Mengenai Saya

SIDOARJO, JAWA TIMUR, Indonesia
Belajar Menjadi "Internal Jurnalism"

Rabu, 11 Agustus 2010

SBU : 2 Orang Deputy EGM Cek Plasa Telkom Mergoyoso


TAHUN 2010

SBU : 2 Orang Deputy EGM Cek Plasa Telkom Mergoyoso

Hari gini 2 orang Deputy EGM melihat Plasa TELKOM Mergoyoso ? Telisik punya telisik, ternyata kehadiran dua orang nomor dua di TELKOM Indonesia Timur pada hari Selasa (27/4) ini, yaitu DEGM DIVA-II, M. Warif Maulidy dan DEGM DCS-II, Benny Artono adalah untuk mengecek kesiapan ALPRO apakah memang sudah siap untuk dijual dipasar. Harapannya agar TELKOM dapat memenuhi permintaan pasar dengan cepat dan tepat. Turut mendampingi dalam kunjungan ini adalah GM Access DIVA Regional-V, Didik Sukasdi, Manager Access DIVA Regional-V, Winarto, Manager Access Optimalization DIVA Regional-V, Tusli Komara Djaja, Deputy GM Unit Business Service-II, Gunawan Rismayadi.

Winarto yang mendampingi kunjungan ini menuturkan kepada Kontributor, bahwa beliau-beliau ini tadi dari dapur untuk melihat kesiapan ALPRO yang Ready for sale di Kantor DIVA Jln. Kebalen Surabaya. Nah, sekarang langsung terjun ke lapangan ke beberapa Plasa Telkom untuk mencocokkan dengan data SISKA yang berada di semua titik pelayanan khususnya Plasa TELKOM, sehingga antara Supply dan Demand dapat diukur kekuatannya. Menurut Winarto keterkaitan antara ``dapur``, data SISKA dan Supply and Demand sangat erat. Karena memiliki keterkaitan yang sangat kuat, maka menjadi kunci utama dalam menjawab permintaan pasar yang persaingannya super ketat.

Keterkaitan ini sebenarnya merupakan sebuah korelasi antara BISPRO (bisnis proses) yang ada di masing-masing Divisi (DIVA, DCS, DBS) yang sekarang menjadi pengamatan atau sorotan para Deputy EGM, sehingga data lebih akurat dan terintegrasi yang pada gilirannya akan mampu menjawab tuntutan pasar dengan cepat dan akurat. Data harus dirajut agar ‘nyambung’, sehingga fungsi Tim Sales yaitu para ujung tombak penjualan mampu ‘mengamankan’ peluang pasar yang cukup besar.

Jadi secara tidak langsung dua orang Deputy EGM Timur ini boleh dikatakan melakukan ‘studi pemasaran secara mikro’ dari sisi alat produksi yang siap untuk ‘dilempar’ ke pasaran. Ini baru dari sisi ALPRO, belum lagi dari sisi potensi daya beli masyarakat, segmentasi pangsa pasar, trend kesukaan masyarakat/pasar, dan lain sebagainya. **bukandiksi**

SBU : Stock Markets Bikin Plong Tim Grebeg Customer

TAHUN 2010

SBU : Stock Markets Bikin Plong Tim Grebeg Customer

Jajaran Direct Channel Surabaya Utara (DCS-SBU) boleh dibilang sangat leluasa dalam ``menjajah`` pasar, sebab stock markets di hampir semua lokasi yang digrebeg masih banyak, khususnya untuk memenuhi kebutuhan Q-1/2010, sehingga tak heran jika tim sales selalu optimis dalam setiap operasi penggerebegan terutama setiap hari libur Sabtu dan Minggu.

``Penjajahan`` pasar di kampoeng-kampoeng di belahan Surabaya Utara dilakukan dengan Brand Speedy yang tentu dengan adanya program grebeg ini akan semakin menguasai dan meningkatkan Market Share. Hasil masuk kampoeng keluar kampoeng ini boleh dibilang lumayan, sebab untuk target Sales Speedy Q-1/2010 ini saja sudah hampir dilibas oleh jajaran tim sales SBU. Sedang target POTS sudah dilibas habis!

Dengan laku larisnya penjualan dengan cara Grebeg Customer, maka peluang pesaing akan semakin kecil, sebab peluang-peluang itu sudah sebagian sudah kita rebut dan libas sedikit demi sedikit. Sehingga totally dari ``sedikit demi sedikit`` tadi, maka untuk seluruh kampoeng hasilnya tak sedikit lagi tapi memang luar biasa, sehingga dapat diprediksi peluang dan kesempatan pesaing tinggal sedikit atau boleh dibilang kehilangan peluang.

Memang tiba saatnya bagi Brand Speedy untuk melakukan ``penjajahan`` pasar dan di kampoeng secara sporadis dengan konsep yang sangat sederhana tak muluk-muluk dan yang penting applicable, yaitu Grebeg Customer yang dilaksanakan secara berkala dan berkelanjutan. Sepanjang daya beli masyarakat belum melemah, maka peluang untuk meningkatkan Market Share selalu ada terbentang lebar. **bukan-diksi**

FOTO : Grebeg Customer SBU Hari Minggu (25/4) di Simolawang.

SBU : Berkat Grebeg Customer Target POTS Dilibas !


TAHUN 2010

SBU : Berkat Grebeg Customer Target POTS Dilibas !

Memang luar biasa perolehan ``Departemen Penjualan / Sales Department`` DCS Surabaya Utara (SBU) yang dilancarkan dengan menggunakan strategi Grebeg Customer, sebab dengan strategi ini, jajaran DCS SBU mampu melibas target POTS untuk bulan April 2010, pokoknya untuk target POTS bulan ini sudah ludes ! Sedangkan untuk target Speedy dari target 1.500 SSS mampu diraih 1.200 SSS, sehingga sisa tinggal 300 SSS saja. Hal tersebut dikemukakan oleh ASMAN Modern Channel Surabaya Utara, Ismono Adi Djatmiko pada forum sharing silaturahmi patriot 135 di Kantor DCS SBU Lantai-5, Jln. Mergoyoso 1-3, Surabaya, Rabu (28/4).

Sementara itu ASMAN Direct Channel Surabaya Utara, Kun Agustiyono menambahkan, bahwa peluang untuk menghabiskan sisa target untuk bulan ini masih terbuka lebar, sebab selain terus melakukan Grebeg Customer, juga akan kita mainkan pada event besar, yaitu ``Flexi Surabaya Sales Festival (FSSF)`` yang akan berlangsung selama satu bulan penuh di 18 Mall se Kotamadya Surabaya (se-Surabaya Metro). Kami dari Direct Channel SBU optimis dengan sisa target, sebab selain akan terus menjalankan Grebeg Customer, juga ada peluang yang lebih besar di event FSSF, tegasnya.

Sedangkan beberapa rekan dari jajaran DCS SBU juga melaporkan, bahwa untuk `mainan` Grebeg Customer dengan strategi SMS-in sudah mulai berjalan dan hasilnya sudah mulai kelihatan, sehingga diharapkan mampu sebagai pemicu peningkatan penjualan sesuai dengan target yang telah ditetapkan, baik target bulanan, maupun kuartal, semester maupun tahunan. Sedangkan para CSR Plasa TELKOM dalam kesempatan tersebut minta agar support dari backroom tetap dilakukan dan ditingkatkan kendati masih menghadapi masa transisi.

Sementara itu, Manager CS SBU, Soewiyarso dalam arahannya antara lain meminta kepada seluruh jajaran untuk komit melaksanakan tugas dan kewajibannya sesuai dengan bidangnya masing-masing. Wiyarso juga mengappreciate kepada seluruh jajaran atas peraihan target sampai bulan ini dengan harapan target yang belum tercapai dapat diraih, sebab bulan ini tinggal 2 hari lagi. Untuk meningkatkan penjualan dalam waktu singkat memang tak mudah, tapi kita harus yakin bahwa kita bisa, imbuhnya. Yang penting strategi Pricing, Promo dan Sales telah kita lakukan dengan baik, kuncinya. **bukan-diksi**

SBU : Tetap Belajar Dimasa Transisi Organisasi


TAHUN 2010

SBU : Tetap Belajar Dimasa Transisi Organisasi

Tak semua orang mengerti dan mampu mengoperasikan SISKA On-Line, sebab User aplikasi piranti lunak ini memang hanya diperuntukkan bagi orang-orang tertentu saja. Ketika terjadi ``TO``, maka terjadi pula mutasi karyawan secara besar-besaran, maka tentu saja kompetensi di LOKER yang baru membutuhkan beberapa penyesuaian, terutama dalam mengoperasikan perangkat-perangkat yang Computerized, IT-BASED, seperti SISKA, dan lain-lain.

Bu Yana, adalah seorang rekan yang kini ada di LOKER baru, yaitu di Direct Channel CS Surabaya Utara yang tak putus asa dengan kondisi di tempat kerja yang baru. Dia banyak bertanya kepada rekan-rekannya yang mengerti dan faham terhadap cara operasi SISKA, sehingga kini ia sudah mulai sedikit mengerti, dengan kata lain sudah ada gambaran. Sebab, tadinya memang sama sekali belum mengerti alias NOL. Syukurlah atas kebaikan rekan yang menyisihkan waktunya untuk memberikan BIT, maka sekarang lumayan faham.

Kita maklumi, bahwa pasti ada yang belum faham, bahkan buta terhadap proses kerja atau bisnis proses di tempat kerja yang baru. Apalagi kalau BISPRO-nya belum jelas, celaka! Ada serangkaian proses yang harus dijalankan dengan konsisten dan penuh strategi di tempat kerja yang baru. Namun, ketika akhirnya pekerjaan itu mulai dikerjakan walau tertatih-tatih, maka kita merasakan, bahwa menjalani proses penyesuaian di tempat kerja baru tak kalah sulitnya dengan proses mencari pelanggan baru di era kompetisi yang memang sangat ketat.

Mutasi besar-besaran memang membutuhkan waktu, tenaga dan biaya. Minggu pertama pindah kantor, semua perangkat diangkat dipindahkan ke tempat yang baru, minggu kedua rapi-rapi dan bersih-bersih di tempat yang baru, minggu ke tiga mulai GO, yaitu mulai kerja kendati harus tertatih-tatih yang entah sampai kapan. Sementara perusahaan dihadapkan dengan berbagai tantangan dan diharapkan untuk mengatasinya dengan cepat. Tantangan yang dihadapi bisa saja stándar operasional yang berbeda, atau bahkan tantangan terhadap ketatnya persaingan. Memang solusi awal kita harus mau belajar sendiri, minta di BIT, tidak malu bertanya, dan sebagainya. **bukan-diksi**

FOTO : Bu Yana sedang mendapatkan BIT, sekarang LUMAYAN.

SBU Persiapkan ``Flexi Surabaya Shopping Festival``


TAHUN 2010

SBU Persiapkan ``Flexi Surabaya Shopping Festival``

Sebuah Event Commercial yang sangat besar dalam rangka ULTAH Kota Surabaya akan digelar selama satu bulan yang dimulai tanggal 1 Mei 2010 hingga 31 Mei 2010. Event yang merupakan peluang bisnis ini tak disia-siakan oleh TELKOM SBU yang menampilkan Brand Flexi dengan mengangkat tema yang bertajuk FSSF atau Flexi Surabaya Shopping Festival di Tunjungan Plaza dan Pakuwon Trade Center (PTC).

Jajaran TELKOM CS SBU tentu saja dengan semangat dan gegap gempita menyambut event Akbar ini dan langsung merencanakan segala sesuatunya dengan profesional. Rapat dan pembahasan Tim FSSF TELKOM SBU yang dilakukan beberapa kali kini sudah menemukan format yang pas, yaitu dalam bentuk aktivitas dukungan demi suksesnya event bisnis yang berlangsung cukup lama yaitu 1 bulan ini.

