Mengenai Saya

SIDOARJO, JAWA TIMUR, Indonesia
Belajar Menjadi "Internal Jurnalism"

Minggu, 19 September 2010

JM Mojokerto Mencoba Flexi Ke Komunitas Guru


TAHUN 2006

JM Mojokerto Mencoba Flexi Ke Komunitas Guru


Kegiatan Halal Bi Halal yang dilaksanakan oleh jajaran Dinas Pendidikan Kota Mojokerto tahun ini beda. Karena dalam susunan acara sebelum menginjak acara inti yang disampaikan oleh penceramah, tepatnya setelah Wali Kota Ir. Abdul Gani, Msi memberi sambutan audience tak kurang dari 500 orang guru se Kota Mojokerto itu disuguhi informasi hal ikhwal Flexi. Telkom yang diwakili oleh Nanang Kristyo dan dari mitra Radio Maja, Winda berhasil “bercuap-cuap” ria dihadapan para pendidik itu. Panitia menyediakan waktu 15 menit namun memberikan toleransi sampai dengan hampir setengah jam karena pertanyaan yang muncul cukup banyak.

Dalam kegiatan sponsorship ini Telkom Mojokerto membuka Bazar Flexi murah di lokasi, yang memberikan paket Flexi murah , langsung kring, disamping itu juga dilakukan penyebaran brosur. JM Mojokerto Arif irfansah juga terlibat dalam kegiatan “nyeles” ini berbaur dengan sales force. Di sekitar tenda tempat undangan dipasang beberapa sepanduk produk. Jajaran Sales Mojokerto terus memburu ceruk pasar yang mungkin bisa digarap termasuk kegiatan sponsorship pagi ini. Minimal yang akan didapat adalah pengenal produk bagi yang mungkin belum kenal, mencoba bagi yang ingin tahu dan akhirnya akan membeli bila sudah mengetahu keuntungan-keuntungan yang diberikan.

Arif memberikan arahan sesaat sebelum acara dimulai menghimbau bahwa jangan bosan-bosan untuk mebuat even atau melibatkan diri dalam even ekternal yang bisa mebuahkan hasil, kalaupun itu tidak berhasil maka ini merupakan program jangka panjang, ibaratnya kita telah menanam informasi produk untuk kita raih hasilnya kemudian. Kalau hasil sekarang belum memuaskan mungkin saja nanti akan kita raih kemudian bila juga belum kita lanjutkan program berikutnya, demikian Arif.

Ketua Panitia H. Halim yang juga selaku Ketua Dewan Pendidikan Kota Mojokerto mewakili Panitia mengucapkan terimakasih atas kerjasama ini, Telkom tidak hanya semata-mata mencari hasil namun lebih dari itu telah memberi dukungan terhadap perkembangan teknologi khususnya alat komunikasi seperti Flexi yang banyak memberikan manfaat kepada masyarakat pendidikan khususnya dalam bentuk Flexi murah yang sekalian langsung bisa kring dan dapat digunakan.

Dalam even ini 10 pelanggan telah aktivasi ditempat, dan beberpa selebihnya masih kita tunggu perkembangan selanjutnya.(NNG)

SEKAR & Manajemen Hari Kedua, Berusaha Raih “Best Dealed”


TAHUN 2006

SEKAR & Manajemen Hari Kedua, Berusaha Raih “Best Dealed”

Hari kedua SEKAR TELKOM dan Manajemen kembali melanjutkan perundingan PKB-III, dimana pada hari kedua ini, yaitu Selasa (7/11) materi kontennya sudah pada tahap pembahasan utama dengan beberapa item topik menyangkut kesejahteraan karyawan. sesuai usulan yang disodorkan SEKJEN SEKAR dalam bentuk Matriks. Pembahasan dan diskusi dilakukan di NIRWANA-I HALL ROOM, Hotel Mercure, Jln. Pantai Indah Taman Impian Jaya Ancol Jakarta Utara.

Kedua belah pihak tentu ingin menghasilkan yang terbaik dan The Best Dealed dengan semangat kebersamaan. Seperti diberitakan kemarin, bahwa PKB III ini direncanakan akan dilaksanakan dalam 3 putaran atau 3 tahapan, yaitu tahap pertama mulai tanggal 6 hingga10 Nopember 2006 di Jakarta, tahap-2 direncanakan tanggal 20 hingga 24 Nopember 2006, dan tahap akhir direncanakan tanggal 4 hingga 8 Desember 2006. Dalam PKB-III ini, Tim Perunding dari Manajemen ada 17 orang, sedangkan dari SEKAR juga 17 orang (terdiri dari beberapa Pengurus DPP & DPW) ditambah beberapa orang sebagai peninjau.

Masukan dari beberapa DPW saat memasuki tahap diskusi dan pembahasan menunjukkan, bahwa. Urusan kesejahteraan ini memang merupakan urusan semua karyawan dari ALL DPW/WILSUS, DPD dan DPP. Ringkasan usulan PKB-III dalam bentuk matriks YANG dibagai 5 bagian, meliputi : 1.) Hak kesejahteraan karyawan yang diberikan secara rutin. 2). Hak kesejahteraan karyawan yang diberikan secara insidentil. 3.) Hak kesejahteraan karyawan untuk mendukung kegiatan operasional. 4). Usulan program untuk memperbaiki komposisi dan kualitas SDM, 5.) Lain-lain.

Yang termasuk butir 1) dalam usulan PBK-III dalam bentuk Matriks adalah : Gaji Bulanan, Insentif, Bantuan Tahun Ajaran Baru, Bantuan anak sekolah karena mutasi, Jasprod/Bonus, Premi, THR, BPFP, CUTAH, Transport Cuti dalam dan luar Jawa, Cuti Besar, Uang Pakser, Tunjangan Retensi dan Penyesuaian Gaji Dasar.//**NURSIDIK**//

Dukungan Demi Suksesnya PKB-III Datang Dari Mana-Mana


TAHUN 2006

Dukungan Demi Suksesnya PKB-III Datang Dari Mana-Mana

Di sela-sela break acara perundingan PKB-III hari kedua antara SEKAR TELKOM dan Manajemen, secara surprise mantan Direksi Telkom yang juga Anggota Kehormatan Majelis Pertimbangan Organisasi SEKAR, Andi Siswaka Faisal hadir ditengah-tengah para Pengurus SEKAR DPP, DPW dan DPD di Meeting Room NIRWANA-II Hotel Mercure, Jln. Pantai Indah Taman Impian Jaya Ancol Jakarta Utara, Selasa (7/11).

Andi hadir untuk memberikan dukungan moral dan beberapa masukan khusus kepada SEKAR, sebab memang pertemuan ini sepertinya merupakan pertemuan khusus dengan SEKAR. Andi Siswaka selama ini memang selalu dekat dengan SEKAR dan sering memberikan masukan berharga, termasuk kritik membangun.

“You jangan memikirkan jangka pendek atau sesaat saja, sebab PKB ini menyangkut hajat orang banyak mulai yang aktif sampai yang sudah pensiun. Apalagi you nanti semua juga akan mengalami pensiun”, katanya ketika menyoroti beberapa usulan dalam PKB-III yang menurut Andi perlu dikaji lebih dalam lagi, sambil mencoba mengantisipasi beberapa “worst cases”.

Memang suasana PKB-III ini jauh lebih baik dari PKB sebelumnya, sehingga tim perunding kedua belah pihak dapat berfikir lebih jernih demi kepentingan Stake Holder yang TERPENTING, yaitu KARYAWAN. Harapan agar PKB-III lancar, memang terbukti, sebab memasuki hari kedua saja, sudah ada 27 items dari 41 items yang sudah terkompromi oleh pihak manajemen. Dukungan dan doa demi suksesnya PKB-III memang datang dari mana-mana, termasuk seluruh anggota.***NURSIDIK***

Perundingan PKB-III SEKAR & Manajemen Optimis Mulus

TAHUN 2006

Perundingan PKB-III SEKAR & Manajemen Optimis Mulus

Pengalaman Perjanjian Kerja Bersama (PKB) di PKB-I dan PKB-II antara SEKAR dengan Manajemen Telkom diharapkan akan dipakai sebagai cerminan, agar PKB-III ini dapat berjalan dengan lancar. Hal tersebut ditegaskan oleh Faizal Syam Perunding mewakili Manajemen saat acara pembukaan dimulainya perundingan PKB-III, Senin (6/11) di Hotel Mercure, Jln. Pantai Indah Taman Impian Jaya Ancol Jakarta Utara.

PKB III ini direncanakan akan dilaksanakan dalam 3 putaran atau 3 tahapan, yaitu tahap pertama mulai tanggal 6 hingga10 Nopember 2006 di Jakarta, tahap-2 direncanakan tanggal 20 hingga 24 Nopember 2006, dan tahap akhir direncanakan tanggal 4 hingga 8 Desember 2006. Dalam PKB-III ini, Tim Perunding dari Manajemen ada 17 orang, sedangkan dari SEKAR juga 17 orang (terdiri dari beberapa Pengurus DPP & DPW) ditambah beberapa orang sebagai peninjau.

SEKAR mengirimkan beberapa Pengurus DPD sebagai Peninjau dengan harapan mereka ini nantinya dapat dipakai sebagai kader. Jadi semacam pengkaderan melalui pembelajaran sebagai Peninjau yang memang disepakati tidak memiliki hak suara saat perundingan berlangsung. Pada acara pembukaan ini, tata tertib juga telah disepakati kedua belah pihak dengan lancar-lancar saja. Hal ini menunjukkan, bahwa pengalaman PKB –I & PKB II memang benar-benar dipakai sebagai cerminan.

Dalam kesempatan ini, kedua belah pihak berharap, agar musyawarah dalam perundingan PKB ini dilandasi semangat sesuai hubungan industrial dan jiwa kebersamaan. Mulai redaksional pasal per pasal, hingga Pending Matters jika ada, juga dibahas pada pembukaan ini, tak terkecuali masalah tata cara musyawarah. Jadi dua kali pengalaman berunding sangat dirasakan manfaatnya.

Dalam kesempatan tersebut, Faizal Syam memang sangat semangat dan nampaknya optimis, bahwa PKB-III ini akan selesai lebih cepat dari waktu yang dijadwalkan. Kita harus berusaha mencari solusi dalam semangat kebersamaan dan transparan demi kepentingan Stake Holder TERPENTING, yaitu KARYAWAN, tandasnya lagi.

Sementara itu, SEKJEN SEKAR TELKOM, Wisnu Adhi Wuryanto memaparkan usulan-usulan SEKAR TELKOM dalam PKB-III yang sudah diringkas dalam bentuk Matriks, sehingga mudah dipahami, praktis dan informative. Ringkasan usulan PKB-III dalam bentuk matriks ini dibagai 5 bagian, yaitu : 1.) Hak kesejahteraan karyawan yang diberikan secara rutin. 2). Hak kesejahteraan karyawan yang diberikan secara insidentil. 3.) Hak kesejahteraan karyawan untuk mendukung kegiatan operasional. 4). Usulan program untuk memperbaiki komposisi dan kualitas SDM, 5.) Lain-lain.//**NURSIDIK**//

Tim Perunding PKB-III Mohon Doa Seluruh Anggota SEKAR JATIM


TAHUN 2006

Tim Perunding PKB-III Mohon Doa Seluruh Anggota SEKAR JATIM

Menjelang keberangkatannya, para Pendekar dan Pejuang Perjanjian Kerja Bersama (PKB) III dari DPW-V Jatim usai halal bihalal dengan seluruh jajaran Senior Leaders di Kantor DIVRE-V Jln. Ketintang 156, Surabaya, Jumat (3/11) membahas segala persiapan yang akan dibawa ke Meja Perundingan pekan depan bersama tim Perunding dari seluruh DPW se Indonesia dan DPP SEKAR Bandung. Mereka akan berunding dengan Manajemen atau Tim Perunding dari Corporate.

Beberapa Pengurus SEKAR DPW-V dan DPD se Jawa Timur akan hadir dalam perundingan PKB-III tersebut. Para Pengurus menghimbau kepada seluruh anggota SEKAR se Jawa Timur untuk turut mendoakan dari jauh, agar Allah SWT mengabulkan cita-cita sesuai yang diperjuangkan dalam PKB-III sebagaimana PKB sebelumnya yang sudah sama-sama kita rasakan hasilnya.

Dalam PKB-III ini, SEKAR akan tetap memperjuangkan kesejahteraan karyawan, termasuk para senior-seniornya yang tak kecil andilnya dalam membesarkan perusahaan tercinta ini. Perundingan PKB-III akan dimulai pada hari Senin hingga Jum’at / 6-10 Nopember 2006, bertempat di Hotel MERCURE, Jln. Pantai Indah Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara.

Sekali lagi Pengurus SEKAR DPW-V yang terlibat dalam Tim Perunding PKB-III mohon doa restu dan dukungan dari rekans Pengurus SEKAR yang tidak terlibat dalam perundingan dan seluruh anggota SEKAR se JATIM, semoga perundingan berjalan lancar dan sesuai dengan harapan untuk memajukan Perusahaan dan meningkatkan kesejahteraan Karyawan.//***NURSIDIK***//

Hotel Santika Surabaya Dealed Gunakan Multi Media Center


TAHUN 2006

Hotel Santika Surabaya Dealed Gunakan Multi Media Center

Beberapa manuver bisnis telah dilakukan oleh jajaran TELKOM Surabaya Timur (SBT), sehingga tak heran kalau Multi Media Center (MMC) yang berdiri megah di pusat bisnis kota metropolis Surabaya selalu padat oleh kegiatan bisnis, tak terkecuali pihak HRD SANTIKA Hotel Surabaya telah melakukan dealed dengan TELKOM SBT untuk memanfaatkan fasilitas multi media terkini.

Manuver bisnis ini sesuai dengn program promo Telkom Multi Media Center yang dipadukan dengan promo Speedy. Pihak HRD Hotel Santika telah konfirm kepada Telkom SBT untuk bekerjasama memanfaatkan fasilitas Telkom SBT dalam bentuk program Internet Short Course di Telkom Multi Media Center (TMMC) yang berlokasi di Plasa Marina pada tanggal 14 dan 17 November 2006.

Hotel yang berlokasi strategis pusat kota beralamatkan di J1n. Pandegiling nomor : 45 berdekatan dengan jalan Raya Darmo Surabaya ini merupakan Hotel berbintang 3 yang berpusat di Jakarta dan memiliki jaringan hotel di seluruh Indonesia sekaligus merupakan Worldwide Hotel and Reservation dengan system Secure OnLine Booking Form.

Bekerjasama dengan Hotel Santika memang merupakan peluang bisnis tersendiri di jalur multi media, sebab hotel ini memiliki 124 kamar dan sebuah Convention Center dengan Full Business Facilities yang dimungkinkan akan mendongkrak usage dan revenue. Dari sisi pangsa pasar (market share) tentu saja akan memberikan prospek cerah dan sangat menjanjikan.***NURSIDIK***

AJM OMAN Kancatel Mojokerto Narik Kabel


TAHUN 2006

AJM OMAN Kancatel Mojokerto Narik Kabel


Mojokerto : Jumat 03 November 2006, Menyebar di seluruh Kota Mojokerto pasukan biru-biru jajaran OMAN yang dikomandani langsung oleh Landung selaku AJM OMAN Kancatel Mojokerto beserta jajarannya telah melakukan kegiatan operasional Oman (operational and maintenance) diantaranya adalah penambahan lokasi pemasangan kawat berduri, penarikan kabel-kabel yang kendor, perapian kabel-kabel semrawut, pemasangan paralon untuk titik-titik sambung KU, pemangkasan ranting-ranting pohon yang mengganggu jalur kabel, pengikatan bearer KU disetiap tiang dengan kawat, penambahan pemasangan Overpal kunci grendel extra pada pintu kabinet DLC. Penambahan pemasangan alarm Buzzer di kabinet DLC. Penambahan pemasangan spanduk peringatan lokasi rawan pencurian KU. dll dimana kegiatan dimaksud adalah dalam rangka serta berdasar hal-hal sbb :

1. Menghadapi musim hujan.
2. Menurunkan angka gangguan.
3. Mengurangi angka pencurian.
4. Hasil evaluasi tentang temuan-temuan yang terpantau sewaktu patroli Lailatul Qodar atau patroli-patroli rutin.
5. dll.

Untuk memberikan support dan semangat ke jajarannya, Landung langsung terjun langsung ke lapangan. Dengan AJM-nya turun langsung, terpancar rasa bangga dan semangat yang menyala dari rekan-rekan OMAN beserta TKM-nya didalam melaksanakan tugasnya. Sebelum acara dimulai rekan-rekan Oman beserta TKM Oman dipagi harinya memperoleh pembekalan seperlunya oleh AJM Oman betapa perlunya kegiatan-kegiatan ini.

”Hanya dengan kepedulian serta tanggung jawab secara moral dan spiritual dari rekan-rekan semua, semoga PT. Telkom pada khususnya dan Kancatel Mojokerto umumnya, kedepannya selalu jaya dan dapat memberikan kesejahteraan bagi kita semua” ungkap Landung berapi-api. Dan kegiatan ini diharapkan tidak seperti ungkapan hangat hangat tahi ayam, namun berlanjut dan berkesinambungan kedepannya.

”Ada yang lebih penting, yaitu kepuasan pelanggan”

@kk@-y/Mr.

GM SBT Terus Pantau Infrastruktur Bandara Jelang Diresmikan RI-1


TAHUN 2006

GM SBT Terus Pantau Infrastruktur Bandara Jelang Diresmikan RI-1
Rencana Peresmian Bandara Internasional Juanda Surabaya oleh Presiden RI, Susilo Bambang Hudoyono adalah tanggal 12 Nopember 2006. Menjelang peresmian tersebut GM SBT, Tulus Sudarsono dan Deputy GM SBT, Sujito secara intens setiap hari memantau persiapan infrastruktur telekomunikasi yang telah diinvestasikan disana lebih cepat dari kompetitor, sehingga mendominasi. Memang banyak kompetitor yang ”menyerbu dan berebut” berinvestasi disini.
TELKOM SBT memang sudah dibilang lama mempersiapkan infrastruktur di Bandara Juanda yang baru (merupakan pengembangan Bandara lama). Hal ini dimaksudkan agar tidak didahului oleh kompetitor, dan memang kita yang paling terdahulu. Namun demikian (walau kompetitor kalah cepat), masih saja memprovokasi pihak Angkasa Pura, dengan mengatakan, bahwa Telkom belum siap...!!! Manager Communication Division DIVRE-V, Djadi Sugiarto sempat mengatakan kepada Reporter, bahwa itulah kejamnya persaingan saat ini, dan meminta kepada AM (Account Manager) agar tidak gentar menghadapi ulah kompetitor seperti ini.
Sesungguhnya hal ini memang merupakan momentum yang tepat untuk menunjukkan kepada Big Customer kita, bahwa siapa yang paling cepat, yang paling baik dan terdepan dalam kualitas, serta pelayanan. Apalagi proyek ini memiliki aspek strategis, yaitu Retensi Customer PT. Angkasa Pura dan Komunitas Bandara, selain itu juga sebagai Entry Barrier pesaing opoerator lain serta penetrasi layanan produk TELKOM.
Berbagai jalan berliku telah ditempuh oleh Manajemen beserta para AM untuk merebut hati pihak Manajemen Bandara Udara Juanda, Surabaya yang hasilnya Alhamdulillah tidak sia-sia. Ini membuktikan, bahwa Team Works seluruh jajaran di TELKOM DIVRE-V Jawa Timur termasuk DATEL sangatlah bagus dan solid, yang memang merupakan modal utama dalam “bertempur”. //***NURSIDIK***//

Lebaran 1427-H Agak Beda, Sebab Ada Flexi Combo

TAHUN 2006

Lebaran 1427-H Agak Beda, Sebab Ada Flexi Combo

Rekan-rekan TELKOM SBT yang care terhadap produk Flexi ketimbang punya competitor sepulang dari mudik lebaran 1427-H melaporkan, bahwa lebaran tahun ini agak beda, sebab kalau tahun lalu para pemudik SMS-an menggunakan Telepon Seluler, tapi sekarang sudah banyak beralih ke CDMA, sebagai pionernya adalah Flexi Combo.

FLEXI memang benar-benar mengerti saya, selama perjalanan mudik dari rute Surabaya-Semarang-Kebumen-Yogyakarta-Surabaya, Flexi selalau menemaniku berkat COMBO-nya. Setiap akan meninggalkan kota lam, Combo di aktifkan ke kota yang dituju, selanjut begitu seterusnya, hasilnya selalu ok ! Terimakasih Flexi atas segala jerih payahmu menemaniku sepanjang jalan, semoga kau selalu tetap jaya, kata rekan bernama Subiyantoro.

Lain lagi dengan rekan Totok yang mengatakan, bahwa tahun lalu, maaf-maaf-an via SMS 100% mengandalkan GSM Telkomsel. Tahun ini, SMS Lebaran gak pakai GSM lagi. Sudah pakai Flexi Combo. Koordinasi perpu juga pakai Flexi Combo. Kemudian rekan Anggara yang Ketua DPD SEKAR SBT mengatakan demikian : Info sodara2-ku di Jateng yang pake Flexi : secara kualitas cukup OK, Alhamdullilah di kalangan mereka wacana dropcall ngga ada. Apa mungkin pelanggan di sana masih dikit sehingga infrastruktur masih mampu menghandle dengan baik ? Yang jelas kurang adalah penampakan media promo Flexi di Jateng masih sangat minim & lagian para Kompetitornya belom ganas. Sy sendiri seminggu pake flexicombo Cepu ternyata bebas dropcall & bisa berinternet ria pake PDN Flexi. Info senada disampaikan oleh rekan Gito dari Indirect channel.

Pengalaman mudik pake flexi memang OK, tutur Andi. P dari Catel Sidoarjo. Tanggal 23 saya mudik ke Bondowoso ternyata combo berfungsi sangat baik. Lalu tanggal 25 balik ke Surabaya, Tgl 27 saya ke Yogyakarta ternyata juga OK, napak tilas ke keluarga di Klaten, Muntilan, kopeng sampai ke Magelang ternyata masih ON tidak ada matinya. Semoga performa ini bisa ditingkatkan di masa mendatang.

Ada khabar menarik dari Mojokerto tepatnya perumahan Canggu Mlirip.Menurut informasi beberapa masyarakat setempat sudah pada menjual GSM diganti dg CDMA, ini sebagai akibat merebaknya "wabah" combo yang dirasa sangat membantu mereka. Beberapa dari mereka adalah karyawan Tjiwi yang berada di luar kota, kata rekan Nanang dari Catel Mojokerto.//***NURSIDIK***//

Kritik Pahit itu Obat Mujarab


TAHUN 2006

Kritik Pahit itu Obat Mujarab

Ini era keterbukaan, bukan jamannya lagi saling tertutup dan juga alergi terhadap kritik serta beda pandangan. Apalagi, pucuk pimpinan TELKOM pun telah menegaskan pentingnya open communication agar arus komunikasi di dalam perusahaan dapat berjalan baik sehingga tidak ada komunikasi tersendat yang dapat menimbulkan prasangka. Dalam pelaksanaan open communication ini, para jurnalis internal memiliki peran sangat penting.

