Mengenai Saya

SIDOARJO, JAWA TIMUR, Indonesia
Belajar Menjadi "Internal Jurnalism"

Rabu, 04 Agustus 2010

SBU : 2 Orang Deputy EGM Cek Plasa Telkom Mergoyoso


TAHUN 2010

SBU : 2 Orang Deputy EGM Cek Plasa Telkom Mergoyoso

Hari gini 2 orang Deputy EGM melihat Plasa TELKOM Mergoyoso ? Telisik punya telisik, ternyata kehadiran dua orang nomor dua di TELKOM Indonesia Timur pada hari Selasa (27/4) ini, yaitu DEGM DIVA-II, M. Warif Maulidy dan DEGM DCS-II, Benny Artono adalah untuk mengecek kesiapan ALPRO apakah memang sudah siap untuk dijual dipasar. Harapannya agar TELKOM dapat memenuhi permintaan pasar dengan cepat dan tepat. Turut mendampingi dalam kunjungan ini adalah GM Access DIVA Regional-V, Didik Sukasdi, Manager Access DIVA Regional-V, Winarto, Manager Access Optimalization DIVA Regional-V, Tusli Komara Djaja, Deputy GM Unit Business Service-II, Gunawan Rismayadi.

Winarto yang mendampingi kunjungan ini menuturkan kepada Kontributor, bahwa beliau-beliau ini tadi dari dapur untuk melihat kesiapan ALPRO yang Ready for sale di Kantor DIVA Jln. Kebalen Surabaya. Nah, sekarang langsung terjun ke lapangan ke beberapa Plasa Telkom untuk mencocokkan dengan data SISKA yang berada di semua titik pelayanan khususnya Plasa TELKOM, sehingga antara Supply dan Demand dapat diukur kekuatannya. Menurut Winarto keterkaitan antara ``dapur``, data SISKA dan Supply and Demand sangat erat. Karena memiliki keterkaitan yang sangat kuat, maka menjadi kunci utama dalam menjawab permintaan pasar yang persaingannya super ketat.

Keterkaitan ini sebenarnya merupakan sebuah korelasi antara BISPRO (bisnis proses) yang ada di masing-masing Divisi (DIVA, DCS, DBS) yang sekarang menjadi pengamatan atau sorotan para Deputy EGM, sehingga data lebih akurat dan terintegrasi yang pada gilirannya akan mampu menjawab tuntutan pasar dengan cepat dan akurat. Data harus dirajut agar ‘nyambung’, sehingga fungsi Tim Sales yaitu para ujung tombak penjualan mampu ‘mengamankan’ peluang pasar yang cukup besar.

Jadi secara tidak langsung dua orang Deputy EGM Timur ini boleh dikatakan melakukan ‘studi pemasaran secara mikro’ dari sisi alat produksi yang siap untuk ‘dilempar’ ke pasaran. Ini baru dari sisi ALPRO, belum lagi dari sisi potensi daya beli masyarakat, segmentasi pangsa pasar, trend kesukaan masyarakat/pasar, dan lain sebagainya. **bukandiksi**

Patrick Dapat Hadiah Notebook HP dri TELKOM SBU


TAHUN 2010

Seorang pelanggan hari ini merasa senang karena mendapatkan hadiah notbook HP dari TELKOM SBU. Waktu itu ia pasang baru Speedy di Plasa Tandes yang kemudian langsung mengambil Lucky Draw. Kemudian dari Lucky Draw ini diikutkan dalam 9 Grand Prize. Pelanggan tersebut bernama Patrick beralamat di Jl. Kedungdoro 68-c, Surabaya dan yang menyerahkan hadiah adalah Manager CS SBU, Soewiyarso di Plasa TELKOM SBU Jln. Mergoyoso 1-3, Surabaya (24/5).

Lucky draw memang mampu menarik perhatian dan minat customer untuk mendapatkannya, dan bagi perusahaan merupakan strategi menuju kemenangan kompetisi bisnis agar benar-benar mampu menguasai pasar secara dominant. Tanpa ada iming-iming hadih tentu tidak ada daya tarik bagi pelanggan, apalagi saat ini masalah iming-iming merupakan rangkaian dari strategi bisnis.

Namun demikian tujuan utama TELKOM memberikan hadiah ini adalah untuk memanjakan pelanggan agar tidak lari ke operator atau provider lain. Hadiah ini adalah memang sudah lazim dilakukan oleh semua perusahaan dan sudah mewabah dimana-mana, bahkan tiket penerbangan saja juga saling bersaing iming-iming berupa diskon maupun tiket berlibur ke LN.

Tapi memang tak dapat dipungkiri, bahwa hadiah yang besar akan menyedot pelanggan lebih besar lagi seperti yang pernah dilakukan TELKOM dengan hadiah utama mobil mewah, Mercy. Citra perusahaan juga akan terangkat, tak hanya itu perusahaan akan tetap terus mempertahankan reputasinya dengan cara memanjakan pelanggan dan Customer First yang selalu terus didengungkan. **bukan-diksi.

FOTO : Soewiyarso sedang menyerahkan hadiah kepada Patrick, Senin (24/5).

SBU Grebeg Di Pantai Ria Kenjeran


TAHUN 2010

Habis Utara-Selatan, kini Tim Grebeg Customer mulai bergerak ke Utara-Utara, yaitu di kawasan wisata Pantai Rian Kenjeran Surabaya pada hari Sabtu dan Minggu (22-23/5). Tim Grebeg terdiri dari : Ali M, Saman, Darmono, dan ASMAN Kun Agustiyono. Sedangkan Tim ekternal adalah mitra kerja sendiri yaitu Agency CTR.

Strategi Utara-Utara dan Utara-Selatan ini akan dikembangkan ke Barat-Barat, Barat-Timur, sehingga penyisiran lokasi yang diserang oleh Tim Grebeg Customer sampai kepada titik kulminasi. Ditengah persaingan yang semakin panas membara, maka tak ada kata lain selain kita harus melakukan upaya upaya yang cukup sporadis dan bombastis.

Memang tak semua orang merasakan panasnya bara persaingan ini, namun demikian suasana cukup dirasakan. Maka, haruskah kita yang notabene atau adalah pelaku usaha, pelaku persaingan tidak mau berbuat banyak untuk meningkatkan penjualan kita. Lalu jjika ya, maka bagaimana nasib perusahaan tempat kita bekerja ini nantinya, jika para pesaing memenangkan persaingan ini.

Memang rasanya kok tidak mungkin kalau TELKOM kalau bersaing. Perusahaan raksasa seperti TELKOM memang sulit dikalahkan oleh siapapun. Tapi perlu kita sadari bersama, bahwa yang besar yang raksasa belum tentu menang lho. Yang besar biasanya kurang lincah, padahal yang lincah dan yang cepat akan mengalahkan yang lambat. Nah, mari kita bergerak lincah dan cepat. **bukan diksi.

Foto : Suasana Grebeg di Pantai Ria Kenjeran yang berhasil menjual sebanyak 9 SSS Speedy dan Bundling 2 SST.

SBU : Mama Pasang Speedy Dong


TAHUN 2010

Walau bukan hari libur Sabtu dan Minggu namun lumayan juga pengunjung Flexi Surabaya Shopping Festival 2010 (FSSF2010) di Pakuwon Trade Center (PTC) Surabaya pada hari Senin (24/5) sore hari. Para pengunjung yang lalu lalang di depan Stand TELKOM Flexi & Speedy sesekali melirik para SPG yang menawarkan produk dan membagikan brosur. Ada seorang ibu sambil membawa brosur Flexi langsung duduk dan bertanya :”Untuk terminal CDMA seperti ini apa masih ada disini?”. Oh, ya ada Bu, jawab SPG singkat. Tapi tunggu dulu, ya, saya tanyakan ke anak saya dulu, jawab ibu yang kemudian langsung bergegas pergi.

Lain lagi dengan pengunjung yang satu ini, seorang laki-laki sambil menggendong anaknya langsung berhenti di Stand TELKOM. Lalu bertanya ke SPG yang sedang berdiri sambil membawa brosur siap dibagikan. Mbak, kalau pasang Speedy dengan nomor cantik bisa gak?, tanya-nya sambil dihampiri istrinya. Mama pasang Speedy dong, kan kita punya telepon rumah.

Lantas sang Mama melanjutkan dengan bertanya ke SPG tentang sampai kapan FSSF ini berakhir, yang dijawab, bahwa akan berakhir hingga akhir bulan Mei ini. Jadi buruan dong Bu, sebab selama Mei ada ada diskon yang lumayan, jawab sang SPG. Nanti aja deh Mbak, jawab sang Ibu sambil menggandeng suaminya melanjutkan perjalanan keliling ke Stand Surabaya Shopping Festival lainnya, yang memang banyak items yang di-diskon.

Itulah sekilas pemandangan umum di Arena FSSF 2010 di Pakuwon Trade Center Surabaya yang walau bukan hari libur ternyata masih lumayan juga pengunjungnya, apalagi jika hari libur pasti akan lebih banyak lagi, sehingga THINK MARKETING dan THINK BUSINESS memang merupakan keharusan, sebab peluang memang ada dimana-mana dan kapan saja. **bukan-diksi.

FOTO : Nampak Sang Papa, sang anak dan Sang Mama, Senin (24/5).

SBU : FSSF 2010 Makes Market Better


TAHUN 2010

Banyak jalan menuju ke Roma dan banyak jalan memasarkan sebuah produk diantaranya melalui arena FSSF-Flexi Surabaya Shopping Festival 2010 dimana Tim Sales turut mempromosikan produk, icrease sale dan makes market better. Di Minggu terakhir FSSF 2010 ini kita semua berharap agar ada ledakan atau lonjakan pemasaran di event commercial ini, apalagi event ini dihelat secara besar-besar yang diikuti 18 Mall se kota Metropolis Surabaya. FSSF ada karena “Market Is Not Dead”. Denyut jantung pasar masih sehat dan segar, sehingga pasar selalu berharap adanya “product for sale”.

Peluang bisnis di FSSF 2010 ini tak akan habis, untuk itu seluruh jajaran berupaya untuk take opportunity, take action agar para pengunjung melakukan purchase more, sedangkan dari sisi TELKOM berusaha untu ensure market dan berupaya melakukan more sale, semacam cuci gudang , bigitulah. FSSF yang merupakan Super Market Opportunity ini harus dianggap sebagai peluang sale dan peluang penetrasi.

Booming sebuah produk di arena FSSF ini harus di-manage serius dan dipantau perkembangannya. Event ini merupakan MARKET CONCERN yang sekaligus merupakan BUSINESS CONCERN di era kompetisi yang super panas suhunya sekarang ini. Untuk men-drive pasar dan meng-create pelanggan baru adalah tepat di event commercial seperti ini, sekaligus sebagai pencitraan produk dan sebagai upaya tebar pesona corporate identity.

Pasar akan selalu menyambut hangat event ini, yang menunjukkan, bahwa TELKOM tetap eksis di era persaingan dan terus melakukan serangan untuk menaklukkan pasar sekaligus untuk menaklukkan pesaing tentunya. Tanpa adanya serangan yang telah, maka susah berharap akan adanya dominasi pasar dan peningkatan market share yang tajam dan cukup significant, sebab market is not dead. **bukan-diksi.

Ditengah Kesibukan Perundingan PKB-IV Di Brastagi


TAHUN 2010

Finalisasi PKB-IV yang dilaksanakan di Brastagi Sumatra Utara 2-4 Agustus 2010 memang tidak terlalu berat, sebab namanya saja ‘FINALISASI’, bukan begitu rekan? Ketua SEKAR DPW-I, Adi Maulana Sitepu melihat ini sebagai peluang bagi rekan-rekan SEKAR se Indonesia untuk mendapatkan rehat yang segar, maka ditengah kesibukan perundingan diselipkannya waktu untuk refreshing menghilangkan kepenatan selama perundingan yang telah berlangsung setahun lebih.

Mereka memang layak untuk sesekali refreshing agar tidak selalu stress, maka Adi Maulanapun tidak menyiakan pada saat waktu luang untuk mengajak mereka melihat keindahan Danau Toba. Bak seorang EO (Event Organizer), maka dipersiapkanlah beberapa KBM roda empat untuk mengangkut rekan-rekannya menuju ke Pesona Wisata Alam Danau Toba.

Dari Brastagi ke Danau Toba memakan waktu sekitar 2 jam setengah ! Lumayan melelahkan, akan tetapi kelelahan itu terobati ketika sudah sampai ke danau nan indah mempesona dan sejuk. Udaranya memang bersih dan segar, pemandangan alam, gunung dan danau sungguh memikat hati bagi para wisatawan. Bang Adi memang EO yang ruarr biasaa…. Hehehe….

Danau Toba adalah sebuah danau vulkanik dengan ukuran panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer yang terletak di Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Danau ini merupakan Danau ini merupakan danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara. Di tengah danau ini terdapat sebuah pulau vulkanik bernama Pulau Samosir. Terimakasih Bang Adi, Anda dan Team Memang Oyeee..!! **bukan-diksi

Direksi Dipastikan Isi MUSWIL SEKAR Di Surabaya


Rapat akhir Panitia MUSWIL-4 SEKAR TELKOM DPW-V JATIM memastikan, bahwa salah seorang Direksi TELKOM pasti hadir untuk mengisi ceramah dengan tema “Leadership & change”. Hal tersebut ditegaskan SEKJEN SEKAR DPW-V, Sigit Sumarsono pada rapat menjelang MUSWIL yang tinggal 1 hari lagi (H-1) di Sekretariat SEKAR DPW-V Jln. Ketintang 156, Surabaya (4/8) yang dihadiri oleh para Panitia. Saya sudah confirm by phone langsung ke Pak Faisal Syam, selain itu Pak Otong Iip (SGM finance) juga akan mengisi ceramah dengan materi dan tema berbeda, jelas Sigit. MUSWIL akan berlangsung 2 hari tanggal 4 dan 5 Agustus 2010.


Dalam rapat H-1 ini para Panitia melaporkan cek posisi masing-masing yang dapat dilaporkan, bahwa semua sudah menyatakan kesiapannya. Secara teknis pelaksanaan MUSWIL-4 DPW-V sudah siap, kata SEKJEN. Namun secara materi yang bakal menjadi output atau rekomendasi ke Manajemen masih dalam diskusi yang sudah hampir rampung hari ini juga.



Rekomendasi tersebut meliputi eveluasi eksistensi unit Strategic Investment dengan Strategic Portfolio yang cenderung hanya menghasilkan Bubble Impact dan tidak menghasilkan Value Impact, Rencana divestasi Portfolio Flexi termasuk didalamnya masalah Anomali Transformasi Organisasi. Trend Revenue SM-I/2010 juga akan menjadi bahasan MUSWIL yang harapannya adalah dapat terdongkrak pada semester berikutnya dan dimasa-masa mendatang secara Long Term.



Dalam MUSWIL ke-4 DPW-V kali ini akan ada beberapa isu-isu perusahaan terkini yang akan menjadi rekomendasi ke Manajemen, sehingga SEKAR sebagai benteng perusahaan benar-benar mengawal perusahaan ini seperti yang pernah dilakukan selama ini. Pembenahan kinerja bisnis yang semu (pseudo-performance) juga menjadi concern utama MUSWIL-4 kali ini, termasuk penentuan target Kontrak Manajemen (KM) dengan mempertimbangkan aspek SMART (Spesific, Measureable, Achievable, Reasonable dan Timely). Intinya, bahwa sensitivitas terhadap isu-isu strategis masih menjadi concern utama yang akan disampaikan ke DPP & Manajemen.**bukan-diksi.



FOTO : Suasana Rapat Panitia MUSWIL-4 DPW-V H-1 (4/8).

Progress Persiapan MUSWIL-4 SEKAR DPW-5


Dalam MUSWIL-4 DPW 5 akan diisi seminar oleh SGM Finance, Otong Iip dan Dir. HCGA, Faisal Syam. Saya sudah confirm kepada kedua pembicara. Demikian dikatakan SEKJEN DPW-5, Sigit saat rapat persiapan MUSWIL yang membahas tentang progress persiapan Panitia, Senin (2/8) di Sekretariat SEKAR DPW-5 Jln. Ketintang 156, Surabaya. Kita berharap kedua pembicara dapat hadir pada waktunya, sehingga materi yang akan disampaikan bermanfaat bagi organisasi SEKAR ke depan.

Tema MUSWIL-4 SEKAR DPW-5 kali ini adalah SEKAR SELALU KONSISTEN MENJAGA SOLIDITAS UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN KARYAWAN DAN BERKOMITMEN MENSUKSESKAN BISNIS TIME. Rapat juga mengeveluasi hasil akhir tentang kesiapan masing-masing Panitia sesuai dengan fungsi dan pembagian, termasuk yang paling penting adalah pemantauan terhadap pembagian undangan kepada peserta dan peninjau.


Panitia bidang logistic dalam kesempatan tersebut menyatakan kesiapannya karena selalu mengawal prosesnya. Hal ini dikhawatirkan pada saatnya nanti bidang logistic ini tidak tepat waktu, tapi ternyata proses awal hingga saat ini selalu dipantau dan dikawal ketat, sehingga Panitia tidak usah khawatir lagi. Hal ini memang wajar dikhawatirkan, karena waktu pelaksanaan sudah dekat, yaitu pada hari Kamis dan Jum’at (5 & 6 Agustus 2010) di Ruang Lebah Biru Surabaya.

Masalah logistic dan akomodasi memang sangat berkaitan erat, sehingga pada H-3 ini harus benar-benar dipastikan kesiapan dan persiapannya. Hal ini dapat dimaklumi karena sebagai Tuan Rumah akan kedatangan para undangan dari luar kota, yaitu para DPD, DPP dan beberapa DPW yang diundang. Jadi masalah akomodasi memang selalu dikawal day by day hingga semua berstatus oke. Dari hasil evaluasi, maka kesiapan Panitia secara OVER-ALL sudah 80 %. Selamat ber-MUSWIL semoga sukses. **bukan-diksi.

FOTO : Suasana persiapan MUSWIL posisi H-3, Senin (2/8).