Mengenai Saya

SIDOARJO, JAWA TIMUR, Indonesia
Belajar Menjadi "Internal Jurnalism"

Minggu, 15 Agustus 2010

GM SBT Mengapresiasi Jawara STO Waru-I Dan PT. CUM


TAHUN 2005

GM SBT Mengapresiasi Jawara STO Waru-I Dan PT. CUM

APEL PAGI.
Sebagai wahana internal communication, maka apel pagi rutin mingguan jajaran Jawara Opharjarakses SBT pada hari Senin (14/3) sangat bermanfaat untuk menggenjot performansi dan operasional. Wahana yang dilaksanakan di lapangan parkir TELKOM SBT, Jln. Ketintang 156, Surabaya, kali ini dimanfaatkan oleh GM TELKOM SBT untuk memberikan arahan.

LEADING.
Para Jawara STO Waru-I dan Mitra OS PT. CUM di forum apel pagi kali ini mendapat apresiasi GM TELKOM, Bagyo Nugroho, pasalnya ialah mereka memang performed pada posisi 14 Maret 2005 ini. Mereka ini adalah patriot-patriot sejati yang leading kinerjanya pada pertengahan Maret Triwulan pertama. Kepada STO dan Mitra lainnya diminta GM untuk berlomba, baik dengan internal STO Datel, maupun berlomba dengan DATEL lain di DIVRE-V Jawa Timur ini. Untuk menentukan keberhasilan kinerja harus ada pembanding, jadi jangan inward looking saja, tapi harus outward looking, pinta GM.

MENANTANG.
Target pemasaran POTS yang sangat menantang diserahkan sepenuhnya kepada para Jawara, sebab yang paling lebih tahu kondisi “medan perang” adalah para Jawara. Manajemen hanya memberikan beberapa acuan saja, sedangkan improvisasinya sangat tergantung kepada para Jawara yang merupakan Patriot Perusahaan di era kompetisi yang ketat ini.

SBT BUNG !
Target pemasaran POTS menurut GM sama menantangnya dengan target Flexi dan Speedy. Ini SBT, Bung !!! Target selalu yang terbesar, tunjukkan dadamu … Hai… para Jawara…!!, kata GM membakar semangat Patriot sejati SBT yang terkenal akan semangat dan potensi yang luar biasa tingginya. Potensi tinggi yang merupakan jatidiri para Jawara ini diminta GM untuk dikeluarkan pada saat yang tepat, yaitu jelang akhir Triwulan-I ini, sebab merupakan Triwulan penentuan untuk melangkah mengarungi tahun 2005. Pegang teguh 7 etika bisnis, InsyaAllah sukses, kata GM mengakhiri !!!

 NURSIDIK

TELKOM SBT PKS Dengan PT. PROLINK INTIDATA NUSANTARA


TAHUN 2005

TELKOM SBT PKS Dengan PT. PROLINK INTIDATA NUSANTARA

PARTNERSHIP.
Strategi Partnership terus dikembangkan oleh Manajemen TELKOM SBT, kali ini melakukan Joint Marketing SPEEDY BROADBAND ACCESS dengan PT. PROLINK INTIDATA NUSANTARA. Pendatangan PKS dilakukan oleh General Manager KANDATEL SURABAYA TIMUR, Bagyo Nugroho dan MARKETING EXECUTIVE PT. PROLINK INTIDATA NUSANTARA, Herman Tanri pada hari Jum’at (11/2) di Gedung OPMC Lantai-4 Jln. Ketintang 156, Surabaya.

MAKSUD DAN TUJUAN.
GM mengatakan, bahwa Perjanjian ini diadakan dengan maksud agar dicapai manfaat yang saling menguntungkan kedua belah pihak dalam rangka joint marketing di area Kandatel Surabaya Timur. Perjanjian ini bertujuan untuk mengatur mekanisme kerjasama joint marketing di area Kandatel Surabaya Timur.

TARGET.
Sebagaimana PKS lainnya, maka GM pun mematok target kepada partner barunya ini, sehingga Joint Promo Speedy Broadband Access di area Kandatel Surabaya Timur ini memiliki target yang telah disepakati kedua belah pihak.

Mekanisme kerjasama joint marketing/promo telah diatur, dimana pihak I berkepentingan atas penjualan layanan Speedy Broadband Access dan pihak II berkepentingan atas penjualan modem ADSL.

Bagai gayung bersambut, maka pihak partnerpun bersedia untuk bekerjasama dalam bisnis yang sangat menjanjikan, dan pihaknya optimis bisa meraih target yang telah disepakati. Pokoknya, ujung-ujungnya kan “angka” alias result, kata Herman optimis yang disambut tawa oleh Manajemen TELKOM SBT.

Penandatangan PKS ini berlangsung singkat dan sederhana dan dihadiri juga oleh Manager Marketing (Marnoto), Manager CS (Gatot Indra) dan ASMAN Usage dan Produksi TELKOM SBT (Dody Purwanto).

 NURSIDIK

Opening Meeting Dengan Examiner TMBE Di Surabaya


TAHUN 2005

Opening Meeting Dengan Examiner TMBE Di Surabaya

OPENING.
Para Assessor TMBE yang terdiri dari empat orang, yaitu : Rajiv Jayaraman (Lead Assessor), Ani Sulistiani, Joshua L. Simpson, Tumpal Siregar dan Soebroto (Asscort dari CTG) menghadiri Opening Meeting pada hari pertama assessment di DIVRE-V, Surabaya, Senin (14/2).

OVERVIEW.
Pada opening meeting tersebut, KADIVRE-V, Arief yahya memulai dengan memperkenalkan para Senior Leaders, termasuk para GM DATEL se JATIM, kemudian masuk ke materi pemaparan Overview TELKOM DIVRE-V.

Mulai dari potensi, jumlah SDM sampai kepada bisnis utama dipaparkan, termasuk porto folio bisnis yang merupakan engine driver di era kompetisi saat ini. Dikatakan, bahwa produk wireline untuk saat ini masih memberikan kotribusi pendapatan terbesar, yang kemudian disusul wireless dan multi media services.

WHY USE BALDRIGE ?
Diluar dugaan, Arief menjelaskan kenapa DIVRE-V “Run Business with Baldrige ?”. Penjelasan inilah yang membuat Mr. Rajiv terperangah. Arief menjelaskan secara gamblang panjang lebar tanpa teks. Yang membuat Rajiv terperangah, ialah dimasukkannya unsur “spirit” ke dalam system MBNQA.

Arief mengatakan, bahwa keberhasilan DIVRE-V tahun 2004 yang ditandai dengan diborongnya Rewards, sebenarnya disebabkan dua hal, yaitu Roh (Soul) dan Fisik (Badan), Rohnya adalah Spirit “Always The Best” dan badannya atau fisiknya adalah system, lanjut Arief bersemangat. Kalau terjadi balance antara spirit dan system, maka terbangunlah suatu komitmen yang kuat.

Saya tahu, bahwa Many greatest company in the world also use Baldrige, untuk itulah kenapa Telkom juga menggunakannya. Didalam Baldrige mengajarkan kepada kita tentang Believe dan Behaviour, didalamnya ada Value yang sangat penting dan merupakan primary driver spirit.

Arief juga memaparkan masalah : Main Objective, Leadership Commitment, The Telkom Way, Visi dan Misi serta memutar Film Company Profile DIVRE-V yang memakan durasi lebih kurang 20 menit. Telkom Yel Juga diteriakkan oleh Arief dengan vocal yang lantang bersemangat.

UNIK.
Ada keunikan didalam penerapan Baldrige di DIVRE-V ini, yaitu dimasukkannya unsur spirit, kata Rajiv menanggapi paparan Kadivre-V. Hal ini sangat berbeda dengan perusahaan TATA di India dan beberapa di Amerika, dimana mereka mempublish buku-buku Baldrige, semua bisa membacanya dengan mudah.

Usai merespon paparan Kadivre-V, Lead Assessor kemudian mempersilahkan KADIVRE untuk mempersiapkan Interview Meeting Category 1 (Leadership) dan Category 2 (Stategic Planning). Ketika berita ini diturunkan, acara interview meeting masih berlangsung.

 NURSIDIK

Grup Band Telkom SBT Diaktifkan, GM “Pukul” Drum

TAHUN 2005

Grup Band Telkom SBT Diaktifkan, GM “Pukul” Drum

VACUUM.
Setelah sekian lama vacuum, maka Grup Band Telkom SBT kini diaktifkan lagi. Aktifasi seni musik yang mengandung unsur “olah rasa” ini ditandai dengan pemukulan Drum oleh GM TELKOM SBT, Bagyo Nugroho usai kegiatan SKJ, Jum’at (14/1) di Gedung OPMC Lantai-4, Jl. Ketintang 156, Surabaya.

RUTINITAS.
Dalam sambutannya Bagyo mengatakan agar kita tidak terkungkung dengan rutinitas yang kebanyakan mengandalkan “olah pikir”. Kesenian musik yang mengandalkan “olah rasa” juga perlu untuk keseimbangan hidup penurun stress. Agar kompetisi bisnis dapat kita menangkan, maka saya kira perlu ada keseimbangan didalam diri kita antara olah-pikir, olah-raga, dan olah rasa, ketiganya harus bersinerji, agar SDM kita benar-benar “powerfull” berdaya tahan menghalau setiap tantangan kompetisi. Pre-Emptive Strike tanpa diimbangi “olah rasa” akan terasa hambar

Dalam rutinitas, kita selalu dihadapkan pada tantangan yang sangat berat, menyita waktu, tenaga dan pikiran, semua resources yang ada pada diri terkuras habis-habisan, hingga ke adrenalin.. Saya melihat dan khawatir akan berdampak kepada kesehatan maupun kondisi fisik, termasuk keluarga anak istri tercinta dirumah. Untuk itulah saya menginginkan adanya “olah-rasa” di perusahaan ini, utamanya seni musik Band yang sudah cukup lama vacuum, lanjutnya.

Silahkan dibentuk Grup Musik Yunior (ABG), Grup Dangdut, Grup Oldiest dan lain-lain, sehingga kita semua bisa menghibur diri disela-sela kesibukan rutinitas, ditengah-tengah “war” melibas kompetitor untuk menghilangkan kepenatan atau stress kecil. Sebab stress kecil kalau tidak dimaintain akan meningkat ke stadium yang lebih besar, pada gilirannya kita tak mampu perang dengan kompetitor lagi, kuncinya.

WIDURI.
Usai memukul drum, Bagyo didaulat oleh para Senior Leader yang hadir untuk menyumbangkan sebuah lagu, maka tak ada pilihan lain, kecuali mengiyakan request tersebut dengan melantunkan tembang lama, yaitu sebuah lagu yang berjudul Widuri. Kemudian para Senior Leader tak mau ketinggalan masing-masing menyumbang suaranya untuk memberikan dukungan terhadap “Come-Back”nya grup Band TELKOM SBT.

Manager Support menyanyikan lagunya Peter Pan “Ada apa denganmu”; “Masa lalu tertinggal” dan “Bintang Surga”, Manager Akses Network membawakan tembang kenangan dari penyanyi Legendaris Koes Plus dan Iwan Fals. Manager keuangan melantunkan tembang dari daerah Makassar, yaitu “Anging Mamiri”. Manager Marketing menampilkan lagunya Chrisye, Manager CS “Sepanjang jalan kenangannya Titik Sandora dan Muchsin, disusul dengan yang lain. ***SELAMAT***

 NURSIDIK

“Perseteruan” Marketing Dan Keuangan Hasilkan Draw, 0-0

TAHUN 2005

“Perseteruan” Marketing Dan Keuangan Hasilkan Draw, 0-0

NO VICTORY !
Walau umpan-umpan cantik dari para pemain sering tercipta, namun tak ada kemenangan alias No Victory dalam pertandingan sepakbola mini TELKOM SBT antara Tim Marketing dan Tim Keuangan yang diadakan di lapangan parkir Jln. Ketintang 156, Surabaya.

GARIS PENALTY.
Memang betapa sulitnya menggoal ke masing-masing gawang, walau kedua tim menurunkan pemain-pemain handal, sebab selain gawang berukuran mini, juga disekitarnya tak ada garis penalty, yaitu garis bebas orang. Jadi jangan heran kalau hingga babak kedua pertandingan ini disudahi dengan score 0-0.

KERAS.
Kedua Tim sudah berusaha bermain cantik, semangat, berenerji, bahkan cenderung bermain keras, terbukti saling tendang tumit dan tulang kering, hingga keduanya terjatuh, tapi memang bola bundar itu benar-benar tak mau diajak kompromi. Manager Keuangan, M. Said Hasan dan Manager Marketing, Marnoto yang memperkuat masing-masing Tim bahkan sudah berjuang hingga terkilir dan bermandikan keringat.

Strategi saling menaklukkan sebenarnya sudah direncanakan seperti layaknya menaklukkan kompetitor operator lain, namun begitulah keduanya tak meraih ekspektasi yang direncanakan. Gaya permainan sudah meniru Juventus dan Manchester United, tapi namanya juga nasib.

GILA BOLA.
Maraknya pertandingan sepak bola di negara ini, sehingga hampir seluruh masyarakat meminati hingga menyimaknya setiap jam tayangnya. Tidak heran kalau orang TELKOM SBT ikut tergila-gila pada bola bundar itu. Pertandingan bola mini setiap Jum’at ini akan terus berlanjut. Sepakbola mini dikemas menjadi suatu bentuk permainan yang unik, ada unsur hiburan dan refreshing.

 NURSIDIK

GM TELKOM SBT Buka Pelatihan SMK3, Soal Evakuasi Kebakaran


TAHUN 2005

GM TELKOM SBT Buka Pelatihan SMK3, Soal Evakuasi Kebakaran

DENGAN DIKLAT.
Bekerjasama dengan Telkom Training Centre atau Diklatnya TELKOM Surabaya, pada hari Kamis (13/10) bertempat di Gedung OPMC Jln. Ketintang 156, Surabaya, GM TELKOM Surabaya Timur, Badriyanto secara resmi membuka pelatihan GALANGKAR (Penanggulangan Kebakaran) dan Cara Evakuasi bila terjadi kebakaran.

INSTRUKTUR.
Para instruktur pelatihan ini didatangkan dari RIDAM Training Outbound, PMK Demak, PMI Sidoarjo dan Sucofindo. Jumlah Instruktur ada 20 dan jumlah peserta pelatihan ada 69 orang berasal dari Catel Sidoarjo, Catel Mojokerto, Catel Jombang, CS DATEL SBT, Keuangan DATEL SBT, Marketing DATEL SBT, OPHAR DATEL SBT, USI, PRAN, SUPPORT dan UPMB Area SBT.

SEHAT ITU NIKMAT.
GM TELKOM SBT, Badriyanto dalam sambutannya antara lain mengatakan, bahwa kesehatan itu nikmat, keselamatan itu nikmat yang diberikan Allah SWT yang patut kita syukuri. Jadi pelatihan SMK3 hari ini, sebenarnya merupakan salah satu perwujudan rasa syukur kita kepadaNYA.

Sesuai Undang-Undang Tenaga Kerja, maka setiap tenaga kerja harus dilindungi, maka pencegahan kecelakaan kerja harus dilakukan oleh manajemen sesuai dengan kebijakan manajemen pusat dalam hal ini sesuai dengan SMK3 (Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja). SMK3 sendiri perlu disosialisasikan dalam bentuk pelatihan seperti sekarang ini, lanjut Badri.

Semoga ilmu yang diberikan para instruktur dapat bermanfaat bagi kita, bagi perusahaan, serta menjadi ilmu yang manfaat, sehingga para Instruktur mendapat pahala yang mengalir (tiada putus), sebab menurut Agama Islam, bahwa ilmu yang bermanfaat pahalanya mengalir tiada putus, harap Badri mengkahiri.

PSIKOLOGI PANIK.
Sementara itu pada hari ini pula para karyawan bakal diuji, apakah mereka akan panik jika terjadi kebakaran dalam bentuk simulasi. Ibu Yani seorang Dosen dan Psikolog UBAYA akan memberikan materi Psikologi Panik kepada peserta sebagai Pra Simulasi Kebakaran.

Jajaran PMK Surabaya Demak juga bakal memberikan simulasi Kebakaran siang harinya, kemudian dengan serta merta jajaran PMI Sidoarjo mencoba untuk menolong dan mengevakuasi korban. Fire Alarm yang sehari sebelumnya dilakukan pengecekan dan perbaikan pada hari ini pula bakal diujicobakan lagi.

Para Team “FIRE FIGHTER” dari RIDAM juga siap mengadakan simulasi kebakaran dimana sebelumnya telah melakukan identifikasi lokasi vital yang tidak boleh kena asap atau air. Pegawai yang sakit jantungan juga diidentifikasi agar saat simulasi tidak kaget dan fatal.

 NURSIDIK

Pesan KADIVRE V Membawa Harapan & Semangat Besar Bagi Karyawan TELKOM JOMBANG


TAHUN 2005

Pesan KADIVRE V Membawa Harapan & Semangat Besar Bagi Karyawan TELKOM JOMBANG




Dalam rangkaian safari Ramadhan Kadivre V Jawa Timur , Kamis (13/10) terlebih dahulu mengunjungi Catel terbesar di Surabaya Timur beliau nyebut Catel Sda kakak kandungnya Catel Jombang, setelah nyampai di ruang tunggu Catel Jombang Bapak NIK langsung menyapa kawan CSR bertanya tentang melayani dengan cinta salah satu rekan CSR ( Yuli-red ) menjawab dengan lancar baik arti dari 5 S sendiri maupun aplikasinya seluruhnya terjawab dengan jelas, bahkan ketika Bapak NIK memberikan sambutannya kepada karyawan menyampaikan SALUT kepada rekan CSR yang bisa menjawab dengan baik arti Melayani Dengan Cinta

Sambutan Manager Catel Jombang memaparkan performansi kinerja tahun 2005 diantaranya menyinggung tentang pertumbuhan secara umum Telkom Jombang dibandingkan dengan tahun 2004 sebesar 14 % bahkan ketersediaan SDM yang usianya rata-rata sudah diatas 45 tahun, masalah SDM rupaya menjadi fokus utama bagi Bapak NIK dengan seriusnya beliau menyakinkan kepada rekan Jombang tidak usah takut dengan umur tua karena itu bukan menjadikan halangan kita untuk memajukan Telkom.

Usia boleh tua, tapi semangatnya jangan sampai kalah dengan yang masih muda-muda, pesan Bapak NIK dapat membangkitkan semangat kita untuk memajukan Telkom Jombang lebih maju dimasa yang akan dating, pesan Bapak NIK yang kedua menyinggung tentang pertumbuhan perusahaan yang sehat tumbuhnya harus diatas 20 % ini sebuah tantangan bagi insan Telkom khususnya Jombang dan KADIVRE 5 juga menyinggung target secara DIVRE tahun 2006 sebesar 4,1 T merupakan tanggungjawab kita semua seluruh Karyawan Telkom, termasuk Catel Jombang harus mampu Menjual produk khususnya Flexi sebanyak-banyaknya dan mempertahankan pelanggan jangan sampai migrasi ke provider lain.

Pada Akhir sambutannya Kadivre memberikan satu wacana kepada kita semua, saat ini Telkom sudah menjadi perusahaan era kompetisi jadi perlu ada perubahan semangat dalam bekerja.

By onslem

Sidoarjo :Kunjungan Safari Ramadhan KADIVRE V Ke CATEL 20 Milyard Per Bulan


TAHUN 2005

Sidoarjo :Kunjungan Safari Ramadhan KADIVRE V Ke CATEL 20 Milyard Per Bulan


Dalam suasana bulan Ramadhan Kadivre V pada tanggal Jawa Timur pada tanggal 13 Oktober melaksanakan kunjungan Silahturahmi ( kunjungan Kerja ) ke Kancatel Sidoarjo atau Catel 20 Milyard per bulan, kata Kadivre kunjungan ke catel Sda dalam rangka mengenalkan diri kepada seluruh Jajaran Kancatel Sidoarjo.

Selama di Sidoarjo kurang lebih 1,5 Jam Kadivre melaksanakan kunjungan ke bursa Flexi yang selama ini menjadi andalan Telkom Sidoarjo untuk mendongkrak pemasaran Flexi, pada kesempatan itu Kadivre menanyak kepada petugas jenis Terminal yang paling banyak laku selama ada bursa Flexi ini dan oleh petugas dijawab Terminal yang paling laku adalah Terminal yang paling murah misalnya NOKIA 3586 yang harganya sangat terjangkau oleh pelanggan sebesar Rp. 400.000,- dan juga Merk SAMSUNG “ ENICALL “ yang harganya 750.000,-, dari bursa Flexi Kadivre masuk ke ruang layanan di tempat ini Kadivre sangat terkesan dengan para petugas CSR yang begitu ramah dan sangat simpatik dan Kadivre pada kesmpatan itu mengataka bahwa Keramahan ini bukan karena ada saya tapi sebaliknya keramahan ini harus rekan rekan berikan kepada pelanggan kita yang selama ini begitu banyak memberikan kontribusi pendapatan ke Telkom kususnya Telkom Sidoarjo.
Dari ruang Pelayanan Kadivre langsung menuju ruang Aula Telkom Sidoarjo dimana sudah menunggu para Karyawan yang sudah lama menunggu dan ingin tahu wajah Kadivre yang baru, acara diawali dengan mendengar lagu balada “ JAYALAH TELKOM dan diteruskan pemaparan Profile Telkom Sidoarjo Oleh Menager Telkom SDA bapak MULYADI, pada kesempatan itu Mulyadi menyampaikan beberapa keberhasilan Telkom Sidoarjo yang sudah diraih di Tahun 2005 ini bahkan Kadivre V sangat terkesan denga pertumbuhan Bisnis yang terjadi di Sidoarjo cukup menakjubkan yaitu sebesar 24 % dan kata Kadivre ini satu satunya Catel yang saya kunjungi pertumbuhan Bisnisnya diatas 20 % dan ini luar biasa , disisi lain Kadivre mengajak seluruh Karyawan untuk selalu waspada terhadap pergerakan para Kompetitor kita yang ingin melibas Telkom mulai dari yang terkecil misalnya Kompetitor akan masuk ( bermain ditingkat Kancatel setelah itu baru ke Tingkat Metro.
Kadivre juga mengingatkan bahwa Divre 5 mempunyai komitmen di Tahun 2006 komposisi pemasaran 65 % Trendy, 25 % Classy dan 15 % Pots.
Sedangkan masalah SDM yang hampir 75 % berusaia antara 40 s/d 50 Tahun Kadivre mengajak jangan berkecil hati saya juga sudah Tua tapi yang terpenting harus selalu mempertahankan personal Quality dan semangat kerja, insya’Allah kata Kadivre bila semangat kerja masih ada di hati kita semua Telkom dijamin masih mau memakai kita semua Aminnn, pada kesempatan itu juga diserahkan bingkisan lebaran secara simbolik kepada 45 rekan kita yang bertugas di SATPAM dan CLEANNING SERVICE.

Pada Akhir sambutannya Kadivre juga berjanji akan meperjuangkan kelas kantor dan kata Kadivre sekarang bola sudah ada di Drektorat SDM kantor pusat dan mari kita berdo’a semoga perjuangan Kelas Kantor ini bisa berhasil.
Dari Sidoarjo rombongan Kadivre dengan di iringi Do’a langsung menuju Kancatel Jombang, dan akhir kata semoga apa yang telah disampaikan oleh Kadivre 5 Jatim ini dapat kita laksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab untuk menyongsong Thun 2006 dengan penuh semangat kebersamaan Aminnnn.

By Nayaw

Syukur Dan Nikmat, Di Masjid Takhobbar DIVRE-V


TAHUN 2005

Syukur Dan Nikmat, Di Masjid Takhobbar DIVRE-V

KULTUM.
Untuk KULTUM ba’da dzhuhur di Masjid Takhobbar DIVRE-V kali ini, Kamis (13/10) menampilkan Pembicara Bpk. Ustadz H. Sumarhan Fanidin dari IAIN Surabaya. Pada hari kesembilan ini suasana jama’ah masih bertahan, bahkan lebih membludak lagi. Strategi Ta’mir Masjid memang sangat jitu dengan mendatangkan pembicara berbobot, sehingga jama’ah yang didominasi oleh karyawan karyawati DIVRE-V ini mampu mengikutinya dengan cermat hingga akhir.
Jebolan IAIN Sunan Ampel Surabaya ini mencoba mengarahkan para jama’ah kepada hal yang sangat mendasar dalam kehidupan ini, yakni masalah syukur dengan topik bahasan ”Syukur Itu Nikmat”. Allah menakdirkan apapun Maha Cermat, tidak pernah mendzolimi makhluk-makhluk-Nya. Kita sengsara adalah karena kita yang mendzolimi diri sendiri.
"Barangsiapa yang tidak mensyukuri nikmat Allah, sesungguhnya ia telah membuka jalan hilangnya nikmat dari dirinya. Akan tetapi barangsiapa yang mensyukuri nikmat Allah, maka sungguh ia telah memberi ikatan yang kuat pada kenikmatan Allah itu."
Firman Allah SWT: La in Syakartum la-aziidannakum (jika kalian bersyukur, niscaya Aku akan menambah rezekimu)(QS.14: 7) Wa ammaa bini'mati rabbika fahaddits (Dan terhadap Nikmat Tuhan-mu maka hendaklah kamu menyebut-nyebutnya (dengan bersyukur).(QS.93: 11)*
Wa maa bikummin ni'matin faminallohi tsumma idzaa massakumudllurru failaihi tajaruun (Dan apa saja nikmat yang ada pada kamu, maka dari Allah-lah datangnya, dan bila kamu ditimpa oleh kemudaratan, maka hanya kepada-Nya-lah kamu meminta pertolongan.(QS.16: 53)
Wa ammaa bini'mati rabbika fahaddits (Dan terhadap Nikmat Tuhan-mu maka hendaklah kamu menyebut-nyebutnya (dengan bersyukur).(QS.93: 11)* Wa maa bikummin ni'matin faminallohi tsumma idzaa massakumudllurru failaihi tajaruun (Dan apa saja nikmat yang ada pada kamu, maka dari Allah-lah datangnya, dan bila kamu ditimpa oleh kemudaratan, maka hanya kepada-Nya-lah kamu meminta pertolongan.(QS.16: 53).
MENUNGGU REZEKI.
Sementara para jama’ah mendengarkan ceramah KULTUM, ada sebuah kegiatan di luar, yaitu salah seorang jama’ah sedang menunggu rezeki dengan berdagang buku-buku rokhani Islam dalam Bursa Buku Ramadhan. Bubar mendengar KULTUM, dapat dipastikan para jama’ah akan ‘mengeroyok’ buku-buku yang diperdagangkan. Pemandangan ini rutin setiap hari selama bulan Ramadhan.

 NURSIDIK

Kobaran Api Si JAGO MERAH Melalap Gedung OPMC SBT, Korban Berhasil Dievakuasi

TAHUN 2005

Kobaran Api Si JAGO MERAH Melalap Gedung OPMC SBT, Korban Berhasil Dievakuasi

PATAH TULANG.
Kobaran api berasal dari hubungan arus pendek yang membakar Gedung OPMC, Kamis (13/10) membuat para karyawan panik lari berhamburan keluar lewat tangga emergency. Tak hanya berlari, mereka juga berteriak minta tolong. Sementara Si JAGO MERAH semakin membesar karena arus angin di musim kemarau siang itu memang bertiup sangat kencang. Aduh, tulang kakiku patah, tolooooong, kata korban sambil terseok-seok merasakan sakit kaki kanannya yang patah… yang lain kepalanya terbentur kusen pintu yang ambruk, … toloong kepalaku berdarah …. Tak terkecuali juga peserta Rapat Coffee Morning langsung bubar, berhamburan pula menyelamatkan diri dan rekan yang bisa dibantu.

PMI.
Setelah berhasil dievakuasi ditempat yang aman para sukarelawan dari SBT memberikan pertolongan pertama pada kecelakaan (PPPK) yang tak lama kemudian pihak PMI datang dan memberikan pertolongan kepada mereka yang luka ringan, hingga berat. Kami akan bawa ke rumah sakit terdekat bagi korban yang luka berat seperti patah tulang, luka dikepala dan sejenisnya, kata petugas PMI / Palang Merah Indonesia – Kotamadya Surabaya.

Karena kesigapan petugas Pemadam Kebakaran (PMK) yang siang itu mendatangkan dua unit mobil pemadam kebakaran, maka si Jago Merah yang melalap gedung bertingkat 6 itu dapat dikuasai hanya dalam waktu 20 menit saja. Salah seorang pejabat mengatakan, bahwa kerugian materiil belum bisa kami taksir sekarang ini, nanti tunggu aja pengumuman resmi dari manajemen, katanya kepada Reporter. Sedangkan untuk pelayanan kepada pelanggan dikatakan tak akan mengalami gangguan, semua berjalan normal seperti biasa, sebab yang terbakar adalah gedung administrasi, bukan setnral telepon, dan ini semua hanya simulasi belaka kok. Jangan khawatir pelayanan tetap seperti biasa, kuncinya.

 NURSIDIK

SBT : TELKOM Drive Thru Pertama Di Indonesia diujicobakan di KANDATEL Surabaya Timur


TAHUN 2005

SBT : TELKOM Drive Thru Pertama Di Indonesia diujicobakan di KANDATEL Surabaya Timur

UJI COBA.
Ada 2 (dua) loket pembayaran rekening telepon dengan system “Drive Thru” di TELKOM SBT, satu di STO Manyar (dioperasikan 5 September 2005), satu lagi di STO Darmo. Untuk TELKOM Drive Thru Plasa Darmo, diujicobakan pada tanggal 12 September 2005 dan berjalan cukup lancar. TELKOM “Drive Thru” ini adalah pertama di Indonesia. System ini merupakan pengamatan / Best Practice dari Mc. Donalds yang telah melakukan “sales” dengan “Drive Thru”.

CUKUP SINGKAT.
TELKOM “Drive Thru” ini lebih memanjakan customer dan merupakan perwujudan program Melayani Dengan Cinta, sebab tidak harus turun dari mobil. Salah seorang customer yang bernama Mbak Dewi mengatakan, bahwa sistem ini sangat membantu bagi yang tak mau capek-capek harus turun dari mobil, apalagi dari sisi waktu pembayaran cukup singkat, karena dilayani cepat oleh petugas loket.

“Saya kaget, ketika biasanya disuruh Papa membayar telepon tiap bulan harus cari tempat parkir, sekarang malah disuruh SATPAM, langsung aja Mbak membayar di loket Drive Thru disamping situ”, kata Mbak Dewi. Biasanya kalau saya bayar di loket harus antri panjang dan cukup lama, tambahnya.

Ketika ditanya, bagaimana pelayanan petugas loket Drive Thru, maka Mbak Dewi mengatakan, bahwa cukup lumayan, saya langsung dilayani dalam waktu yang cukup singkat, apalagi saya memang buru-buru ada urusan kuliah. Wah, … Telkom semakin maju, ya…Pak…!!!, katanya lagi sambil tersenyum.

INTEGRATED.
TELKOM Drive Thru ini merupakan hasil inovasi jajaran TELKOM SBT yang digarap terintegrasi (integrated) dengan beberapa unit kerja (Back Room) yang berbasis IT, dan didisain menyesuaikan dengan konsep plasaTelkom, yaitu sesuai dengan KD 15. Plasa TELKOM Darmo yang pernah meraih Piala Presiden RI, dipakai sebagai uji coba dan sukses. Dewi adalah satu dari 20 customer yang hari ini membayar melalui sistem baru ini. Rencana tim Assessor akan hadir di Plasa TELKOM Darmo yang diikutkan Lomba Tingkat Nasional.

 NURSIDIK

SBT : Pelatihan IKR/G Di JCC STO Manyar Bersertifikat


TAHUN 2005

SBT : Pelatihan IKR/G Di JCC STO Manyar Bersertifikat

PERTAMA.
Untuk pertama kalinya JAWARA COMPETENCE CENTRE (JCC) yang berlokasi di STO Manyar mengadakan pelatihan bersertifikat, hasil kerjasama dengan TTC (DIKLAT) Surabaya. Pelatihan Angkatan-I ini bernama IKR/G & Saluran Penanggal yang diikuti oleh 28 orang pegawai dan mitra outsourcing dari DATEL dan dari CATEL. Pelatihan akan berlangsung selama 3 (tiga) hari, mulai 13-15 September 2005.

JCC Manyar yang merupakan “kawah candradimuka” bagi jajaran TELKOM SBT semula hanya diisi kegiatan BIT saja, tapi kali ini benar-benar pelatihan bersertifikat. Fasilitas yang dimiliki JCC ini ialah satu kelas dengan “LIVE LABORATORY” terlengkap.

TINGKAT KEHADIRAN.
Suparno dari TTC Surabaya dalam sambutan pembukaan antara lain mengatakan, bahwa tingkat kehadiran siswa dapat mempengaruhi dalam mendapatkan sertifikat kelulusan. Para instruktur sepenuhnya dari intern TELKOM SBT sendiri. Para siswa mendapat alat tulis lengkap dan hand-out.

Fasilitas lain yang diberikan TTC adalah uang saku dan snack serta makan siang sesuai jadwal. Peserta dari luar kota (CATEL) akan mendapat fasilitas asrama. Suparno meminta kepada para siswa agar tidak malu bertanya, agar hasilnya benar-benar bagus. Sebelum masuk ke materi, maka seperti biasa diadakan pre-test.

ILMU MAHAL.
Manager Ophajarakses, Tri Agus mewakili manajemen dalam sambutannya antara lain mengatakan, bahwa ilmu ini mahal, karena tidak ada di luaran. Untuk itu saya minta manfaatkanlah semaksimal mungkin, not just learn, but must know.

Ini adalah awal yang baik, kedepan kita tidak hanya POTS saja, tetapi mind set dari voice sudah berubah ke broadband access, voice, data / internet. Di Manyar ini pula kita memiliki kelas khusus, yaitu Broadband Education Centre yang ruangannya masih baru di lantai-2.

Sistem pembelajaran disini tidak classical, tetapi learning by doing dengan two way communication antara siswa dan instruktur. Apalagi peralatan disini lengkap, benar-benar LIVE…!!! Jadi jangan malu bertanya, rugi kalau malu bertanya, sambungnya.

Dalam pelatihan ini ada minimum requirement dalam mengerjakan SALPEN (Saluran Penanggal) yang harus bersertifikasi. Jadi manajemen memang selalu meningkatkan knowledge para mitra outsourcing agar minimum requirement tersebut terpenuhi.

TITIP.
Dalam mengakhiri sambutannya, Tri Agus menitipkan laboratorium, karena banyak perlengkapan konfigurasi live agar dijaga keberadaannya. Didalam laboratoriun ada sejumlah perangkat, seperti : GIS, Central Office Terminal DLC Channel Bank, Miniatur Digital Distribution Frame, Miniatur Main Distribution Frame, Sarana Sambung Kabel Fiber Optik, Assosories Tiang Tambatan KU, Cabinet ONU Chanal Bank, Cabinet ONU V.5.2, JAWARA ON-WEB, Konfigurasi JARLOKAT, Konfigurasi JARLOKAF, Segmentasi Jaringan HFC, Kabel Optik, Konfigurasi SPEEDY, Flexi Home, DP Contigency, Sarker dan Alat Ukur.

 NURSIDIK

DIRUT, Arwin Rasyid Hadiri Sertijab KADIVRE V Surabaya


TAHUN 2005

DIRUT, Arwin Rasyid Hadiri Sertijab KADIVRE V Surabaya

PERDANA.
Boleh jadi kehadiran DIRUT, Arwin Rasyid ke Surabaya dalam rangka Serah Terima Jabatan (SERTIJAB) KADIVRE-V Surabaya dari Arief Yahya kepada Nanang Ismail Kosim, Rabu (13/7) di ruang Lebah Biru Jln. Ketintang 156, Surabaya merupakan kunjungan perdana, sebab sejak terpilih saat RUPS Juni lalu, baru kemarin datang ke Surabaya. Tentu Kehadirannya dalam sertijab tersebut dimanfaatkan untuk bersilaturahmi dengan seluruh jajaran Telkom Surabaya.

PANGLIMA.
Arwin mengucapkan selamat kepada Kadivre-V baru yang disebutnya sebagai Panglima baru, yaitu Nanang Ismail Kosim. Kinerja Kadivre-V terdahulu yang menunjukkan hasil “The Best” agar selalu dipertahankan dan bahkan ditingkatkan.

Selanjutnya Arwin dalam kesempatan tersebut memberikan arahan kepada seluruh jajaran DIVRE-V tentang obsesi manajemen dalam memenangkan kompetisi yang semakin ketat dari kompetisi duopoly menjadi “Full Competition”.

TELKOM GOAL 135.
Dalam arahannya, Arwin mengatakan bahwa The Telkom Way 135 merupakan simboli dari peningkatan nilai capital perusahaan dari 10 Milyar USD menjadi 30 milyar USD, yaitu 1 adalah tujuan untuk melipatgandakan 3 kali dalam 5 tahun. Oleh karena itu budaya perusahaan TTW 135 tidak akan diganti, tetapi diminta untuk tidak menjadi slogan saja. Pada penjelasan Business Model, Aswin menyampaikan perhitungan dalam meningkatkan capital perusahaan diperlukan peningkatan revenue sebesar Rp. 125 triliun di akhir tahun 2009, dengan asumsi bila Earning Ratio sebesar 12 kali.

PELANGGAN.
Bisnis jasa seperti halnya pada bisnis perbankan, maka yang perlu mendapat perhatian serius adalah pelanggan, kata Arwin. Kalau kita mencintai perusahaan, maka cintailah dulu pelanggan, agar mereka puas atas pelayanan kita. Pelanggan merupakan pilar pertama. Kemudian pilar kedua adalah karyawan dan selanjutnya adalah Stake Holders.

Kemudian Arwin menambahkan, bahwa agar perusahaan ini maju, maka perlu dibangun komunikasi antara karyawan dan manajemen dengan didasari niat baik, tanpa prasangka buruk sesuai dengan konsep ESQ. Berikanlah kami masukan berupa ide apapun yang tentu akan kami diskusikan untuk mendapatkan solusi terbaik.

Acara kemudian diakhiri dengan sesi tanya jawab yang pertama diajukan oleh Sekretaris SEKAR DIVRE-V, Wibowo Sugiharto soal mempertahankan kode akses SLJJ yang disetujui oleh Arwin, tapi Arwin menambahkan selain mempertahankan perusahaan juga harus mempertahankan pelanggan. kemudian Mahfud Sidik menyoal masalah program USO, pembangunan telepon pedesaan serta masalah kesejahteraan karyawan seperti yang sukses diberikan oleh DIRUT terdahulu, yaitu almarhum Bapak Cacuk Sudarijanto. Atas pertanyaan ini, Arwin menjawab, bahwa almarhum Pak Cacuk dulu adalah atasan saya di BPPN. Soal kesejahteraan karyawan kita tetap pada kedua pilar tadi, yaitu pelanggan dan karyawan. Kemudian soal program USO dikatakan, bahwa memang sudah ada dalam program peningkatan teledensitas yang akan diakselerasi.

 NURSIDIK

SBT : GM Serahkan 31 SK Mutasi & Promosi


TAHUN 2005

SBT : GM Serahkan 31 SK Mutasi & Promosi

WAKIL PERUSAHAAN.
Mewakili perusahaan, GM TELKOM SBT, Bagyo Nugroho pada hari Senin (13/6) telah menyerahkan SK Mutasi & Promosi kepada 31 orang karyawan karyawati Telkom Surabaya Timur di Ruang Committed 2 U Gedung OPMC Jln. Ketintang 156, Surabaya.

PESAN GM.
Dalam sambutannya, Bagyo menyampaikan tiga pesan utama kepada seluruh penerima SK yang dihadiri oleh seluruh Manager, yaitu :

1. Jadilah Pemimpin tingkat-5, yaitu selalu berbaur dengan segala kemampuan dan komitmen, serta memiliki sikap sederhana. Di dalam Great Company ada kepemimpinan tingkat 5 yang memiliki komitmen luar biasa. Semua dicurahkan hanya untuk company, pribadi dan golongan diabaikan. Pemimpin tingkat 5 ini memiliki kesederhanaan dan ramah.
2. Jangan lukai perusahaan ini, artinya ada Job Position, tapi orangnya kosong, pekerjaan dipihak ketigakan, sehingga pemangku posisi tak berfungsi.
3. Berinovasilah secara terus menerus, apakah itu bidang prosedur, penghematan biaya (efisiensi), dan teknologi.
4. Tanamkan semangat “Always The Best”. Adalah suatu kebanggaan, manakala kinerja yang bagus, dicapai dengan semangat Always The Best.

KOMPETENSI.
Bagyo mengatakan pula, bahwa sesuai KD 33 dan SK KADIVRE-V tentang pengelolaan perusahaan, maka persyaratan promosi adalah : Ada formasi, Nilai Kinerja P2, Kompetensi harus match dan tidak sedang menjalani hukuman disiplin. Kompetensi harus merefleksikan aspek kejujuran dan komitmen. Dengan adanya mutasi dan promosi ini, maka organisasi akan semakin dinamis, tambahnya.

 NURSIDIK

Rewarding The Best Marketer TELKOM SBT


TAHUN 2005

Rewarding The Best Marketer TELKOM SBT

SALES FORCE MANAGEMENT.
Mendisain sebuah pola penjualan yang dilaksanakan di era kompetisi tidaklah gampang. Ia butuh kreativitas tinggi, sebab sukses penjualan yang dilakukan oleh “Sales People”, yaitu para Marketer tak lepas dari penerapan “sales force management” yang ada. Demikian antara lain sambutan Manager Marketing SBT, Marnoto, di ruang “Winning Team Flexi”, Rabu (13/4) saat penganugerahan Rewards kepada dua orang sebagai Best Marketer yang sukses pada triwulan pertama ini.

THE WINNERS.
Siapa yang menjadi The Winners sebagai Best Marketer TELKOM SBT di triwulan-I ini ? Mereka adalah Amiruddin dan Etik Sugiharti. Kedua orang Marketer ini tak punya basic khusus tentang salesmanship dan marketing, yang dipunyai adalah tekad dan semangat membara melibas pasar dengan tak kenal lelah dan tak kenal menyerah, ulet ! How to sell ? Tanya aja kepada kedua the winners ini. Saya yakin pasti jawabannya adalah “semangat” dan mau kerja keras. Memang ada dan gampang didapat sales training guide dan sales training videos, namun ilmu text book sajatak cukup, jika tanpa bermodalkan semangat.

Marnoto berpesan kepada seluruh Marketer yang terdiri dari SPG dan Sales Force agar semangat yang menjadi modal utama bagi sukses seorang salesman tetap ditingkatkan terus. Kejar target dan Go to market ! Jelajahi pasar sebagai segment yang harus dibidik ! Usahakan setiap keluar dan kunjungan selalu ada transaksi ! Khusus soal kunjungan, saya minta agar kalian juga menghimpun kebutuhan pelanggan, kami yang akan mengeksekusi kebutuhan pelanggan (customer needs) tersebut, apapun, atau paling tidak kami evaluasi dulu. Kami akan mencoba gunakan Customer Relationship Solution Management melalui inputan yang kalian himpun dari pelanggan. Go-Fight-Win !

Sebagai perusahaan yang bervisi a leading infocom player in the region, memang sudah selayaknya kalau Sales Force Management diaplikasikan secermat mungkin. Segala kemungkinan dan pergerakan pasar yang kompetitif yang predictable dan yang semakin ganas harus disikapi secara komprehensif, termasuk soal Marketernya.

 NURSIDIK

Surabaya Number One, KANCATEL Mojokerto, 8 Besar Nasional Pemasok Flexi


TAHUN 2005

Surabaya Number One, KANCATEL Mojokerto, 8 Besar Nasional Pemasok Flexi

KALIBER NASIONAL.
Baru saja OPHARSUS-CCAN DATEL SBT dianugerahi Juara-I Tingkat Nasional, kini sebuah Kancatel di yang berdiri tegak di kota “onde-onde” Mojokerto yang masih AREA TELKOM SBT masuk dalam 8 besar Nasional pemasok Flexi Trendy. Hal ini dingkapkan oleh Manager Catel Mojokerto, Imam Moencar (13/4) di markas “TELKOM MOJOPAHIT” Mojokerto.

NUMBER ONE.
Surabaya sendiri adalah Peringkat-I Nasional (NUMBER ONE, ALWAYS THE BEST). Urutan selengkapnya adalah sebagai berikut :

1. Surabaya(031) = 100,835.
2. Jakarta(021)=86,103.
3. Medan(061)=28,175.
4. Semarang(024)=15,352.
5. Solo(0271)=11,117.
6. Bandung(022)=10,675.
7. Yogyakarta(0274)=7,772.
8. Mojokerto(0321)=7,732.

TANTANGAN.
Deputy GM TELKOM SBT, M. Firdaus mengatakan bahwa tantangan kompetisi sangat berat dan penuh resiko, kill or to be killed. Rupanya jajaran Telkom Mojokerto, suatu kota yang pernah mengalami masa kejayaan di zaman Mojopahit, kini mencuat di papan atas dalam percaturan perFlexi-an Nasional. Firdaus tak lupa mengucapkan selamat untuk 0321, tantangannya minggu depan naik kelas ngalahin Yogyakarta. ...kita tunggu hasilnya !!!!

TEKAD BULAT.
Saat ini para Commander Battle Field baik POTS maupun FLEXI membulatkan tekad untuk “mengganyang” tuntas target bulan April 2005 ini. Sebagai bentuk tanggungjawab itu Manajer Kancatel Mojokerto Imam Moencar langsung membuatkan SK kepada para Commander Battle Field.

Tidak hanya itu bahkan Agus Riyantowo selaku Big Commander Flexi juga meneguhkan komitment itu dalam sebuah puisi penyemangat yang membuat bulu kuduk ini “merinding”. Dan tak kalah juga dari jajaran JARAKSES, Landung juga berpuisi dengan intonasi penuh semangat seolah membakar semangat para Commander.

Tak berlebihan kiranya apa yang disampaikan oleh Imam Moencar, bahwa dalam pemasaran Trendy, Mojokerto satu-satunya Kancatel di JATIM yang masuk perolehan 8 besar Nasional ! Ini yang harus perlu dijaga dan lebih ditingkatkan.

Untuk itu sebagai langkah Continuous Improvement perolehan Trendy ini, Imam Moencar berkenan membagikan sarana transportasi berupa KBM-2 ber style Flexi kepada masing-masing Commander Battle Field di wilayah : Mojosari, Dlanggu, Ngoro Industri dan Mlirip. Masings kepada Imam Mawardi, Ponimah, Soim , Aziz Sugenganto dan Mulyono. Begitu KBM-2 diserahkan masing-masing Commander diperkenankan mencoba memutari area upacara.

Mojokerto Manyapa Target Pemasaran Flexi Dengan IHT


TAHUN 2005

Mojokerto Manyapa Target Pemasaran Flexi Dengan IHT

SOAL PASAR.
Perencanan pemasaran merupakan salah satu bagian paling penting dalam usaha. Selama ini konsep perencanaan pasar sudah banyak terdapat dalam buku-buku dan media lain seperti internet, jurnal ataupun koran. Tapi kali ini langsung melalui nara sumber dengan cara In House Training (IHT). Dalam skema “pemasaran” selalu mempertimbangkan ‘4P’s: produk, price, place, dan promosi. Inilah yang akan dibahas dalam IHT, Kamis 13 Januari 2005 di aula Kancatel Mojokerto.

Dalam IHT ini, para Sales Force diberi pembekalan dalam rangka memenuhi dan menyelesaikan target 4000 ssf. Peserta IHT terdiri dari 30 orang sales force yang selama ini berada dalam kendali Mitra Vendor yang berada di Mojokerto, serta rekans dari Kopegtel yang bertugas di Flexi Center.
KERJASAMA DENGAN UPLATDA.
Pelaksanaan IHT di Kancatel Mojokerto ini berkat kerjasama yang harmonis antara UPLATDA dengan Manajemen Mojokerto dan dipandu langsung oleh 2 instruktur yaitu Bp. Sadjantrisno dan Pak Petrus. Dalam pengarahan sebelum dimulainya acara ini Manajer Kancatel Mojokerto, Imam Moencar berpesan agar dengan adanya transfer knowledge ini rekan-rekan Sales Force dapat mengaplikasikannya di lapangan dengan mengenal type-type pelanggan. Hal yang berkembang menjadi besar mulanya diawal dari hal yang kecil. Tanpa disadari bahwa apa yang kita kerjakan dari hal kecil dapat berkontribusi dan bahkan menjadikan berkembang menjadi besar.
Materi yang diberikan kepada para sales Force adalah antara lain :
1. Type Pelanggan.
2. Jenis Kebutuhan Dasar Pelanggan.
3. Kualitas Pelayanan.
4. Kepuasan Pelanggan .
5. C2SE dan berikut .
6. Komunikasi Bisnis.
SOAL SENYUM.
Pada permulaan presentasinya Bp. Sadjantrisno mengajak satu persatu untuk tersenyum.”Siapa yang tidak bisa tersenyum?” tanya beliau. “kalau tersenyum saja sudah tidak bisa bagaimana mau melayani” lanjutnya. Namun mereka bukan tersenyum tetapi malah tertawa... “Dari posisi duduk saja orang dapat dilihat perilakunya. Kalau duduk bersedekap seperti Mas ini, ini orangnya tertutup, coba anda lihat body guard mesti bersedekap, karena dia dan orang yang dijaganya tidak mau diganggu, anda seperti itu?”
ooOOOoo

BUPATI SIDOARJO 'DIRANGKUL' FLEXI


TAHUN 2005

BUPATI SIDOARJO 'DIRANGKUL' FLEXI

Pada penyelenggaraan Pengukuhan Badan Narkoba Kabupaten Sidoarjo yang dilaksanakan pada hari Senin malam, 10 Januari 2005 oleh Bupati Sidoarjo, Win Hendrarso yang sekaligus juga pembukaan Acara Lomba Tembang Kenangan, maka Telkom yang diberi kehormatan sebagai sponsor tunggal memanfaatkan event ini secara maksimal sebagai ajang promosi Flexi dengan menyelenggarakan Bursa Flexi Smile di Paseban, Pendopo Kebupaten Sidoarjo sejak 07 Januari 2005 lalu.

GM SBT, Bagyo Nugroho pada kesempatan ini mendapat kehormatan untuk menyampaikan sambutan mewakili Management Telkom yang pada kesempatan itu menyatakan bahwa PT Telkom selalu siap untuk memberikan dukungan bagi Pemerintahan dan juga bagi masyarakat luas untuk jasa layanan Telekomunikasi. Disampaikan bahwa di tahun 2004 Telkom memberikan perhatian yang sangat besar pada Sidoarjo dan di tahun 2005 akan all out untuk memberikan perhatian penuh bagi Sidoarjo dan sebagai bukti sampai saat ini telah didirikannya BTS Flexi yang semula hanya 6, dilipatgandakan menjadi 18 dan diakhir Januari akan ditambah 4 lagi. "...ini sebagai pembayar hutang bagi masyarakat Sidoarjo yang selama ini daerahnya belum terlayani fasilitas telekomunikasi...... dengan semangat dan komitmen kami, maka terhitung mulai 01 Maret 2005 kami akan 'declare'-kan Layanan Tanpa Tolak bagi masyarakat Sidoarjo....".

Dijanjikan pula bagi masyarakat yang bertransaksi PSB Flexi pada bulan Januari, Februari dan Maret diberi bebas abonemen selama 6 bulan dan hadiah khusus bagi pegawai jajaran Pemda diberikan bebas abonemen selama satu tahun. Sebuah sumbangan bagi masyarakat dan Pemerintahan Sidoarjo yang diharapkan bisa bermanfaat.

Ucapan terimakasih disampaikan oleh Sang Bupati atas sponsor Telkom pada penyelenggaraan kegiatan ini melalui suatu program Promo Flexi; dan disampaikan juga bisnisman sekarang ini selain menggunakan HP juga membawa Flexi sebagai sarana komunikasi alternatif-nya. Menyinggung masalah Personal Digital Assistant (PDA), sambil tersipu Sang Bupati menyatakan "...... saya belum bisa mengoperasikannya, karena memang saya belum punya....", yang disambut tawa hadirin. Tentunya ini sebuah sinyal sekaligus peluang yang harus ditangkap...

Acara dilanjutkan dengan Lomba Tembang Kenangan yang diawali oleh Sang Bupati dengan lagunya 'Sabda Alam'; tak ketinggalan Sang GM SBT unjuk kebolehannya berduet dengan Sang Sekretaris, Moerwono...... boleh juga sih duet-nya....

Pada sesi terakhir, Sang Bupati mengunjungi Bursa Flexi-Smile beserta rombongan dan bertanya macam-macam serta mencoba menggunakan Flexi untuk menghubungi HP-nya. Sangat serius ketika mendapat penjelasan tentang Flexi yang juga difungsikan sebagai pengaman rumah, dimana jika pintu ada yang membuka, maka secara otomatis Flexi memanggil nomor telepon sesuai yang sudah diprogramkan oleh si-empunya rumah. Sebagai kenang-kenangan maka GM SBT memberikan sebuah terminal Flexi-Home kepada Sang Bupati.

Akhirnya, sebuah sinergi sudah dirintis, tinggal dipelihara dan Battle-Field Commanders beserta pasukannya sudah mulai bergerak, maka All demand must be served dan sejuta Flexi adalah sebuah tantangan yang besar, Stretch the goal..!!

Mojokerto : KULTUM Ba’da Dhuhur Semarakkan Ramahan


TAHUN 2005

Mojokerto : KULTUM Ba’da Dhuhur Semarakkan Ramahan

Guna meningkatkan keimanan yang telah digariskan oleh perusahaan dalam kegiatan Iman Budaya dan Olah Raga (IBO) lebih-lebih di bulan suci Romadhan ini Kancatel Mojokerto menyelenggarkan acara siraman rohani setelah sholat Dhuhur di masjid Manarul Fikri (12/10). Dengan adanya kegiatan ini Manajer Kancatel menghimbau kepada seluruh karyawan-wati untuk melaksanakan sholta Dhuhur berjamaah yang kemudian dilanjutkan dengan siraman rohani yang disampaikan oleh penceramah. Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari Senin dan Kamis sampai berakhirnya bulan Romadhan.

Untuk kegiatan ini dalam upaya mengingatkan karyawan-karyawati dalam melaksanakan kewajiban sholat telah dibuat program adzan melalui jaringan komputer dan didistribusikan melaui speaker yang berada dilokasi-lokasi kerja. Sehingga diharapkan dengan terdengarnya adzan kita hentikan sejenak segala kegiatan untuk menjalankan kewajiban sebagai Muslim.

Disamping kegiatan tersebut seperti tahun-tahun sebelumnya Masjid Manarul Fikri Mojokerto menyelenggarakan tarawih bersama keluarga karyawan-karyawati dan warga sekitar kantor.

Dalam susasana Ramadhan ini pula Kancatel Mojokerto juga menyeleggarakan beberapa lomba-lomba Keagamaan seperti lomba adzan wajib untuk seluruh karyawan/wati, lomba membaca Surah Al Fathihah dan lomba wudlu yang diikuti oleh anak-anak.

SBT : PCAN CUP-2005 Berakhir, Rungkut Juara Umum


TAHUN 2005

SBT : PCAN CUP-2005 Berakhir, Rungkut Juara Umum

PIALA.
Akhirnya PCAN (Personal Customer Access Network) CUP berakhir pada Jum’at (9/9) dan keluar sebagai Juaran Umum adalah PCAN AREA RUNGKUT. Piala PCAN CUP-2005 ini diserahkan oleh Deputy GM TELKOM SBT, M. Firdaus di halaman parkir TELKOM SBT, Jln. Ketintang 156, Surabaya, Senin (12/9).

Pertandingan yang dilombakan dalam PCAN CUP-2005 ini meliputi empat cabang olah raga, yaitu : Volley, Futsal, Tenis Meja dan Catur. Pesertanya ialah seluruh jajaran PCAN SBT Metro, termasuk mitra kerja, yaitu PT. CUM (Cakrawala Ujo Mandiri) dan CV. Dwi Barat, total pemain sebanyak 81 orang.

Tempat pertandingan ada dua tempat, yaitu untuk Catur dan Tenis Meja di indoor STO Rungkut-I, sedangkan untuk cabang olahraga Futsal dan Volley di TTC (DIKLAT Surabaya) Injoko, keduanya outdoor. Pemenangnya adalah Juara-III : PCAN Area Gubeng, Juara-II PCAN Area Darmo, dan Juara Umum diraih oleh PCAN Area Rungkut.

TIM.
Usai menyerahkan Piala, Deputy mengatakan, bahwa PCAN CUP ini merupakan salah satu cara untuk mempererat kebersamaan tim. Saya nggak bisa bayangkan, bagaimana seandainya di suatu unit kerja tidak memiliki tim yang solid, dapat dipastikan hasil kerja atau target akan sulit untuk diraih.

Ini adalah cara jajaran PCAN dalam mempererat tim, saya salut dan bangga. Banyak cara dalam upaya membangun kekompakan tim, satu diantaranya melalui olahraga di event yang sangat pas dan tepat. Sekali lagi, kalau satu tim dalam sebuah unit kerja tidak kompak, maka saya tidak bisa bayangkan.

 NURSIDIK

SBT : Audit COSO SOA Wujud Tranparansi Pengelolaan Perusahaan


TAHUN 2005

SBT : Audit COSO SOA Wujud Tranparansi Pengelolaan Perusahaan

IAG.
Selama sebulan penuh, mulai tanggal 12 September 2005 hingga12 Oktober 2005 Internal Auditor Group (IAG) akan melakukan audit COSO SOA 404 di TELKOM Surabaya Timur. Para Tim Auditor per siklus terdiri dari : Agus Riyanto (Aktivasi & Pemeliharaan Pelanggan), R. Pul Sukamto (Pengakuan dan Penerimaan Pendapatan), Nurdamai AM (Penyisihan dan penghapusan piutang serta Klaim & Restitusi), Tiet Saksono (Isolir, buka isolir dan cabut, serta Siklus Persediaan Kartu), Budhi Sulistiyanto (Siklus Beban), Djadjad.S. (Siklus Aktiva Tetap), Kasirun (Siklus Perbendaharaan, Siklus Laporan Keuangan dan Siklus Perpajakan).

Agar Tim Auditor dapat bekerja dengan lancar, maka manajemen SBT telah menunjukan PIC untuk masing-masing siklus, sub siklus, bispro dan sub bispro, antara lain : Septiningdyah, Anggara, Tamadji, Yohanes, Ismail Rosito, Winarni, Cok Gede, Subardi, Farid Rudhi, Imran MS, Hartanto dan Sumiati.

MAKSIMAL.
Mengingat audit COSO SOA 404 ini merupakan wujud transparansi pengelolaan perusahaan, maka Deputy GM SBT, M. Firdaus meminta ke seluruh jajaran untuk membantu secara maksimal dan optimal sesuai dengan bidang masing-masing, agar pelaksanaan audit selama sebulan penuh ini lancar dan sukses. Permintaan Firdaus tersebut disampaikan saat apel pagi yang setelah apel pagi langsung dilakukan audit oleh tim IAG.

Seluruh PIC akan mendukung seluruh proses, memberikan data secara obyektif, yang intinya mensupport data yang diperlukan para Auditor sesuai dengan bidang tugas per siklus yang menjadi tanggungjawabnya.

Seluruh perusahaan di dunia yang terregister dengan US. SEC akan terkait dengan Sarbanes Oxley, agar kepercayaan Investor meningkat, dan lebih transparan. COSO adalah Committee Of Sponsoring Organization. Selain itu untuk TELKOM sendiri kegiatan ini sangat selaras dengan program GCG (Good Corporate Governance).

Inilah persyaratan Pelaporan Keuangan oleh US. SEC, agar mendapat sertifikasi internal control seusai dengan SOA (Sarbanes Oxley Act) pasal 302 dan SOA 404. Jadi TELKOM harus comply ke Sarbanes Oxley Act.

 NURSIDIK

Deputy GM TELKOM SBT Serahkan Motor Flexi


TAHUN 2005

Deputy GM TELKOM SBT Serahkan Motor Flexi

APEL PAGI.
Deputy GM TELKOM SBT, M. Firdaus pada hari Senin (12/9) telah menyerahkan secara simbolis sejumlah Motor Bebek warna Flexi kepada jajaran PCAN (Personal Customer Access Network) dan kepada AR Flexi (Account Representative Flexi). Kendaraan tersebut saat apel pagi rutin para “JAWARA” di lapangan parkir OPMC, Jln. Ketintang 156, Surabaya. Dalam kesempatan tersebut, Deputy GM mencoba mengendarai bebek bermerk Honda Supra Fit nuansa Flexi yang masih “gress” keliling lapangan.

CITRA.
Dalam sambutannya, Firdaus antara lain mengatakan, bahwa KBM merupakan cermin perusahaan sekaligus membawa citra yang baik di mata para Customer. Jadi KBM baru ini harus dirawat secara rutin. Ketika paradigma pelayanan berubah, maka para petugas juga harus merubah perilaku dan penampilan. Lihatlah Customer dalam perspektif yang lebih besar, agar pelayanan benar-benar prima.

Total kendaraan baru roda dua ini adalah 70 unit yang kesemuan sudah di distribusikan ke seluruh Surabaya Metro, termasuk tiga Catel, yaitu Sidoarjo, Mojokerto dan Jombang. Ketika saya coba, mesinnya sangat halus, nyaris tak terdengar, sekali lagi agar dimaintain secara rutin.

EMPAT KEGIATAN.
Disisi lain, Firdaus mengingatkan kepada seluruh jajaran, bahwa dalam minggu ini ada 4 (empat) agenda kegiatan SBT, yaitu : Lomba Plasa Telkom Tingkat Nasional, Audit COSO SOA, Kunjungan COO dan BIT IKR di Jawara Competence Centre (JCC) Manyar Surabaya. Deputy meminta agar seluruh jajaran turut berpartisipasi aktif terhadap agenda tersebut sesuai dengan bidang masing-masing, termasuk agenda berbagai perlombaan dalam rangka HARBAK POSTEL ke-60.

PERFORMANSI OKPI.
Di akhir sambutannya, Deputy memaparkan performansi OKPI (Operational Key Performance Indicator). Dikatakan, bahwa Actual Performance OKPI TELKOM SBT ada bagus, untuk ini manajemen mengucapkan terimakasih kepada seluruh jajaran SBT, sehingga working spirit SBT yang Always The Best tetap dapat dimaintain. Usai apel pagi, Deputy memberikan ucapan Happy Birthday kepada beberapa “JAWARA” yang sedang berultah di bulan September ini, dengan memotong kue Tart.

 NURSIDIK

Telkom Jombang Libatkan Karyawan & Masyarakat Melakukan “Kampanye Sosial Peduli Telepon Umum“


TAHUN 2005

Telkom Jombang Libatkan Karyawan & Masyarakat Melakukan “Kampanye Sosial Peduli Telepon Umum“


Telepon Umum yang dulu jadi barang mewah sekarang malah jadi tempat sampah bahkan ada yang jadi warung lesehan ada juga terminal tidak berfungsi beginilah nasibnya TELUM sekarang siapa yang mau peduli kalau bukan insan Telkom begitulah salah satu kalimat yang diucapkan Manager Telkom Jombang Bapak Sutimin yang pada hari jum’at tanggal, 12 Agustus 2005 langsung turun ke lapangan lakukan Gebyar Telepon Umum Libatkan karyawan dan karyawati serta masyarakat dalam kampanye sosial “PEDULI TELEPON UMUM” .

Telepon umum di Catel Jombang sebanyak 103 satuan sambungan, yang yang dapat digunakan masyarakat hanya 18 satuan sambungan, sisanya mangkrak tak terawat ada shelter tidak ada terminal ada juga yang ada terminalnya tapi tidak berfungsi.

Telepon umum sebetulnya jika dipelihara kebersihan, keamanan dan kenyamanannya manfaatnya sangat tinggi misalnya bisa dibuat ajang ngerumpi atau bahasa kerennya “ Meeting Point “ sekaligus jadi media promo produk.

Pemandangan ini sungguh menyenangkan dan nyaman karena tingkat kebersihannya terjaga sekaligus bisa menciptakan image positif dan dapat membantu masyarakat kelas bawah untuk menggunakan fasilitas telekomunikasi serta ajang promo produk, yang tak kalah pentingnya dapat membangun“Good Corporate Zitizenship “

BY ONSLEM

Gebyar TELUM “BERSERI” Merdeka DIVRE-V

TAHUN 2005

Gebyar TELUM “BERSERI” Merdeka DIVRE-V

TELUM.
RibuanTelepon Umum (TELUM) yang tersebar di kota Surabaya Motropolis ada yang kondisinya baik, sedang dan rusak. Dulu TELUM ini merupakan ladang empuk, setelah terjadi “booming” HP seluler / CDMA, maka terjadilah pergeseran life style masyarakat pengguna jasa telepon umum. Namun demikian, karena TELUM masih berfungsi sebagai “Public Utilities”, maka manajemen DIVRE-V sangat “care” melakukan program TELUM Merdeka pada hari Jum’at (12/8) yang di launching oleh KADIVRE-V, Nanang Ismail Kosim di lapangan depan Kantor DIVRE-V Jln. Ketintang 156, Surabaya.

TELUM FLEXI.
KADIVRE-V dalam sambutannya saat launching sebelum peserta Gebyar melakukan aksinya, antara lain mengatakan, bahwa mengingat perkembangan teknologi, maka direncanakan selain menggunakan jaringan, juga akan dibuat TELUM Flexi. Untuk itu TELUM yang rusak / tak berfungsi akan disentralisasi ditempat-tempat strategis dengan shelterisasi.

Bukan itu saja, sebab masih di beberapa lokasi strategis akan dibuat pula TELUM “Meeting Point” seperti di Luar Negeri., jadi pengguna bisa janjian bertemu via TELUM. Kegiatan Gebyar yang bertajuk “TELUM BERSERI” ini diharapkan oleh Nanang akan lebih performed lagi. Sebab, masih kata Nanang, BERSERI adalah singkatan dari Bersih, Sehat, Rapi dan Indah.

Gebyar yang melibatkan Senior Leader, Karyawan, Mitra kerja dan Pramuka ini dilakukan di 150 titik lokasi yang terbagi dua, yaitu TELKOM SBT 75 lokasi sedangkan TELKOM SBB 75 lokasi. Revitalisasi TELUM tidak saja dilakukan secara fisik saja, namun juga secara prosedur mutu, dimana para Mitra Kerja TELUM nantinya akan dilakukan assessment, sehingga tercipta konsistensi mutu / kepastian.

Setelah dilepas oleh KADIVRE-V, peserta gebyar yang diperlengkapi dengan peralatan seperti kain majun, sulak, sapu ijuk, spry cairan pembersih, kuas, aqua, coin test dan ember menyerbu seluruh titik lokasi shelter dan console TELUM yang tersebar mulai jantung kota hingga tempat strategis lainnya. Hasil kegiatan Gebyar Telum Merdeka 2005 langsung dilaporkan ke POSKO DIVRE-V Lantai dasar (PUREL). Range penilaian TELUM adalah sebagai berikut Baik : 100-80, Cukup : 79-60 dan Kurang : 59-40.

 NURSIDIK

Ubis Jasnita Beri Training, Dorong SBT Lakukan “Integrated Marketing”


TAHUN 2005

Ubis Jasnita Beri Training, Dorong SBT Lakukan “Integrated Marketing”

PRODUCT CAMPAIGNS.
Usia Flexi yang tergolong muda belia memang sudah cukup membumi, namun masih harus dilakukan “campaigns” terus menerus. Untuk itu UBIS JASNITA DIVRE-V membekali jajaran Marketing TELKOM SBT skill dalam bentuk In House Training (IHT) pada hari Selasa (12/4) di ruang Marketing, Jl. Ketintang 156, Surabaya.

INTERNAL.
Dari hasil IHT ini diharapkan peserta mampu melakukan “product campaigns” secara internal dahulu dengan baik, lalu eksternalnya ialah Acquire new customers through integrated marketing campaigns across multiple media, brosur, spanduk, AR outlet Flexi, SPG, Sales Force, dan lain-lain.

KIAT ALTERNATIF.
Nugroho Budi Cahyono, presenter materi dari UBIS JASNITA mengatakan, bahwa AR (Account Representative Outlet Flexi) yang baru diluncurkan oleh jajaran TELKOM SBT merupakan hal yang baru di DIVRE-V ini, SBT adalah Pioner, katanya. Salah satu “kiat alternatif” untuk menggenjot sukses pemasaran adalah dengan membentuk AR.

MATERI.
Flexi Trendy adalah satu materi IHT nampaknya cukup menarik bagi peserta lantaran kehadiran produk ini memang kompetitif di pasaran. Accessibility, flexibility dan pricing di design dan combine untuk “acquire new customer” yang merupakan “solution structured” dalam menghadapi ganasnya pasar. Atraktif marketing memang harus ala militer, sebab suasana “war” memang sangat dominan dalam kompetisi antar provider saat ini. Program PULSA FLEXI GRATIS BERBULAN-BULAN juga dipaparkan di forum IHT.

Bonus Pulsa TOP UP VOUCHER (fisik dan elektronik) yang merupakan bonus saat pengisian ulang pulsa dengan criteria dan jangka waktu juga disampaikan. Benefit dan cara aktivasi program ini dikupas tuntas oleh pembawa materi. SDM Marketing SBT memang semangat sekali dalam memprospek pasar, maka tak heran kalau Ubis Jasnita merasa perlu membekali mereka dengan training, ini adalah respon manajemen. Sales and Marketing Degree jajaran Marketer SBT memang sudah well performed.

• NURSIDIK

OPHARSUS CCAN TELKOM SBT Juara-I Tingkat Nasional


TAHUN 2005

OPHARSUS CCAN TELKOM SBT Juara-I Tingkat Nasional

PRESTASI.
Memang dalam banyak hal prestasi Telkom Surabaya Timur mesti dipertaruhkan di Tingkat Nasional, seperti para JAWARA OPHARSUS - Corporate Customer Access Network (CCAN) Telkom SBT yang meraih prestasi Tingkat Nasional (12/4).

CCAN SBT telah mengukir sejarah, bahwa CCAN Surabaya Timur terpilih mendapatkan " Reward Juara I Tingkat Nasional " (ssi NODIN Deputy KADIV ENTERPRISE Nomor : C.Tel. 43/YN 000/TESC-52/2005). Beberapa rekans OPHARSUS CCAN ingin meyakinkan “Good News” tersebut, maka hasil konfirmasi dengan UCC untuk ternyata memamng benar. Setelah itu jajaran JAWARA CCAN SBT ini bersyukur Alhamdulillah dan mengucapkan Terima kasih yang tidak terhingga kepada segala upaya rekans JAWARA yang membuahkan hasil Gemilang seraya mengucapkan Selamat & Sukses buat CCAN SBT dan UCC Divre V, Always The best.

NOTA DINAS.
Dasar kuat kejuaraan ini adalah Nota Dinas Deputy KADIV ENTERPRISE nomor : C.Tel. 43/YN 000/TESC-52/2005, perihal : Hasil Forum Customer care & Anti Gangguan 2005 yang ditujukan kepada DEPUTI KADIV LONG DISTANCE, Deputy Kadiv Media, Para Ka.UCC, Deputy Kadivre-I Sumatra, Deputy Kadivre-II, Deputy Kadivre-III, Deputy Kadivre Reginal-IV, Deputy Kadivre-V Jawa Timur, Deputy Kadivre-VI, Deputy GM Network Operation Divre-VII dan Asdir SPUB CC dan PO.

Isi Nota Dinas tersebut adalah sebagai berikut :

1. Terlampir kami sampaikan hasil kesepakatan dari forum tersebut, untuk selanjutnya dimohon kepada unit-unit terkait dapat menindaklanjutinya secara konkret sesuai jadwal dan target waktu yang telah ditetapkan, diharapkan dari pelaksanaan kesepakatan tersebut menjadikan Telkom dapat memberikan komitmen layanan terbaik Telkom Solution secara konkret kepada Corporate Customer.

2. Pada Forum tersebut juga telah dilakukan FGD dengan materi Service Delivery, QoS dan C4, serta juga telah diberikan reward kepada unit terbaik 1,2,3 untuk CCAN (Surabaya Timur, Purwokerto, Rikep), Service Delivery (UCC7, UCC 3, UCC 6), QoS terbaik (UCC 2, UCC 7, UCC 5) dan C4 terbaik (UCC 5, UCC 2, UCC 3).

Demikian kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terimakasih. Salam Patriot 135. Selamat & Sukses !!!

 NURSIDIK

Membangun Relationship dengan Polda Jatim


Membangun Relationship dengan Polda Jatim
17 January 2005, 19:28:05

Banyak cara untuk membangun hubungan dengan pihak keamanan, termasuk Polda Jatim kaitannya dengan keamanan jaringan telepon. Media penyaluran komunikasinya pun sudah ada, yaitu Radio Suara Mitra Polda Jatim. Hal itu diungkapkan kemarin lusa (14/1/2005) oleh Kabid Humas Polda Jatim Endro Wardoyo di Rumah Makan Handayani kepada Pjs. Manager Public Relations RM Gatot Indra bersama jajaran PR se Divre V.

Endro mengakui seringnya terjadinya pencurian kabel telepon (Curatpon) akan membuat pusing Telkom khususnya yang ada di Kandatel yang ada di bagian Timur. Angka statistik pencurian menunjukkan daerah tapal kuda sering terjadi pencurian berulang kali. Akibat hal tersebut membuat kinerja dan Performansi Datel menjadi menurun. Dengan dibangunnya kemitraan dengan Polda Jatim diharapkan lalu lintas berita pencurian ini dapat tercover dan pelakunya segera tertangkap. Sebab menurut Endro, petugas piket yang ada di Radio Suara Mitra segera mencatat dan membuat aksi (action) dengan menghubungi Kapolres setempat. “Jadi kami tidak saja menghujad tanpa memberikan solusi.” Ujar laki-laki supel ini.

Endro pun merasa senang jika dirinya diajak talk shor bareng-bareng di Daerah dimana sering terjadinya pencurian. “Dengan langsung ke daerah kita juga akan tahu daerah-daerha mana yang rawan pencurian jaringan telepon.” tambahnya. Setiap radio dimanapun punya jargon atau motto. Seperti halnya Radio Suara Mitra Polda Jatim yang meempunyai motto; News, Service and Action.***

Leadership Style, Perilaku “Comes 2 U” Terbangun Kuat Di TELKOM SBT


TAHUN 2005

Leadership Style, Perilaku “Comes 2 U” Terbangun Kuat Di TELKOM SBT

COMES 2U.
Membangun perilaku Comes 2 U dalam kerangka menciptakan iklim kerja yang kondusif dan produktif di era kompetisi merupakan hal yang biasa dilakukan di jajaran Senior Leader TELKOM SBT, sehingga Leadership Style yang diimplementasikan dalam bentuk Comes 2 U dan Working Around memang sudah terbangun kuat. Seperti halnya yang dilakukan oleh GM TELKOM SBT, Bagyo Nugroho, Rabu (12/1) dengan para Commander & Coordinator BTS di empat lokasi Battle Field, yaitu di Jombang, Krian, Sukodono, dan Sepanjang (ketiganya dibawah TELKOM Sidoarjo).

SKENARIO.
Sesuai dengan iklim persaingan yang semakin head to head dan semakin memanas, maka pada setiap kunjungan kemarin, selalu diskenariokan untuk membedah potensi all resources yang ada disetiap BTS Flexi, sehingga mampu memenangkan kompetisi di wilayahnya. Para Commander dan Koordinator diskenariokan untuk presentasi.

Format kunjungan disiapkan sedemikian rupa, hingga Comes 2 U ini tidak hanya terkesan “jalan-jalan” saja, tetapi akan memberikan dampak bisnis yang luar biasa. Contohnya saja, yang dibedah oleh GM kemarin adalah : Masalah strategi promosi, Price War, Target Market per BTS, Outlet, Sales Force, Promokit, Roadshow, Alliansi Strategis.

MEMBERI INSPIRASI.
Dari keseluruhan permasalahan yang dibahas, kesemuanya bermuara kepada Marketing Strategy, sehingga kunjungan ini banyak memberi insiprasi bagi para Commander dan Coordinator Battle Field, terutama adanya dukungan moril dan materiil. Memang dalam cakrawala yang lebih luas, esensi dari tujuan Comes 2 U adalah Building spiritual character of business leadership, maka klop dan pas sudah apa yang dilakukan GM ke beberapa empat lokasi Battle Field Commander hingga larut malam.

GM selalu mengatakan kepada setiap Commander Battle Field, bahwa diera kompetisi ini kita butuh partnership yang kuat, yaitu dengan cara membentuk Alliansi Strategis, jadi kita jangan bekerja sendirian. Dengan partner yang kuat, maka serangan kita akan lebih akurat, cepat dan mengena pada sasaran. Marketing Strategy kita tetap, yaitu All Demand Must Be Served, siapa cepat dapat, yang cepat melibas yang lambat.

 NURSIDIK

GM SBT Launching Flexi Untuk 3 Kecamatan Jombang


TAHUN 2005

GM SBT Launching Flexi Untuk 3 Kecamatan Jombang

TIGA KECAMATAN.
Pada hari Rabu (12/1) GM TELKOM SBT, Bagyo Nugroho melakukan Launching Flexi di tiga kecamatan, yaitu Mojowarno, Perak dan Peterongan yang dipusatkan di Pendopo Kecamatan Mojowarno. Launching Flexi ini selain dihadiri Camat Mojowarno, Hariyono, SH, jajaran MUSPIKA juga para tokoh masyarakat dan pengusaha lokal.

APA ITU FLEXI.
Dihadapan hadirin berjumlah sekitar 100 orang, Manager TELKOM Jombang, Sutimin mensosialisasikan tentang produk Flexi. Secara runtun, Sutimin menjelaskan apa itu Flexi, kenapa muncul Flexi, apa saja keunggulannya, fitur-fiturnya, soal tarif yang sama dengan tarif telepon rumah, soal Flexi Classy, Trendy dan mobilitasnya, dan detail lainnya tentang Flexi.

Setelah paham tentang produk Flexi, apalagi setelah dilakukan ‘demo’ dalam bentuk audio conference dengan 2 kecamatan lainnya, yaitu Perak dan Peterongan, maka para hadirin menyerang outlet Flexi yang ada disamping Pendopo. Bahkan Camat sendiri menghimbau jajarannya untuk menggunakan Flexi yang lebih hemat dan memiliki fasilitas sama seperti telepon seluler.

TANPA TOLAK.
GM TELKOM SBT dalam sambutannya antara lain mengatakan, bahwa TELKOM kini memberikan layanan tanpa tolak untuk seluruh wilayah Jombang. Kalau dulu harus menunggu sampai bertahun-tahun, karena jaringan terbatas, sekarang langsung dilayani dengan Flexi, yaitu telepon tanpa kabel sama dengan seluler yang menurut Camat, bahwa Flexi lebih “tok cer”, langsung kring.

Para pelanggan akan kami bebaskan biaya PSB selama promosi, gratis abonemen selama 6 bulan, sedangkan untuk jajaran MUSPIKA yang telah bekerjasama membantu terlaksananya acara ini sebagai tanda terimakasih, maka kami bebaskan abonemen selama 1 tahun. Bukan itu saja, silahkan warga mencoba percakapan gratis selama 3 hari di Pendopo ini, bisa lokal, SLJJ dan SLI, hadirinpun menyambutnya dengan memberikan applause.

 NURSIDIK

Access Network TELKOM SBT Lakukan IHT Lagi


TAHUN 2005

Access Network TELKOM SBT Lakukan IHT Lagi

MBCFPE.
Sebagai salah satu wujud implementasi personal-learning dan organizational-learning serta dalam rangka mensukseskan Assessment MBCFPE Divre 5, jajaran Access Network mengadakan In-House Training Malcolm Baldrige Criteria For Performance Excellence (MBCFPE).

Acara tersebut dilaksanakan pada hari Rabu, 12 Januari 2005 siang hingga malam, bertempat di ruang rapat Access Network. Diikuti oleh jajaran Access Network dari Asman hingga Supervisor, dengan dibimbing langsung oleh Manager Access Network. Sementara yang bertindak sebagai pembawa materi adalah Handoyo.

Interaktif, penuh keakraban, diselingi guyonan-guyonan segar, namun tetap fokus ke materi MBCFPE, begitulah suasana IHT tersebut. Istilah-istilah Malcolm Baldrige yg masih terasa ”sulit” di telinga, dilahap satu per satu oleh para Jawara dengan penuh semangat. Kriteria demi kriteria dicoba diselami agar lebih kenal, untuk di-implementasi-kan hingga Unit Kerja Terkecil.

IMPROVE PERFORMANCE.
Winarto mengatakan, bahwa IHT ini tak sekedar rangkaian belajar dan sharing knowledge saja, tetapi lebih jauh IHT ini untuk meng improve business performance and develop organizational cultures, maintain innovation and flexibility. Kita harus menciptakan ON THE JOB REINFORCEMENT OF KNOWLEDGE AND SKILLS sesuai dengan ON GOING NEEDS OF EMPLOYEES yang ujung-ujungnya untuk Corporate Performance dan Business Results, kuncinya.

 NURSIDIK

Sungguh Indah Safari Ramadhan GM TELKOM SBT

TAHUN 2005

Sungguh Indah Safari Ramadhan GM TELKOM SBT

SAFARI.
Masih bertemakan “bulan puasa, bulan penuh berkah’, maka perjalanan atau safari Ramadhan yang dilakukan GM TELKOM SBT, Badriyanto ke seluruh Dinas/Bagian hingga ke kantor-kantor CATEL selalu disambut dengan hangat oleh karyawan dan beberapa pimpinan unit kerja terkecil, seperti yang dilakukan pada hari Selasa (11/10) di sebuah Catel yang penuh dengan religi, yaitu Catel Jombang.

Beberapa point yang yang merupakan “berkah” dari kota santri Jombang saat kunjungan GM adalah sebagai berikut :

1. Kunjungan safari GM di bulan penuh berkah ini adalah sekaligus dalam rangka persiapan Catel JG dalam rangka penyediaan fastel di saat Lebaran.
2. Promo dari operator sangat mendominasi di area Jombang, oleh karena itu disarankan agar promo produk Telkom lebih banyak lagi dipasang di tempat-tempat strategis (terminal, halte, pasar dll).
3. Sebelumnya GM bersama-sama pegawai Catel Jombang melaksanakan sholat dhuhur berjamaah yang dilanjutkan dengan ceramah agama.
4. Ceramah agama ini rupanya dilakukan secara rutin setiap hari Selasa dan Kamis pada bulan ramadhon.
5. Setelah shalat ashar, GM langsung meninggalkan Jombang untuk langsung menuju Catel Mojokerto dengan acara yang sama.

SIAGA LEBARAN.
Diluar dugaan, ternyata layanan SIAGA LEBARAN 2005 untuk CATEL sudah Running Well. Dalam arti Ready to Serve. Hal ini diketahui ketika Badriyanto dalam arahannya menyinggung soal kesiapan Fastel Lebaran.

SBT sejak dulu memang selalu terdepan dalam masalah perFASTELan, apakah itu fastel Pemilu, Pilkada, maupun yang namanya Fastel LEBARAN 2005. Hal inilah yang membanggakan manajemen TELKOM SBT. Mungkin inilah berkahnya bulan puasa ramadhan 1426-H. Sungguh Indahnya SAFARI Ramadhan bagi manajemen kali ini. GM-pun tersenyum mendengar langsung tentang kesiapan SIAGA LEBARAN 2005 di CATEL. GM tidak kaget, sebab SBT memang ALWAYS THE BEST.

 NURSIDIK

Rangkul Flexi, Perkenalkan Produk CDMA “Saebo CWF1X 800AA” Di SBT


TAHUN 2005

Rangkul Flexi, Perkenalkan Produk CDMA “Saebo CWF1X 800AA” Di SBT

ADVANCED TECH.
Sebuah perusahaan asal Taiwan yang ber sub-area bisnis di Jakarta dibawah PT. Satria Tecnutama Nusantara bergerak di bidang telekomunikasi telah memperkenalkan produk CDMA ber merk “Saebo” ke TELKOM Surabaya Timur, Selasa (11/10) dengan cara presentasi di ruang Manager Marketing Jln. Ketintang 156, Surabaya. Produk Saebo yang diperkenalkan adalah CWF1X 800AA.

Saebo yang berarti “merangkul dunia” ini ternyata juga berusaha merangkul Telkom Flexi. Ibu Sony Farida selaku presenter yang didampingi dua rekan bisnisnya, antara lain mengatakan, bahwa perusahaannya menekankan pada kepercayaan konsumen dan memiliki jaringan luas dalam berbisnis. Pak Garuda sendiri pernah berkunjung ke kami, dan produk kami memang bagus, sehingga kenapa kami ‘roadshow’ ke PT. TELKOM hingga ke Kandatel Surabaya Timur ini.

Perusahaan ini begitu “PD” dengan PT. TELKOM, sebab produk CDMA barunya sudah dicap logo Flexi yang sempat menjadi pertanyaan audience yang terdiri dari Manager Marketing dan para Marketer Profesional. Cap logo Flexi ini menunjukkan, bahwa kami benar-benar merangkul Flexi yang terus tumbuh besar seperti sekarang ini, kami melihat peluang yang sangat besar, kata Farida.

KELEBIHAN.
Farida juga memaparkan kelebihan produknya, antara lain : Memiliki R-UIM Card, Sinyal Kuat, Bahasa Indonesia, Kualitas suara jernih, ID Caller, Kunci telepon, Nada dering monoponic. Koneksi internet. Kelebihan lainnya ialah : Mudah dibawa kemana saja, desain elegant, unik dan simple. Battery standby 72 jam, waktu bicara 3 jam. SMS, internet, pesan suara dan ada pilihan ragam bahasa. Harga yang ditawarkan adalah Rp. 900 ribu, harga inipun rupanya masih negosiable.



 NURSIDIK

Deputy GM SBT :”Pasar Flexi Membesar Terus”.


TAHUN 2005

Deputy GM SBT :”Pasar Flexi Membesar Terus”.

MEMBESAR.
“Pasar Flexi di Jawa Timur, bahkan di Indonesia membesar terus”, demikian antara lain penyampaian Deputy GM TELKOM Surabaya Timur, M. Firdaus dihadapan sejumlah Asisten Manajer dan Senior Supervisor TELKOM Surabaya Timur pada acara Sosialisasi Program Gebyar TELUM dan “Two Engine Driver”, Flexi serta Speedy di Gedung OPMC Lantai-4 Jln. Ketintang 156, Surabaya, Kamis (11/8).

MINGGU DEPAN.
Walau performansi penjualan Flexi di Jawa Timur terbaik tingkat Nasional, namun kita tidak boleh puas dan berhenti sampai disini. Kita memiliki kekuatan internal yang luar biasa, mulai GM sampai ke bawah semua ikut terlibat dalam sukses penjualan Flexi. Untuk itu dengan kekuatan internal inilah, mari kita gerakkan pasar secara terus menerus, dimulai minggu depan, khususnya untuk e-voucher Flexi.

Pasar harus kita gerakkan, agar Growth penjualan Flexi tumbuh aktif. Disisi lain ada info yang bagus, yaitu Growth e-voucher Flexi di Jawa Timur saat ini juga tumbuh pesat, kata Firdaus meneruskan.

MEETING POINT.
Ketika menyinggung soal rencana Gebyar TELUM, Firdaus mengutip salah seorang Direksi, bahwa kalau di luar negeri, TELUM berfungsi juga untuk “meeting point”, tempat membuat janji. Untuk itu SBT merencanakan untuk mengkodisikan kebersihan dan kenyamanan TELUM di tempat strategis untuk “meeting point” juga, seperti di Stasiun Kereta Api Gubeng dan di Bandara Udara Juanda.

Khusus masalah produk Speedy yang merupakan “new engine driver” teknologi masa depan, Firdaus mengatakan, bahwa penetrasinya masih kurang yang disebabkan keterbatasan jaringan, maupun dari sisi pelanggan harus ada komputer. Namun demikian dengan spirit Always The Best rekan-rekan SBT sesuai dengan “actual peformance”, maka sales Speedy SBT saat ini mencapai diatas 60 %, ini perlu applause. Lalu terdengan tepukan menggema. Usai sambutan Deputy, maka acara inti dilanjutkan dengan sosialisasi dengan pembawa materi dari Dinas Marketing.

 NURSIDIK

Sambut HUT RI 60, Telkom Mojokerto Gelar Bazar Flexi Kemerdekaan

TAHUN 2005

Sambut HUT RI 60, Telkom Mojokerto Gelar Bazar Flexi Kemerdekaan

SEBULAN PENUH.
Dalam rangka memeperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI Ke 60, Telkom Mojokerto kembali menggelar Bazar Flexi selama satu bulan penuh, mulai 1 Agustus 2005, hingga 31 Agustus 2005.

Bazar kali ini digelar di dua lokasi masing-masing di Kantor Pelayanan Telkom Jl. A. Yani no. 3 Mojokerto dan di Kantor Pelayanan Telkom Mojosari yang berada di jalan Pemuda no 67. Gelar Bazar Flexi Kemerdekaan ini lain dari pada yang sebelumnya, karena produk-poduk yang disajikan lebih bervariasi sehingga para pelanggan dapat menentukan pilihan jenis pesawat telepon Flexi mulai dari yang portable sampai dengan yang hand phone (mobile). Harganyapun semakin murah dan dijamin jauh lebih murah dari harga pasaran.

PAKET LANGSUNG KRING.
Pesawat CDMA Nokia 2280 hanya Rp. 525.000,-, Nokia 2112 hanya Rp. 650.000,- , Flexi Home hanya Rp. 990.000,- sedangkan yang terbaru saat ini adalah model pesawat portable yang dapat diisi kartu (RUIM) dengan harga cuma Rp. 750.000,- semuanya dalam paket langsung kring. Disamping itu masih banyak tersedia juga type Nokia yang lain.

Pelanggan yang menghendaki Flexi Trendy maupun Flexi Classy dengan nomor-nomor cantik juga disediakan. Untuk itu bagi masyarakat yang ingin mendapatkan pesawat berkualitas dengan harga murah dengan nomor-nomor pilihan silahkan kunjungi Bazar Flexi. Tandai Hari Kemerdekaan RI ke 60 ini dengan Flexi, dapatkan keuntungan-keuntungannya! Kalau lebih murah Flexi kenapa harus yang lain? Dirgahayu HUT RI 60 Merdeka!(nng-tlk)