TAHUN 2005
Ikat Kepala JAWARA SBT Bukan Demo, Tapi Simbol Kompetisi Sales
SALES POTS.
Untuk menandai keberhasilan POTS Sales Target, maka manajemen TELKOM SBT memberikan ikat kepala kepada para Bapak Angkat dan Senior Supervisor (SS) Pelayanan seluruh STO. Pemberian ikat kepala sebagai symbol pencapaian Sales ini dilakukan oleh DGM TELKOM SBT, M. Firdaus saat apel pagi rutin mingguan JAWARA, Senin (24/1) bertempat di lapangan parkir TELKOM SBT, Jln. Ketintang 156, Surabaya.
WARNA.
Menurut Firdaus, ikat kepala ini ada tiga warna, yaitu merah berarti pencapaian Sales < 90 %, warna kuning berarti pencapaian antara 90 – 100 %, sedangkan warna hijau berarti pencapaian > 100 %. Symbol warna warni ikat kepala ini selain gampang mengingat akan target, juga merupakan motivator dan tracking. Kalau Sales tidak berhasil alias gagal, maka harus diketahui dimana letak kegagalannya. Kalau Sales sukses, maka juga harus diketahui apa yang menyebabkan sukses. Simpul-simpul keberhasilan dan kegagalan harus dapat diketahui, jangan sampai tidak tahu letak keberhasilan, apalagi tak tahu penyebab kegagalan (Missing Sales Target). Kalau tak tahu letak kegagalan atau simpul kelemahan, namanya
keterlaluan. Nah, kalau tahu, komunikasikan, niscaya akan dicarikan solusi, dengan harapan serangan berikutnya akan dibidikkan ke simpul-simpul yang lemah tadi. Inilah maksud “keberhasilan yang direncanakan” itu. Simbolisasi Sales ini akan menghasilkan rekomendasi yang bermanfaat. Perlu kita ingat bersama, bahwa musuh kita yang sebenarnya adalah target sales atau demand untuk merebut dominasi Market Share.
MILITARY STYLE.
Lebih jauh, Firdaus menandaskan, bahwa masing-masing SS di seluruh STO memiliki peta peran di “medan perang”nya sendiri-sendiri, jadi harus focus menyerang sesuai dengan komando, mirip Military Style. Fokuskan ke sasaran tembak, nggak usah mikir yang lain. Kalau dalam “Totally Football Player”, maka jika beperan sebagai Back Kanan, jangan memikirkan Back Kiri, apalagi memikirkan peran yang lainnya seperti Penjaga Gawang (Goal Keeper), pasti akan kacau. Masing-masing peran harus di Empowering penuh yang berujung ke People Spirit, tak terkecuali apakah itu karyawan, TKM atau Mitra Outsourcing.
Bukan hanya POTS saja, tetapi juga Flexi yang termasuk Porto Folio Business akan seperti ini, sebab kalau kita menginginkan Growth Faster Dynamic atau Proffessional Growth melalaui Sales Skills, maka perencanaan harus matang. Simbolisasi Sales juga merupakan “sentuhan” bisnis yang di packaging (dikemas) dan direncanakan secara khusus, agar move…move and move….!!!
NURSIDIK
Tidak ada komentar:
Posting Komentar