Mengenai Saya

SIDOARJO, JAWA TIMUR, Indonesia
Belajar Menjadi "Internal Jurnalism"

Sabtu, 04 September 2010

Deputy EGM DIVRE-V Apresiasi Anak Karyawan Yang Ke Amerika

TAHUN 2006

Deputy EGM DIVRE-V Apresiasi Anak Karyawan Yang Ke Amerika

Siapa yang tidak senang dan bangga punya anak terseleksi ke luar negeri, yaitu ke Negara Paman Sam, Amerika. ? Rekan kita bernama Agus Riyantowo bertugas sebagai Supervisor Channel Performance TELKOM SBT anaknya bernama Sella Mushallia akan ke Amerika, terpilih menjadi peserta pertukaran pelajar di sana selama 1 tahun. Setelah mendapat restu dari keluarga, maka untuk menambah AFDHOL, tadi Selasa (18/7) bertemu dengan Deputy EGM, Husni Thamrin untuk berpamitan ke manajemen, sekalian minta dukungan do’a seluruh jajaran TELKOM DIVRE-V.

Dalam kesempatan tersebut Deputy EGM berkenan memberikan bekal berupa do'a restu serta petuah-petuah yang sangat bermanfaat untuk Sella Mushalia yang memang mahir dalam berbahasa Inggris serta cukup memiliki Knowledge, sehingga terpilih sebagai duta bangsa. Disamping itu pertukaran pelajar ini bertujuan agar siswa mampu mengembangkan dirinya dan termotivasi untuk berwawasan global. Deputy EGM mengingatkan tentang kondisi cuaca serta culture masyarakat Amerika, termasuk anak-anak muda Amerika. Yang penting jaga citra Bangsa dan Negara Indonesia.
Petuah Husni memang sangat pas, sebab program pertukaran pelajar ini khusus diperuntukkan bagi kaum muda yang berprestasi, dengan harapan dapat terjalin interaksi yang lebih cepat serta memupuk rasa persaudaran antarbudaya. Program ini tidak hanya mengirim putra-putri Indonesia, tetapi dengan menerima siswa mancanegara menjadi anggota keluarga. Dengan demikian, wawasan semua orang yang terlibat baik langsung maupun tidak langsung akan lebih luas dan dapat lebih saling menghargai.
Setelah memberikan arahan dan petuah, Deputy EGM dalam kesempatan tersebut juga berkenan memberikan satu buah Laptop sebagai bekal Sella melaksanakan presentasi budaya Indonesia di sana yang penyerahannya akan dilaksanakan kemudian. Pemberian Laptop ini adalah sebagai apresiasi agar dengan bekal seperangkat IT sebagai sarana INFOCOM yang canggih Sella dapat ber e-mail ria dengan keluarga di Indonesia dan yang penting dapat meraih sukses.

NURSIDIK

TELKOM SBT Pecahkan Rekor JATIM Penjualan SPEEDY & NKU Terbaik

TAHUN 2006

TELKOM SBT Pecahkan Rekor JATIM Penjualan SPEEDY & NKU Terbaik

Kemarin kita telah memecahkan rekor dalam penjualan SPEEDY, yaitu per hari mencapai 27 sst, hal ini disebabkan penambahan alat produksi yang sudah okey. Mari kita pertahankan dan tingkatkan, kita akselerasikan sales Speedy ini semoga Always The Best, harap GM TELKOM SBT, Badriyanto usai SKJ di halaman parkir OPMC Jln. Ketintang 156, Surabaya.

Keberhasilan TELKOM SBT ini menyusul dihelatnya kick off SPEEDY & CUSTOMER DAY CAMPAIGN dua hari sebelumnya dengan kegiatan Customer Visit yang meliputi Prime Personal Customer, Personal Customer, Pengelola Wartel serta Warnet. Kick off bukan sekadar seremonial, tetapi benar-benar membuahkan hasil nyata. Strategi sales TELKOM SBT terus dinamis, fleksibel dan selalu dikondisikan dengan perkembangan permintaan pasar.

Prestasi lain menurut Badri adalah, bahwa Mei 2006 kemarin ternyata TELKOM SBT berhasil meraih NKU Terbaik, sedangkan DIVRE-V sendiri berhasil pula meraih NKU terbaik tingkat Nasional. Akselerasi penetrasi dan sales terus dipicu dan dipacu oleh jajaran TELKOM SBT, sehingga diharapkan mampu mengakhiri tahun 2006 yang kurang 1 semester ini dengan sukses.

Untuk Oneday kring kemarin nampaknya semakin seru aja, kata DGM SBT, Sujito yang pagi itu duet bergantian dengan Badriyanto memberikan info kepada seluruh jajaran. ”Hari ini kita mampu tembus 200 sst kring, pokoknya makin seru aja deh..!!”, kata Sujito seraya mengajak agar dipertahankan, sehingga mampu menjadi milestone yang lebih membanggakan.

Khusus masalah Employee Get Customer, Customer Day, Customer Visit, Badri meminta agar kita lebih komunikatif dan lebih dekat lagi dengan para pelanggan, sehingga keberhasilan pencapaian hasil visiting kemarin dapat ditingkatkan. Pelanggan yang PK (Pasang Kembali) ternyata lumayan. Next proses adalah antisipasi membludaknya pelanggan di Plasa Telkom, sebab selain ada yang PK, maka ada juga yang membayar rekening dimana diperkirakan mencapai puncaknya pada tanggal 19 dan 20.

NURSIDIK

DGM SBT Serahkan Hadiah TV Kepada Pemenang Lomba Dinas

TAHUN 2006

DGM SBT Serahkan Hadiah TV Kepada Pemenang Lomba Dinas

Lomba Dinas Jarakses Tingkat KANDATEL SBT yang telah dihelat selama 2 hari di STO Manyar telah selesai pada hari Kamis (15/6) jam 10 malam dan telah ditutup secara resmi oleh DGM TELKOM SBT, Sujito dihadiri oleh beberapa Senior Leaders. Para pemenang langsung diumumkan dan hadiah berupa 6 buah TV SHARP juga langsung diserahkan oleh Sujito malam itu juga.

Sujito dalam sambutan penutupan, antara lain mengatakan, bahwa lomba dinas Jarakses ini dipicu oleh kebutuhan untuk meningkatkan daya saing SDM, yaitu para teknisi ahli Jarakses. Pada lomba ini, kompetensi kita diuji. Apalagi di era yang serba kompetitif saat ini, maka SDM mau tak mau harus selalu meningkatkan daya saingnya.

Manajemen selalu berupaya meningkatkan kompetensi SDM dari berbagai jalur aktivitas, serta menyasar dimensi SDM sebagai assets yang berpotensi luar biasa dalam menggerakkan roda organisasi yang dihadapkan pada persaingan yang maha dahsyat. Dengan lomba kedinasan semacam ini, kita akan selalu meng-update ketrampilan kita sesuai dengan perkembangan teknologi dengan segala inovasi terkininya.

Adapun para pemenangnya adalah : Juara-I KAT pasangan Adi/Yustrianto, Juara-II pasangan Sukasno/Masrum, Juara-III pasangan Harso/Mujiono. Juara-I KAF pasangan Suluh/Subiyantoro, Juara-II pasangan Abdullah/Edi Susilo (hanya Juara-I dan II saja). Juara-I KAR pasangan Eddy RS/Yoyok.W (hanya Juara-I saja). Selamat ke kompetisi berikutnya tingkat DIVRE-V dan tingkat Nasional, rebutkan hadiah tiket ke LN !

NURSIDIK

Dari Lomba Jarakses SBT, Terkuak Kekurangan Tenaga RAN

TAHUN 2006

Dari Lomba Jarakses SBT, Terkuak Kekurangan Tenaga RAN

Lomba kedinasan Jaringan Akses yang digelar oleh TELKOM SBT selama 2 hari mulai Rabu sampai Kamis (15/6) di JCC STO Manyar Surabaya, ternyata selain mampu menghasilkan tangan-tangan trampil dan ahli dibidangnya, juga mampu mengidentifikasi betapa sedikit/langka tenaga ahli dibidang KAR (Kabel Akses Radior) atau RAN (Radio Access Network), sebab peserta lomba yang berminat dibidang ini hanya 4 orang saja.

Reporter yang hadir pada lomba hari kedua atau terakhir ini melihat hanya ada 3 jenis Jarakses yang dilombakan, yaitu KAR (Radio), KAF (Fibre) dan KAT (Tembaga). Peserta KAR hanya 4 orang yang dibagi 2 group. Peserta KAF ada 6 orang yang dibagi 3 group dan peserta KAT adalah yang paling banyak, yaitu 16 orang dan dibagi kedalam 8 group.

Untuk KAR yang dilombakan adalah teori dan cerdas cermat, untuk KAF cerdas cermat dan praktek, untuk KAT sama, yaitu cerdas cermat dan praktek. Durasi waktu yang paling lama adalah lomba praktek KAT, yaitu penyambungan kabel, sebab memang paling banyak pesertanya, dimana setiap group memakan waktu 4 jam.

GM SBT, Badriyanto saat membuka secara resmi sehari sebelumnya memang sudah meminta agar untuk KAT tanpa menggunakan tenda, jadi biar saja dibawah terik matahari kota Surabaya yang menyengat. Hal ini dimaksudkan agar para peserta benar-benar seolah bekerja seperti jam kerja biasanya, sehingga mampu menghasilkan yang terbaik.

NURSIDIK

GM TELKOM SBT Menyayang Pelanggan, Kunjungi Warnet BARETTA

TAHUN 2006

GM TELKOM SBT Menyayang Pelanggan, Kunjungi Warnet BARETTA

Siapa sih yang nggak sayang sama pelanggannnya, terlebih di era persaingan yang semakin ganas saat ini ? Tentu semua menyayanginya, bahkan mempertahankan agar tidak pindah ke pesaing. Untuk menyayangi pelanggan, GM TELKOM SBT, Badriyanto pada hari Rabu (14/6) telah berkunjung sebuah Warnet ‘gemuk’ milik Pak Komara, yaitu “WARNET BARETTA” beralamat di Jln. Bratang Gede 105, Surabaya.

Dalam persaingan, maka barangsiapa yang memenangkan pelanggan, berarti dialah yang memenangkan persaingan. Hal inilah yang menjadi pemicu GM untuk selalu berusaha mendekati pelanggannya. Warnet BARETTA ini memiliki 23 unit computer dengan fasilitas internet menggunakan Speedy Broadband Access, dan memiliki 2 modem.

GM menanyakan soal keluhan selama ini yang pernah dirasakan perihal pelayanan PT. TELKOM, yang dijawabnya bahwa secara umum tidak ada keluhan yang berarti, bahwa pihak pemilik Warnet sama sekali tidak pernah mengajukan pengaduan kerusakan atau gangguan, artinya selama ini baik-baik saja. Hanya saja kalau bisa ditambah modem agar mampu meningkatkan layanan kepada pengguna internet yang setiap harinya tidak pernah sepi pengunjung.

GM juga berkesempatan dialog dengan para pengunjung soal koneksi internet yang dijawab pengunjung, bahwa koneksi dengan Speedy sangat cepat, walau ada delay time itu adalah wajar, ketimbang selain Speedy. Mas lagi browsing apa ?, Tanya Badri. Saya sedang DOWNLOAD program anti virus terbaru, dan program atau aplikasi terbaru lainnya. Untuk dijual lagi, ya ? Tanya Badri. Yang ditanyapun senyum saja, sambil membenahi Flash Disk di CPU. Syukur banget deh ada speedy, download cepat. Untuk bisnis lagi…!!! potong Badri cepat sambil mengimbangi senyum sang pengunjung.

NURSIDIK

GM SBT Buka Lomba Dinas Jarakses, Agar SDM Lebih Trampil

TAHUN 2006

GM SBT Buka Lomba Dinas Jarakses, Agar SDM Lebih Trampil

Bertempat di JCC (Jawara Competence Center) STO Manyar Surabaya, GM TELKOM SBT Badriyanto telah membuka secara resmi Lomba Dinas Jarakses, Rabu (14/6). Pembukaan Lomba yang dihadiri oleh 2 Manager Opakses dan Harakses ini dihadiri pula oleh seluruh peserta dari DATEL SBT, CATEL SDA, CATEL MR dan CATEL JG yang keseluruhan peserta lomba berjumlah 26 orang.

Badri meminta agar seluruh peserta selalu menjadi atau memiliki mental juara, sebab lomba ini merupakan seleksi awal untuk kemudian akan dilombakan di tingkat DIVRE dan tingkat nasional. Kalau ingin tiket ke luar negeri, maka jadilah mental juara, sebab para pemenangnya akan mendapat hadiah tiket ke luar negeri, katanya.

Saya yakin, bahwa para peserta adalah bermental juara semua dan dapat diandalkan seperti perlombaan tahun-tahun sebelumnya. Jadi dedikasikan keahlian kalian dalam lomba kedinasan ini ! Dalam lomba kedinasan ini ada TEORI dan PRAKTEK yang masing-masing punya bobot nilai tersendiri. Kerjakan dengan baik dan tenang, jangan grogi, pinta Badri.

Teknologi selalu berkembang sesuai dengan eranya. Era yang kita masuki sekarang adalah era broadband akses, jadi JAWARAnya adalah JAWARA BROADBAND AKSES. Kita harus selalu meningkatkan ketrampilan kita sesuai dengan perkembangan teknologi telekomunikasi setiap saat, loma kedinasa ini adalah satu medianya. Apalagi assets Akses saat ini memiliki porsi paling besar yang harus dikelola dengan baik dan benar sesuai dengan kompetensi kita dan PPJT.

NURSIDIK

Manager Naik Tiang, GM SBT Ke RK Untuk Labelisasi Layanan Broadband Siap Jual !


TAHUN 2006

Manager Naik Tiang, GM SBT Ke RK Untuk Labelisasi Layanan Broadband Siap Jual !

Seluruh resources dikerahkan untuk melakukan aktivitas JUAL, JUAL dan JUAL !!! Tak terkecuali para Senior Leaders TELKOM SBT memberikan support langsung turun ke lapangan. Dua Manager naik tiang telepon ke DP, sedangkan GM mendatangi RK (Rumah Kabel), Rabu (14/6) di lokasi STO Manyar dan STO Gubeng untuk melakukan LABELISASI “BROADBAND SUPPORT”, artinya bahwa untuk lokasi sekitar DP dan RK tersebut sudah ada fasilitas broadband akses, sehingga layanan SPEEDY dikatakan AVAILABLE atau READY TO SERVE !!!

Strategi labelisasi ini dilakukan oleh manajemen TELKOM SBT, agar para konsumen tak ragu-ragu untuk mengajukan aplikasi pasang baru fasilitas SPEEDY di rumahnya. Para konsumen atau pelanggan cukup melihat laber yang informative diharapkan sudah mengerti kalau di lokasi tersebut tersedia jaringan broadband akses untuk SPEEDY.

Speedy harus dikampanyekan dan di blow-up. Kesiapan Akses Broadband dilakukan untuk mendukung percepatan penetrasi dan layanan produk Speedy. Selain kegiatan labelisasi di cabinet atau RK, juga sebelumnya dilakukan identifikasi pemetaan alat produksi. Agar data selalu akurat demi kepuasan calon pelanggan yang bakal pasang baru, maka dilakukan pula kegiatan validasi data akses broadband, serta pengukuran rutin jaringan akses broadband.

Beberapa New Ideas dalam aktivitas JUAL, JUAL dan JUAL ini selalu diakomodir oleh menajemen secara dinamis dan proporsional. Apalagi lagi new ideas tersebut sebenarnya merupakan informasi dan merupakan sebagian dari pada inspirasi untuk menetapkan strategi marketing. Setiap new ideas dan information yang mengarah ke strategi marketing selalu di develop oleh manajemen TELKOM SBT. Hasilnya adalah : Labelisasi & Customer Day !

NURSIDIK

Rohadiyanto Lakukan Customer Visit, 4 Pelanggan Ceriah & Welcome, 6 Lainnya Biasa Saja

TAHUN 2006

Rohadiyanto Lakukan Customer Visit, 4 Pelanggan Ceriah & Welcome, 6 Lainnya Biasa Saja

Hari Rabu sebagai Customer Day yang ditetapkan oleh manajemen TELKOM SBT disambut dengan tindakan nyata oleh seluruh jajaran secara serentak. Pada hari itu juga, Rabu (14/6) dengan didukung SDM mitra, seluruh SDM organik melakukan Customer Visit. Target kunjungan setiap SDM ada yang 8 pelanggan atau 8 alamat, ada pula yang 10 alamat. Hampir setiap sudut kota Surabaya Metro hari itu juga dijelajah.

Boleh dibilang, bahwa kantor SBT (termasuk CATEL-CATEL) hari itu sepi, sebab semua pada keluar mengunjungi pelanggan, termasuk para Senior Leaders semua ada di lapangan, ada di rumah pelanggan. Yang tidak sepi adalah loket-loket pelayanan, sebab para petugas harus selalu stand by dan tetap senyum memberikan layanan primanya, sehingga kepuasan pelanggan paling tidak dapat di maintain agar tetap mempercayakan untuk tetap menggunakan produk Telkom saja.

Kisah rekan Rohadiyanto (Yanto) ketika mendapat target 10 alamat, hari itu juga tuntas. Semua alamat ada di Kelurahan Dr. Sutomo, tepatnya di alamat Jln. Kupang Segunting. 10 pelanggan ini menunggak semua, tugas SDM adalah mengingatkan, merentesi agar tidak ada cabutan. Seandainya seluruh pelanggan seperti 4 orang yang saya kunjungi, maka program ECR (Employee Customer Retention) dalam Customer Day ini pasti sukses, kata Yanto di ruang kerjanya sambil menyusun laporan hasil Customer Visit !

Bapak dari TELKOM, ya...?Wah, maaf Pak..saya memang belum bayar,.....apa mau saya bayar sekarang juga, Pak, disini saja ya Pak,.....dsb.... Itulah sepenggal ucapan jawaban Customer kita saat dikunjungi rekan Yanto. Mereka yang sangat welcome sekali berjumlah 4 orang, yang 6 orang lainnya biasa saja alias dingin, kata Yanto.

NURSIDIK

TELKOM SBT Kampanye SPEEDY & Customer Day !


TAHUN 2006

TELKOM SBT Kampanye SPEEDY & Customer Day !

Genderang perang untuk mengkampanyekan produk Speedy dan meretensi pelanggan telah ditabuh oleh jajaran TELKOM SBT dalam bentuk apel pagi, Rabu (14/6) di halaman parkir Gedung OPMC Jln. Ketintang 156, Surabaya. Kampanye ini didukung oleh kekuatan penuh jajaran TELKOM SBT dan Mitra berkualitas, handal, terpercaya.

GM TELKOM SBT, Badriyanto dalam pidatonya, antara lain mengatakan, bahwa di era kompetisi sekarang ini, maka akan sering terjadi perebutan pelanggan diantara para kompetitor. Jadi mari kita pertahankan pelanggan kita jangan sampai lari. Hari ini kita Kick Off Program Kampanye Speedy dan Customer Day dengan harapan pelanggan kita terus bertambah, tidak lari.