“Tulisan saya pernah dibredel. Tulisannya memang pahit, menyentil manajemen, namun sebenarnya merupakan realitas yang faktual. Saya pikir ini akan menjadi obat mujarab, tetapi kenyataannya malah dibredel. Padahal, tulisan yang ‘manis’ terus justru bisa jadi racun yang berbahaya,” ujar Nursidik.

Nursidik, adalah salah satu jurnalis internal andal yang dimiliki TELKOM saat ini. Karyawan dengan NIK kepala 56 ini bertugas di Kator Datel Surabaya Timur yang memiliki aktivitas kehumasan cukup pada setiap harinya. Produktivitasnya yang tinggi dalam menghasilkan berita untuk portal berita internal membawanya terpilih sebagai pemenang pertama NewsAward 2006.

“Secara manusiawi, tentu saja saya senang campur bangga bahwa hasil kerja selama ini tidak sia-sia. Namun secara kedinasan, reward ini merupakan tantangan tersendiri yang harus dipertahankan dan ditingkatkan,” ujar Nursidik yang akan mendapat hadiah berupa perjalanan ke Singapura atas keberhasilannya tersebut.

Cukup banyak suka-duka yang dirasakan Nursidik dalam menjalani tugasnya ini. Selain senang saat diakui dengan penghargaan dari manajemen, Nursidik juga mengakui, perannya ini telah membuat hampir seluruh karyawan termasuk senior leaders di Datel SBT mengenal dirinya. Mereka selalu membantu Nursidik dengan menginformasikan setiap ada kegiatan di unit kerja masing-masing untuk diliput.

Salah satu keunggulan Nursidik dalam membuat berita adalah, hampir selalu mengirimkan berita itu pada hari yang sama dengan hari berlangsung kegiatan tersebut. Sepertinya, tidak ada kamus menunda pengiriman berita hingga keesokan harinya, apalagi mengingat media yang digunakan untuk publikasi berita internal adalah portal web yang pengkiniannya bersifat menit atau jam.

“Bos saya terdahulu dan saat ini memang menargetkan setiap hari harus ada satu berita, tetapi realisasinya bisa lebih dari itu. Awalnya sih sulit namun karena sudah punya framework of news semua jadi mudah. Kemana-mana saya harus menenteng laptop, kalaupun tidak bisa saja pinjam komputer teman. Yang penting, beritanya harus aktual,” papar Nursidik.

Ada saran pak untuk para jurnalis internal yang masih yunior? Nursidik yang selalu tampak serius ketika sedang membuat berita namun segera kembali berperangai ceria ketika berita itu telah selesai dibuat mengajak kita semua memahami bahwa internal communicaiton merupakan wahana untuk saling berbagi informasi. “Maka, manfaatkanlah semaksimal mungkin karena banyak wacana dan best practice yang dapat diambil dari sebuah berita di suatu unit kerja. Informasi itu memiliki value yang dapat dipakai sebagai benchmark bagi pembacanya,” jelas Nursidik.

Selamat pak, tetap semangat! (MP-135) *

TELKOM SBT Antisipasi “Sales” Akhir Tahun


TAHUN 2006

TELKOM SBT Antisipasi “Sales” Akhir Tahun

Kendati akhir tahun masih bulan depan alias sebulan lagi, namun TELKOM Surabaya Timur sudah pasang kuda-kuda untuk mengantisipasi lonjakan sales sedini mungkin. Antisipasi dituangkan dalam bentuk komitment sales untuk seluruh CATEL, yaitu Sidoarjo, Mojokerto dan Jombang termasuk untuk KANDATEL Surabaya Metro sendiri. Walau persaingan sangat ketat, namun antisipisasi sales ini mutlak merupakan (roh) dari persaingan itu sendiri. Semangat ”Fighting” masih menggelora di dada arek-arek SBT saat melakukan WCR (Weekly Comes2U Report).

Bahkan usai WCR, Deputy GM TELKOM SBT, Sujito dalam email-nya yang ditujukan kepada para Sales Commander berpesan agar sales untuk bulan Nopember ini diamankan dulu, sehingga pada bulan Desember nanti tinggal menghabiskan sisanya. Email DGM meluncur sesaat setelah Finalisasi Kinerja Oktober 2006 dan Starting Action Plan Nopember 2006. Dengan memperhitungkan alat produksi yang akan mampu mensuplai pasar, maka telah dipatok target Sales Nopember 2006, yaitu :

Catel Sidoarjo : Sales POTS sebanyak 2000 sst, Sales Flexi 1000 ssf dan Speedy sebanyak 500 ssl. Catel Mojokerto : Sales POTS sebanyak 500 sst, Sales Flexi 150 ssf dan Speedy sebanyak 150 ssl. Catel Jombang : Sales POTS sebanyak 402 sst, Sales Flexi 200 ssf dan Speedy sebanyak blank ssl. Untuk Surabaya Metro adalah Sales POTS sebanyak 2500 sst, Sales Flexi 1500 ssf dan Speedy sebanyak 1000 ssl. Total untuk Telkom SBT Area adalah POTS : 5402 sst, Flexi : 2850, dan Speedy : 1650. Sedangkan untuk ECR (Employee Customer Retention) masing-masing ditargetkan 70 %.

Untuk mempertahankan pangsa pasar (market share), maka selain melakukan Sales Efforts, juga diimbangi dengan upaya ECR, kata Sujito. Untuk Flexi sendiri memang masih Market Leader khususnya di KANDATEL Surabaya Timur Area. Pertumbuhan penjualan juga masih cukup baik, bahkan sangat menjanjikan. Kita ingin tumbuh dan berkembang, sehingga hasilnya akan nampak menggembirakan saat evaluasi akhir tahun nanti. ***NURSIDIK***

Posko Telkom Peduli SBT diliput SCTV


TAHUN 2006

Posko Telkom Peduli SBT diliput SCTV

Kesibukan Posko Peduli Mudik Lebaran TELKOM SBT di Terminal antar kota dan antar provinsi Bungurasih Surabaya Timur mulai H-4, hingga H+7 memang luar biasa. Sepanjang arus mudik kesibukan tersebut melonjak, namun para petugas tetap ramah dan setia terhadap Customernya. Tak heran kalau hal ini mendapat perhatian khusus dari SCTV.

Tim berita SCTV yang terdiri dari 5 orang, datang khusus langsung dari Jakarta, meliput kegiatan di Posko tersebut tanggal 23-10-2006 pk. 10.00 - 13.00 WIB. Tampak dalam foto, cameraman SCTV sedang mengambil gambar seorang pengunjung, yang akan melakukan perjalanan ke Kediri, memanfaatkan akses internet Speedy di Posko tersebut.

Moment lain yang sempat diliput tim berita SCTV tersebut adalah : Beberapa pengunjung sedang beristirahat di ruang istirahat ber-AC sambil menerima penjelasan mengenai Flexi Combo. Kemudian Beberapa pelanggan yang sedang dipandu oleh petugas piket Posko untuk mengaktifkan Flexi Combo.

Juga kegiatan para petugas Posko yang terdiri dari petugas Telkom Group (Telkomsel, Telkom dan Infomedia Nusantara) yang sedang memberikan informasi mudik kepada para pengunjung. Selain itu untuk melengkapi materi berita, Crew SCTV juga meliput kondisi terminal dan arus mudik di lokasi tersebut.

Dalam proses peliputan berita, tim dari SCTV dibantu oleh petugas Posko Telkom Peduli SBT yang kebetulan sedang piket pada hari itu, Sdr. Adam Tutuhatunewa dari Dinas Customer Care SBT. Liputan tersebut ditayangkan pada berita Liputan 6 SCTV pada hari itu juga.

Agenda berikutnya adalah Liputan Posko Telkom Peduli SBT di Stasiun Gubeng terkait dengan liputan arus balik mudik yang diliput tanggal 26 Oktober 2006. Berita mengenai Posko Telkom Peduli SBT di Stasiun Gubeng tersebut ditayangkan di Liputan 6 SCTV Pagi pada tanggal 27-10-2006. Salah satu keunikan Posko Telkom Peduli di Gubeng adalah sinergi dengan tim musik Stasiun Gubeng yang memberikan hiburan musik kepada pengunjung stasiun dengan nuansa Flexi Combo, mulai dari seragam tim musik, backdrop sampai dengan kuis berhadiah yang disampaikan oleh MC.***NURSIDIK***

Posko Telkom Peduli SBT Jadi Press Room, TV Swasta Gunakan Speedy


TAHUN 2006

Posko Telkom Peduli SBT Jadi Press Room, TV Swasta Gunakan Speedy

Pada hari pertama cuti bersama, tanggal 23-10-2006 mulai pk. 10.00 s.d. 13.00 WIB, Posko Telkom Peduli SBT di Bungurasih mendadak berubah menjadi jadi Press Room saat tim berita SCTV datang meliput kegiatan Posko Telkom Peduli SBT yang berlokasi di Terminal Purabaya, Bungurasih. Posko Peduli TELKOM SBT benar-benar dijadikan “MABES”nya TV Swasta Nasional, SCTV.

Tim berita SCTV menggunakan ruang di Posko tersebut untuk meliput, melakukan editing dan mengirim hasil liputan via akses internet Speedy ke kantor pusat SCTV di Jakarta. Tim tersebut beranggotakan 5 orang, terdiri dari 1 orang pengarah / leader, 1 orang reporter, 1 orang cameraman, dan 2 orang editor, datang langsung dari Jakarta untuk meliput arus mudik di Surabaya.

Karena materi berita hangat harus bisa segera ditayangkan di Liputan 6 SCTV hari itu juga, maka mereka memilih menggunakan akses internet Speedy yang memang menjadi fasilitas di Posko Telkom Peduli tersebut. Menurut penuturan Dina, reporter SCTV yang bertugas saat itu, mereka sudah sering menggunakan akses Speedy dan cukup puas karena kecepatannya bisa diandalkan.

Dengan perangkat lengkap yang dibawa oleh tim tersebut, antara lain 1 set digital video camera, lap-top, dan 1 set perangkat portable video editing, setelah materi berita terkumpul, mereka langsung melakukan editing dan segera mengirim materi berita via akses internet Speedy di ruang istirahat Posko Telkom Peduli.

Kendati pada pagi harinya sebelum kedatangan tim SCTV, akses internet Speedy di lokasi tersebut mengalami gangguan, tetapi tidak berapa lama masalah segera tersolusikan berkat kerjasama petugas piket Customer Care SBT, CCAN SBT dan Divisi Multimedia Service Area Surabaya.

Selang beberapa menit setelah gangguan diinformasikan, petugas piket Divisi Multimedia Area Surabaya pada hari itu, Sdr. Made Teja, segera menginformasikan bahwa gangguan clear, sehingga proses pengiriman berita SCTV menggunakan Speedy berjalan mulus. Setelah berita terkirim, 5 anggota tim kemudian menggunakan kesempatan melepas lelah sesaat di tenda ber-AC Posko Telkom Peduli.

Malam harinya, sekitar pukul 21.00 WIB, tim SCTV juga dibantu oleh petugas Customer Care SBT menggunakan fasilitas demo Speedy di Speedy Room Plasa Dinoyo untuk mengirimkan materi liputan arus mudik ke SCTV Jakarta. Sukses buat SBT, sukses buat SCTV, sukses buat Speedy. ***NURSIDIK***

GM TELKOM SBT Kick Off Layanan Terpadu Lebaran


TAHUN 2006

GM TELKOM SBT Kick Off Layanan Terpadu Lebaran

Antisipasi tradisi mudik lebaran, maka TELKOM SBT telah mempersiapkan program peduli pemudik yang dikemas kedalam Program Layanan Terpadu Telkom. Program ini telah di KICK OFF oleh GM TELKOM SBT dalam bentuk APEL SIAGA di lapangan Tennis “WAR-SQUARE” DIVRE-V Jln. Ketintang 156, Surabaya, Senin (16/10). Kick off ini ditandai dengan penyerahan Buku Panduan Layanan Telkom peduli kepada Kordinator POSKO tiga CATEL dan coordinator yang ada di Surabaya Metro.

Program Layanan Terpadu Telkom yang terdiri dari : Posko Telkom Peduli, Posko Telkom Operasional dan Posko Keamanan dalam rangka Libur Massal menyambut Hari Raya Idul Fitri 1427-H ini ditegaskan GM TELKOM SBT, Tulus Sudarsono merupakan bujt, bahwa TELKOM senantiasa mengedepankan pelayanan prima.

Layanan Terpadu Telkom yang peduli pemudik lebaran ini, didukung oleh 874 personel karyawan, CSR, TKM dan SATPAM. Hal ini juga merupakan bukti, bahwa kerja kita adalah ibadah, sekaligus terus menerus memelihara Brand Image Telkom yang sudah bagus akan semakin bagus.

Waktu pelaksanaan POSKO, yaitu Posko dalam rangka hari Raya Idul Fitri akan dimulai tanggal 17 Oktober 2006 sampai dengan 1 Nopember 2006. Posko Operasional meliputi 4 titik lokasi POSKO, yaitu : KANCATEL Sidoarjo (Jln. A. Yani), KANCATEL Mojokerto (Jln. Empu Nala), KANCATEL Jombang (Jln. Wachid Hasyim) dan Surabaya Metro (Gedung OPMC Jln. Ketintang 156, Surabaya).

Sedangkan Posko Telkom Peduli meliputi 2 titik Posko, yaitu : di Stasiun Gubeng yang merupakan stasiun kereta api senantiasa padat setiap lebaran, serta terminal Bus Bungurasih, juga tak kalah padatnya. Kepedulian Telkom ialah membantu masyarakat pemudik dengan memberikan berbagai layanan informasi, sarana istirahat-sholat, tlp local gratis, dan fasilitas lanilla.

GM SBT terakhir meminta agar seluruh Tim selalu jaga spirit, jaga kesehatan, jaga Fastel kita, emban tugas dengan baik, sehingga ibadah kita diterima olehNYA, Jayalah Telkom Indonesia dan jangan lupa titip salam buat keluarga di rumah semoga sehat dan selalu dalam Lindungan ALLAH SWT. ***(NURSIDIK)***

Armada POSKO TELKOM PEDULI Dicek Oleh GM SBT


TAHUN 2006

Armada POSKO TELKOM PEDULI Dicek Oleh GM SBT

Seluruh armada KBM roda empat dan roda dua yang akan digunakan untuk mensupport sukses Pelaksanaan Program Layanan Terpadu Telkom untuk POSKO TELKOM PEDULI dan POSKO TELKOM OPERASIONAL hari ini, Senin (16/10) telah dicek satu persatu oleh GM TELKOM SBT di Jln. Ketintang 156, Surabaya.

Kap mobil dibuka satu persatu, kemudian mesin dihidupkan untuk mengetahui apakah kondisi KBM ini layak atau tidaknya digunakan sebagai sarana kerja yang diperuntukkan bagi masing-masing POSKO demi kepuasan pelanggan. Perlengkapan kerja atau tools kits masing-masing personel juga diperiksa. Unit Sistem Informasi (USI) juga melakukan hal yang sama, yaitu POSKO LEBARAN.

Pelanggan dan masyarakat pemudik tahun ini memang benar-benar raja, mereka dimanjakan oleh semua operator seluler dan CDMA dengan harapan dalam perjalanan pulang balik berjalan lancar dan selamat. Sarana dan prasaran jalan tahun ini juga cukup memadai dibanding tahun sebelumnya. Yang jelas jauh lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

Kesiapan Tim POSKO TERPADU TELKOM SBT sendiri sudah dilihat secara langsung oleh GM TELKOM SBT yang didampingi oleh Deputy GM serta para Senior Leaders. Kesiapan dan persiapan sudah ”sistemic” dan kondisi layak serta siaga. Warga yang mudik diharapkan tidak mengalami kesulitan dalam memperoleh informasi dari pihak TELKOM.***(NURSIDIK)***

Telkom SBT Buka Bersama Tukang Becak, Penjaga Lintasan Kereta, Panti Asuhan Dan Yatim Piatu


TAHUN 2006

Telkom SBT Buka Bersama Tukang Becak, Penjaga Lintasan Kereta, Panti Asuhan Dan Yatim Piatu

Program kepedulian social memang sangat tepat kalau diluncurkan di bulan Ramadhan Mubarok, sebab bulan penuh Maghfiroh atau ampunan ini terkenal juga dengan Malam Lailatur Qadr-nya. Jadi tak heran kalau sudah banyak program peduli yang diluncurkan SBT di bulan puasa ini, termasuk yang hari ini, Senin (16/10) di Halaman parkir Gedung OPMC SBT Jln. Ketintang 156, Surabaya. Tausyiah Ramadhan diisi oleh ustadz Drs. Farid Anwar.

Kali ini jajaran Telkom SBT berbagi rasa dengan para tukang Becak, Penjaga LintasanKereta, Panti Asuhan dan Anak Yatim Piatu. Mereka diajak takjil dan berbuka bersama, serta menerima bingkisan lebaran. Kemudian mereka juga mendapatkan siraman rokhani atau Tausyiah dari penceramah di bulan Ramadhan penuh berkah ini. Sejumlah 618 parcel dibagikan secara simbolis.

GM TELKOM SBT dalam sambutannya berpesan. agar kita semua mampu melaksanakan ibadah puasa sampai tuntas dan semoga puasanya diterima Allah SWT. Ibadah puasa ini memang luar biasa, sebab memiliki nilai-nilai edukasi kepribadian, yaitu latihan disiplin. Jadi jika kita dapat tuntas melaksanakannya, InsyaAllah kita termasuk orang yang sudah terlatih.

Acara buka bersama dan Tausyiah ini memang secara rutin diadakan oleh manajemen setiap bulan puasa Ramadhan, selain sebagai media tali silaturahmi, juga sebagai media bagi rasa kepada sesama. Acara ini dihadiri oleh EGM DIVRE-V, Par Senior Leaders, seluruh karyawan dan karyawati TELKOM SBT dan Forsikatel termasuk tenaga kerja mitra, SDM Organik, TKM, CSR dan Tim Security.

Sedangkan EGM DIVRE-, Nanang Ismail Kosim (NIK) meminta agar program ini terus dimaintain. Sekarang ini berbuka dirumah EGM sudah kami hapuskan sejak 2 tahun yang lalu. Yang kami lakukan adalah langsung mengunjungi Panti Asuhan. NIK meminta agar program ini terus dimaintain dan dilanjutkan sesuai dengan tema Buka bersama, yaitu “Peduli Lingkungan & Yatim Piatu”, sebab siapa lagi yang mau memperhatikan Yatim Piatu, kalau bukan kita semua.

Dalam kesempatan tersebut NIK berkenan menyerahkan sejumlah bantuan, antara lain : Penyerahan bantuan pembangunan 4 buah masjid, Bantuan kepada 5 Panti Asuhan, Santunan untuk 100 anak Yatim Piatu, 15 petugas lintasan KA, 20 Abang Becak, Bingkisan lebaran kepada CSR, Sales POTS/ Flexi, Sales Speedy, Petugas TDC/Reminding Call, Security, TKM AN Maintanence, TKM PT CUM dan CV DWI Barat. ***(NURSIDIK)***

Membangun WARNET bersama Telkom


TAHUN 2006

Membangun WARNET bersama Telkom

Speedy masih menjadi tulang punggung bagi para pebisnis WARNET di Surabaya. Hal ini dikemukakan oleh Syahrul, ST Ketua Asosiasi WARNET Indonesia KORWIL Surabaya. Namun sayangnya realibility Speedy masih memprihatinkan, sehingga para penyelenggara WARNET harus punya Back up dari provider lain. Celah ini menjadi loss opportunity bagi Telkom dan menjadi pintu masuk bagi pesaing.

Bincang-bincang penuh keakraban ini dilaksanakan di Telkom Multi Media Center Plasa Marina pada hari Jumat 13 Oktober kemarin. Dihadiri 12 anggota AWARI korwil Surabaya bertajuk ”Membangun WARNET bersama Telkom” ini juga menjadi ajang uji coba perangkat Multi Media yang ada di ruangan demo center dan Business center.

Gatot Indra Anggradi selaku Manager Customer Care Kandatel SBT yang menjadi tuan rumah acara ini mencoba menggali permasalahan seputar layanan WARNET dari PT. Telkom sekaligus mengenalkan fasilitas yang ada di Multi Media Center. Silakan kalau AWARI akan memanfaatkan ruangan ini untuk acara promosi ataupun edukasi seputar WARNET kepada masarakat, tutur Manager Customer Care SBT sembari menyerahkan kartu Ivas kepada Syahrul, ST Sang ketua AWARI yang low profile namun cerdik ini.

Acara ini sempat membuat penasaran pengunjung plasa Marina, karena Multi Media Center nampak penuh sesak dan ramai. (AR)

SBT : 4 Orang Tersangka Penadah Kabel Curian Tertangkap


TAHUN 2006

SBT : 4 Orang Tersangka Penadah Kabel Curian Tertangkap

Alhamdulillah, dengan tertangkapnya 4 orang penadah kabel curian semoga dapat berdampak berkurangnya curwatpon (pencurian kawat telepon) di lokasi lainnya. Dari tersangka 4 orang penadah yang dibekuk pada hari Rabu 11/10) di lokasi pabrik pengolahan metal Mojosari, yaitu 2 dari Krian, 1 dari Jombang dan 1 lagi dari Mojokerto. Dan sampai saat ini rekan-rekan Reskrim Polres Mojokerto masih mengembangkan kasus tersebut, agar bisa men-TO langsung Pencuri-nya. Dor..dorr...doorrr.

Dengan dibekuknya 4 orang penadah yang menjadi tersangka, maka sedikitnya ada rasa “Plong” bagi jajaran JAWARA SBT, sebab memang selama ini selalu dihantui pencurian kabel yang berujung kepada GAMAS (Gangguan Massal) yang sangat merugikan Telkom dan Pelanggan.

Keberhasilan Reskrim Polres Mojokerto membekuk 4 orang Penadah yang sedang membawa barang bukti patut diacungi jempol yang kemudian dikembangkan. Dengan dikembangkannya kasus ini, semoga aparat kepolisian dapat mengungkap modus sekaligus sindikat pencurian kabel kabel telepon di Telkom SBT pada khususnya, dan Divre-V pada umumnya.

Pihak JAWARA SBT selanjutnya berharap dukungan semua pihak termasuk manajemen untuk mensupport rekan-rekan CATEL Mojokerto yang masih aktif melakukan Ronda atau Patroli keliling sekalian makan sahur, serta memonitor proses pengungkapan sindikat maling kabel telepon dan penadahnya, sehingga berharap pula semoga layanan Telkom semakin baik kepada pelanggan tercinta, termasuk kepada share holder. ***(NURSIDIK)***