Rapat hari ini, Rabu (29/4) di Mergoyoso lantai-5 sudah masuk ke babak finalisasi program yang secara umum sudah boleh dikatakan siap 100 % untuk tampil di arena festival bisnis bergengsi yang dipersembahkan bagi arek-arek Suroboyo. Pembentukan tim supervisi dari karyawan sudah terbentuk hari ini yang nantinya akan melakukan pendampingan para Sales Agency di lokasi festival. Persiapan teknis dan non teknis sudah dalam status oke!

Momentum tahunan ini memang sangat ditunggu-tunggu jajaran TELKOM SBU, sebab peluang bisnis terbuka lebar disini. Apalagi industri Telco memang sedang menghadapi persaingan yang sangat sengit, sehingga setiap peluang sekecil apapun pasti tidak akan disia-siakan begitu saja. Apalagi FSSF ini merupakan peluang yang sangat besar, sehingga jelas pasti berpartisipasi secara aktif. Dari FSSF ini disamping diharapkan akan meraih Sales yang tinggi, juga sebagai media promo yang sangat efektif. **bukan-diksi**

FOTO : Suasana rapat finalisasi event FSSF.

SBU : Walikota Launching ``Surabaya Menuju Kampung Cyber``


TAHUN 2010

SBU : Walikota Launching ``Surabaya Menuju Kampung Cyber``

``Surabaya Kampung Cyber`` ini merupakan yang pertama Indonesia, dimana antar seluruh RT dan RW yang ada di Surabaya ini akan memiliki jejaring semacam jejaring sosial yang sudah kita kenal dengan nama FACEBOOK. Rencananya ada 31 Kecamatan yang terdiri dari 7.000 kampung RT dan RW akan memiliki fasilitas internet produk TELKOM SPEEDY. Demikian antara lain kata sambutan Walikota Surabaya, Bambang DH dalam peluncuran ``Surabaya Menuju Kampung Cyber`` di Kecamatan Mulyorejo Surabaya, Jumat (30/4).

Lebih lanjut Walikota, Bambang DH yang didampingi Manager CS-SBU, Soewiyarso mengatakan, bahwa terciptanya Kampung Cyber ini adalah berkat bantuan TELKOM. Saya atas nama warga kota Surabaya untuk yang kesekian kalinya tak henti-hentinya mengucapkan terimakasih kepada PT.TELKOM yang sangat peduli terhadap lingkungan di Kotamadya Surabaya melalui program CSR yang selama ini telah dijalankan dengan baik dan konsisten, apalagi TELKOM telah mencanangkan JATIM BUMI FLEXI DAN LAUTAN SPEEDY, lanjut Bambang DH.

Hari ini para warga RT/RW se kecamatan Mulyorejo ini akan mendapatkan user id dan password dari TELKOM, sehingga bapak dan ibu selaku warga dapat saling berkomunikasi melalui dunia maya yang memang mirip dengan FACEBOOK. Silahkan untuk mengkomunikasikan permasalahan apapun di tingkat RT dan RW dengan sesama warga kota dan elemen kota yang lain dengan lebih mudah, cepat dan murah melalui media internet. Walikota juga berharap agar para warga mau menyumbangkan pemikiran konstruktif, cerdas dan peduli untuk membangun lingkungan tempat tinggal dan kota Surabaya tercinta menjadi lebih nyaman, aman, tertin, hijau dan indah.

Usai menyampaikan sambutan, Bambang DH didampingi Soewiyarso melakukan ``KLIK PERTAMA`` tanda Peluncuran Surabaya Kampung Cyber. Web address yang diakses Walikota ialah http://sapawarga.org. Wah, koneksi TELKOM SPEEDY ini cepat sekali, maka hadirin yang terdiri dari warga RT dan RW sekecamatan Mulyorejo-pun memberikan applause. Usai peluncuran di Kecamatan Mulyorejo, Walikota menuju ke kecamatan Sukolilo untuk melakukan peluncuran yang sama, kemudian dilanjutkan lagi ke kecamatan Tambaksari, sehingga dalam 1 hari Walikota Surabaya melakukan peluncuran KAMPUNG CYBER di 3 kecamatan. Untuk kecamatan berikutnya akan dilanjutkan minggu depan yaitu pada hari Senin. **bukan-diksi**


FOTO : Bambang DH (duduk), Soewiyarso (berdiri) saat melakukan KLIK PERTAMA tanda LAUNCHING SURABAYA KAMPUNG CYBER.

SBU Tumpengan Untuk Transformasi Organisasi


TAHUN 2010

SBU Tumpengan Untuk Transformasi Organisasi

Dengan usainya transformasi organisasi tahap-2, maka terbentuklah sudah DCS-II/Timur, khususnya terbentuknya CS Surabaya Utara (CS-SBU), sehingga atas inisiatif jajaran CS SBU untuk mengadakan syukuran atau tasyakuran dengan ‘ikon tunggal tumpengan’ pada hari Jumat (30/4) yang dilakukan di TELKOM CS SBU Jln. Mergoyoso no. 1-3, Surabaya. Pelaksanaanya sendiri dilakukan usai sholat Jumat, sehingga tepat waktunya dengan makan siang.

Rekan ‘Ais’ dalam sekapur sirihnya mengatakan, bahwa acara ini merupakan acara kebersamaan yang dilakukan secara spontanitas. Tujuannya adalah untuk tasyakuran dengan diiringi doa semoga di tempat yang baru ini seluruh aktivitas bisnis berjalan lancar dan sukses, termasuk yang penting adalah sukses SBU dalam meraih target-targetnya yang cukup menantang. Apalagi tanggal 1 Mei 2010 ini akan digelar FSSF = Flexi Surabaya Shopping Festival, dimana kita semua berharap semoga perhelatan akbar FSSF ini sukses dan mampu membukukan High Sales Score bagi SBU.

Pemotongan pertama tumpeng dilakukan oleh Manager CS-SBU, Soewiyarso yang langsung diberikan kepada rekan CSR bernama Dwi Ernawati dengan harapan layanan oleh CSR di Plasa TELKOM SBU semakin meningkat dan terus mempertahankan citra terbaiknya kepada customer, sehingga di era kompetisi yang sangat ketat ini TELKOM tetap leading dalam berbagai hal, terutama dalam hal memberikan service excellent-nya. Harapan lainnya ialah naiknya perolehan sales speedy, sehingga mampu menaikkan Market Share.

Pokoknya semua ingin sukses, ingin naik kinerjanya di segala bidang, dimana kata ‘naik’ ini selaras dengan filosofi tumpeng itu sendiri, yaitu bahwa TUMPENG adalah tumpukan nasi yang berbentuk kerucut, menjulang ke atas. Bentuk ini menyimpan harapan agar kehidupan kita pun semakin “naik” dan “tinggi”. Karena itulah bentuk kerucut tetap harus dipertahankan dan tidak diubah dalam bentuk lain sekalipun mungkin menjadi indah dipandang dalam bentuk baru. **BUKAN-DIKSI**

CS-SBU Nge-BIT Product Knowledge Ke Para Sales Agency

TAHUN 2010

CS-SBU Nge-BIT Product Knowledge Ke Para Sales Agency

Untuk mensukseskan FSSF (Flexi Surabaya Shopping Festival) yang akan dihelat mulai besok pagi selama satu bulan, maka jajaran Direct dan Modern Channel CS-SBU hari ini, Jumat (30/4) memberikan ilmu pengetahuan tentang produk (product knowledge) kepada 16 orang Sales Agency, sehingga jika ada pertanyaan dari pengunjung Shopping Festival nanti akan dijawab dengan baik, sehingga para pengunjung merasa puas.

Materi BIT product knowledge adalah seputar Speedy dan Flexi yang masing-masing disampaikan oleh rekan Kun Agustiyono dan rekan Ais. Pengetahuan akan produk merupakan kekuatan bagi penjual agar barang yang ditawarkan diminati oleh calon pembeli. Ketrampilan berkomunkasi dengan para pengunjung juga tak kalah pentingnya dalam hal yang berhubungan dengan kepuasan pelanggan atau calon pelanggan.

Kebijakan tentang bonus, diskon, tentang abonemen, bundling dan kebijakan harga lainnya juga menjadi materi BIT, selain tentang kegunaan produk itu sendiri yang dilengkapi dengan berbagai fitur, sebab memiliki pemahaman tentang produk merupakan kunci sukses penjualan. Penjelasan yang menarik, pasti akan menarik perhatian pengunjung. Jadi komunikasi dan penampilan juga merupakan modal utama di arena festival bisnis tahunan ini.

Melihat seseorang yang benar-benar antusias terhadap produk adalah salah satu peluang yang harus kita tangkap. Ketika Anda menguasai betul tentang produk sehingga benar-benar percaya diri dan mampu meyakinkan pengunjung, maka itulah yang dinamakan dengan *menangkap peluang*. Usaha memberikan solusi kepada pengunjung jia mereka ingin penjelasan, sehingga mereka benar-benar antusias ingin membeli. ***bukan-diksi

Mulai Aktifkan Program E-RT/RW IME

TAHUN 2010

Mulai Aktifkan Program E-RT/RW IME

SURABAYA - Program e-RT/RW untuk 10.513 RT/RW mulai diaktifkan. Kemarin Wali Kota Bambang D.H. meninjau sosialisasi dan pelaksanaan program yang dimaksudkan untuk membuat kampung di metropolis melek teknologi dan informasi (TI) tersebut.

Dalam sosialisasi kemarin (30/4), PT Telkom selaku pemilik program membagikan modem kepada seluruh RT/RW di Kota Pahlawan. Program kampung melek TI itu diawali dengan membuat jejaring pertemanan yang bisa diakses seluruh RT/RW melalui www.sapawarga.org.

Ada empat kecamatan yang mulai menerapkan program itu kemarin. Yakni, Sukolilo, Tambak Sari, Mulyorejo, dan Tegalsari. Bambang meninjau penerapan program itu yang dimulai di kecamatan Mulyorejo. ''Ini merupakan sosialisasi program e-RT/RW. Program ini merupakan bentuk kepedulian pemkot terhadap warga Surabaya yang pembiayaannya ditanggung PT Telkom," kata Bambang kemarin.

Dengan program itu, kata Bambang, minimal komunikasi antar-RT/RW bisa terjalin. ''Kita ingin membangun jejaring pertemanan antarwarga, mirip Facebook. Dengan begitu, hubungan warga terjalin dengan baik," terangnya.

Dalam situs pertemanan www.sapawarga.com, ada berbagai menu yang bisa diakses. Dimulai dari login dengan memasukan surat elektronik alias e-mail. Kemudian, user atau pengguna bisa memilih menu yang diinginkan. Antara lain, profile (ganti foto profil, ubah tampilan profil, maupun komentar), pesan (kirim pesan baru, inbox, outbox), setting (info content seperti pengaduan proyek, menerima pengaduan proyek sesuai dengan lokasi kecamatan dan kelurahan yang dipilih), menu RT (moderasi warga, entry kemajuan penduduk), serta menu keluar. Menu-menu yang tersedia mirip dengan fasilitas menu yang ada di jejaring pertemanan Facebook.

Rencananya, pemkot bekerja sama dengan ITS untuk menyempurnakan program itu. Bambang berharap agar Surabaya dapat menjadi pilot project skala nasional untuk program tersebut. "Banyak manfaat program ini. Sehingga, warga bisa memanfaatkan semaksimal mungkin," terang pejabat nomor satu di lingkungan pemkot tersebut.

Tak hanya itu, sesama RT/RW bisa sharing jika ada persoalan yang muncul. Dengan demikian, masalah bisa diatasi hanya melalui jalinan pertemanan tersebut. Itu dinilai amat efisien. "Mengurangi waktu maupun tenaga," imbuhnya.

Selain itu, jaringan pertemanan tersebut terhubung dengan pemkot. Karena itu, koordinasi dengan pemkot semakin mudah. Terutama, untuk pengadaan proyek. "Monitoring dan kontrol juga mudah," ujarnya.