Program “Customer Day dan Kampanye Kesiapan Akses Broadband” dilatarbelakangi dari keinginan untuk memberikan layanan yang terbaik kepada pelanggan, mengingat status pelanggan saat ini merupakan asset yang perlu “dirawat dan dikembangkan”, sehingga sasaran perusahaan tercapai atau terwujud.

Upaya ini memerlukan komitment dan kerjasama seluruh jajaran dalam upaya memberikan layanan terbaik kepada pelanggan yang notabene adalah RAJA. Mari kita proaktif mendukung tercapainya sasaran kinerja perusahaan yaitu C3MR melalui program ECR atau Employee Care Retention. Program Customer Day yang diikuti oleh seluruh kekuatan penuh ini akan menyasar pelanggan dengan kategori : Personal Customer, Prime Personal Customer, Pengelola Wartel dan Warnet.

NURSIDIK

Kick Off "Customer day and Campaign Speedy"


TAHUN 2006

Kick Off "Customer day and Campaign Speedy"

Kick Off "Customer day and Campaign Speedy" telah dilaksanakan Rabu (14/6) di Kancatel Mojokerto dengan menggelar apel yang diikuti seluruh komponen Catel Mojokerto. Kegiatan yang menandai pelaksanaan kunjungan berkelanjutan setiap Rabu minggu pertama dan minggu ke empat itu pagi tadi memberangkatkan 4 regu sarana roda 4. Kunjungan ini bertujuan diantaranya Customer Win back berupa penawaran Pasang Kembali (PK) , Customer Retention dan Service Quality Improvement untuk kebutuhan layanan broadband.

Dalam kata sambutannya dihadapan seluruh pasukan, Arif mengatakan bahwa ini moment yang tepat untuk meningkatkan segala bentuk layanan Telkom, karena selama kita masih bisa terus memberikan yang terbaik Insyallah pelanggan kita tidak akan lari ke kompetitor. Setelah kegiatan apel pagi dilanjutkan dengan pelepasan regu yang tergabung dalam kegiatan Customer Day.

”Tendangan Pertama” Arif

Selang beberapa saat setelah pelaksanaan apel, Arif Irfansah langsung melaksanakan “Tendangan pertama” pada 3 perusahaan besar, adalah PT. Plastindo Pratama, PT. Indo Karisma Agung Sentosa (IKASA). Keluhan berupa sulit menghubungi beberapa nomor ke Jakarta dan sulitnya menghubungi Negara Rumania yang diutarakan pelanggan Plastindo, langsung ditindaklanjuti Arif dan rekan-rekan UPNA MR dan clear saat itu juga.

Ari kunjungan ke PT. IKASA, Arif mendapat sanjungan karena selama menjadi pelanggan Telkom tidak pernah ada gangguan, dan Pak Anggi sebagai wakil perusahaan yang bergerak dalam bidang trafo lampu pijar itu juga menyampaikan terimakasih atas layanan yang telah diberikan oleh PT Telkom. Kunjungan ini disertai dengan pengisian kuisioner dan pemberian souvenir yang intinya harapan dan apa yang telah dirasakan dalam pelayanan Telkom selama ini.
***Nanang Kristyo M***

Orang Nomor “Wachid” Di TELKOM SBT Working Around Ke Plasa Telkom Demi Pelanggan

TAHUN 2006

Orang Nomor “Wachid” Di TELKOM SBT Working Around Ke Plasa Telkom Demi Pelanggan

Dengan “working around”, maka “basic information” akan didapat secara langsung dari sumbernya, yang akhirnya diketemukan “important considerations and solve the problems”, demi mempertahankan pelanggan. Hal inilah yang dilakukan GM TELKOM SBT, Badriyanto ke Plasa Telkom Dinoyo, salah satu Plasa Telkom terbesar yang berlokasi di Jln. Dinoyo 48, Surabaya, Selasa (13/6).

Baik Customer, maupun Petugas Plasa Telkom tak lepas dari wawancara orang nomor satu di TELKOM SBT ini. Bapak lagi bayar telepon, ya Pak ? Tanya Badri. Oh,…tidak, saya sedang ingin pasang kembali (PK) telepon saya, jawabnya singkat. Nah, terkuak, bahwa dengan banyak cabutan, ternyata ada yang ingin melakukan PK. Ini harus dapat kita antisipasi dengan membludaknya pembayaran rekening telepon yang biasa terjadi pada tanggal 19 dan 20 setiap bulannya.

Badri juga bertanya kepada beberapa petugas Plasa Telkom soal nomor antrian yang tersistem apakah berjalan tertib, juga soal rata-rata durasi pelayanan kepada setiap pelanggan, antisipasi jika pembayar rekening membludak. Badri juga memasuki Ruang Recovery yang didedikasikan untuk Sang Raja, yaitu Customer. Papan Informasi di Plasa Telkom juga dicek, apakah cukup informatif, apakah ada yang kadaluarsa dan sebagainya.

Banyak keuntungan yang didapat dari working around, walau terkadang hanya sekadar say hello saja, namun akan memiliki value yang positif, baik bagi pelanggan, maupun bagi petugas. Ini adalah salah satu style dari seorang Leader yang antisipatif terhadap kondisi yang semakin kompetitif. Hal yang semula tidak diketahui, maka dengan working around menjadi tahu. Hal-hal yang perlu koordinasi, maka akan dikoordinasikan dengan para Senior Leaders di forum tersendiri.

NURSIDIK

GM TELKOM SBT Lakukan TURBA, Cek Kondisi TELUM


TAHUN 2006

GM TELKOM SBT Lakukan TURBA, Cek Kondisi TELUM

Mengingat Telepon Umum merupakan sarana untuk membantu warga yang tidak memiliki fasilitas telekomunikasi, maka kehandalannya perlu senantiasa dicek, apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak, kondisinya layak atau tidak. Selain itu, TELUM juga mencerminkan wajah TELKOM, sehingga akan membawa citra bagi perusahaan. GM TELKOM SBT, Badriyanto langsung TURBA (Turun Kebawah : Red.), yaitu mengecek kondisi TELUM ke lapangan pada hari Selasa (13/6).

Masalah citra di era persaingan saat ini sangat mempengaruhi reputasi perusahaan yang akan menguntungkan kompetitor. Tiada pilihan lain bagi Badri untuk turun langsung mendatangi salah satu shelter sebagai sampling. Satu persatu diangkatnya gagang telepon yang berlokasi di Jln. Dinoyo 48, Surabaya. Sebagian berfungsi baik dan sebagian tidak. Seketika itu juga Badri langsung call ke unit kerja yang menangani TELUM untuk datang ke lokasi TELUM dimaksud. Dalam waktu yang tidak terlalu lama, maka petugas datang.

Lokasi shelter TELUM yang didatangi Badri sangat strategis, sehingga diharapkan kehandalan FASTELUM ini selalu dalam kondisi prima, agar selain memberikan tambahan revenue, juga akan memberikan citra yang baik di mata masyarakat. TELUM merupakan salah satu cermin layanan TELKOM kepada pengguna jasa, yaitu masyarakat, jadi layanan umum ini harus ditingkatkan demi kepentingan KONSUMEN. Hal ini selaras dengan program GCC, Good Corporate Citizenship.

NURSIDIK

DGM TELKOM SBT Di Sidoarjo “Oneday Clear For SPEEDY”


TAHUN 2006

DGM TELKOM SBT Di Sidoarjo “Oneday Clear For SPEEDY”

Seluruh Senior Leaders TELKOM SBT selalu “membaca” gelagat competitor di era persaingan yang semakin ganas, lantas mereka berpencar ke segala penjuru Surabaya Metro Area, tak terkecuali DGM TELKOM SBT, Sudjito yang pada hari Selasa (13/6) bertandang ke TELKOM Sidoarjo mengumpulkan para SALES FORCES untuk memberi briefing tentang strategi sales TELKOM SBT.

Kehadiran Sujito di Aula Telkom Sidoarjo disambut hangat oleh Sang JM Tri Agung dan seluruh jajarannya, termasuk para pasukan marketer yang tergabung dalam SALES FORCES. Tri Agung dalam sambutannya, mengajak para tenaga SALES untuk lebih proaktif dan menyerang agar pemasaran mampu meraih pangsa pasar sebanyak-banyak. Manajemen siap mendukung dan mensolusikan segala rintangan di “medan perang”, katanya.

Sementara itu, Sujito yang lebih banyak memberikan masalah kebijakan manajemen soal pemasaran beserta kiat-kiatnya, antara lain mengatakan, bahwa New Engine Driver SPEEDY telah siap dipasarkan di kawasan “kota udang” Sidoarjo, promo telah dilakukan dengan baik, mari kita BOOMING-kan New Engine Driver ini. Pergerakan kita harus lebih cepat dari competitor, kalau tidak tentu pangsa pasar akan dikuasai terlebih dahulu.

Untuk SPEEDY kita sepakati ONEDAY CLEAR selama jaringan layak. Seluruh sumber daya harus mampu mengantisipasi setiap pergerakan competitor dan yang penting pertahankan pelanggan yang sudah ada, sebab mereka adalah assets kita membuat kita powerfull, dan terus eksis. Pelanggan adalah Raja yang memiliki power luar biasa, jadi harus kita maintain dengan sebaik-baiknya, sentuh hatinya, layani dengan penuh kasih sayang.

NURSIDIK

Ucapan Selamat GM SBT Kepada Walikota Madya Surabaya


TAHUN 2006

Ucapan Selamat GM SBT Kepada Walikota Madya Surabaya

Penghargaan Presiden Republik Indonesia berupa ANUGERAH ADIPURA 2006 kepada KOTA SURABAYA sebagai kota terbaik dalam pengelolaan lingkungan perkotaan untuk kategori kota metropolitan telah diarak keliling oleh Walikota Madya Surabaya, Bambang DH mulai dari Bandara Internasional JUANDA SURABAYA hingga ke Kantor PEMKOT Surabaya, Selasa (13/6).

Setibanya di Kantor PEMKOT, Bambang DH disambut oleh para Pimpinan Instansi Pemerintah dan swasta, ABRI, DPRD, Tokoh Masyarakat, LSM dan Pimpinan BUMN termasuk TELKOM DIVRE-V Jawa Timur. GM SBT, Badriyanto yang diminta EGM DIVRE-V untuk mewakilinya, pagi itu langsung bersalaman dengan Walikota memberi ucapan selamat.

Kontribusi BUMN atas diraihnya Anugerah Adipura 2006 ini memang cukup lumayan. TELKOM sendiri selama ini selalu bersinergi dengan Pemda untuk program Peduli Lingkungannya, antara lain Penghijauan Kota, Renovasi Taman Umum, Kebersihan FASTELUM, dan lain-lain. Tak heran kalau para Pimpinan BUMN ini diundang di Balai Kota yang berdiri gagah di jantung kota Surabaya saat tibanya Anugerah tersebut.

Walikota dalam sambutan singkatnya, antara lain mengatakan, bahwa Anugerah ini berkat kerja keras dan cerdas seluruh warga kota Surabaya termasuk Instansi Pemerintah, Swasta BUMN dan ABRI, sehingga Kota ”Pahlawan” ini dinilai oleh Dewan Juri ”GREEN & CLEAN” dan pantas mendapat Penghargaan Adipura. Mari kita sama-sama pertahankan kebersihan dan keindahan kota ini, sebab kalau tidak, maka akan dicabut kembali Anugerah ADIPURA ini.

NURSIDIK

(( M E L E D A K )) : Bisnis Pulsa HP jadi Primadona di Indonesia


TAHUN 2006

• Minggu, 11/06/2006 00:38
(( M E L E D A K )) : Bisnis Pulsa HP jadi Primadona di Indonesia
Punya HP ? Kami punya cara cerdik untuk anda. Jangan biarkan Handphone anda menguras dompet anda. Bikin handphone anda Bekerja dan menghasilkan Uang Ratusan Juta. Jalankan Bisnis Pulsa berikut ini. Anda pasti Tertawa senang.
Dapat DUIT banyak dari HP Anda
Raja Prepaid Hadir di Indonesia

Kebanyakan orang membeli pulsa hp dimana mana tempat. Padahal kalau dipikirkan dengan bijaksana. Beli pulsa hp pakai uang dan terkadang sampai menguras dompet anda. Pulsa anda habis untuk sms dan telpon saja. Kapan nabungnya kalau begini terus ?

Orang Pintar pasti ada cara pintar untuk mengisi Pulsa HP. Yaitu dengan cara menjalankan Bisnis Pulsa HP tersebut. Ada 5 alasan penting anda harus segera berbisnis Pulsa HP :
1. Berbisnis pulsa HP sangat mudah sekali, semudah anda ber sms. Anda bisa menggunakan HP anda untuk bekerja menghasilkan Uang ratusan juta rupiah.

