Mengenai Saya

SIDOARJO, JAWA TIMUR, Indonesia
Belajar Menjadi "Internal Jurnalism"

Kamis, 29 Juli 2010

SBU : Dampak Positif e-RT/RW Terhadap Bisnis


TAHUN 2010

SBU : Dampak Positif e-RT/RW Terhadap Bisnis

Value Added atau Nilai Tambah kegiatan e-RT/RW di Kotamadya Surabaya, ternyata lumayan bagi Vendor atau Pengusaha Komputer yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (APKOMINDO) dan terhadap Lembaga Finance, yaitu ADIRA Multi Finance sebagai pemberi kredit kepada warga yang ingin memiliki Laptop dengan harga super murah (harga sosial) serta dengan pembelian secara kredit ringan yang dapat diangsung paling lama 2 tahun.

Program e-RT/RW ini mencerminkan sebuah strategi bisnis yang berdampak positif tak hanya bagi TELKOM, PEMKOT, akan tetapi juga kepada dunia usaha pada umumnya. Warga sendiri mampu merasakan dampak tersebut dengan mudahnya memiliki Laptop dengan harga terjangkau, selain itu warga mampu mengikuti perkembangan kota Surabaya melalui dunia maya, yaitu melalui jejaring sosial “sapawarga”. Tak hanya mengikutip perkembangan kota, tetapi sekaligus dapat memberi masukan kepada Pemerintah Kota (PEMKOT).

Dengan jejaring sosial melalui internet ini, maka wawasan warga semakin meningkat termasuk partisipasi aktif dapat diberikan atau disampaikan berupa data, suara dan gambar. Kota Surabaya sendiri seperti yang dicita-citakan Walikota akan benar-benar menjadi Kampung Cyber sekaligus Cyber City. Tak hanya sebatas itu saja, sebab warga yang sudah memiliki internet akan dapat mengembangkan usaha melalui internet. Adanya menu yang masuk dalam genre eCommerce, yaitu eToko. Di sapawarga.org, warga yang sudah menjadi member (sudah mempunyai akun di situs jejaring komunikasi warga kota tercinta ini), termasuk para Gakin yang telah dilatih banyak ketrampilan dapat memasukkan produknya untuk dapat dipasarkan secara on line. Seperti amazon.com, eToko ini akan menjadi ”e-market place” bagi sesama warga kota, dengan kata lain sapawarga.org merupakan salah satu pengungkit lajunya perekonomian warga kota.

Apakah ada manfaat yang lain ? Masih banyak fungsi sapawarga.org yang dikembangkan untuk kecepatan dan ketepatan penanganan keluarga miskin yang dapat dikendalikan langsung kevalidan datanya oleh Ketua RT dan Ketua RW. Dengan sistem ini Ketua RT dapat langsung melaporkan secara real time jika ada kejadian awal wabah penyakit atau ada anak putus sekolah karena orang tuanya mendadak miskin. Disamping itu monitoring terhadap keberhasilan program penanggulangan kemiskinan seperti pemberian beras bagi Gakin, BLT, pelatihan ketrampilan dan sejenisnya akan dapat dilakukan dengan tepat oleh Ketua RT dan RW. Yang juga dirasa besar manfaatnya adalah kemampuan situs ini untuk menyediakan media laporan warga (yang juga bisa menjadi member) jika ditemukan penyimpangan di lapangan. **BUKAN-DIKSI.

FOTO : Laptop dari Vendor siap dijual untuk RT/RW.

SBU : Joko Raharjo Perlihatkan Jaringan Kompetitor


TAHUN 2010

SBU : Joko Raharjo Perlihatkan Jaringan Kompetitor

GM DCS-II Regional-V Jawa Timur, Joko Raharjo yang terus mengawal ketat pelaksanaan Grebeg Customer untuk Get More Customer selalu memotivasi Tim Grebeg SBU tak terkecuali ketika berada di kawasan Perumahan Darmo Indah pada hari Minggu (30/5). Joko memotivasi dengan memberikan direksional kepada Tim agar tetap konsiten melakukan Program Grebeg ini, sebab, kompetitor setiap saat selalu melakukan hal yang berbeda, intinya adalah untuk mampu bersaing dengan Speedy.

Coba lihat diatas itu, pinta Raharjo sambil menunjuk keatas, itu lho ada jaringan kompetitor yang melintas diatas kepala kita. Dikatakan Joko, bahwa setiap jaringan Coaxial yang melintasi tiang listrik itu pasti punya kompetitor, yang itu mungkin jaringan internet milik Provider First Media yang memiliki speed cukup cepat, yaitu 1 Mbps hingga lebih. Jika Grebeg Customer ini terus establish, maka yakinlah peluang kompetitor akan semakin kecil.

Motivasi dari GM DCS-II Regional-V tersebut membuat Tim Grebeg Customer SBU menjadi semakin semangat, sebab target memang telah ditetapkan dan harus dicapai. Bahkan tidak berlebihan jika ada orang bilang, bahwa target tidak untuk dicapai akan tetapi untuk dilampaui. Ungkapan tersebut kiranya tak berkelibhan, sebab ungkapan tersebut mengandung unsur motivasi diri untuk mampu memberikan terbaik.

Apalagi situasi kompetisi memang sudah semakin ketata dan pada tahap head to head, sehingga tak ada kata lain kecuali membidik dan menggerebeg New Customer di lokasi-lokasi yang terdapat Potential-Buyers. Upaya ini adalah sebuah perjuangan atau boleh dibilang “perang bisnis”. Tak kenal menyerah seperti War Strategy ala Sun Tzu mungkin banyak mengilhami Tim Grebeg SBU. **BUKAN-DIKSI.

FOTO : Nampak Joko Raharjo menunjukkan jaringan Coaxial kepada rekan Agus Ismanto (ais) selaku Tim Leader Grebeg, Minggu (30/5).

SBU Promosikan IME Content Via Speedy Games On-Line


TAHUN 2010

SBU Promosikan IME Content Via Speedy Games On-Line

“Argo Portfolio Bisnis Baru” sudah berputar, maka untuk menjual dan mempromosikan produk IME Content secepatnya adalah keharusan. Untuk itulah jajaran TELKOM CS-SBU telah mempromosikannya dengan cara yang digemari anak muda, yaitu melalui Pertandingan Speedy Games On-Line. Pelaksanaan dilakukan di Tunjungan Electronic Center (TEC) Surabaya. Lomba tingkat Final dilaksanakan tanggal 29 Mei 2010.

Pemenang I (pertama) adalah Team SCS mendapatkan hadiah uang tunai Rp.1 juta dan piagam. Pemenang II (kedua) adalah Team VED mendapatkan hadiah uang tunai Rp.750 ribu dan piagam. Pemenang III adalah Team si Berat mendapatkan hadiah uang tunai Rp.500 ribu dan piagam.

Jumlah peserta pada minggu pertama 8 group, minggu ke-II 8 group (1 group @ 5 personil). Melihat dari jumlah peserta yang lumayan banyak menunjukkan, bahwa anak muda memang menjadi segment dan pangsa pasar yang sangat empuk bagi bisnis IME Content kita. Peluang bisnis IME Content memang terbuka lebar jaddi harus dikelola secara baik dan profesional.

Karena sudah jelas, bahwa pangsa pasarnya anak muda, maka komunitas anak muda penggemar Games On-Line harus dimaintain dengan baik, ia akan merupakan segmentation yang menjadi targeting dan positioning produk IME Content. Tak hanya anak muda dan mahasiswa, akan tetapi keluarga muda dan profesional muda harus menjadi bidikan kita. **BUKAN-DIKSI.

FOTO : Suasana Final Speedy Games On-Line di TEC Surabaya.

SBU : Speedy Game On-Line New Revenue Driver


TAHUN 2010

SBU : Speedy Game On-Line New Revenue Driver

Sebagai salah satu New Revenue Engine Driver, maka bisnis konten IME mesti segera dipasarkan ke masyarakat dengan terlebih dahulu membuat segmentasi pasar, sehingga positioning product jelas yang pada akhirnya bidikan pasarpun tak akan jauh meleset. Salah satu contoh yang dilakukan jajaran TELKOM CS-SBU dalam merangkul pasar anak muda dengan menyelenggarakan event Speedy Game On Line.

Karena ini menyangkut bisnis konten, maka kreativitas dalam mengemas konten agar menarik memang sangat diperlukan. Kreativitas akan membuat daya tarik pasar tersendiri yang ujung-ujungnya peluang pasar di bisnis konten ini selalu ada dan tak akan pernah tertutup. Apalagi produk yang ditawarkan dalam bisnis konten IME ini sangat banyak dan bervariatif pangsa pasarnya. Karena paket yang ditawarkan sangat banyak, maka harus dikelola secara terencana dan serius.

Terdapat dua versi paket yang ditawarkan untuk tingkat SD, SMP, dan SMA. Versi Bab : Merupakan konten pendidikan Pesona EDU yang dapat diakses dalam satuan bab; Setiap judul bab terdiri dari beberapa halaman simulasi interaktif; Ada 126 judul Versi Bab yang dapat Anda akses, dengan biaya Rp 15.000,-/Bab (belum termasuk PPN). Versi Lengkap : Merupakan Konten Pendidikan PesonaEdu yang dapat diakses dalam satuan Volume; Setiap Volum terdiri dari 9 s/d 15 judul Bab, yang merupakan materi pelajaran untuk 1 tahun ajaran; Ada 12 Volum Versi Lengkap yang dapat Anda akses dengan biaya Rp 125.000,- /Volum (belum termasuk PPN).

Konten Pesona EDU meliputi : Pesona Matematika SD yaitu : Pesona Matematika SD Vol. 3, 4 ( untuk tingkat SD kelas 3 dan 4 ); Pesona Matematika SD Vol 5, 6 ( untuk tingkat SD kelas 5 dan 6 ). Pesona Sains SD yaitu : Pesona Sains SD Vol 5, 6 ( untuk tingkat SD kelas 5 dan 6 ). Pesona Matematika SMP yaitu : Pesona Matematika SMP Vol 7, 8, dan 9 ( untuk tingkat SMP kelas 7,8, dan 9 ). Pesona Sains SMP yaitu : Pesona Sains SMP Vol 7, 8, dan 9 ( untuk tingkat SMP kelas 7, 8, dan 9 ). Pesona Sains SMA yaitu : Pesona Sains SMA Vol 10, 11, dan 12 (untuk tingkat SMA kelas 10, 11, dan 12. Semoga dengan adanya “sawah“ bisnis yang baru ini, TELKOM semakin panen. **bukan-diksi.
FOTO : ASMAN Modern & Direct Channel saat mengecek persiapan final Speedy Game Onlines di Tunjungan Electronic Center.

SBU : More Closers To Market Dengan Grebeg Customer


TAHUN 2010

SBU : More Closers To Market Dengan Grebeg Customer

Untuk mendekatkan produsen dengan pasar/konsumen memang tidak bisa hanya diatas kertas saja, akan tetapi harus dilakukan secara riil. Teori sih boleh-boleh saja, akan tetapi tak sepenuhnya semua harus berteori, namun yang paling penting adalah pelaksanaan, do and action. Semua itu memang Based On Theory, bukan berarti action yang dilakukan itu asal-asalan, tapi benar-benar riil dan hasilnyapun juga benar-benar riil.

Grebeg Customer selain suatu upaya untuk meningkatkan angka penjualan, juga sekaligus untuk menguji pasar, apakah customer yang kita bidik benar-benar sudah jenuh atau belum. Kalau sudah jenuh, maka kita tidak boleh berhenti sampai disitu, akan tetapi perlu kita tawarkan produk yang lain seperti gimmcik atau features yang kita miliki. Uji pasar ini nantinya dapat digunakan sebagai data bagi Tim Sales untuk melakukan The Next Steps.

Dengan spirit “Together Do The Best”, maka pola penjualan dan promosi dengan cara Grebeg Customer ini diharapkan akan dapat memperoleh hasil yang optimal dan maksimal, sehingga peluang pasar pesaing semakin kecil. Together Do The Best yang merupakan spirit dalam Winning Way 2010 ini tentu butuh dukungan dan karya nyata dari kita semua, apalagi suhu persaingan semakin membara.

Grebeg Customer ini pula sebenarnya merupakan bagian dari Militan Sales Team yang dicanangkan GM CS Regional-V, Joko Raharjo saat apel pagi awal bulan Juni 2010, dimana disebutkan dan diinformasikan soal strategi A-8, yaitu : Militan Sales Team, Marketing Smart, Business Innovation, Competitive service level, Integrated Customer Care, Improving Base Case Guaranted, Reliable best infrastructure. Di dalam strategy frame work itu pula telah mencanangkan 3 key success factor yaitu Winning Market Share, Excellent Service, Revenue Assurance. **bukan-diksi.

FOTO : Tampak Joko Raharjo yang selalu kawal ketat Tim Grebeg di Lapangan.

Soewiyarso Sambut 4 Orang Mahasiswa UNAIR


TAHUN

Soewiyarso Sambut 4 Orang Mahasiswa UNAIR

Manager CS Surabaya Utara, Soewiyarso ditengah kesibukannya mengadakan pembicaraan penting dengan para Agency untuk membahas masalah target sales, masih menyempatkan diri menerima 4 orang mahasiswa UNAIR yang akan mengadakan magang di TELKOM CS-SBU, Kamis (3/6). Selain mendeliver Welcome Speech, Soewiyarso juga memaparkan sekilas tentang perusahaan semacam Company Profile khusus Kantor CS-SBU yang berisi visi dan misi.

Tak banyak yang dideliver oleh Sang Manager sebab hanya gambaran umum saja dan tak ada analisis. Hal ini adalah untuk menjaga kerahasiaan perusahaan dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat dan suhunya semakin panas sekarang ini. Company Profile merupakan informasi perusahaan kepada publik yang umumnya memang disuguhkan kepada publik, sehingga publik memahami tentang apa dan bergerak dibidang apa sebuah perusahaan itu.

Sang Manager bagi-bagi tugas, karena harus meneruskan pembicaraan penting tentang target sales yang harus tuntas. Maka usai memberikan informasi secukupnya, Sang Manager meminta kepada para ASMAN untuk meneruskan menyampaikan uraian tentang Job Tittle dan Job Deskripsi yang dibreak-down hingga kepada para pelaksana terdepan sebagai ujung tombak. Dengan adanya paparan para ASMAN ini, maka akan semakin jelas gambaran perusahaan ini dimata para mahasiswa yang akan magang, sehingga dalam praktek magang nanti diharapkan dapat berjalan lancar.

Disini dijelaskan sekilas tentang Organisasi CS yang tergolong masih baru lahir dengan adanya Transformasi Organisasi (TO). Dikatakan, bahwa TO dilakukan adalah semata-mata untuk mensiasati era kompetisi agar perusahaan tetap survive. Dengan ketatnya persaingan, maka perusahaan tidak boleh tinggal diam, akan tetapi harus berubah, sehingga budaya kerja juga berubah akibat berubahnya budaya perusahaan dari hasil TO tadi. Dengan adanya TO ini, maka diharapkan organisasi mampu bergerak lebih lincah lagi, sehingga mampu memenangkan persaingan. **bukan-diksi.

FOTO : Suasana pemaparan ASMAN kepada para mahasiswa di Kantor CS SBU Lantai-5, Kamis (3/6).

SBU : Soewiyarso Setting Target Sales Bulanan Dengan Agency


TAHUN 2010

SBU : Soewiyarso Setting Target Sales Bulanan Dengan Agency

Kendati sales target CS SBU untuk bulan Mei 2010 aman alias tercapai, namun bukan berarti harus berhenti sampai disini, sebab tantangan ke depan lebih berat dan perjalanan kita masih panjang. Demikian antara lain dikemukakan Manager CS-SBU, Soewiyarso di hadapan para Sales Agency di ruang rapat lantai-5 Jln. Mergoyoso 1-3, Surabaya, Kamis (3/6). Target bulan Mei 2010 untuk SBU memang aman, akan tetapi untuk Regional belum aman, untuk itulah kita harus mensupport agar di Regional juga turut aman, tandasnya.

Kita harus mampu mengalokasikan required resouces secara proporsional, agar resources yang kita keluarkan itu tepat fungsi dan tepat sasaran. Jika target tersebut setelah kita breakdown secara mingguan ternyata mampu kita raih atau bahkan terlampaui (exceeded), maka jangan berhenti atau menunggu panen saja, akan tetapi harus terus melakjukan hunting new customer. Jika ada kendala dalam hunting hendaknya didiskusikan untuk dicarikan solusinya, tambahnya.

Kalau solusi belum ketemu, maka tidak mungkin akan muncul optimisme, jadi peranan diskusi untuk mencari solusi jangan sekali-kali dipandang sebelah mata. Kita harus mampu mengkomunikasikan setiap permasalahan di lapangan sebaik-baiknya, dan yang penting kita harus mampu mendevelop strategi kita disesuaikan dengan kondisi dan peta persaingan yang kerap berubah-ubah.

Pendekatan Perencanaan (Planned Approach), Prospect Identification merupakan tools untuk mencapai target kedepan. Soewiyarso dalam kesempatan tersebut juga banyak memotivasi para Sales Agency agar selalu sinergi dengan pasukannya untuk mencapai tujuan sales, baik dengan cara Hunting, sehingga akhir bulan akan selalu panen dengan hasil yang gemilang. **bukan-diksi.

FOTO : Nampak Soewiyarso saat berdialog dengan para Sales Agency, Kamis (3/6).

SBU : Dalam Sebuah Sistem Harus Miliki Team Work Yang Kuat


TAHUN 2010

Sebuah sistem bagaikan mata rantai dimana yang satu dengan yang lain saling berkaitan saling menguatkan. Jika salah satu mata rantai lemah, maka sistem tersebut akan berjalan terseok-seok. Dengan kata lain sebuah organisasi harus memiliki Team kerja yang kompak seperti yang tercermin di TELKOM CS SBU, dimana berkat kekompakan, keharmonisan dan soliditas yang tinggi, maka TELKOM CS SBU mampu Well Performed hingga saat ini, termasuk berhasil meraih The Best Retention Achiever Regional-5. Manager CS TELKOM SBU, Soewiyarso mengatakan, bahwa tanpa Team Work, maka apalah artinya sebuah organisasi.

Untuk memenangkan persaingan, maka budaya kerja yang telah kita bangun selama ini harus tetap dipertahankan, apalagi untuk menjadi pemenang di pasar domestik maupun di pasar regional tidak hanya di industri telekomunikasi (domain T), tetapi juga di domain IT, media, edukasi dan hiburan (TIME).

Team Work merupakan budaya yang memiliki nilai tinggi dalam suatu keberhasilan. Kita memerlukan penajaman bagaimana cara kita meningkatkan pemasaran dan penjualan termasuk meretensi customer kita agar tidak lari atau churn. Saya bangga karena kita telah memiliki team work yang kuat di TELKOM CS SBU ini. Jaringan kerjasama tim telah kita bangun dengan seluruh unit kerja terkait, tolong hal ini dipertahankan, katanya.

Commitment to Long Term, yaitu melakukan aktivitas tidak hanya untuk keuntungan saat ini saja tetapi juga untuk masa mendatang telah tercermin dalam sikap kerja sehari-hari, seperti melakukan Quality Of Sales dalam setiap Grebeg Customer sudah diaplikasikan. Budaya Customer First termasuk customer internal juga tak kalah pentingnya dalam suatu organisasi, sebab tanpa adanya customer, maka kita ini bukan apa-apa dan bukan siapa-siapa.

Seperti Sales Agency, Vendor dan pihak ketiga lainnya adalah customer kita yang juga harus kita layani dengan baik. Saya yakin bahwa tim kita saat ini sudah kuat, hanya saja perlu dievaluasi barangkali masih ada yang perlu ditingkatkan lagi, sehingga benar-benar tangguh dan tahan banting. **bukan-diksi.

FOTO : Rekan-rekan CS SBU di MDF yang merupakan salah satu mata rantai kuat dan solid.

SBU : Pelatihan Internet Bagi RT/RW Membludak


TAHUN 2010

Setidaknya lebih dari 50 orang peserta yang direncanakan untuk mengikuti pelatihan internet e-RT/RW di Kantor Kecamatan Bubutan Surabaya, Kamis (29/7). Hal ini menunjukkan antusiasme yang tinggi dari warga untuk mampu mengoperasikan fasilitas internet Speedy. Para peserta terdiri dari Ketua RT dan RW dari 5 kelurahan dibawah kecamatan Bubutan Surabaya.

Tak henti-hentinya pihak Camat dan pihak Bina Program PEMKOT Surabaya mengucapkan terimakasih kepada TELKOM atas terciptanya program ini, sehingga cita-cita atau mimpi Pak Walikota agar Surabaya menjadi Kampung Cyber mampu direalisasikan dengan baik dan lancar. Tak hanya Camat dan PEMKOT saja yang berterimakasih kepada TELKOM, sebab ada dua Vendor yang diuntungkan dari sisi bisnis, yaitu pihak Adira Multi Finance sebagai pemberi kredit pembelian Laptop dan pihak Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (APKOMINDO) yang menyediakan Laptop dengan harga khusus.

Sementara itu pihak TELKOM yang diwakili ASMAN Support, Purwanto dalam kata sambutan pembukaan pelatihan mengatakan, bahwa pihak TELKOM disini hanya berfungsi memberi support saja yang meliputi penyediaan infrastruktur jaringan Speedy. Dikatakan, bahwa tanpa sinergi antara Camat, PEMKOT dan Vendor akan mustahil program ini dapat diwujudkan, Kami atas nama manajemen TELKOM dalam kesempatan ini mengucapkan terimakasih kepada semua pihak tersebut dan kepada warga yang turut berpartisipasi atas terwujudkan pelatihan ini.

Konsep e-RT/RW ini awalnya digagas oleh Tim PEMKOT Surabaya. Lalu TELKOM memberikan dukungan penuh. Tim menemukan konsep, bahwa pengawasan dan pengendalian harus melibatkan warga kota “secara personalized” karena warga kota-lah customer dari pemerintah kota, dalam arti bahwa dari customer-lah sumber informasi utama untuk mengetahui kelemahan layanan guna peningkatan kinerja diwaktu selanjutnya. Tim mengambil filosofi CRM (Customer Relationship Management) yang banyak digunakan oleh perusahaan multi nasional dalam mempertahankan keberadaan-nya di tengah persaingan global. Disimpulkan bahwa dengan menerapkan filosofi CRM ini tidak hanya pengawasan dan pengendalian proyek yang akan terangkat naik kinerjanya, tapi banyak hal lain terkait pelayanan publik bisa di-push kualitas-nya. **bukan-diksi.

FOTO : Suasana pelatihan e-RT/RW di Kecamatan Bubutan, Kamis (29/7).

CS SBU : Camat Bubutan Beralih Ke Speedy


TAHUN 2010

ASMAN Support CS SBU, Purwanto usai memberikan kata sambutan pembukaan pada acara Share Knowledge e-RT/RW langsung diundang Pak Camat Bubutan, Yanu Mardianto di ruang kerjanya Jln. Koblen Tengah 22, Surabaya untuk bincang-bincang seputar program e-RT/RW. Camat lulusan STPDN Jatinangor ini sangat salut terhadap TELKOM yang men-support terciptanya Surabaya Kampung Cyber.

Purwantopun tak besar kepala atasan sanjungan Pak Camat, malah sebaliknya dengan segala rendah hati menanyakan apakah ada keluhan-keluhan masyarakat, jika ada tolong sampaikan langsung ke saya. Oh, respons masyarakat bagus, malah produk Speedy menjadi semakin dikenal, bahkan beberapa warga ingin berlangganan. Terbukti baru saja seorang warga mengajukan aplikasi pasang baru Speedy ke pegawai TELKOM saat share knowledge sedang berlangsung.

Pak Camat mengatakan, bahwa dirinya sekarang juga memakai Speedy. Dikatakan, bahwa dulu menggunakan produk provider lain yang memang cepat speed-nya, akan tetapi dalam waktu 10 menit saja pulsa saya sudah habis 100 ribu rupiah. Lalu saya ganti Speedy paket hemat hanya 140 ribu perbulan. Wah, saya bisa akses internet sepuasnya sampai capek, tegasnya. Oh, ya…saya punya adik S-1 Informatika bekerja di Call Center Speedy, dan menyarankan saya untuk menggunakan Speedy saja, imbuh Pak Camat yang tak menyebutkan nama adiknya.

Pokoknya saya bangga Surabaya membentuk komunitas RT dan RW di jejaring sapawarga.org dengan program e-RT/RW bersama PT. Telkom, Tbk Dengan aplikasi jejaring sapawarga ini saya bisa mengontrol seluruh kelurahan kami cukup dari Laptop saya, walau sesekali memang saya harus turun langsung ke lapangan. Tapi paling tidak sebelum turun akan saya pantau dulu dari internet, sehingga ketika turun ke lapangan akan lebih tepat sasaran dan hasilnya akan lebih maksimal, kuncinya. **bukan-diksi.

FOTO : Pak Camat berdampingan dengan Purwanto diapit 2 rekan dari CS SBU.

CS SBU Promo IME CONTENT Kepada Pihak Perbankan


TAHUN 2010

CS SBU Promo IME CONTENT Kepada Pihak Perbankan

IME Content yang merupakan isi substansi data informasi seperti Pesona Edu, Indismart, Kanalbola, Speedy Game, Fultrek, Protector, Spedy Eye dan DNS Nawala dipresentasikan dihadapan 10 orang pegawai Bank CIMB, Kamis (29/7) di BLC SBU Jl. Mergoyoso, 1-3, Suarabaya. Para pegawai perbankan tersebut selain menerima penjelasan tentang produk IME dari Tim Speedy, juga tentang promosi pasang baru Speedy dari Ismono Adi Jatmiko selaku ASMAN Modern Channel.

Para pegawai perbankan ini juga mendapatkan teori dan praktek, sehingga event promo ini juga diselingi dengan pelatihan teori dan praktek IME CONTENT. Tim Modern Channel TELKOM CS SBU dalam event ini berkolaborasi dengan Tim Speedy, sehingga merupakan Tim Work yang kuat. Tim CS SBU memang memiliki tim yang kuat dan merupakan tim kejutan. Tak semua orang tahu akan tim kejutan, bagai dinamit tiba-tiba meledak.

Tim work ini dikoordinasi oleh para ASMAN dan Manajer, sehingga setiap melakukan action plan, maka mereka selalu siap setiap saat. Karena koordinasi yang dilakukan sudah sangat baik, maka Tim sangat optimis, bahwa target event promo dan penjualan selalu dapat dikerjakan secara Tim. Ketangguhan tim memang tak dapat diragukan lagi.

Promo IME CONTENT ini merupakan promo balasan, dimana sebelumnya pihak CIMB Bank juga melakukan promo produk perbankan dengan cara presentasi sepeti sekarng ini. Kita semua berharap agar ketangguhan tim kita selalu dapat dipertahankan, mengingat kita semua selaku karyawan TELKOM memiliki kesamaan visi dan misi. **bukan-diksi.

FOTO : Tampak Ismono Adi Jatmiko sedang memberikan info promo Speedy.