Manfaat lain, kata Bambang, bisa mengurangi arus kemacetan. "Jangan hanya berpikir mengurangi kemacetan itu harus selalu dengan menambah jalan dan sistem transportasi yang baik. Komunikasi melalui internet juga salah satunya," sebut Bambang. (kit/c10/aww)

SBU : Banjir Diskon Di Flexi Surabaya Shopping Festival


TAHUN 2010

SBU : Banjir Diskon Di Flexi Surabaya Shopping Festival

Murah tetap gaya, itulah Flexi yang tampil di SSF (Surabaya Shopping Festival) dalam rangka menyambut Hari Jadi Kota Pahlawan Surabaya yang ke-717. Event atau perhelatan SSF ini Flexi tampil di 18 Mall se Kotamadya Surabaya, sehingga di kota metropolis Surabaya ini Flexi selalu tampil penuh gaya dan selalu berupaya Growth With Character and Good Market Penetration, yaitu super murah dan fleksibel.

Memang jika warga kota pingin diskon pasti hadir di SSF. Semua harga dipangkas. pokoknya setiap hari diobral hingga 30 Mei 2010 yang dimulai 1 Mei 2010. Jika PTC Big Sale (Pakuwon Trade Center) dan TP (Tunjungan Plaza) tawarkan diskon ALL ITEM hingga 70 %, maka Flexi dan Speedy lebih hebat lagi, yaitu memberikan diskon abonemen all paket, diskon abonemen pada bulan ke 2 dan 6 up to 22%-31% tergantung paket. Pokoknya TELKOM benar-benar menggelar SUPER SALE, sangat terjangkau. Gile-nya, Gebyar Diskon ini hingga mencapai Rp. 0,- (NOL RUPIAH).

Tak hanya TELKOM sebab semua produsen di ULTAH atau Hari Jadi kota Surabaya ke-717 ini memang banting harga yang cukup significan. Apakah itu operator lain ataupun produk non telekomunikasi, semua banting harga deh. Sehinga mulai hari ini, tak perlu bingung untuk mendapatkan produk ternama dengan harga murah. Sebab, gerai-gerai di Supermal Pakuwon Indah (SPI) dan di TP (Tunjungan Plasza) serta di 16 Mall lainnya telah menyediakan beragam kebutuhan dengan harga yang telah dipangkas sedemikian rupa.

Tak hanya diskon, hiburanpun tersedia sebab tahun ini, Surabaya Shopping Festival kedatangan penulis istimewa, Andrea Hirata. Penulis novel Laskar Pelangi itu bertatap muka pengunjung Kapas Krampung Plaza (Kaza) hari Sabtu (1/5). ''Bersama Flexi, kami mendatangkan Andrea Hirata untuk berbagi pengetahuan tentang menulis.'' kata Finance Manager Kapas Krampung Plaza Achmad M. Selain berbagi pengalaman, Andrea Hirata juga dijadwalkan membaca satu bab novel terbarunya, yaitu Padang Bulan dan Cinta di Dalam Gelas. **BUKAN-DIKSI.

FOTO : Flexi tampil Gaya di TP-3 Lantai-5, Sabtu (1/5).

SBU : Kampung Melek IT Selaras Dengan Bisnis IME


TAHUN 2010

SBU : Kampung Melek IT Selaras Dengan Bisnis IME


Setelah e-Gov, kini bemimpi akan adanya e-RT/RW, maka Walikota Surabaya telah menggandeng TELKOM untuk merealisasikan ``mimpi``nya agar kampung-kampung melalui RT/RW-nya menjadi jejaring sosial sehingga diharapkan dari jejaring ini dapat memberikan masukan kepada PEMKOT tentang permasalahan di Surabaya, khususnya masalah lingkungan dan pembangunan. Jika seluruh kampung di Surabaya melek IT, maka operasional kerja PEMKOT akan semakin efektif, sebab dengan IT semua dapat disolusi secara cepat. Kini mimpi itu menjadi kenyataan. Dari sisi TELKOM, maka program e-RT/RW ini adalah selaras dengan core bussines barunya, yaitu : Information, Media dan Edutainment atau IME. Support TELKOM sungguh luar biasa terhadap program PEMKOT Surabaya ini, sebab bukankah ini merupakan peluang bisnis yang tidak harus mengeluarkan effort luar biasa, seperti effort yang harus ``door to door``. Secara tak langsung, maka program e-RT/RW ini juga merupakan upaya promo, dominasi pasar, meningkatkan market share, penetrasi yang ujung-ujungnya adalah untuk meningkatkan Sales Performance.

Kita memang harus gencar menyongsong program kampung melek teknologi informasi (TI) yang sudah secara gencar pula dicanangkan oleh Pemkot Surabaya. Program tersebut diberi nama e-RT/RW. Program tersebut sudah diluncurkan oleh wali kota melalui nota kesepahaman dengan PT Telkom dan sejumlah pihak terkait. Telkom pun segera membangun jaringan Speedy di 10.000 RT/RW di kota metropolis ini. Kalau kita tidak gencar apalagi tidak proaktif, maka peluang besar ini telah kita sia-siakan. Tentu saja peluang bisnis ini jika IT tak kita support, maka pesaing kita akan berebutan untuk meraihnya. Program kampung melek IT memang sangat layak untuk diapresiasi lebih jauh. Pasalnya, program itu tidak saja akan membuka akses selebar-lebarnya kepada masyarakat untuk bisa mendapatkan informasi seluas-luasnya sesuai dengan kebutuhan, tetapi juga menjadi simbol kemajuan kota.

Citra, apalagi bisnis TELKOM akan melejit ! Tidak ada kota yang maju tanpa fasilitas IT yang mapan. Namun demikian, kemajuan melalui fasilitas tersebut tidak boleh hanya menjadi simbol kosong tanpa makna yang bisa menderek manfaat besar bagi peradaban masyarakat. Karena itu, apresiasi lebih lanjut bisa diberikan kepada para pengambil kebijakan di metropolis ini jika penyediaan fasilitas IT yang mapan segera diikuti dengan pemanfaatannya untuk kepentingan pendidikan. Internet untuk pendidikan merupakan program lanjutan yang harus segera mendapatkan perhatian. Para pengambil kebijakan perlu segera mengonkretkan strategi pemanfaatan fasilitas IT untuk kepentingan pendidikan. TELKOM Speedy sudah banyak berjasa dalam soal manfaat pendidikan, sebab di beberapa sekolah sudah tersedia fasilitas IT ini.

Memang akan sangat naif jika program pembangunan jaringan Speedy di 10.000 RT/RW lalu hanya dimanfaatkan untuk kepentingan jejaring sosial melalui fasilitas Facebook, Twitter, dan semacamnya, yang kini menjadi candu bagi masyarakat. Harus dipikirkan program yang bersifat edukatif di balik ketersediaan fasilitas IT itu. Maka dengan bisnis baru IME, sebenarnya terjawab sudah persoalan pendidikan di Kota Metropolis Surabaya ini. Internet Speedy bagi pendidikan sudah meluas merambah dunia pendidikan, lalu apalagi ? Pesaing akan semakin terjepit, peluangnya akan semakin mengecil. **BUKAN-DIKSI.

FOTO : Bapak Walikota Surabaya saat meresmikan e-RT/RW di Sukolilo, Surabaya, Jumat (30/4).

SBU : Flexi Tebar Pesona Selama Mei di 18 Mall


TAHUN 2010

SBU : Flexi Tebar Pesona Selama Mei di 18 Mall

Selama bulan Mei 2010 ini TELKOM Flexi dapat dipastikan terus melakukan tebar pesona di 18 Mall se kotamadya Surabaya di event Flexi Surabaya Shopping Festival (FSSF). Partisipasi TELKOM Flexi ini adalah dalam rangka menyongsong hari jadi kota pahlawan Surabaya yang ke-717, dimana FSSF ini dihelat mulai tanggal 1 Mei 2010 hingga 31 Mei 2010.

Super spesial diskon memang menjadi jargon masing-masing operator dan produsen yang turut di arena Big Sale selama sebulan penuh ini. Jadi tak hanya super diskon saja, akan tetapi ditambah dengan kata spesial, sehingga menjadi SUPER SPESIAL DISKON !! Luar biasa memang !! Shopping Festival yang menjadi ajang promosi dan ajang bersaing ini tentu akan menguntungkan warga kota Surabaya, sebab harga serba murah dan serba dibanting.

Hari pertama FSSF memang masih belum begitu membludak, tetapi hari kedua sudah mulai nampak peningkatan kunjungan sebab memang jatuh pada hari Minggu yang merupakan hari keluarga untuk shopping ke berbagai tempat pusat perbelanjaan. Tanggal muda juga menjadi salah satu pemicu membludaknya pusat perbelanjaan. Pantauan Reporter di dua Mall, yaitu Tunjungan Plaza dan Pakuwon Trade Center memang menunjukkan adanya peningkatan kunjungan.

Para SPG Flexi dari beberapa Sales Agency nampak bersemangat dan bergairah dalam menyambut para pengunjung dengan memberikan brosur untuk produk Speedy dan Flexi, bahkan anak perusahaan Yes TV juga turut menyatu di outlet FSSF ini, senergi memang ! Pokoknya di event ini TELKOM Flexi benar-benar melakukan tebar pesona. Para Official FSSF kita juga memberikan dukungan yang luar biasa untuk suksesnya perhelatan akbar ini. Para official ini mendukung dari semua aspek, bahkan membantu memberikan informasi kepada para pengunjung, sehingga para SPG-pun merasa senang.**bukan-diksi.

FOTO : Kegiatan FSSF’10 di Pakuwon Trade Center (PTC), dimana para SPG nampak proaktif menyambut para pengunjung.

SBU : Walikota Surabaya Sebagai ``Marketer`` Speedy


TAHUN 2010

SBU : Walikota Surabaya Sebagai ``Marketer`` Speedy

Dapat dipastikan selama dua minggu ini Walikota Surabaya akan ``bertindak`` sebagai Marketer TELKOM Speedy. Pasalnya, sesuai jadwal yang sudah dikonfirmasi ke Protokoler Walikota, maka mulai 30 April 2010 hingga 15 Mei 2010 Walikota Surabaya, Bambang DH akan roadshow melakukan peresmian e-RT/RW di beberapa kecamatan dan kelurahan yang ada di Surabaya Metro.

Hampir pada setiap sambutannya di acara launching e-RT/RW, Walikota Surabaya selalu memuji produk TELKOM Speedy, bahkan lebih luas lagi selalu memuji PT. TELKOM yang selama ini selalu peduli terhadap lingkungannya. Kekaguman walikota Surabaya ke PT.TELKOM berawal ketika ada program CSR TELKOM yang membantu PEMDA membangun Taman Bungkul sebagai Taman Kota yang dilengkapi dengan fasilitas Wifi TELKOM Speedy. Dilanjutkan lagi dengan taman flora dan fauna Surabaya, Kebon bibit lengkap dengan Wifi-nya, dll.

Appresiasi walikota Surabaya akhirnya terus bergulir hingga sekarang, dan reputasi TELKOM DIVRE-V khususya dan Corporate Image umumnya semakin luar biasanya baiknya dijajaran birokrat kota pahlawan Surabaya. Reputasi dan nama baik perusahaan inilah yang merupakan modal utama TELKOM untuk terus membangun dan mengembangkan bisnis di berbagai kesempatan, dengan Speedy sebagai brand yang ditawarkan.

Kemarin saja, Senin (3/5), Walikota road show ketiga lokasi di bilangan Surabaya Utara, yaitu di Kecamatan Bulak, Kelurahan Sidotopo dan Kecamatan Semampir. Disinipun Pak Walikota kembali memuji kepedulian TELKOM yang memang selalu care terhadap lingkungannya, sehingga program e-RT/RW yang menggunakan produk TELKOM Speedy terlaksana dengan baik. Kalau diperhatikan dari rangkaian peresmian e-RT/RW ini saja, maka tak berkelebihan jika Pak Walikota turut mempromosikan produk TELKOM Speedy. Terimakasih Pak Wali !!!**bukan-diksi.