2. Bisnis pulsa hp bisa anda jalankan kapan saja dimana saja. Dari Kantor saat anda bekerja bisa. Dari Rumah saat anda Santai bisa. Dari Mall saat anda jalan jalanpun bisa.

3. Tidak mengganggu pekerjaan atau rutinitas anda. Justru menambah semangat anda untuk beraktifitas. Makin semangat untuk sms dan bertelepon.
4. Pangsa Pasar sangat besar sekali. Sekarang harga HP makin murah, berarti makin banyak orang yang mampu membelinya dan semakin banyak pulsa hp yang dibutuhkan.

5. Modal untuk berbisnis pulsa HP cukup terjangkau. Hanya perlu modal uang Rp.300.000 sampai Rp.800.000 saja.

KABAR MENYENANGKAN
Saat ini ada Perusahaan Besar bisnis Pulsa HP dari Negeri jiran Malaysia yaitu Raja Prepaid sedang ekspansi membuka bisnis di Indonesia.

RAJA PRE PAID INDONESIA
Pada tanggal 14 Juni 2007 akan dibuka kantornya di Jakarta. Anda bisa bergabung di bisnis Pulsa Raja Prepaid di awal pembukaan bisnis ini. Pergunakan waktu dan kesempatan emas ini sebaik mungkin.

Ada 40 Juta pemakai handphone di Indonesia dan setiap tahun terus bertambah. Kami mengajak anda semua yang sekarang memiliki Handphone untuk bergabung di Bisnis Pulsa Raja Prepaid.

Ingin Sukses di awal bulan Juli 2007 ?

Bergabunglah bisnis Raja Prepaid. Gunakan HP anda bekerja dan menghasilkan Uang Puluhan Juta Rupiah.

Team Group kami berkembang sangat pesat di seluruh Indonesia. Kami akan senang membantu anda sukses cepat di bisnis ini.

Silahkan DAFTAR GRATIS melalui link dibawah ini :

Raja Prepaid Team Indonesia

Lalu baca email balasan dari kami. Kunci Posisi Anda Secepatnya. Bisnis Pulsa HP ini sangat terjangkau dan tidak mahal. Cukup modal Rp.300.000 atau Rp.810.000 saja.

Dicari Team Leader di Kota :

JAKARTA BEKASI TANGERANG BANDUNG SEMARANG JOGJAKARTA SURABAYA MALANG DENPASAR MAKASSAR SAMARINDA PONTIANAK PALANGKARAYA BANJARMASIN GORONTALO MANADO JAYAPURA JAMBI PALEMBANG PADANG PEKANBARU BANDA ACEH

Marketing Sidoarjo Gelar Promo Speedy Di GIANT Hypermarket & SUNCITY FAIR


TAHUN 2006

Marketing Sidoarjo Gelar Promo Speedy Di GIANT Hypermarket & SUNCITY FAIR

Koneksi superfantastis, super high speed, yaitu Speedy yang merupakan New Engine Driver terus merambah beberapa pasar di Area TELKOM Sidoarjo. Kini produk penembus ‘dunia maya’ ini menggelar promo di GIANT Hypermarket & SUNCITY FAIR Sidoarjo selama 10 hari, mulai 10 hingga 20 Juni 2006. Jajaran TELKOM Sidoarjo ingin melibas target secara nyata, bukan maya.

Para teknisi mempersiapkan jaringan dengan matang, sedangkankan pihak Marketing mempersiapkan materi promosi secara komplit, mulai deskripsi pengenalan produk kepada masyarakat, sampai sales counter service. Segmentasi Hypermarket dibidik secara tepat, kreatif dan inovatif yang memang merupakan salah satu strategi pemasaran.

Target market di Hypermarket oleh jajaran Marketing sengaja dipilih, sebab merupakan pusat pertokoan, entertainment dan bisnis. Target Market ini sesuai dengan market size, market growth yang diharapkan, competitive advantages, serta situasi kompetitif. Diharapkan eksistensi produk SPEEDY benar-benar memasyarakat. Daily information selama 10 hari promo diharapkan maksimal dan optimal, apalagi ada custom pricing sesuai dengan jenis Product Packages, yaitu paket limited dan paket unlimited.

10 hari adalah waktu yang cukup memadai untuk memasarkan produk di pusat-pusat keramaian tempat bertemunya penjual dan pembeli, seperti di GIANT Hypermarket dan SUNCITY Fair. Seluruh Informasi tentang Speedy digelar dalam Help Desk Information & Promo, sehingga Media Promo ini benar-benar diorganisasikan dan dimanage secara professional oleh jajaran TELKOM Sidoarjo. Sales material, promo items, promo kits dan promo contents siap untuk mengincar dan melahap pelanggan baru di kota udang, Sidoarjo,….SELAMAT BERPROMO-RIA & SUKSES SELALU …!!!!!

NURSIDIK

GM SBT :”Semoga RUPS Akhir Juni 2006 Berjalan Lancar”


TAHUN 2006

GM SBT :”Semoga RUPS Akhir Juni 2006 Berjalan Lancar”.

Rekan-rekan semua yang saya banggakan, sehubungan dengan rencana RUPS PT. TELKOM di Jakarta yang akan dilaksanakan pada akhir Juni ini, maka marilah kita senantiasa berdo’a semoga RUPS tersebut berjalan lancar. Demikian pinta GM SBT, Badriyanto pada kesempatan usai senam pagi SKJ di halaman parkir OPMC SBT, Jln. Ketintang 156, Surabaya.

RUPS baru bisa dilaksanakan pada akhir Juni 2006 sebab ada keterlambatan laporan keuangan. dari laporan keuangan tersebut terlihat, bahwa revenue growt PT. TELKOM mengalami pertumbuhan yang bagus. Hal ini sesuai dengan laporan bursa efek, terutama untuk bisnis seluler sebesar 40 %, tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, Badri juga menginformasikan, bahwa mulai hari selama 10 hari akan dilakukan audit COSO SOA oleh IAG untuk level transaksi, yaitu masalah bisnis proses yang berfokus pada remediasi-I perioden 1 Januari 2006 – 31 Maret 2006. Auditor akan melihat ketaatan kita terhadap aturan yang ada.

Masalah efisiensi dan efektifitas bisnis proses juga akan dilihat, apakah sudah berjalan dengan baik dan akan mengukur sejauhmana terjadi fraud. Laporan keuangan yang akurat dan tepat waktu merupakan salah satu tujuan kenapa dilakukan audit ini. Internal Control sudah merupakan kebutuhan manajemen perusahaan guna mengontrol pengelolaan sumber daya yang dipercayakan oleh stake holder kepadanya sehingga dapat dipertanggung-jawabkan penggunaan dan hasilnya.

Sementara itu, Deputy GM SBT juga menginformasikan hal yang masih aktual, yaitu masalah cabutan. Seluruh efforts dari SDM dalam program ECR (Employee Care Retention) akan selalu diberi apresiasi oleh manajemen, oleh karena itu manajemen akan terus dan konsisten meluncurkan program ECR ini agar dapat mengurangi cabutan pelanggan, demi eksistensi perusahaan.

NURSIDIK

Keuangan & Marketing TELKOM SBT Diaudit Tim IAG COSO SOA


TAHUN 2006

Keuangan & Marketing TELKOM SBT Diaudit Tim IAG COSO SOA

Secara instant !, usai opening meeting, Jum’at (9/6), maka tim Auditor IAG perihal COSO SOA DIVRE-V langsung melakukan tugasnya. Sejumlah 14 orang tim menyebar ke beberapa lokasi unit kerja di lingkungan TELKOM SBT hari itu juga. Mereka mengecek ketaatan TELKOM SBT terhadap aturan sesuai dengan bisnis proses.

Efektifitas Internal Control mulai dari rancangan sampai dengan implementasi dilakukan pengujian. Tim tak hanya menguji ketaatan jajaran TELKOM SBT, tetapi mereka juga melakukan review serta direncanakan akan melakukan rekomendasi perbaikan. Hasil SELF ASESSMENT INTERNAL yang pernah dilakukan TELKOM SBT juga ditanyakan.

Dalam COSO SOA ada pasal-pasal yang penting dijelaskan oleh para Auditor, yaitu pasal 302 (mengharuskan sertifikasi/pernyataan efektivitas internal control laporan keuangan oleh DIRUT dan DIRKUG triwulanan), 404 (mengharuskan adanya pertanggung jawaban manajemen terhadap I/C yang berkaitan dengan Laporan keuangan tahunan dan opini oleh Auditor), dan 906 (sertifiaksi tidak seseuai akan didenda atau hukuman kurungan).

Ruang lingkup audit adalah : Entitas, IT-GEN CON, dan Transaksional. Periode yang diaudit adalah masa 1 Januari 2006 hingga 31 Maret 2006. Sedangkan untuk ruang lingkup audit transaksional sendiri meliputi : siklus pendapatan, beban, aktiva tetap, perbendaharaan, perpajakan, persediaan, laporan keuangan. Tim melakukan audit dengan cara interview dan klarifikasi, serta konfirmasi.

Tim juga mengevaluasi efektivitas design flowchart, identifikasi pengendalian, evaluasi efektivitas pengendalian di lapangan. Melihat sampai sejauh mana bisnis proses dilaksanakan dengan baik dan benar, dimaksudkan untuk mengetahui potensi yang dapat menimbulkan kesalahan, misalnya : resiko keuangan jika salah saji.

NURSIDIK

IAG Mengaudit COSO SOA TELKOM SBT Hari Ini


TAHUN 2006

IAG Mengaudit COSO SOA TELKOM SBT Hari Ini

Mulai hari ini, Jum’at (9/6) Auditor IAG RO-5 mulai melakukan tugasnya di TELKOM SBT hingga tanggal 20 Juni 2006. Opening meeting yang dihadiri para Senior Leaders SBT dan Auditor IAG yang Full Team telah dilakukan di Gedung OPMC Ruang C2U Lantai-4 Jln. Ketintang 156, Surabaya.

Dalam opening speech nya, GM SBT, Badriyanto tak lupa mengucapkan selamat datang kepada Tim IAG yang berjumlah 14 orang, sedangkan sebagai Team Leader Auditor COSO SOA DIVRE-V adalah Sahardi Reningtyas. Kemudian Badri mempresentasikan Business Overview TELKOM SBT dengan outline : Business Profile SBT dan Implementasi SOA 404 TELKOM SBT.

Presentasi Badri ini merupakan masukan awal bagi para Auditor sebelum melaksanakan tugasnya, sehingga dapat memperlancar aktivitas auditing. Telkom SBT yang memiliki luas area layanan 2.342 km2 dengan jumlah penduduk 4.301 juta jiwa ini, menurut Badri sangat prospektif, walau harus compete dengan new provider selaku competitor. Apalagi SDM yang dimiliki berjumlah 420 orang, dan density mencapai 23,8.

SBT yang membawahi 3 KANCATEL, yaitu Sidoarjo, Mojokerto dan Jombang ini, sangat potensial untuk dikembangkan, sedangkan Total LIS POTS yang dimiliki saat ini berjumlah 445.949 sst, kemudian LIS Flexi sudah mencapai 575.472 ssf; Trendy 528.146 ssf. Posisi market and competition Flexi & Speedy diantara competitor yang ada juga ditayangkan.

Khusus mengenai SOA 404, Badri dalam kesempatan ini menjelaskan tentang persiapan dan kesiapan jajaran TELKOM SBT dalam menyukseskan program ini, termasuk ketaatan implementasi aturan yang ada, mulai dari sosialisasi sampai dengan mengadakan SELF AUDIT SOA dipaparkan. Semua ini dikemas dalam bentuk ROADMAP DEPLOY SOA 404 TELKOM SBT. Manajemen siap menjadikan SOA 404 sebagai WORKING HABIT.

Di akhir sesi, Ketua Tim, Sahardi menyatakan juga kesiapan timnya untuk melakukan audit SOA di jajaran TELKOM SBT mulai hari ini hingga tanggal 20 nanti. Hal ini menurut Sahardi didasarkan kepada Audit SOX 404 TW-I/2006. Dengan SPK Head Of Internal Audit, No. : C.Tel. 4011/PW000/IA-00/2006/RHS tanggal 19 April 2006.

NURSIDIK

Barak Penampungan Sementara Untuk Korban Gempa


TAHUN 2006

Barak Penampungan Sementara Untuk Korban Gempa
“Pasca Tanggap Darurat”


Penanganan korban bencana gempa bumi 5,9 SR di DIY & Jateng yang terjadi pada tanggal 27 mei 2006, hingga saat ini masih berlanjut di Posko Utama TELKOM PEDULI Kandatel Yogyakarta. Bantuan dari Telkom & Sekar seluruh tanah air masih berdatangan, bantuan tersebut langsung didistribusikan ke lokasi korban oleh para relawan yang dikoordinir Sekar Telkom.


Pemerintah daerah Yogyakarta mengumumkan bahwa masa “Tanggap Darurat” telah selesai H +7, kini saatnya para korban diminta untuk “bangkit” menata kembali kehidupan dalam menyongsong hari esok yang lebih baik. Pemda menyatakan akan berupaya memberikan bantuan pembangunan/perbaikan kembali rumah para korban gempa maksimal 30 juta sesuai dengan kerusakan.

Relawan SEKAR TELKOM memahami betapa berat beban yang harus dipikul oleh Pemerintah serta korban bencana gempa bumi 5,9 SR, rumah tinggal, tempat usaha, kantor dan sekolah rata dengan tanah, sanak family/keluarga meninggal, sakit/cacat seumur hidup. Belum lagi gempa susulan yang sering terjadi masih menghantui benak para korban. Beban psikislah yang paling berat, dimedia masa telah dikabarkan sudah ada sebagaian warga masyarakat yang stres serta nekat bunuh diri karena tidak kuat menanggung semua beban yang dihadapi.

Salah satu anggota terbaik yang dipunyai Sekar Telkom Jateng DIY tergugah hatinya untuk menyumbangkan sedikit pemikiran agar saudara-saudara kita yang tengah dilanda musibah gempa bumi bangkit kembali. Ide tersebut adalah mewujudkan barak penampungan sementara dengan bahan utama bambu dan kayu (sederhana) untuk beberapa keluarga yang dibuat sendiri oleh warga dengan bantuan material serta pendamping dari relawan Sekar Telkom dengan harapan para korban dapat bangkit kembali dari masa-masa sulit.

Gambaran kegiatan tersebut adalah Orangtua & remaja laki2 gotong royong membuat barak, ibu-2 & remaja putri memasak didapur umum dan anak-anaknya diberi permainan (oleh relawan Sekar), kemudian pada malam harinya diisi dengan ceramah agama atau diskusi yang bermanfaat. Gagasan ini ternyata disambut oleh ketua serta pengurus DPW dan agar segera dapat direalisasikan.

Mengawali rencana pembuatan barak penampungan sementara, selama hampir satu hari penuh keliling daerah yang dilanda gempa hingga sampai daerah terpencil dengan menggunakan sepeda motor. Akhirnya target tsb. ketemu di : Dusun : Banjar Hardjo I, RT / RW 04 / XII, Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumlah KK 7.

Dengan pertimbangan lokasi korban berada di daerah terpencil (daerah perbukitan), saat ini mereka tidur dibawah tenda dengan alas seadanya. Setelah diadakan pendekatan kepada warga dan ketua RT akhirnya disetujui menggunakan lahan kosong yang bisa dibangun untuk barak penampungan sementara. Siapa relawan SEKAR tsb, bagaimana kelanjutan kiprahnya ?? ikuti terus liputan langsung dari lokasi barak penampungan sementara. (utm-06)/HARLAN_E./2006.

GM Telkom SBT : “Jangan Biarkan Pelanggan Menangis”


TAHUN 2006

GM Telkom SBT : “Jangan Biarkan Pelanggan Menangis”

Di era kompetisi ini, pelanggan adalah raja, jadi kita harus memberikan pelayanan yang prima. Jangan sampai pelangggan kita lari, jangan biarkan pelanggan kita menangis atau sedih akibat layanan yang tidak memuaskan. Demikian kata GM TELKOM SBT, Badriyanto dihadapan para karyawan dan karyawati KANCATEL Jombang dalam acara Forum Feedback dan sosialisasi pasca transformasi organisasi, Rabu (7/6) di aula TELKOM Jombang.

Sosialisasi pasca transformasi organisasi terus dilakukan oleh Badri mulai dari DATEL SBT Metro, sampai ke CATEL-CATEL, agar seluruh jajaran memahami perubahan ini, sehingga operasional tetap ‘running’, dan pelangganpun tetap terlayani dengan baik. Materi yang disampaikan Badri selain masalah struktur organisasi yang baru lengkap dengan BISPRO dan Job Description nya, juga masalah pelanggan, yaitu Customer Centrix Company.

JM TELKOM Jombang, Nunu Nugroho mengawali sambutannya, antara lain mengatakan, bahwa jajaran CATEL Jombang siap mempertahankan pelanggan serta menambah pelanggan baru, bahkan telah membentuk “Jombang Sales Competition/JSC”. Angka cabutan di Jombang bulan Mei 2006 sebanyak 253 sst, sedangkan awal Juni 2006 berpotensi cabutan lagi sekitar 665 sst. InsyaAllah JSC akan melakukan winback pelanggan-pelanggan tersebut, apalagi jumlah kunjungan program ECR (Employee Customer Retention) jajaran Telkom Jombang adalah nomor wachid, jelasnya optimis. Kemudian Nunu dalam kesempatan tersebut juga menyerahkan Kontrak Manajemen untuk mengamankan RKAP 2006 kepada para manajer lini di jajarannya.

Badri dalam kesempatan tersebut salut atas effort jajaran TELKOM Jombang yang telah membentuk JSC. Ini menunjukkan, bahwa pelanggan sebagai ladang tempat panenan kita akan tetap di maintain dengn baik. Pelanggan harus selalu senang dan puas atas layanan yang kita berikan, jangan sampai menangis. Ciptakan sejuta senyuman bagi pelanggan kita. Kalau ada komplin jangan sampai kita tutup mata, tutup telinga dan tutup mulut, tapi berikanlah layanan dan solusi terbaik. Tujuannya adalah mempertahankan dan meningkatkan Sustainable Growth dan Keunggulan Kompetitif Perusahaan.

Untuk menambah pelanggan baru, maka InsyaAllah di Jombang Area ini akan ditambah 6 BTS. Tujuannya ialah agar pelanggan kita selalu tumbuh dan berkembang. Sekali lagi kita harus selalu berorientasi kepada pelangan, sebab Pelanggan adalah raja, dan harus dilayani sebaik mungkin. Tujuannya agar puas dan kembali membeli produk yang kita ditawarkan. Ditambahkan, bahwa dalam kompetisi barang siapa memenangkan pelangan, maka ia akan memenangkan persaingan. Mari kita menangkan persaingan, pelihara persatuan. Semoga TELKOM ALWAYS THE BEST and TO BE THE WINNER !.
• NURSIDIK