TAHUN 2006
CSR SBT Berpetualang Penuh Tantangan
Perubahan terus terjadi, maka yang namanya teamwork, skill and ability petugas Plasa Telkom yang terdiri dari Customer Service Representative (CSR) dan Customer Care (CC) dalam memuaskan kastemer di era ganasnya kompetisi juga terus di up-grade dan di-update. Medianya kali ini adalah Gathering dan Outbond di alam bebas agar lebih bebas berinovasi dalam menjalin kekompakan tim. Adventure, berpetualang penuh tantangan !
Selama 2 hari, yaitu Sabtu & Minggu (2-3/9) para ujung tombak (front liner) ini digembleng di kawasan Gunung Bromo Jawa Timur. Untuk mengevaluasi kekompakan tim, maka NOARS RAFTING memandu mereka menyusuri sungai dengan aliran deras pegunungan yang jernih, namun memiliki tantangan dan resiko seperti halnya mereka menghadapi competitor.
Winning Customers Through Excellent Service merupakan obsesi utama para Senior Leaders, sehingga Manager CC, Gatot Indra menerjunkan para CSR nya ke alam bebas. Tantangan dan rintangan akan tersolusi manakala mereka mengedepankan kerja tim. Sebelum RAFTING, mereka menerima materi Studi Kasus Layanan Flexi & PSTN dipaparkan oleh Kawit Waluyo, Asisten Mgr Direct Channel Management SBT.
Masih masalah actual, maka ada satu penyampaian lagi materi menarik teraktual, yaitu "Studi kasus Layanan Speedy" oleh Arif Swa, Asisten Mgr Personal Customer Care SBT. Setiap kasus didiskusikan dan direspons peserta. Beda memang diskusi di kantor dan di alam bebas. Mereka sangat antusias, terlihat dari berkembangnya diskusi selama penyampaian materi, banyak pertanyaan dan masukan yang disampaikan, dan hasil post-test ternyata10 orang mencapai nilai 90.
Perpaduan IQ dan stamina fisik terlihat secara kongkrit. Evaluasi menjadi semakin berbobot. Dalam forum diskusi tersebut juga dihasilkan usulan-usulan program aksi layanan yang akan segera ditindaklanjuti. Suasana jadi hidup dan interaktif ketika beberapa fun game seperti kontes yel-yel pelayanan dan unjuk bakat CSR menjadi salah satu materi kontennya.
Masih suasana alami yang segar, acara apresiasi yang ditunggu adalah "Anugrah Bintang CSR 2006", berupa pemberian apresiasi kepada CSR SBT : Aning, yang mewakili Divre V maju ke pentas nasional dalam Best CSR Award 2006, Ratna Sari Dewi yang merupakan 5 besar Best CSR Divre V tahun 2006. Sedangkan Team Building di hari ke-2 adalah acara pamungkas. Potret leadership, potret teamwork diuji pada adventure ini.
Kemudian acara ditutup dengan pembacaan CARE COMMITMENT :
1. Berikan yang terbaik untuk pelanggan.
2. Sikap Melayani Dengan CINTA (5-S).
3. Orientasi proses menjamin “COSO SOA”.
4. Berfikir positif dan inovatif.
5. Selalu Tampil Ceria dan bersahabat.
NURSIDIK
Tidak ada komentar:
Posting Komentar