FOTO : Walikota launching e-RT/RW di Kec. Sidotopo, Senin (3/5).

SBU : Grebeg Customer adalah Jualan Berjamaah


TAHUN 2010

SBU : Grebeg Customer adalah Jualan Berjamaah

Ketatnya persaingan membuat para pebisnis harus bekerja lebih keras lagi, sebab kalau tidak tentu akan terlibas oleh para pesaingnya, tak terkecuali TELKOM. Untuk itulah, TELKOM Divisi Customer Service Surabaya Utara (DCS-SBU) mengawali strategi penjualannya dengan pola yang baru yang dinamakan Grebeg Customer, yaitu calon customer yang tersebar di beberapa Kecamatan, RT dan RW didatangi oleh Tim Sales secara berkelompok.

Yang namanya ``menyerang`` memang tidak bisa dilakukan sendiri sendiri, tapi harus berkelompok atau berjamaah, dan terencana. Kenapa demikian, jawabnya ialah dengan berjamaah, maka diharapkan akan lebih afdol dan lebih powerfull. Hasilnya jika dilakukan secara berjamaah juga akan lebih baik ketimbang dilakukan sendiri. Hal inilah yang dilakukan oleh CS-SBU ketika menjalankan program Grebeg Customer. Semua turun berjualan secara berjamaah!

Tak hanya pelaksana saja yang melakukan serangan berjamaah ini, sebab semua memang turun berjualan, tak terkecuali para ASMAN termasuk Sang Manager yang selalu mendampingi setiap ada Grebeg di beberapa lokasi yang sudah disiapkan. Tujuan jualan berjamaah melalui Grebeg Customer sudah jelas, yaitu : 1. Bertujuan memperluas Channel /saluran penjualan dan persiapan pembuatan counter speedy perumahan. 2. Kita bisa menggandeng komuniti yang ada guna penetrasi pasar (misalnya komunitas pedagang Kaki lima, kelompok pengajian, tokoh masyarakat, tokoh agama, RT/RW, hobby dll). 3. Pemanasan pasar, pembuatan teritory serta barikade terhadap kompetitor yang selalu bergentayangan disana- sini.

Hasil Grebeg Customer ini selalu dievaluasi oleh jajaran CS-SBU, sehingga stabilitas efektivitas kegiatan berjualan dapat dikendalikan sedemikian rupa, termasuk jumlah resources yang tersedia selalu dievaluasi, sehingga update informasi tentang pasar yang ada di kampung-kampung dapat dilakukan dengan baik. Dengan evaluasi bisa saja akan terjadi adanya IMPROVE SALES STRATEGY, sehingga diupayakan adanya diferensiasi strategi dengan kata lain menaikkan LEVEL STRATEGY sesuai dengan iklim persaingan agar selalu tercipta suasana baru, lebih semangat dan tetap lincah.***bukan-diksi.

FOTO : Nampak Manager CS-SBU, Soewiyarso dan para ASMAN ikut turun Nggerebeg Customer. Semua level turun berjualan, mulai level pelaksana, hingga Level Manager.

SBU : Built In Training, Simple, Tanpa Biaya


TAHUN 2010

SBU : Built In Training, Simple, Tanpa Biaya

Untuk kesekian kalinya jajaran Customer Service Surabaya Utara (CS-SBU) melakukan Built In Training (BIT), sederhana, tanpa mengeluarkan biaya, tapi langsung dapat diaplikasikan dalam pekerjaan di Plasa TELKOM Mergoyoso. Dari sisi biaya jelas terjadi penghematan, dari sisi waktu jelas tak banyak menyita waktu ketimbang harus pelatihan di DIKLAT yang jaraknya lumayan jauh, Wasting Time.!!!

Hari ini, Selasa (4/5) yang mendapat giliran BIT adalah 2 orang CSR baru, yaitu Hendra dan Yossy. Keduanya diharapkan dapat memperkuat Tim CSR SBU, sehingga citra layanan TELKOM mampu dipertahankan dan semakin baik. Tempat BIT tak jauh, cukup di tempat kerja dan cukup di Ruang Platinum Plasa TELKOM Mergoyoso, Surabaya.

Semakin banyak BIT dilakukan, maka semakin membantu meringankan tugas dan fungsi Unit HR, sehingga unit HR mampu meningkatkan pelayanannya lebih baik lagi kepada para SDM-nya. Walau tak seperti The Best CSR Training, namun diharapkan hasil BIT yang simple ini sangat memuaskan.

Pembawa materi BIT adalah Supervisor Plasa TELKOM Mergoyoso, Ida Awal Dwi Nuraini Materi yang diajarkan meliputi : place customer order in computer system, respond to customer request, provide customer with product and service information, identify and resolve customer issues using the computer system, follow-up on customer inquires, immediately resolved, billing issues sampai kepada bagaimana membuat reports. Pokoknya pelayanan yang bersifat Basic diajarkan oleh rekan Ida. Semoga pelayanan TELKOM selalu prima dan excellent.**bukan-diksi.

FOTO : Suasana BIT Di Ruang Platinum Plasa Telkom Mergoyoso.

SBU : Grebeg Customer Based On Territory Concept


TAHUN 2010

SBU : Grebeg Customer Based On Territory Concept

Territory berarti tanah daratan atau wilayah/daerah (termasuk air) yang menurut geografi organisasi merupakan suatu wilayah kerja. Wilayah inilah dibagi-bagi sedemikian rupa, sehingga menjadi beberapa bagian yang telah ditandai dan dibatasi agar mudah dipetakan potensi yang ada, sehingga mudah ditemukenali kekurangan dan kelebihannya. Strategi territorial inilah yang kemudian dalam dunia bisnis dimanfaatkan untuk melakukan strategi serangan pasar agar efektif dan tepat sasaran, lebih jauh agar resources yang tersedia dapat difungsikan seoptimal mungkin.

Atas dasar konsep territorial inilah, maka diciptakan suatu strategi pemasaran untuk mencari pelanggan dengan strategi yang dinamakan Grebeg Customer. Dalam Grebeg Customer, maka beberapa daerah yang okupansinya rendah akan mendapat serangan terlebih dahulu dalam hal melakukan pemasaran. Tentu saja setelah dihitung kapasitas jual yang tersedia dan siap jual, sehingga setiap terjadi transaksi penjualan akan selalu dapat dilayani dengan cepat.

Grebeg Customer dilakukan agar terjadi akselerasi atau percepatan penjualan, selain untuk benteng barikade bagi masuknya pesaing. Serangan dengan mengutamakan okupansi rendah sebenarnya merupakan taktik, sehingga selain ada strategi, yaitu Grebeg Customer juga ada taktik, yaitu prioritas okupansi rendah dan yang Ready For Sale. Kita masih ingat strategi perang Sun Tzu, yaitu Strategy without tactics is the slowest route to victory. Tactics without strategy is the noise before defeat (Strategi tanpa taktik adalah jalan paling lambat untuk kemenangan. Taktik tanpa strategi adalah suara gaduh sebelum kekalahan). Maka, keduanya harus dilakukan terjadi percepatan dan menang.

Menggenerik strategi dan keunggulan bersaing dalam bisnis yang penuh tantangan dan persaingan sekarang ini harus mampu diciptakan oleh para Marketer dan Penjual, tanpa itu maka sulit untuk mampu bertahan, apalagi meraih sebuah VICTORY, sebab persaingan itu sendiri merupakan inti keberhasilan dan kegagalan. Kini Grebeg Customer terus digulirkan oleh jajaran TELKOM CS Surabaya Utara, bahkan mendapat dukungan penuh manajemen. Kita semua berharap strategi grebeg-menggrebeg ini mampu meningkatkan market share dan memenangkan persaingan. Semoga. **bukan-diksi.

FOTO : Grebeg Customer di bilangan Kebraon Utara yang di Lead oleh rekan Handoko sedang dikunjungi GM CS-II Regional-V, Djoko Raharjo, didampingi Manager CS-SBU, Soewiyarso, Minggu (2/5).

Soewiyarso : Semoga e-RT/RW Bisa Me-Nasional


TAHUN 2010

Soewiyarso : Semoga e-RT/RW Bisa Me-Nasional

Wajar jika ada suatu pola, teknologi atau system yang bagus dibenchmark oleh rekan-rekan yang lainnya seperti yang selama ini kita lakukan, yaitu benchmark ke DATEL, DIVRE lain atau bahkan sampai ke negara-negara lain yang emmang layak untuk dibenchmark disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan saat ini. Hal ini tak terkecuali terhadap Program e-RT/RW yang embrionya dari arek-arek Suroboyo.

Dalam sharing info 135 yang dihadiri jajaran HR, Rabu (5/5), Manager CS-SBU, Soewiyarso mengatakan, bahwa embrio e-RT/RW yang sudah berjalan cukup baik ini tidak menutup kemungkinan akan menjadi percontohan Nasional, itupun masih memerlukan kajian lebih dalam lagi. Sebenarnya program e-RT/RW yang mirip jejaring sosial FACEBOOK ini bertujuan untuk meningkatkan Awareness warga kota untuk menggunakan produk TELKOM Speedy, sehingga ada Promo Value. Selain itu, masih kata Soewiyarso, juga menjadi Point Of Sales bagi RT dan RW sekotamadya Surabaya.

Program ini sebenarnya merupakan hasil inovasi atau boleh dikatakan sebuah ``business creation`` meski harus dikaji lagi agar mampu meNasional, sehingga market share secara Nasional dapat diciptakan secara serentak, sehingga terjadi Growth Of Sales secara serentak pula dan terjadi akselerasi penjualan. Point Of Sales adalah program untuk mempermudah melakukan transaksi dan untuk memonitor stock barang penjualan. Yang penting data transaksi dapat di kontrol dengan mudah.

Ada satu lagi isu terkini yang ``dilempar`` Soewiyarso dalam sharing Patriot-135 kali ini, yaitu soal Grebeg Customer. Dikatakan jika setiap orang (involved everyone) terlibat dalam program ini, maka hasil sales pasti akan meningkat secara significant. Untuk itu saya menawarkan jika ada rekan-rekan HR ingin terlibat, saya sangat berterimakasih. Jika memang ada, maka silahkan diatur saja, tidak harus setiap Sabtu dan Minggu, mungkin sebulan sekali saja. Saya yakin dengan keterlibatan rekan-rekan HR, maka akan faham kondisi lapangan, sehingga membantu dalam penyusunan Training Needs.**bukan-diksi.

FOTO : Soewiyarso dalam acara Sharing Patriot 135, Rabu (5/5).

SBU : Arena SSF 2010, Super Diskon Handphone Flexi


TAHUN 2010

SBU : Arena SSF 2010, Super Diskon Handphone Flexi

SURABAYA - Selama penyelenggaraan SSF 2010, Flexi memberikan penawaran menarik melalui promo gebyar super diskon hingga harga Rp 0. Selain itu, Flexi juga memberikan hadiah langsung untuk pembelian handphone (HP) dan modem bundling operator CDMA tersebut di WTC.

Menurut Lilik, person in charge (PIC) pameran Flexi di WTC, ada dua lokasi pameran yang bisa menjadi jujukan pengunjung, yakni pintu masuk utama dan Galleria. Dalam program gebyar super diskon itu, pembeli bisa memilih delapan tipe HP Flexi plus tiga macam modem. "Khusus untuk pembelian unit pertama ada diskon antara Rp 10 ribu hingga Rp 20 ribu," terang Lilik kemarin.

Sedangkan untuk pembelian kedua, pembeli berkesempatan mendapatkan kupon diskon Rp 50 ribu hingga Rp 299 ribu. Karena harga ponsel yang bisa dipilih mulai harga Rp 199 ribu, maka promo diskon flexi bisa dikatakan memberikan HP dengan harga Rp 0.

