Mengenai Saya

SIDOARJO, JAWA TIMUR, Indonesia
Belajar Menjadi "Internal Jurnalism"

Rabu, 11 Agustus 2010

Learning Center Surabaya Ajarkan Komunikasi Bisnis


TAHUN 2010

Learning Center Surabaya Ajarkan Komunikasi Bisnis

Untuk berhasil menjual produk IME, maka tak hanya product knowledge yang diajarkan oleh Learning Center (LC) Area-V Surabaya, akan tetapi ada ilmu lainnya yang mesti dikuasai oleh jajaran DCS (Divisi Customer Service). Ilmu apakah gerangan ? Ternyata materi pelatihan Product Knowledge kali ini ditambah materi yang erat kaitannya dengan ilmu menjual, yaitu Komunikasi Bisnis.

Ada 2 Instruktur LC Area-V yang selama 2 hari (18 dan 19 Mei) mendeliver materi komunikasi bisnis, yaitu : Budi Santoso dan Sadjantrisno, keduanya memang suhunya komunikasi bisnis, sebab kemampuan mereka menyajikan materi tak hanya sebatas teori saja, akan tetapi juga dipraktekkan bagaimana cara merayu calon pembeli dengan simpatik serta menggunakan “kalimat positif”, sehingga benar-benar membeli secara sadar (tidak ada keterpaksaan).

Dalam komunikasi bisnis, maka Penjual harus mampu menjelaskan fungsi dan manfaat produk IME secara baik dan simpatik, agar calon pembeli memahami produk dimaksud yang pada gilirannya tertarik untuk memiliki atau membelinya. Contoh kecil ialah untuk produk Pesona Edu, maka Penjual harus mampu meyakinkan kegunaannya, sehingga mampu mengedukasi putra putrinya yang masih status pelajar mulai SD hingga SLTA.

Menurut Sang Suhu, yaitu Budi dan Sadjantrisno setidaknya ada beberapa kata kunci yang mampu mengantar Sang Penjual menjadi sukses dan Best Seller, yaitu : Sikap dan Kepribadian ; Komunikasi Efektif, Verbal & Non Verbal; Building Raport dan Kalibrasi; Sukses berkomunikasi bisnis; Type manusia (VAK) ; Presentasi. Komunikasikan produk kita secara efektif, jangan over-acting. Kemampuan menjual adalah membantu pembeli untuk lebih cepat mengambil keputusan; Membimbing untuk mengingat kebutuhannya; Memahami typologi manusia ; Menggunakan cara yg diinginkan pembeli/plg’; Menjelaskan kemudahan, keamanan produk dan memberi inf. manfaat dan kegunaan produk. Menjual itu gampang-gampang susah. Ayooo … jual…jual…jual.**bukan-diksi.

FOTO : Suasana praktek komunikasi efektif dan komunikasi bisnis (18/5).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar