TAHUN 2006
Orang Nomor “Wachid” Di TELKOM SBT Working Around Ke Plasa Telkom Demi Pelanggan
Dengan “working around”, maka “basic information” akan didapat secara langsung dari sumbernya, yang akhirnya diketemukan “important considerations and solve the problems”, demi mempertahankan pelanggan. Hal inilah yang dilakukan GM TELKOM SBT, Badriyanto ke Plasa Telkom Dinoyo, salah satu Plasa Telkom terbesar yang berlokasi di Jln. Dinoyo 48, Surabaya, Selasa (13/6).
Baik Customer, maupun Petugas Plasa Telkom tak lepas dari wawancara orang nomor satu di TELKOM SBT ini. Bapak lagi bayar telepon, ya Pak ? Tanya Badri. Oh,…tidak, saya sedang ingin pasang kembali (PK) telepon saya, jawabnya singkat. Nah, terkuak, bahwa dengan banyak cabutan, ternyata ada yang ingin melakukan PK. Ini harus dapat kita antisipasi dengan membludaknya pembayaran rekening telepon yang biasa terjadi pada tanggal 19 dan 20 setiap bulannya.
Badri juga bertanya kepada beberapa petugas Plasa Telkom soal nomor antrian yang tersistem apakah berjalan tertib, juga soal rata-rata durasi pelayanan kepada setiap pelanggan, antisipasi jika pembayar rekening membludak. Badri juga memasuki Ruang Recovery yang didedikasikan untuk Sang Raja, yaitu Customer. Papan Informasi di Plasa Telkom juga dicek, apakah cukup informatif, apakah ada yang kadaluarsa dan sebagainya.
Banyak keuntungan yang didapat dari working around, walau terkadang hanya sekadar say hello saja, namun akan memiliki value yang positif, baik bagi pelanggan, maupun bagi petugas. Ini adalah salah satu style dari seorang Leader yang antisipatif terhadap kondisi yang semakin kompetitif. Hal yang semula tidak diketahui, maka dengan working around menjadi tahu. Hal-hal yang perlu koordinasi, maka akan dikoordinasikan dengan para Senior Leaders di forum tersendiri.
NURSIDIK
Tidak ada komentar:
Posting Komentar