Untuk setiap pembelian, konsumen juga berhak mendapatkan hadiah langsung. Mulai gantungan kunci, hingga tempat HP maupun tas pinggang Flexi. ''Pembeli juga berhak mendapatkan diskon lima persen untuk produk aksesori original Nokia di toko Akar Daya," imbuh Lilik.

Dia menambahkan, delapan HP Flexi yang ditawarkan memiliki range harga mulai Rp 199 ribu, yakni tipe NF 710, hingga Rp 1,1 juta, yakni HT Mobile G75 yang memiliki fitur tiga kartu standby bersamaan (GSM-GSM-CDMA).

Ada juga tiga tipe ponsel qwerty dengan harga Rp 999 ribu. Di antaranya, Nexian Muslim C900 merupakan ponsel single band CDMA 200 1X 800 Mhz. Ponsel dengan kamera dual on tersebut memiliki berbagai fitur muslim. Mulai Mobile Quran dan Mobile Hadits, Adzan, Dzikir, serta masih banyak lagi.

TiPhone T89 memiliki sebutan ponsel hybrid karena bisa digunakan untuk GSM-CDMA/GSM. Dengan layar 2,4 QVGA, ponsel ini sudah dilengkapi bluetooth serta MP3/MP4 player. Tipe berikutnya adalah ZTE GC-990 yang merupakan ponsel dual standby GSM-CMA. "Untuk modem, pembeli bisa memilih produk mulai harga Rp 499 ribu," katanya.

Pengunjung juga akan dihibur permainan-permainan yang dipandu MC setiap Sabtu dan Minggu. Bagi yang mampu menjawab pertanyaan maupun tantangan permainan akan mendapatkan berbagai hadiah. (aan/fat)

Sumber : http://www.jawapos.co.id/metropolis/index.php?act=detail&nid=131914

Keterangan : Counter TELKOM di Tunjungan Plaza-2, Rabu (5/5). Foto : bukan-diksi.

SBU : Yang Hobi Belanja, Bulan Ini Dimanjakan Flexi


TAHUN 2010

SBU : Yang Hobi Belanja, Bulan Ini Dimanjakan Flexi

Bagi yang hobi belanja, maka belanjalah bulan ini juga, sebab selama Mei arena SSF 2010 warga kota dimanjakan dengan adanya Surabaya Shopping Festival (SSF) di 18 Mall se kotamadya Surabaya dalam rangka menyambut Hari Jadi Kota Pahlawan Surabaya yang ke-717, dimulai 1 Mei 2010 hingga 31 Mei 2010. Event SSF 2010 ini ada diskon besar-besaran.

Demi meramaikan dan merayakan Hari Jadi Kota Surabaya inilah, maka TELKOM turut berpartisipasi penuh dalam memanjakan warga kota dengan memberikan super diskon untuk produk Flexi dan Speedy. Tak tanggung-tanggun, sebab anak perusahaan seperti Telkom Vision dan Telkomsel juga turut nimbrung dalam Perhelatan Komersial Akbar yang memiliki nilai-nilai bisnis (business values), yaitu peluang bisnis bagi produk Telkom, benar-benar event BIG SALE !!

Jika akhir pekan tiba, maka tak usah bingung ngabisin waktu kemana? Kunjungi saja salah satu dari 18 Mall di Surabaya dan jangan lupa mampir di Outlet TELKOM Flexi, pasti banyak pilihan mutu dan harga spesial, belum lagi ada free abonemen, diskon dan lainnya. Fitur baru Flexi pasti digemari, apalagi tersedia juga Flexinet Unlimited, Flexi ngROOMpi, Flexi Chatting, dan lain-lain yang pasti disukai setiap orang.

Surabaya Shopping Festival adalah event tahunan yang digelar oleh PEMKOT Surabaya dan didukung oleh puluhan pusat perbelanjaan dan Mall di Surabaya. Tak hanya produk IT, elektonik dan otomotif saja yang digelar di event ini, sebab produk lain seperti fashion, tas, sepatu, kacamata dan property juga lengkap tersedia, termasuk beberapa operator telekomunikasi terbesar. Pastinya para pengunjung dan para SHOPPER akan tertarik dan puas deh! **bukan-diksi.

Foto : Salah satu sudut outlet TELKOM di Pakuwon Trade Center (PTC) Surabaya.

SBU : Ismono Evaluasi Strategi Sales, What’s Up ?


TAHUN 2010

SBU : Ismono Evaluasi Strategi Sales, What’s Up ?

Ternyata Tim Sales TELKOM Surabaya Utara makin ``ganas saja`` dan bakal lari lebih kencang lagi larinya. Pasalnya, hari ini, Kamis (6/5) bertempat di Ruang Rapat Lantai-5 Jln. Mergoyoso 1-3, Surabaya mereka mendapat briefing dari ASMAN Modern Channel SBU, Ismono Adi Jatmiko dengan materi utama ialah Evaluasi dan Whats Up Strategy. Artinya, Tim Sales terus Running di Grebeg Customer Across All Kampoengs untuk mengeksplore New Market, discovering new market serta dalam upaya mampu Enlarging Coverage.

Luar biasa ! Semangat memang merupakan modal utama, sebab strategi saja ternyata belum cukup, harus diikuti semangat. Kemampuan Tim Sales SBU dalam melibas pasar memang telah teruji, namun demikian perlu dievaluasi juga, sehingga segala sumber daya yang dikerahkan dalam menggerebeg pasar seimbang dan selalu dalam kondisi check and balance. Harapan lain ialah agar resources yang tersedia dapat dimanfaatkan seefektif mungkin dan tidak mubazir, apalagi jumlahnya resources tidak banyak.

Strategi berikutnya adalah menetapkan tujuan yang Based On Target And Goal, sehingga jika terjadi perubahan pasar dan peta persaingan, maka eksekusinya benar-benar tepat sasaran dan fokus. Promosi, pemasaran dan penjualan memang harus berjalan efektif. Setelah menetapkan tujuan, maka beberapa alat ukur yang menjadi tolok ukurpun di share di forum briefing ini. Alat ukur inilah yang nantinya akan dipakai untuk melakukan evaluasi.

Dalam kesempatan tersebut, Ismono juga menekankan agar Work Team yang sudah solid ini terus dipertahankan, agar serangan Across All Kampoengs dan beberapa titik-titik potensiil dapat dilakukan lebi gencar lagi. Ini semua adalah demi kinerja perusahaan dan kinerja kita semua. Aktivitas grebeg-menggerebeg ini sangat efektif sangat mendukung perusahaan dalam menarik dan mempertahankan pelanggan. Jika Grebeg Customer optimal, maka kita akan menjadi Marketplace Master. Semoga! **bukan-nursidik.

FOTO : Nampak Ismono sedang mendeliver sebuah briefing (6/5).

SBU : e-RT/RW Merupakan Market Pressure


TAHUN 2010

SBU : e-RT/RW Merupakan Market Pressure

Sampai hari ini Walikotamadya Surabaya, Bambang DH terus melakukan roadshow me-launching e-RT/RW di beberapa Kecamatan, dimana kemarin, Rabu (5/5) usai me-launching di empat Kecamatan/Kelurahan, yaitu : Gubeng, Krembangan, Genteng dan Pabean Cantikan. Pak Walikota memang sosok yang tak kenal lelah, sebab setiap hari mulai tanggal 31 April 2010 hingga tanggal 12 Mei 2010 nanti terus berkeliling kelurahan dan kecamatan. Tentu saja reputasi TELKOM akan semakin melejit. Luar Biasa !!!!

Tak hanya dari sisi reputas dan image saja yang luar biasa, akan tetapi juga dari sisi bisnis juga akan semakin mendapat tempat di hati masyarakat, sebab dengan adanya e-RT/RW, maka Brand Speedy akan semakin berkibar di segala penjuru pasar. Maka, program ini sungguh merupakan upaya penetrasi, generik promo dan sekaligus menjadi Market Pressure, sehingga peluang pesaing semakin kurus alias akan terus mengecil.

Sadar atau tidak kita sadari, program ini merupakan pula sebuah solution for legacy dan menjadi market solution, sehingga benar-benar berdampak luar biasa hebatnya dalam mengoyak peluang pesaing, dan sangat powerful dalam “taking market opportinuties”. Setiap alternatif strategi memang harus selalu diciptakan, sehingga mampu meng-exploring sale dan menghasilkan estimasi demand yang nantinya akan mampu pula menguras ALPRO kita, sehingga akan terjadi penjualan secara besar-besaran atau BOOMING.

Inilah sisi keuntungan jika kita menjalin hubungan baik dengan birokrat, jika ada peluang kita akan bisa memanfaatkannya dengan baik dan smart. Inilah yang dinamakan : ”GET MIXED STRATEGY”. Apalagi TELKOM SBU telah memiliki sebuah motto atau yel, yaitu : TOGETHER DO THE BEST, maka tak ada yang tidak bisa diselesaikan jika selalu menjadi tim yang baik dan solid. Hari ini Pak Wali akan keliling lagi di empat lokasi, yaitu : Wonocolo, Tenggilis Mejoyo, Rungkut dan Gunung Anyar, wilayah SBS. Selamat Pak Wali !!! ***bukan-diksi.


FOTO : Walikota Launching e-RT/RW kemarin di Grand Park Hotel, Pabean Cantikan, Surabaya, Rabu (5/5).

TELKOM SBU : e-RT/RW Adalah Untuk Developing Market


TAHUN 2010

TELKOM SBU : e-RT/RW Adalah Untuk Developing Market

Di era ``IME`` sekarang ini, maka seluruh gaya hidup, bahkan aktivitas masyarakat sudah serba ``e`` yang artinya, bahwa teknologi informasi dan komunikasi (INFOKOM). Mulai belanja (shopping), belajar, hingga ke aktivitas warga sudah mulai Melek IT, dan sudah masuk ke dunia maya. Salah satu contohnya ialah dengan adanya program e-RT/RW yang saat ini sedang gencar digaungkan oleh Walikota Surabaya, Bambang DH.

Melihat kenyataan tersebut diatas, bahwa masyarakat sudah Melek IT, maka tentu saja hal ini dipandang sebagai peluang bagi bisnis internet Speedy TELKOM, sehingga program yang merupakan bagian dari Developing Market ini ``ditangkap`` dengan baik dan tidak disia-siakan begitu saja. Warga sangat antusias dan bangga akan kehadiran program e-RT/RW ini, salah satu contoh saat Launching di Kecamatan Krembangan, tak tanggung-tanggug warga menyediakan tempat di Hotel ``IBIS``, Surabaya, Rabu (5/5).

Warga yang rata-rata tergolong bisnis UKM (Usaha Kecil Menengah) ingin memanfaatkan website dengan situs yang dideliver oleh TELKOM, yaitu ialah http://sapawarga.org untuk promosi usaha mereka, dimana fungsi situs utamanya adalah sebagai laporan info lintas sektor RT hingga Camat, namun warga ingin memanfaatkan pula sebagai media promosi produk mereka, sehingga benar-benar memiliki Value Added. UKM yang merupakan Small Business akan benar-benar menjadi tulang punggung perekonomian negara yang handal dan lebih powerfull. Jadi, e-RT/RW ini tak hanya sekadar jejaring info saja.

A Sound Of Marketing TELKOM (suara Marketing) akan terus menggema di seluruh sudut kota Surabaya, yang berarti, bahwa Sales is Never Ending, Marketing Is Never Ending, Promo Is Never Ending, All activities are never die. Boleh dikatakan, bahwa Steps to Developing a Marketing Plan selalu bergulir berkelanjutan dan formatnya akan selalu disesuaikan (customize) dengan situasi dan kondisi terkini yang paling aktual. Pokoknya Together Do The Best. ++bukan-diksi.

FOTO : Launching e-RT/RW di Hotel Ibis, Surabaya (5/5).

e-RT/RW Indikasi ``Meledaknya`` TELKOM Speedy


TAHUN 2010

e-RT/RW Indikasi ``Meledaknya`` TELKOM Speedy

Kendati TELKOM Speedy sudah mampu menjelajah pangsa pasar di hampir semua segment, namun kali ini dengan adanya program e-RT/RW, maka dapat diprediksi produk yang satu ini bakal ``booming (meledak)`` di pasaran lebih dahsyat lagi !! Speedy Market will open sharply ! Bisa dibayangkan ada 10.000 RT/RW se Surabaya yang diproyeksikan Walikota Surabaya untuk menggunakan produk TELKOM Speedy, boleh dibilang hal ini merupakan BIG SALE beneran, dan merupakan penjualan yang super kolosal !

Latest Prediction akan menjadi Real Sales jika yang 10.000 ini benar-benar menjadi kenyataan. What will Speedy do ? Tentunya tinggal Infrastuktur/ALPROnya saja yang harus dapat dimanajemeni dengan baik, sehingga kalau benar-benar BOOMING kita tidak kalangkabut atau kewalahan, sehingga dapat melayani New Customer dengan baik. Membangkitkan kembali kejayaan Jawa Timur bisa jadi dapat ditopang dari program e-RT/RW ini.

Kalau 10.000 sasaran sudah settled, maka otomatis sales & revenue growth akan meningkat. Namun untuk mengetahui growth memang tidak bisa dalam waktu singkat, membutuhkan waktu beberapa bulan untuk mengevaluasi, khususnya evaluasi usage. Terlepas dari pertumbuhan, maka yang jelas akan terjadi peningkatan pangsa pasar yang sangat significant.

Lebih jauh lagi, jika 10.000 ini sudah terkuasai, maka para Competitors akan ``Lose their market share``, serangkan yang sangat telak memang ! Tragis memang !! Speedy makin menjadi Market Leader yang kokoh, yang sulit untuk dikalahkan. Ini akan benar-benar terjadi, sebab Dunkin Donat saja sekarang sudah mulai kehilangan pangsa pasarnya ketika menjamurnya New Bakery, seperti BreadTalk, dan sejenisnya. **bukan-diksi.

Foto : Walikota didampingi Manager CS-SBU saat Launching e-RT/RW.

SBU : Papa, Pasang Internet Speedy dong


TAHUN 2010

SBU : Papa, Pasang Internet Speedy dong

Itulah sepenggal kalimat permintaan sang anak kepada papanya ketika melewati tenda TELKOM Speedy dalam program Grebeg-Customer di Jln. Randu, Tambaksari, Surabaya, Sabtu (8/5). Grebeg Customer yagn di Lead oleh rekan FAIZ ini berhasil mendobrak angka sales menjadi 22 SSS per harinya. Lalu Sang Papa tak bisa berbuat banyak kecuali menuruti permintaan buah hatinya yang baru dijemputnya dari pulang sekolah dan masih menggunakan seragam PRAMUKA.

Pasar pasti akan merespon jika kita mau menstimulir pasar yang salah satunya melalui program Grebeg Customer dimana para Tim sales selalu merencanakan lokasi-lokasi strategi untuk digrebeg. Ini adalah bukti dan fakta ketika sang anak kita tawari internet speedy, maka sang anak merespon cepat dengan meminta kepada papanya untuk dapatnya dipasang internet di rumahnya, apalagi sudah memiliki telepon rumah.

Cara-cara membedah pasar seperti inilah yang sekarang sedang ngetrend dan dilakukan oleh jajaran CS-SBU. Setiap Sabtu dan Minggu mereka selalu ACROSS ALL KAMPOENG di wilayah kerja Surabaya Utara. Yang akan digrebeg memang sudah dipetakan dan direncanakan, antara lain : Utara Bagian Utara (Utara-Utara), Utara Bagian Selatan (Utara-Selatan) yang merupakan bordering dengan SBS, kemudian Utara-Barat dan Utara Timur.

Tenda di Progam Grebeg Customer sudah dianggap sebagai Work-Place atau Work Station yang menyenangkan, sebab memang karena sudah terbiasa turun ke lapangan di ujung Kampoeng, dekat Pos SATPAM RT/RW, bahkan dekat pertokoan. Grebeg merupakan X-TREME SALES yang dilakukan oleh orang-orang berdedikasi tinggi dan berobsesi menguasai pangsa pasar, memblokade serangan Other Provoders. **bukan-diksi.

FOTO : Kegiatan Grebeng di Jln. Randu, Tambaksari yang berhasil meraih sales.

Plasa TELKOM Dinoyo Surabaya Makin Menawan


TAHUN 2010

Plasa TELKOM Dinoyo Surabaya Makin Menawan

Transformasi organisasi yang dilakukan PT. Telkom ini merupakan perubahan yang paling besar sepanjang sejarah Telkom, termasuk didalamnya Transformasi Infrastruktur, oleh karena itu Plasa Telkom Dinoyo melakukan perubahan dalam bentuk phisik/bangunan yang mengacu pada New House Style Plasa dan Logo Telkom dan saat ini kondisi renovasi bangunan sudah mencapai 90 % tinggal pemasangan canopy dan repainting.

Diharapkan dengan ruangan plasa yang nyaman, representative, maka layanan yang diberikan kepada pelanggan menjadi semakin baik sehingga membuat pelanggan makin betah berada di plasa Telkom, karena semuanya serba baru baik perangkat IT, maupun karakteristik layanan dari para Customer Service Representative (CSR).

Plasa TELKOM Dinoyo yang baru ini benar-benar merepresentasikan komitment seluruh jajaran Customer Service Representatives (CSR) dalam memberikan Excellent Service di era persaingan yang semakin ketat sekarang ini. Yang paling penting dari semua itu adalah mampu memberikan Total Customer Satisfaction, dimana sejak awal TELKOM memang telah bertekad untuk mewujudkannya.

Perwujudan Total Customer Satisfaction dari waktu ke waktu memang sering berubah seiring dengan perubahan dan peningkatan kebutuhan Customer akan pelayanan prima, sebab pelayanan prima disatu era mungkin akan berbeda dengan layanan prima 1 atau 2 tahun kedepan, artinya tuntutan customer memang benar-benar berubah. Komitmen inilah yang terus menerus dipacu oleh TELKOM dan terus ditingkatkan seiring perkembangan zaman. **bukan-diksi.

FOTO : Interior Furniture Plasa TELKOM Dinoyo yang menggambarkan komitmen pelayanan total.

SBU : Di Pakuwon FSSF 2010, Flexinet Banting Harga


TAHUN 2010

SBU : Di Pakuwon FSSF 2010, Flexinet Banting Harga

FSSF 2010 (Flexi Surabaya Shopping Festival) yang merupakan agenda tahunan kota Surabaya sebenarnya merupakan arena banting harga bagi berbagai produk dan jasa. Bagi Arek-arek Suroboyo kendati menjadi tempat hiburan tersendiri setiap week-end, juga tak jarang dari mereka yang berbelanja. Arek-arek Suroboyo yang menyaksikan FSSF 2010 ini tak jarang yang hadir mengajak orang tua mereka, dengan harapan ada duit lumayan untuk membeli produk yang diinginkan, terlebih di musim BANTING HARGA sekarang ini.

Di arena FSSF 2010 ini, Flexi sendiri tak mau kalah, sebab untuk menarik perhatian dan minat anak muda yang hobi nge-Net, maka kali ini menawarkan produk terbarunya, yaitu Flexinet Unlimited dengan ketentuan Up To 153 Kbps, dan bisa diakses di lebih 300 kota di Indonesia. Yang penting lagi ialah harganya murah meriah dan sangat terjangkau yaitu Cuma Rp. 2.500,- per hari.

Selain itu, dalam rangka menambah semarak HUT ke-717 Surabaya, Counter Flexi yang ada di Pakuwon Trade Center (PTC) Surabaya, juga menyediakan Undian Diskon semacam Lucky Draw hanya saja isinya adalah jumlah diskon yang diberikan untuk satu item yang dibeli. Counter Flexi di PTC ini lokasinya dekat panggung hiburan ``Surabaya Big Sale``, sehingga pasti ramai dikunjungi anak muda setiap hari Sabtu dan Minggu.

Tak hanya berdekatan dengan Panggung Hiburan, tetapi juga dikelilingi oleh berbagai Gerai Batik dengan berbagai motif, Gerai Promo Meriah Kemeja Pria, Makanan Murah, Peralatan Fitness bagi kaum pria dan wanita, serta produk keperluan produk rumah tangga High End yang diobral. Satu lagi ada stand khusus menyajikan barang impor dengan harga super murah serta ada yang serba Rp. 10 ribu dapat 3 item. **bukan-diksi.

SBU : Silahkan Mbak, Mumpung Ada Super Diskon


TAHUN 2010

SBU : Silahkan Mbak, Mumpung Ada Super Diskon

Memasuki FSSF hari ke 15, maka secara umum outlet TELKOM Flexi di 18 Mall se kota Surabaya nampak paling menonjol dan masih menjadi idola pengunjung, bahkan di Plasa Marina Surabaya sempat menjadi background siaran sebuah TV lokal, yaitu JTV, Surabaya. Brand Telkom Flexi dalam siaran JTV tersebut sangat menyolok, sehingga hal boleh jadi merupakan promo gratis, tanpa brosur dan penawaran sudah tersiar.

Namun demikian, menawarkan produk secara aktif kepada setiap pengunjung FSSF 2010 - Flexi Surabaya Shopping Festival 2010 merupakan hal biasa dan selalu kita dengar sehari-hari di Outlet Flexi, bahkan dilakukan juga oleh beberapa outlet dan Tenant lainnya di PTC (Pakuwon Trade Center), Surabaya. Selain aktivitas menawarkan produk, maka aktivitas lain berupa pembagian brosur kepada para pengunjung juga dilakukan CSR Flexi.

Silahkan Mbak, Bapak, Ibu, Flexi lagi obral besar dengan super diskonnya, sapa CSR Flexi kepada para Pengunjung. Demikian juga dengan CSR Speedy melakukan hal yang sama, yaitu : Mbak, Adik, di rumah sudah punya internet belum ?? Ayo dong, buruan pasang, mumpung ada Tripple Bonus, terbatas selama 1 bulan saja lho. Pokoknya para CSR ini aktif menawarkan produk TELKOM, Speedy dan Flexi.

Berperan aktif dalam interaksi dengan para pengunjung Flexi Surabaya Shopping Festival 2010 merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan penjualan. Daya tarik pembeli tidak mungkin muncul begitu saja tanpa kita tawari terlebih dahulu. Bagaikan penjual obat, maka tak mungkin pengunjung mau beli obat jika tidak tahu khasiatnya. Penjelasan tentang khasiat inilah yang harus diperankan sang penjual secara aktif. **bukan-diksi.

FOTO : Aktivitas penjualan Flexi di Pakuwon Trade Center.

SBU : Bisa Minta Brosur Flexi Muslim


TAHUN 2010

SBU : Bisa Minta Brosur Flexi Muslim

Begini lo Mbak, anak saya pingin dibelikan Flexi Muslim, karena banyaknya pilihan, maka saya gak mau anak saya kecewa, lalu akan saya suruh pilih melalui brosur ini dulu, ya mbak, boleh kan mbak, tanya salah seorang pengunjung. Oh, boleh, boleh mbak dengan segala senang hati. Tapi jangan lupa, bahwa super diskon-nya hanya bulan ini saja lo mbak, jawab SPG Flexi lincah, bersemangat.

Brosur memang tak boleh disepelekan, sebab jika ada permintaan mendadak seperti itu kita harus selalu sedia dalam jumlah yang cukup. Jika persediaan menipis, maka sebelum habis harus mengambil ancang-ancang untuk mengajukan tambahan, jangan sampai persediaan sudah habis baru minta tambahan, pelanggan akan kecewa.

Hampir di setiap Big Sale, Pameran atau Exhebition, maka para produsen selalu membawa stok brosur dalam jumlah cukup. Sebab para pengunjung tak selamanya membeli produk, namun kendati tidak membeli mereka sudah cukup puas hanya membawa pulang brosurnya saja. Siapa tahu setiba di rumah tertarik, lalu esok harinya ingin membeli.

Nampaknya persediaan brosur selama diselenggarakannya FSSF 2010 yang akan berlangsung sebulan penuh ini lumayan cukup atau boleh dibilang memadai. Dari pantauan di 2 lokasi saja, yaitu di TP (Tunjungan Plasa) dan PTC (Pakuwon Trade Center) saja memang persediaan mulai menipis, tapi langsung dimintakan lagi, sehingga stock memadai, ditambah lagi pihak DTF memang selalu melakukan kontrol di 18 Plasa/Mall se Surabaya. **bukan-diksi.

FOTO : Seorang ibu muda meminta brosur di PAKUWON MALL.

SBU : SPG Bergaya, FSSF Tinggal 2 Minggu Lagi


TAHUN 2010

SBU : SPG Bergaya, FSSF Tinggal 2 Minggu Lagi

Karena FSSF 2010 masih kurang 2 minggu lagi atau masih cukup lama, maka para SPG-pun tentu masih bisa bergaya diantara berjubelnya pengunjung di hari-hari libur. Ada SPG Flexi dan ada pula SPG Speedy, dimana keduanya sangat kompak dan harmonis. Mereka sangat solid, sehingga dalam menawarkan produk ke pengunjung pameran selalu bagi-bagi tugas, yaitu ada yang disisi kanan depan, kiri depan bahkan di belakang, sebab outlet TELKOM memang memiliki dua sisi, yaitu depan dan belakang.

SPG di event FSSF 2010 ini banyak melakukan DIRECT PROMOTION bahkan melakukan juga DIRECT SALE. Mereka tampak suka melakukan tugas ini, sebab ada yang sebagian beralasan untuk menambah uang kuliah, rata-rata dari mereka adalah para mahasiswa dan mahasiswi yang nyambi kerja sebagai SPG. Dalam bisnis modern sekarang ini kehadiran SPG memang sangat dibutuhkan, mereka adalah salah satu pelaku Indonesia Business Advertisement.

Direct Marketing yang dilakukan para SPG ini diakui sangat efektif. Pariwara, atau woro-woro yang merupakan Word of Mouth Marketing (WoM) memang sangat powerful dan mampu mempengaruhi para pengunjung. Untuk itu jangan heran, jika industri otomotif sering menggunakan SPG untuk upaya WoM, sekaligus upaya tiga direct, yaitu DIRECT PROMO, DIRECT MARKETING dan DIRECT SALE.

Para SPG selama banyak mem-blow-up berbagai produk kita di berbagai event termasuk event FSSF 2010 ini. Sebagai bagian dari sebuah bisnis proses, maka SPG juga berfungsi sebagai DIRECT CHANNEL dan channel distribution. Ia juga berfungsi sebagai Method of selling and distributing product direct to customer. **bukan-diksi.

FOTO : ALL SPG yang selalu bergaya ceria di FSSF 2010.

Sosialisasi Product Knowledge IME Di Jajaran DCS-II SBU


TAHUN 2010

Sosialisasi Product Knowledge IME Di Jajaran DCS-II SBU

Seiring dengan perubahan yang terjadi dimana terjadi telah terjadi transformasi bisnis di tubuh TELKOM, maka telah terjadi pula portofolio bisnis yang mendasar, yaitu menjadi T.I.M.E (Telecommunication, Information, Media dan Edutainment). Tentu saja transformasi bisnis ini perlu diketahui dan difahami oleh seluruh jajaran DCS. Untuk itulah jajaran DCS-II SBU hari ini, Jumat (14/5) melakukan sosialiasi product knowledge IME di lantai-5 Jln. Mergoyoso 1-3, Surabaya.

Materi sosialisasi disampakan oleh Off-1 Channel Acquisition, Eri Susanto dengan judul materi : Sosialisasi IME Content, Speedy for Information, Media and Edutainment. Sosialisasi ini merupakan bagian peningkatan wawasan SDM khususnya menambah kompetensi yang disesuaikan dengan bisnis baru TELKOM, dimana di bisnis baru ini menghasilkan produk baru, sehingga sosialisasi product knowledge memang mendesak untuk dilaksanakan.

Memang seyogyanya setiap ada perubahan sudah disiapkan pelatihan, sehingga begitu berubah, maka karyawan siap menghadapinya. Jadi sosialisasi ini tak lain merupakan solusi darurat saja sambil menunggu pelatihan resmi yang memang diselenggarakan oleh Learning Center yang mutunya sudah tidak diragukan lagi.

Kita semua berharap dengan dilakukannya sosialisasi Product Knowledge IME Content ini, maka segala operasional khusus yang menyangkut pelayanan kepada customer berjalan dengan baik dan lancar, sehingga kepuasan customer yang menjadi harapan kita semua dapat menjadi kenyataan yang pada gilirannya citra TELKOM akan semakin meningkat. **bukan-diksi.

FOTO : Suasana Sosialisasi IME CONTENT, Jumat (14/5).

SBU : FSSF 2010 Tunjungan Plaza Ada Live Music


TAHUN 2010

SBU : FSSF 2010 Tunjungan Plaza Ada Live Music

Dalam bisnis memang harus kreatif dan proaktif dalam menjemput peluang pasar. Hal ini benar-benar dibuktikan oleh para pebisnis di Tunjungan Plaza Surabaya di Arena Flexi Surabaya Shopping Festival 2010 (FSSF 2010) yang melakukan penjualan dengan system LATE NIGHT SALE, DISCOUNT UP TO 80 yang dimulai jam 19.30 WIB hingga jam 22.00 WIB pada hari Jum’at (14/5). Tentu saja para pengunjung Tunjungan Plaza tak ingin segera pulang, sebab menanti datangnya Late Night Sale tersebut.

Letak kreatif yang lain ialah agar para pengunjung tak segera bergegas pulang, maka pihak manajemen Tunjungan Plaza menghadirkan LIVE MUSIC yang benar-benar memukau para pengunjung. Pemusik yang dimainkan oleh para brondong tersebut menampilkan hit-hit anak muda terkini, sehingga hampir semua pengunjung mengikuti alunan musik.

Ternyata Flexi menjadi ikon tunggal dalam penyelenggaraan SSF 2010 ini, maka tak heran jika Brand Flexi menjadi ikok utama dasn selalu menghiasi seluruh sudut Tunjungan Plaza, bahkan menjadi BACKDROPS LIVE MUSIC. Di Late Night Sale ini memang para pengusaha benar-benar membanting harga. All Items di ACE Hardware, All items di Atrium Tunjungan Plaza-2 yang terdiri dari barang elektonik merek-merek terkenal (branded items) melakukan Late Night Sale.

Lain Tunjungan Plaza (TP), lain pula Galaxy Mall (GM), kalau di TP potongan harga dimulai malam hari (latenight), tapi kalau DI GM justru sebaliknya, yaitu pagi hari yang dinamakan EARLY BIRD SALE yang diskonnya berlangsung hanya pada jam 10 pagi hingga jam 12 siang. Karena itu disarankan agar pengunjung hadir lebih pagi agar leluasa untuk mencari tempat parkir maupun memilih-milih barang terlebih dahulu. Wah, jangan bingung ya, terserah hadir pagi atau malam, yang jelas pilihan ada ditangan anda. **bukan-diksi.

FOTO : Live Music di TP-2 dengan Backdrop TELKOM FLEXI, Jumat (14/5).

SBU : Tim Sale Speedy Setia Di FSSF 2010


TAHUN 2010

SBU : Tim Sale Speedy Setia Di FSSF 2010

Di akhir minggu kedua pelaksanaan FSSF 2010 ini, Tim Sales Speedy dan Agency ternyata masih tetap setia menjaga outlet dan menawarkan produk Speedy ke para pengunjung di Tunjungan Plaza-2 (TP-2), Jumat (14/5). Tim Sales Speedy ini bergabung satu outlet dengan TELKOM Flexi yang menjadi jargon dan ikon utama FSSF 2010 di 18 Mall se Surabaya Metropolis.

Ikon Utama SSF 2010 adalah TELKOM Flexi, tapi pesertanya adalah seluruh pebisnis se Kota Pahlawan Surabaya yang memiliki stand atau toko-toko di 18 Mall yang tersebar di penjuru kota. Berarti, TELKOM Flexi benar-benar membawa berkah bagi pengusaha lainnya di event yang dihelat dalam rangka menyongsong HUT Surabaya yang ke-717 akhir Mei 2010 ini.

Sebagaimana Tim Flexi, maka Tim Sales Speedy juga menerapkan 2 shift setiap harinya selama 1 bulan penuh, yaitu sift pagi mulai jam 09.00 WIB pagi hingga jam 15.30 WIB siang, kemudian shift siang hingga malam mulai jam 15.30 WIB hingga jam 21.00 WIB. Wajah ceria terpancar dari setiap TimSales dan Agency yang menandakan, bahwa mereka sangat mendukung suksesnya perhelatan akbar dan commercial ini.

Soliditas antara Flexi dan Speedy inilah yang membuat nama TELKOM semakin besar dan sangat diperhitungkan oleh para provider dan operator lain. Bisa dibayangkan, Flexi mampu menjadi ikon utama Surabaya Shopping Festival 2010 dan Speedy juga mampu membuat program e-RT/RW yang selama 12 hari ``menyita`` jam kerja Pak Walikota karena beliaulah yang melaunching program besar tersebut. **bukan-diksi.

FOTO : Tim Sales Speedy Tetap Ceria di TP-2, Jumat (14/5).

SBU : Flexi Terus Memberi Penawaran Menarik


TAHUN 2010

SBU : Flexi Terus Memberi Penawaran Menarik

Paling jujur, paling hemat dan paling murah, itulah slogan TELKOM Flexi yang selalu menggema seantero Nusantara tak terkecuali di FSSF 2010 yang berlangsung di 18 Mall Surabaya Metro. Penawaran menarik terus dilakukan oleh Telkom Flexi selama 30 hari penuh, sehingga bagi yang menyia-nyiakan peluang baik ini memang pasti akan merugi, sebab diskon yang diberikan benar-benar membuat semua orang terperangah.

Boleh dibilang tebar hadiah selama 30 hari selama Mei, dan selain itu Flexi terus memberikan penawaran menarik di sejumlah pusat perbelanjaan selama momen SSF2010. Hadiah plus-plus untuk all item ditebar, dimana setiap pembelian di booth Flexi mendapatkan kesempatan mengambil undian langsung 3 setrika, 3 DVD player, dan 2 kipas angina. Promo ini berlangsung setiap hari, kupon undian bisa dilihat di setiap outlet Flexi.

Sementara di Plasa Marina lantai dasar tak kalah meriahnya dengan Mall lainnya. Disini Flexi bekerjasama dengan Plaza Cellular menawarkan hadiah yang menarik, bahkan pada akhir pekan terakhir di Mei ada hadiah langsung berupa televise 21 inch yang diikutsertakan dalam undian hadiah langsung.

Masih di Plasa Marina, Selain hadiah langsung dengan sistem ambil undian, Flexi juga memberikan beragam souvenir yang bisa langsung dibawa pulang oleh pembeli. Di antaranya, jam weker, gantungan kunci, dan bolpoin Flexi. Diskon senilai Rp 10 ribu hingga Rp 299 ribu juga diberikan untuk pengunjung yang mengadakan transaksi selama Surabaya Shopping Festival 2010. **bukan-diksi.

SBU : FSSF2010 Merupakan Strategi Jitu Flexi


TAHUN 2010

SBU : FSSF2010 Merupakan Strategi Jitu Flexi

Flexi Surabaya Shopping Festival 2010 harus diakui sebagai strategi jitu TELKOM Flexi untuk menyulap kota Surabaya yang pada HUT nanti akan berumur 717 menjadi SURABAYA BUMI FLEXI. FSSF2010 ini ternyata diikuti oleh ratusan pengusaha besar, menengah, kerajinan rakyat, opertor dan provider lainnya. Ikon utamanya tetap menggunakan Logo Brand TELKOM Flexi.

Pokoknya seluruh pemilik stand di 18 Mall ikut menikmati asyiknya arena FSSF 2010 ini. Contoh, Gerai Wendy’s di Surabaya Town Square lantai dasar ikut memberikan promo menarik selama SSF2010. Setiap pembelian paket combo satu sampai delapan gratis es krim coklat. Ada juga paket share pack seharga Rp. 70 ribuan yang berupa paket hemat bertiga. Paket tersebut berisi 3 ayam, 3 nasi, 6 nuggets serta 3 medium drink. Tak hanya itu, setiap pembelian paket combo, konsumen bisa meningkatkan kentang medium menjadi big size.

Pengusaha seprei di arena FSSF 2010 ini juga ikut nimbrung memberikan potongan 10 persen, pengusaha kopi luwak, kemeja batik pria wanita, salon, arloji, HP, Laptop, kemeja kasual, pokoknya di FSSF 2010 ini banyak promo hemo, diskon heboh merek ternama, jadi rasanya rugi jika menyiakan peluang emas ini.

FSSF 2010 ini tak hanya merupakan dalam menggaet pengunjung beberapa Mall di Surabaya, akan tetapi yang lebih penting disini adalah sebagai upaya penetrasi, advertising product, promo product yang sudah benar-benar branded serta jujur dan paling hemat. Bukan ini juga merupakan serangan pasar ? Kalau tidak percaya silahkan saja tanya ke pakar bisnis ! **bukan-diksi.

SBU : Shopping Festival 2010, Kejar EBS Atau LNS


TAHUN 2010

SBU : Shopping Festival 2010, Kejar EBS Atau LNS

Memang Flexi Surabaya Shopping Festival 2010 (FSSF2010) banyak memberikan berkah dan keuntungan bagi konsumen secara umum, sebab dengan adanya FSSF2010 ini seluruh pengusaha atau pemiliki stand di 18 Mall se Surabaya memberikan super diskon yang dikemas menjadi dua kemasan, yaitu diskon pagi hari yang dikemas dengan nama Early Birds Sale (EBS), sedangkan diskon malam hari dikemas dengan nama Late Night Sale (LNS).

Untuk diskon pagi hari atau EBS dimulai jam 10 pagi hingga jam 12 siang, sedangkan untuk diskon malam atau LNS dimulai jam 7 malam hingga jam 9 malam. Strategi diskon cara baru ini mungkin saja mampu menyerap calon pembeli yang memiliki waktu pas-pas-an karena kesibukan kerja sehari-hari. Dengan ditetapkannya dua kemasan diskon yang sudah jelas jam-nya, maka konsumen bisa meluangkan waktu ditengah kesibukannya untuk hadir di jam tersebut.

Untuk pebisnis, guru, dosen, karyawan atau karyawati yang pagi hari merupakan jam kerja jelas tidak akan dapat hadir di pagi hari yang merupakan jam kerja, maka pasti akan menyempatkan hadir pada malam harinya untuk mengejar diskon LNS yang memberikan potongan harga up-to 80 %. Sedangkan untuk ibu rumah tangga pasti akan hadir pagi hari usai menyelesaikan urusan dapur untuk mengejar Early Birds Sale.

Lain halnya pada hari-hari libur seperti Sabtu dan Minggu, dapat dipastikan arena FSSF ini akan membludak, sebab seluruh lapisan masyarakat semua pada libur dan ingin santai. Walau hanya sekedar cuci mata di Mall, namun tak menutup kemungkinan mereka akan tertarik untuk membeli produk tertentu, apalagi di hari libur ini merupakan bertemunya dua konsumen yang ingin menikmati kedua diskon, yaitu EBS dan LNS. **bukan-diksi.

SBU : FSSF Merupakan Strategi Promo Yang Smart


TAHUN 2010

SBU : FSSF Merupakan Strategi Promo Yang Smart

Flexi Surabaya Shopping Festival 2010 yang diselenggarakan dalam rangka HUT Surabaya yang ke-717 memang tergolong strategi promo yang cukup jitu dan smart. Brand TELKOM Flexi yang mewarnai 18 Mall se Kotamadya Surabaya menunjukkan pencitraan dan prestige Flexi, sehingga imej masyarakat bahwa Flexi memang terdepan di kelasnya.

Perhelatan akbar selama sebulan penuh yang diberi nama FSSF ini merupakan konsep unik dan terintregratif dalam bisnis yang melibatkan para retailer, tenant, pengrajin, pengusaha sampai kepada Usaha Kecil Menengah (UKM) dalam berpromosi, sehingga mereka ikuti tren memberikan diskon besar-besaran, hingga harga beberapa items mengalami terjun bebas.

Memang strategi promo itu terkadang mampu applicated dan diterima masyarakat ketika ia menyajikan sebuah diskon atau potongan harga yang dikemas sedemikian rupa, FSSF merepresentasikan kecerdasan sebuah promo disain dan bisnis disain yang pada gilirannya reputasi Flexi semakin meningkat.

Apalagi FSSF ini diadakan di 18 Mall seiring dengan pesatnya pertumbuhan ekonomi di Surabaya, sehingga memberikan nilai tambah retailer, tenant, UKM, dan pelaku ekonomi lainnya. Jujur saja Brand Flexi semakin branded dan semakin ada dihati masyarakat. FSSF, really,...really,....really,.....ruarr biasaa....**bukan-diksi.

SBU : Silahkan Mbak, Mumpung Ada Super Diskon

TAHUN 2010

SBU : Silahkan Mbak, Mumpung Ada Super Diskon

Memasuki FSSF hari ke 15, maka secara umum outlet TELKOM Flexi di 18 Mall se kota Surabaya nampak paling menonjol dan masih menjadi idola pengunjung, bahkan di Plasa Marina Surabaya sempat menjadi background siaran sebuah TV lokal, yaitu JTV, Surabaya. Brand Telkom Flexi dalam siaran JTV tersebut sangat menyolok, sehingga hal boleh jadi merupakan promo gratis, tanpa brosur dan penawaran sudah tersiar.

Namun demikian, menawarkan produk secara aktif kepada setiap pengunjung FSSF 2010 - Flexi Surabaya Shopping Festival 2010 merupakan hal biasa dan selalu kita dengar sehari-hari di Outlet Flexi, bahkan dilakukan juga oleh beberapa outlet dan Tenant lainnya di PTC (Pakuwon Trade Center), Surabaya. Selain aktivitas menawarkan produk, maka aktivitas lain berupa pembagian brosur kepada para pengunjung juga dilakukan CSR Flexi.

Silahkan Mbak, Bapak, Ibu, Flexi lagi obral besar dengan super diskonnya, sapa CSR Flexi kepada para Pengunjung. Demikian juga dengan CSR Speedy melakukan hal yang sama, yaitu : Mbak, Adik, di rumah sudah punya internet belum ?? Ayo dong, buruan pasang, mumpung ada Tripple Bonus, terbatas selama 1 bulan saja lho. Pokoknya para CSR ini aktif menawarkan produk TELKOM, Speedy dan Flexi.

Berperan aktif dalam interaksi dengan para pengunjung Flexi Surabaya Shopping Festival 2010 merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan penjualan. Daya tarik pembeli tidak mungkin muncul begitu saja tanpa kita tawari terlebih dahulu. Bagaikan penjual obat, maka tak mungkin pengunjung mau beli obat jika tidak tahu khasiatnya. Penjelasan tentang khasiat inilah yang harus diperankan sang penjual secara aktif. **bukan-diksi.

FOTO : Aktivitas penjualan Flexi di Pakuwon Trade Center.

Plasa TELKOM Dinoyo Surabaya Makin Menawan


TAHUN 2010

Plasa TELKOM Dinoyo Surabaya Makin Menawan

Transformasi organisasi yang dilakukan PT. Telkom ini merupakan perubahan yang paling besar sepanjang sejarah Telkom, termasuk didalamnya Transformasi Infrastruktur, oleh karena itu Plasa Telkom Dinoyo melakukan perubahan dalam bentuk phisik/bangunan yang mengacu pada New House Style Plasa dan Logo Telkom dan saat ini kondisi renovasi bangunan sudah mencapai 90 % tinggal pemasangan canopy dan repainting.

Diharapkan dengan ruangan plasa yang nyaman, representative, maka layanan yang diberikan kepada pelanggan menjadi semakin baik sehingga membuat pelanggan makin betah berada di plasa Telkom, karena semuanya serba baru baik perangkat IT, maupun karakteristik layanan dari para Customer Service Representative (CSR).

Plasa TELKOM Dinoyo yang baru ini benar-benar merepresentasikan komitment seluruh jajaran Customer Service Representatives (CSR) dalam memberikan Excellent Service di era persaingan yang semakin ketat sekarang ini. Yang paling penting dari semua itu adalah mampu memberikan Total Customer Satisfaction, dimana sejak awal TELKOM memang telah bertekad untuk mewujudkannya.

Perwujudan Total Customer Satisfaction dari waktu ke waktu memang sering berubah seiring dengan perubahan dan peningkatan kebutuhan Customer akan pelayanan prima, sebab pelayanan prima disatu era mungkin akan berbeda dengan layanan prima 1 atau 2 tahun kedepan, artinya tuntutan customer memang benar-benar berubah. Komitmen inilah yang terus menerus dipacu oleh TELKOM dan terus ditingkatkan seiring perkembangan zaman. **bukan-diksi.

FOTO : Interior Furniture Plasa TELKOM Dinoyo yang menggambarkan komitmen pelayanan total.

SBU : Di Pakuwon FSSF 2010, Flexinet Banting Harga


TAHUN 2010

SBU : Di Pakuwon FSSF 2010, Flexinet Banting Harga

FSSF 2010 (Flexi Surabaya Shopping Festival) yang merupakan agenda tahunan kota Surabaya sebenarnya merupakan arena banting harga bagi berbagai produk dan jasa. Bagi Arek-arek Suroboyo kendati menjadi tempat hiburan tersendiri setiap week-end, juga tak jarang dari mereka yang berbelanja. Arek-arek Suroboyo yang menyaksikan FSSF 2010 ini tak jarang yang hadir mengajak orang tua mereka, dengan harapan ada duit lumayan untuk membeli produk yang diinginkan, terlebih di musim BANTING HARGA sekarang ini.

Di arena FSSF 2010 ini, Flexi sendiri tak mau kalah, sebab untuk menarik perhatian dan minat anak muda yang hobi nge-Net, maka kali ini menawarkan produk terbarunya, yaitu Flexinet Unlimited dengan ketentuan Up To 153 Kbps, dan bisa diakses di lebih 300 kota di Indonesia. Yang penting lagi ialah harganya murah meriah dan sangat terjangkau yaitu Cuma Rp. 2.500,- per hari.

Selain itu, dalam rangka menambah semarak HUT ke-717 Surabaya, Counter Flexi yang ada di Pakuwon Trade Center (PTC) Surabaya, juga menyediakan Undian Diskon semacam Lucky Draw hanya saja isinya adalah jumlah diskon yang diberikan untuk satu item yang dibeli. Counter Flexi di PTC ini lokasinya dekat panggung hiburan ``Surabaya Big Sale``, sehingga pasti ramai dikunjungi anak muda setiap hari Sabtu dan Minggu.

Tak hanya berdekatan dengan Panggung Hiburan, tetapi juga dikelilingi oleh berbagai Gerai Batik dengan berbagai motif, Gerai Promo Meriah Kemeja Pria, Makanan Murah, Peralatan Fitness bagi kaum pria dan wanita, serta produk keperluan produk rumah tangga High End yang diobral. Satu lagi ada stand khusus menyajikan barang impor dengan harga super murah serta ada yang serba Rp. 10 ribu dapat 3 item. **bukan-diksi.