TAHUN 2006
Kontribusi “TDC” Telkom SBT Dalam Meretain Customer
Selama ini banyak kegiatan yang tercurah ke Marketing and Sales, Penetration dan Raih Market Share, sehingga masalah BACK ROOM seolah tak terjamah oleh liputan Redaksi, padahal fungsi BACK ROOM ini juga tak kalah pentingnya dalam rangka memberikan kontribusinya mempertahankan pelanggan dan mendeliver Service Exellent.
Jani Suwarto, salah seorang Technical Aceess Support SBT mengungkapkan kepada Reporter, bahwa kegiatan Backroom utamanya di TDC (Test Dispatch Clearence) sangat berperan aktif dalam menghandle masalah gangguan. Kepuasan Customer sangat dipertaruhkan di unit ini. Unit TDC ini juga berfungsi untuk melakukan Surveilance Control Execution (Aktivasi Buka Isoliran, PSB, Gangguan, Complain Handling), Pengawalan Laporan dan Evaluasi SLG.
Kenapa seluruh petugas yang menangani dan berhadapan dengan computer-computer setiap adalah cewek semua, Tanya Redaksi ? Sebenarnya tidak harus cewek, tapi kita tau, bahwa seorang perempuan selalu halus, apalagi jika berhadapan dengan customer, jawabnya singkat. Lho, kan petugas TDC tidak berhadapan langsung dengan customer, tetapi mendapat Delivery Complain dari 147 ? Tapi terkadang ada yang nyasar lho..
Namun demikian, nantinya kalau operasionalnya sudah 24 jam alias FULLDAY, maka tak menutup kemungkinan untuk menugaskan laki-laki, sebab mereka harus dinas di malam hari. Kalau memang sudah OPERATED 24 HOURS, maka akan diberlakukan SHIFTING SYSTEM dan tentu akan dibagi menjadi beberapa shift, dimana shift malam hari pasti jatahnya laki-laki, jelasnya.
Unut TDC harus mampu merespon cepat terhadap setiap ada gangguan, semacam “unit reaksi cepat” yang siap memberikan solusi dengan cepat melalui koordinasi dengan unit-unit terkait yang memiliki keuntungan kompetitif. Jadi COC ini berfungsi koordinasi dan pengendalian antara lain dalam hal keterlambatan buka isolir, penyelesaian gangguan, pengekringan dan segala keluhan lainnya.
NURSIDIK