Mengenai Saya

SIDOARJO, JAWA TIMUR, Indonesia
Belajar Menjadi "Internal Jurnalism"

Sabtu, 21 Agustus 2010

Mencermati Kompetitor, TELKOM Harus “GF & GF”… !!!


TAHUN 2005

Mencermati Kompetitor, TELKOM Harus “GF & GF”… !!!

COMMANDER BF.
Peran “orang-orang medan tempur” Si Commander Battlefield (CBF) ternyata luar biasa, terutama dalam memperoleh beragam data yang bersifat confidential dari para kompetitor. Data-data tersebut setelah dikompulir, lalu dijadikan ‘intelijen pasar’ dikemas menjadi Market Issues yang tentu memiliki sifat sama, yaitu confidential. Ragam data inilah yang kemudian diolah, dianalisa dan dicermati manajemen. Para Commander BF selalu mendorong manajemen untuk menyusun strategi melakukan serangan balasan. Manajemen TELKOM SBT sudah melakukannya seperti yang telah di diskusikan pada Operational Improvement Team, Senin (17/1).


GO FASTER & GROW FASTER (GF &GF).
Para CBF ini mobilitas dan pergerakannya cepat sekali dalam setiap harinya, boleh dibilang : Go Faster (GF) ...!!! Hasil dari intilejen mereka memang perlu direspons secara cepat pula, tepat waktu dan tepat event. Kenapa harus direspons dengan cepat, kalau memang ingin Grow Faster (GF) ? Kita tentu tau, bahwa para kompetitor ini bergerak begitu cepat. Taruhlah StarOne, akan meluncurkan serangan dengan program “Hujan Bintang”, lalu kita sudah dengar sebelum program diluncurkan. Keuntungannya ialah, kita bisa melumpuhkan “Bintang” tersebut dengan “Mesiu” kita, tapi harus FASTER atau GF & GF……!!!!! Konon, menurut seorang Konsultan yang di “Hire” UPLATDA, StarOne memang sulit “memakan” Flexi. INDOSAT atau SINGOSAT ini memakai strategi makan bubur, yaitu dimakan yang pinggirnya dulu, maka tak heran kalau melakukan penetrasi ke desa. Di kota sudah mental, kelabakan. Di kota banyak melakukan serangan melalui spanduk, banner, umbul-umbul dan brosur.

JURUS SERANGAN.
Beberapa jenis jurus serangan yang sempat kita deteksi sejauh ini adalah :
 Indosat : Penetrasi ke desa.
 Gaharu : Silent Acquiring.
 Fren : Buy Terminal Get Pulsa As Much Terminal Price.
 Lintas Artha : Vsat IP (Wide Coverage, Lower Price) and Wireless Broadband Surabaya – Malang.
 StarOne : Jalur Berani Gratis (Postpaid), Jalur Berani Hemat (Prepaid), StarOne Hujan Bintang (postpaid).
 Telkomsel : AS Card & Simpati (Roaming Free)

SERANGAN FRONTAL.
Ada informasi menarik dari Para Commander Battlefield, bahwa di wilayah tertentu, StarOne melakukan serangan-serangan yang sangat frontal, dimana StarOne menawarkan mengganti kartu Flexi pelanggan dan menggantinya dengan StarOne dengan gymmick Free Abonemen 12 bulan dan Gymmick2 StarOne yang sudah eksisting (Serba Gratis). Istilah Battlefield sekarang sudah berubah menjadi Killing Field, to Kill or to be Killed.

Dari informasi diatas, tampaknya kita harus memunculkan suatu ‘inovasi bisnis’, perbanyak outlet, perang harga, quality, strategi serangan balasan untuk membuat Flexi kembali menjadi pilihan utama para Pelanggan, sehingga sales Flexi Classy kembali bergairah. Jurusnya sepertinya terfokus pada ‘price-war’, alias perang harga.

 NURSIDIK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar