Satisfaction. Kepuasan adalah tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan kinerja (atau hasil) yang dirasakan dibandingkan dengan harapannya. Jadi tingkat kepuasan adalah fungsi dari perbedaan antara kinerja yang dirasakan dengan harapan.

Penuhilah kebutuhan dasar pelanggan, penuhilah harapan pelanggan dengan cara yang membuat mereka senang dan puas dan lakukanlah lebih (nilai tambah) dari pada yang diharapkan pelanggan. Nilai tambah inilah yang paling diharapkan oleh pelanggan, lanjut Eko. Bisnis proses kita sudah jelas yang harus ditaati (comply) dengan sebaik-baiknya. Unit kita ini berkaitan erat dengan unit kerja lainnya, seperti unit penanganan gangguan, pasang baru, billing dan lainnya. Untuk itu taatilah BISPRO ini dengan sebaik-baiknya. Masih kata Eko, bahwa OBC Caring ini adalah salah satu ukuran kepuasan pelanggan, lakukan call ke pelanggan dengan baik, ramah, berilah salam simpatik, sehingga pelanggan puas. **bukan-diksi.

FOTO : Suasana brifing di DCS Area SBU, Rabu (26/5).

SBU : ASMAN Direct Channel Cek Kesiapan GAME ONLINE


TAHUN 2010

SBU : ASMAN Direct Channel Cek Kesiapan GAME ONLINE

ASMAN Modern Channel DCS SBU, Ismono Adi Jatmiko concern untuk “meledakkan” promosi dan penjualan produk I.M.E agar portofolio bisnis yang baru ini diminati pasar terutama pangsa pasar anak muda. Untuk itu Ismono bersama ASMAN Direct Channel, Kun Agustiyono melakukan sinergi dengan Speedy Corner sekaligus pengecekan persiapan dan kesiapan Kompetisi GAME ON-LINE di TEC (Tunjungan Electronic Center) Jln. Tunjungan No. 5-7, Surabaya, Rabu (26/5).

Dari hasil pengecekan ditemui bahwa Astinet sedang down dan sedang dalam perbaikan oleh Kopegtel Citra Bekisar yang direncanakan 1 hari ok. Disisi lain didapati 30 PC yang tersedia ternyata satu mengalami kerusakan yang diusahakan penggantinya agar pada saatnya nanti dapat digunakan untuk kompetisi. Petugas Speedy Corner mengatakan, bahwa Game yang paling digemari saat ini adalah “Point Blank” dari genre First Person Shooter (FPS).

Speedy corner ini diharapkan mampu meng-generate new revenue, sehingga avaibility perangkatnya harus selalu dalam kondisi baik. Dari data yang ada, ternyata jumlah kunjungan Speedy Corner ini seharinya mencapai sekitar 70 orang yang rata-rata adalah anak muda, dengan pemasukan per hari rata-rata Rp. 250 ribu. Segmen anak muda memang merupakan segmen yang paling dominan, sebab hobi mereka dapat tersalurkan melalui Game On-Line ini.

Produk IME memang memiliki prospek yang cerah, sehingga memang harus dimanajemeni dengan baik dan profesional, apakah itu bekerja sama dengan Mitra Kerja seperti Kopegtel atau dengan Agency yang sudah berpengalaman, sebab Game On-Line ini selain ada unsur pendidikan, juga ada unsur ketrampilan,dan hiburan (entertainment) sesuai yang ditawarkan oleh portofolio bisnis kita yang baru. **bukan-diksi.

FOTO : Nampak ASMAN MODERN & DIRECT CHANNEL saat ngecek persiapan Game Online.

