
TAHUN 2010
SBU : 2 Orang Deputy EGM Cek Plasa Telkom Mergoyoso
Hari gini 2 orang Deputy EGM melihat Plasa TELKOM Mergoyoso ? Telisik punya telisik, ternyata kehadiran dua orang nomor dua di TELKOM Indonesia Timur pada hari Selasa (27/4) ini, yaitu DEGM DIVA-II, M. Warif Maulidy dan DEGM DCS-II, Benny Artono adalah untuk mengecek kesiapan ALPRO apakah memang sudah siap untuk dijual dipasar. Harapannya agar TELKOM dapat memenuhi permintaan pasar dengan cepat dan tepat. Turut mendampingi dalam kunjungan ini adalah GM Access DIVA Regional-V, Didik Sukasdi, Manager Access DIVA Regional-V, Winarto, Manager Access Optimalization DIVA Regional-V, Tusli Komara Djaja, Deputy GM Unit Business Service-II, Gunawan Rismayadi.
Winarto yang mendampingi kunjungan ini menuturkan kepada Kontributor, bahwa beliau-beliau ini tadi dari dapur untuk melihat kesiapan ALPRO yang Ready for sale di Kantor DIVA Jln. Kebalen Surabaya. Nah, sekarang langsung terjun ke lapangan ke beberapa Plasa Telkom untuk mencocokkan dengan data SISKA yang berada di semua titik pelayanan khususnya Plasa TELKOM, sehingga antara Supply dan Demand dapat diukur kekuatannya. Menurut Winarto keterkaitan antara ``dapur``, data SISKA dan Supply and Demand sangat erat. Karena memiliki keterkaitan yang sangat kuat, maka menjadi kunci utama dalam menjawab permintaan pasar yang persaingannya super ketat.
Keterkaitan ini sebenarnya merupakan sebuah korelasi antara BISPRO (bisnis proses) yang ada di masing-masing Divisi (DIVA, DCS, DBS) yang sekarang menjadi pengamatan atau sorotan para Deputy EGM, sehingga data lebih akurat dan terintegrasi yang pada gilirannya akan mampu menjawab tuntutan pasar dengan cepat dan akurat. Data harus dirajut agar ‘nyambung’, sehingga fungsi Tim Sales yaitu para ujung tombak penjualan mampu ‘mengamankan’ peluang pasar yang cukup besar.
Jadi secara tidak langsung dua orang Deputy EGM Timur ini boleh dikatakan melakukan ‘studi pemasaran secara mikro’ dari sisi alat produksi yang siap untuk ‘dilempar’ ke pasaran. Ini baru dari sisi ALPRO, belum lagi dari sisi potensi daya beli masyarakat, segmentasi pangsa pasar, trend kesukaan masyarakat/pasar, dan lain sebagainya. **bukandiksi**