DCS SBU “Bermesraan” Dengan Yes TV


TAHUN 2010

DCS SBU “Bermesraan” Dengan Yes TV

Namanya juga anak perusahaan yang baru lahir, kalau tidak disayang maka akan seperti anak tiri saja. Untuk itulah jajaran DCS SBU khusus Modern & Direct Channel selalu mendekati Yes TV-Telkom Vision, apalagi “anak kita yang baru lahir ini” berkantor di kantor TELKOM SBU Lantai-3 Jln. Mergoyoso 1-3, Surabaya. Tak hanya berkantor, akan tetapi juga membuka Gerai di Plasa TELKOM Merhoyoso. Inilah yang dinamakan sinergi dan harmoni.

Kali ini yang dikunjungi dua orang ASMAN DCS SBU adalah Gerai Yes TV yang ada di Tunjungan Electronis Center Lantai-1 Surabaya. 2 orang ASMAN masing-masing Ismono Adi Jatmiko dan Kun Agustiyono mengawali lawatannya dengan say hello kepada dua orang CSR Yes TV yang pagi itu bertugas. Kemudian tanpa basa basi lagi langsung ke persoalan utama, yaitu soal rencana bundling produk Speedy dengan Yes TV.

Memang Gerai yang dikunjungi ini belum melakukan bundling, masih menunggu info lebih lanjut dari kantor pusat Yes TV. Dari hasil kunjungan di lapangan ini, maka Ismono selaku ASMAN Modern Channel akan kontak Yes TV untuk segera merealisasikan kerjasama bundling tersebut. Kebetulan kantor cabang Yes TV Surabaya ada di Gedung DCS SBU Mergoyoso, sehingga akan lebih efektif dan cepat koordinasi sekaligus konfirmasinya.

Ismono mengatakan, bahwa sinkronisasi bisnis dengan anak perusahaan ini perlu dilakukan, sebab kita sekarang ini sudah memasuki dunia bisnis yang baru, yaitu IME. Untuk itulah kerjasama bundling dengan Yes TV ini akan mendorong memasyarakatnya produk IME itu sendiri. Rencana yang dibundling adalah : distribusi informasi, brosur, ketentuan fee sales, cara penagihan dan pola pembayarannya. Kemudian diusulkan oleh Ismono untuk meng-create Flexi Milis anrara PIC YES TV dengan PIC SMS-IN di Modern Channel seluruh area di DCS-5 agar memudahkan sharing info dan koordinasi. ***bukan-diksi.

FOTO : Berpose di Gerai Yes TV Tunjungan Electronic Center (26/5).

SBU : Langganan Yes TV Tak Ada Ruginya


TAHUN 2010

SBU : Langganan Yes TV Tak Ada Ruginya

Begitulah bunyi brosur Yes TV yang melakukan sales and promo di arena FSSF 2010. Yes TV menawarkan TV berlangganan mulai 125 ribu per bulan termasuk channel Star Movies, ESPN, Star Sport, Liga Italia Serie A, Disney Channel, Playhouse Disney plus parabola dan dicoder dipinjamkan. Suatu tawaran yang menarik bagi konsumen.

Bagi masyarakat yang gemar nonton film dan tidak mau antri berdesakan beli tiket di bioskop, maka dengan hadirnya Yes TV, maka kini cukup nonton di rumah dengan harga super murah, tanpa antri berdesakan. Untuk informasi ke kasteme, maka Yes TV membuka layanan info 14047 (mirip call center 147), serta bisa email ke ccare@yestv.co.id, dan ccare@telkomvision.com.

Yes TV juga menawarkan harga voucher mulai Rp. 50 ribu sedangkan untuk berlangganan mulai Rp. 125 per bulan. Bagi penggemar film, maka harga ini memang relatif terjangkau. Konsumen diberi pilihan untuk memilih cara berlangganan, system voucher atau berlangganan bulanan, dimana untuk pilihan paket berlangganan ini bervariatif dengan 3 paket dasar dan 4 paket a la carte, kualitas gambar dan suara produk Telkom Vision ini terbaik.

Selain info customer care via email, maka pelanggan juga dapat mengunduh informasi detil di www.yestv.co.id atau www.telkomvison.com. Ada juga paket premium tambahan, yaitu paket cinema-1 (HBO, HBO Signature), cinema-2 (HBO, HBO Signature, Max), NHK Premium (NHK), Liga Inggris (ESPN, PREMIER, STAR SPORT PREMIER). Channel premiun tersebut ditawarkan dengan harga terjangkau masing-masing, Rp. 60.000,-; Rp. 80.000,-; Rp. 50.000,- dan Rp. 60.000,-. **bukan-diksi.

SBU : Rp. 0,- Merupakan Angka Psikologis Bagi Pesaing


TAHUN 2010

SBU : Rp. 0,- Merupakan Angka Psikologis Bagi Pesaing

Banyak umbul-umbul dan poster FSSF 2010 di berbagai sudut kota Surabaya. Dan yang paling menyolok pada poster atau banner tersebut adalah tarif Rp. 0,- yang merupakan angka psikologis bagi pesaing lainnya, dan merupakan angka menggembirakan bagi konsumen sebab di Annual Business Fair ini semua produk dijual dengan harga murah dan super diskon.

Dan bagi TELKOM Flexi sendiri angka tersebut menunjukkan angka cerdas, dimana angka ini pernah dipakai sebagai strategi marketing oleh operator lainnya. Setelah angka itu sudah lama tidak digunakan sebagai senjata oleh pesaing kita, maka kini gilirannya kita menggunakannya sebagai senjata pamungkas. Ketika enerji pesaing sudah mulai berkurang, maka saat yang tepat untuk menggunakan senjata tersebut.

Strategi harga memang bisa macam-macam jenisnya, seperti buy 4 get 1 free plus diskon 10 % ditambah lagi Free ONGKIR (Ongkos Kirim). Ada yang memberikan hot price, hot sale, system kupon berhadiah, lucky draw, jual rugi, kuras gudang, cuci gudang, harga banderol, turun harga, best buy, best price, big sale, harga promo, midnight price, early bird singing price, harga miring, dan sebagainya.

Flexi Nol rupiah, cuma Flexi yang begini, gratis nelfon Lokal dan SLJJ 24 jam sedama Flexi memang membuat konsumen tertarik. Strategi harga semacam inilah yang saat ini sedang dimanajemeni dengan baik dalam setiap agenda promo. Harga menjadi semakin fleksibel disesuaian dengan musim dan event tertentu. Ternyata reaksi pasar terhadap persaingan harga ini sangat positif, sebab bukankah konsumen memang menginginkan harga yang murah dan produk berkualitas. **bukan-diksi.

SBU : Rebut Undian Flexi sampai Rp 10 Juta


TAHUN 2010

SBU : Rebut Undian Flexi sampai Rp 10 Juta

FLEXI masih terus membanjiri konsumen dengan promo menarik selama momen Surabaya Shopping Festival 2010. Di Pasar Atom Mall lantai 1, mereka punya beragam program menarik untuk pengunjung mal. Bahkan, selama tiga hari ke depan akan ada undian dengan hadiah total sebesar Rp 10 juta.

Authorized dealer Flexi Pasar Atom Ita Susiana mengatakan, promo spesial masih terus berlangsung. ''Jadi, kesempatan untuk memenangkan hadiah masih besar,'' kata Ita kemarin (27/5).

Dijelaskan, cara memperoleh hadiah tersebut cukup mudah. Yakni, dengan membeli handphone Flexi CDMA tipe ZTE C332 seharga Rp 299 ribu per unit. Dengan pembelian tersebut, konsumen langsung memiliki kesempatan mengambil undian lucky draw. Hadiah yang disediakan berupa cash money atau uang tunai dan hadiah hiburan dengan total Rp 10 juta.

Bagi konsumen yang beruntung bisa mendapatkan cash money senilai Rp 1 juta. Lalu pemenang beruntung juga berkesempatan memperoleh Rp 300 ribu sampai Rp 750 ribu. ''Kami juga sediakan hadiah hiburan berupa kebutuhan rumah tangga.'' (res/tia)

sumber http://jawapos.co.id/metropolis/index.php?act=detail&nid=136280

SBU : Flexi, Speedy Dan Yes TV Lakukan Business Advantage


TAHUN 2010

SBU : Flexi, Speedy Dan Yes TV Lakukan Business Advantage

Di arena FSSF 2010, TELKOM Flexi selalu menebar pesona di berbagai Mall seluruh kota Surabaya Metropolis, bahkan dalam satu Mall Flexi membuka 2 hingga 3 outlet. Karena event FSSF 2010 ini memiliki business advantage, maka tak heran anak perusahaan juga tak menyiakan peluang ini, seperti Yes TV dan Speedy yang membuka outlet berdampingan dengan TELKOM Flexi. Strategy promo ini memang harus diformulasikan, agar "smart marketing" ini terus dilestarikan dikemudian hari.

Dengan semakin banyaknya anak perusahaan, maka semakin banyak memiliki Brand pula, sehingga dalam event bisnis seperti FSSF ini memang tepat jika diupayakan adanya "Dual Brand Strategy/Co-Branding" atau Bundling atau paling tidak promo bareng seperti sekarang ini, yaitu membuka outlet berdampingan.Boleh jadi kolaborasi portfolio semacam ini merupakan New Marketing Strategy, sehingga TELKOM semakin kokoh tak tertandingi.

Kebutuhan dan keinginan konsumen atau pasar akan semakin dapat dipenuhi jika kolaborasi ini terus dijalankan, apalagi jika difokuskan kepada targetting segmentation, sehingga ada perbedaan treatment di masing-masing segment yang pada gilirannya akan terbentuk "covering pricing" seperti di arena FSSF 2010 ini.

Dengan berkolaborasinya portfolio diantara anak perusahaan, maka secara sadar kita sudah memasuki era "Multi Brand Strategy", bukan dual branding lagi yang selama ini pernah kita luncurkan. Apalagai Brand Identity akan semakin powerful jika sering digebyarkan ke konsumen melalui berbagai media, dan event seperti FSSF 2010 ini. Di Pakuwon Trade Center (PTC) Surabaya, Mobil Flexi masuk ke gedung dipakai sebagai outlet yang didampingi Yes TV. Luar Biasa !! **bukan-diksi.

FOTO : Nampak mobil Flexi di Atrium Gedung PTC, Kamis (27/5).

SBU : Berjualan Adalah “FULL OF HOPE”


TAHUN 2010

SBU : Berjualan Adalah “FULL OF HOPE”

Sesuai dengan fungsi yang hanya berjualan dan retensi, maka berjualan ala Grebeg Customer sudah menampakkan hasilnya. Kendati berjualan itu adalah FULL OF HOPE atau penuh dengan harap, namun Alhamdulillah aktivitas berjualan dapat dilaksanakan sesuai dengan pakemnya atau sudah ON THE TRACK. Dikatakan full of hope, karena setiap penjual pasti selalu berharap produknya laris atau laku banyak. Tapi, begitulah dalam bisnis memang ada pasang surutnya, terkadang laris manis (FULL OF SURPRISE), terkadang biasa-biasa saja dan tak jarang tak ada hasil. Yang penting Tim Grebeg tak patah semangat dalam “menyapa” pasar dimanapun berada di wilayah SBU (Surabaya Utara).

Kita semua percaya, bahwa peluang pasar masih cukup banyak kendati kondisi persaingan semakin ketat. Didasari optimisme atas peluang pasar itulah, maka Tim tetap semangat, sebab semangat memang merupakan modal utama dalam menguasai pasar memenangkan persaingan.

Banyangkan, tempat dimana para konsumen berkeliaran, lalu kita diam saja ! Akan tetapi tidak ! Kita tidak diam, dengan modal semangat yang begitu besar kami melakukan aktivitas Grebeg Customer di setiap hari Sabtu dan Minggu. Kita sudah komit terhadap budaya 5-C yang salah satunya adalah Commitment to Long Term. Berjualan hari ini berarti ada semangat agar perusahaan tetap survive secara Long Term.

Tim Grebeg selalu memberdayakan diri dengan penuh keyakinan untuk menyongsong hari esok yang lebih baik dari hari ini. Ancaman persaingan yang semakin ketat tak menurunkan semangat Tim Grebeg, akan tetapi justru sebaliknya membakar semangat. Belajar melihat pasar, mampu menempatkan diri dipasar adalah bagian dari Market Intelijen, sehingga selain ada FULL OF HOPE juga ada FULL OF SURPRISE ! **bukan-diksi.

FOTO : Tim Grebeg di Kalikepiting Surabaya dikunjungi GM CS-V, Djoko Raharjo.

SBU : Beli Flexi Raih Motor


TAHUN 2010

DISKON menarik hadir untuk tiap pembelian produk Flexi di booth Flexi TEC. Semua produk Flexi diskon Rp 10 ribu dan Rp 20 ribu selama Senin-Jumat. Khusus Sabtu dan Minggu, setiap 25 pembeli pertama akan mendapat diskon Rp 50 ribu. Cara mendapatkan diskon, cukup menukarkan struk belanja di TEC dengan nilai Rp 100 ribu atau kelipatannya dengan kupon Flexi SSF 2010. Selain mendapatkan kupon Flexi, pengunjung juga memperoleh kupon undian motor TEC. Selain motor, ada hadiah elektronik yang diundi pada 5 Juni. (puj/oki)

SUMBER http://jawapos.co.id/metropolis/index.php?act=detail&nid=136102

SBU : Grebeg Customer Di Kawasan “Full Property”


TAHUN 2010

SBU : Grebeg Customer Di Kawasan “Full Property”

Kawasan Darmo Indah Surabaya adalah kawasan yang berada di wilayah barat yang merupakan “full property” dari Darmo Satelit Town. Di Darmo Indah inilah Tim Grebeg membidik Customernya pada hari Sabtu (29/5). Lengkap dengan armada mobil Speedy, Tim menggerebeg kawasan yang padat akan perumahan, apartemen, ruko, gedung, kios, toko, kantor, gudang, pabrik (home industri), bahkan sampai kepada kamar kos-kos-an.

Membidik pasar dengan cara Grebeg Customer merupakan seni pemasaran yang cukup lengkap sasarannya, yaitu meliputi segmentasi, targetting, sekaligus positioning. Bidik membidik dengan cara yang satu ini memang tidak ada duannya, sebab benar-benar mengekplorasi pasar secara riil demi memenangkan persaingan. Tak ada cara lain mendekati pasar di ketatnya persaingan sekarang, kecuali dengan Grebeg.

Menjelajah pasar yang harus disasar memang bukan pekerjaan ringan, sebab diperlukan ketelitian pangsa pasar, ketekunan, kemauan keras, smart dalam mencari peluang, serta yang penting Tim mampu melihat dan memilah pasar, daya beli, menetapkan sasaran, merumuskan strategi berikutnya secara murah, mudah dan tepat. Pegawai Telkom sebagai incumbent memang kebanyakan adalah ahli strategi dan pekerja keras dan cerdas yang kalau tidak diimplementasikan, maka keahlian itu akan mubazir.

Tak hanya itu, sebab karyawan kita ini sebenarnya sangat kompeten dibidangnya, untuk itulah sekarang saatnya yang tepat untuk melakukan jualan secara besar-besaran. Grebeg Customer adalah sebuah pilihan bisnis untuk mendapatkan pelanggan baru serta dalam upaya menawarkan gimmick baru termasuk features TELKOM Speedy, sehingga peluang bundling cukup besar. Grebeg Customer ini merupakan Faster Action untuk menaklukkan pasar. **bukan-diksi.

FOTO : Tampak Manager CS-SBU turut lakukan Faster Action di Darmo Indah (29/5).

SBU Mencari Opportunity, Dari RT/RW Menuju KTP Mall


TAHUN 2010

SBU Mencari Opportunity, Dari RT/RW Menuju KTP Mall

Program e-RT/RW yang merupakan “mainan” eksisting, kini dikembangkan lagi menjadi mainan baru, yaitu bertajuk Perpanjangan KTP On-Line dengan basis IT Kampoeng Cyber www.sapawarga.org. System yang dikembangkan ini mirip pengurusan perpanjangan SIM On-Line yang sekarang sudah implemented di beberapa Mall dalam bentuk “SIM CORNER”. Kalau mainan baru ini sudah implemented, maka bisa jadi nanti diberi nama “KTP MALL”.

Sehubungan dengan mainan baru inilah, maka ASMAN Modern Channel CS-SBU, Ismono selaku POH Manager CS-SBU mengadakan penjajagan dengan jajaran PEMKOT Surabaya pada hari Kamis (27/5) di 2 tempat, yaitu di Kantor PEMKOT dan di TELKOM Café Tunjungan Plasa. Agus Sonhaji KABAG Bina Program PEMKOT Surabaya menyambut baik program KTP Mall ini, bahkan Sonhaji mengundang KABAG Kependudukan, Kartika Indrayana untuk nimbrung diskusi bertempat di TELKOM Café Lantai dasar Tunjungan Plasa.

e-RT/RW sebagai pondasi www.sapawarga.org yaitu sebuah content yang dibangun PEMKOT Surabaya dengan melibatkan RT/RW se Kotamadya Surabaya. Diatas pondasi tersebut akan dibangun berbagai content oleh PEMKOT Surabaya, salah satunya adalah KTP MALL yang melayani perpanjangan KTP di Mall, dimana persetujuan RT/RW dilakukan secara on-line melalui infrastruktur e-RT/RW yang sedang dibangun saat ini.

Peluang bisnis semacam inilah yang terus dicari oleh CS-SBU, boleh jadi jika sudah deal, maka hal ini dapat dikategorikan sebagai sebuah kreativitas bisnis. Diskusi dengan KABAG Bina Program dan KABAG Kependudukan di TELKOM Café Tunjungan Plasa sudah menemui titik terang, sebab program ini merupakan kerjasama “lanjutan” antara DCS Area SBU dengan PEMKOT Surabaya. Titik terangnya ialah, bahwa PEMKOT akan membuka counter KTP Mall di 2 tempat, yaitu di Royal Plasa dan di Tunjungan Plasa. Baik PEMKOT maupun TELKOM optimis program ini segera dapat terealisasikan. **bukan-diksi.

FOTO : Suasana diskusi di TELKOM Café Tunjungan Plasa, Kamis (27/5).

SBU : FSSF Merupakan Top Business Story


TAHUN 2010

SBU : FSSF Merupakan Top Business Story

Usai sudah perhelatan akbar Flexi Surabaya Shopping Festival 2010 yang digelar selama satu bulan penuh yaitu selama bulan Mei 2010. Selama sebulan penuh inilah, Flexi banyak melakukan serangan pasar, apakah itu sekedar promosi, penetrasi, gathering market information ataupun penjualan. Selama sebulan pula para pesaing seolah terbungkam tak bergeming, suaranya nyaris tak terdengar. Memang ketika “raksasa” telekomunikasi bergerak sedikit saja, maka para follower biasanya tak berani bertingkah.

Boleh jadi arena bisnis FSSF 2010 ini merupakan Top Business Story yang harus didokumentasikan untuk bahan evaluasi, sebab tak sedikit kita dapat gathering market information selama berlangsungnya shopping festival. FSSF 2010 bukan tinggal kenangan, akan tetapi merupakan langkah smart yang harus dilestarikan di event-event berikutnya.

Ikon Flexi yang terpampang pada banner, umbul-umbul atau spanduk dipasang di hampir sudut kota Surabaya terutama menghiasi di 18 Mall yang tersebar diharapkan mampu mempersepsi pasar, bahwa TELKOM Flexi memang paling jujur dan paling hemat. Mempersepsi konsumen atau pasar memang tidak bisa dilakukan hanya sekali atau dua kali saja, tetapi membutuhkan waktu yang cukup.

Kemudian soal Gathering Market Information selama FSSF 2010 ini tentu banyak informasi pasar yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas Flexi itu sendiri. Informasi tentang apa yang selama ini menjadi keinginan pasar paling tidak mampu diakomodir oleh TELKOM Flexi, sehingga Flexi makin oye, dan pesaing makin tak berkutik.

Battlefield (medan perang) paling tidak sudah mampu dikuasai walau hanya sebulan. Untuk sebuah kompetisi bisnis, maka dampak bisnisnya memang sungguh luar biasa, sebab selama sebulanpenuh kita mampu melakukan “market provocation” atau “market terror” yang membuat pesaing harus berhitung dalam melakukan serangan balasan. FSSF 2010 telah usai, market information terdeteksi, dan harus kita akui, bahwa event ini merupakan strategi smart, sekaligus merupakan the art of war in business. **bukan-diksi.

SBU : FSSF 2010 Merupakan Easy Strategy, Tapi Smart


TAHUN 2010

SBU : FSSF 2010 Merupakan Easy Strategy, Tapi Smart

Apapaun strateginya yang penting selalu berusaha untuk easier dan profitable. Hal ini sesuai dengan prinsip ekonomi dimana dengan pengeluaran yang sekecil-kecilnya untuk mendapatkan pemasukan yang sebesar-besarnya. Dalam FSSF 2010 – Flexi Surabaya Shopping Festival yang diadakan di 18 Mall sebenarnya merupakan easy strategy, tapi smart. Betapa tidak, cukup membuka counter atau gerai di beberapa Mall, maka gaungnya sungguh luar biasa, gaung tersebut menggema selama 1 bulan.

Selama 1 bulan kita telah meng-inspire customer dengan sebuah powerful promotion sebuah produk Flexi CDMA yang paling hemat dan harga yang jujur (fair price). Dari setiap Mall kita dapat melihat betapa cantiknya Flexi melakukan penetrasi pasarnya, sehingga pasar seolah terhipnotis dan kita dapat merasakan dan melihat betapa sebuah smart strategy works. Strategi yang easy ini tidak tergolong unik, sebab ini merupakan common strategy yang sudah sering kita lihat pada event lainnya. Hanya saja dalam situasi kompetisi maka FSSF ini memiliki differensiasi tersendiri, sebab dilakukan secara serentak di 18 Mall.

Daily fresh business selalu hadir selama 30 hari, apalagi dengan mengerahkan SPG yang selain berfungsi sebagai ujung tombak bidang sales, juga sebagai daya tarik yang mampu memukau para pengunjung. Ini benar-benar merupakan Life Strategy yang perlu diulangi lagi tahun depan, bahkan setiap tahun. Sebab jika tidak, maka event ini dimungkinkan diambil alih oleh pesaing kita.

Seni menjual, seni berhadapan dengan konsumen, semuanya tercurah di event yang digelar dalam rangka menyambut HUT Surabaya ke-717 ini. Tentu saja untuk meraih “The Objective of the Business”, seluruh resources harus saling memberikan support, dan hal ini telah dibuktikan di event FSSF 2010 ini. Kita telah membuktikan, bahwa kita memiliki tim yang solid yang telah kita demonstrasikan di arena FSSF 2010 ini. Semoga sukses dalam event yang lebih besar lagi. Mainkan !!!**bukan-diksi.