TAHUN 2006
SBT : Plasa Telkom Jombang Diresmikan KADIVRE-V
Seiring dengan ketatnya persaingan, maka sebuah Plasa Telkom yang relative cukup representative di kota “santri” Jombang selesai direnovasi dan telah diresmikan oleh KADIVRE-V, Nanang Ismail Kosim (NIK) pada hari Selasa (14/2). Dalam acara peresmian ini diwarnai dengan pemberian apresiasi kepada para “Duta Flexi”, yaitu Pemenang “Gus dan Yuk Jombang 2005”, masing-masing Intan Widya Hapsari pelajar SMUN-2 Jombang, sedangkan Alfa Mahesa adalah pelajar SMUN-1 Jombang. Dari Gerai HALLO Telkomsel dalam kesempatan tersebut juga memberikan rangkaian bunga yang cantik kepada KADIVRE-V sebagai tanda kasih sayang di hari VALENTINE DAY.
Manager Telkom Jombang dalam laporannya mengatakan, bahwa Renovasi Plasa Telkom Jombang ini adalah sejalan dengan tuntutan pelanggan untuk mendapatkan pelayanan yang aman dan nyaman serta excellence. Plasa Telkom yang baru ini bisa untuk membangun sinergi dengan anak perusahaan, yaitu Telkom Group. Kini CATEL Jombang benar-benar mampu mempresentasikan layanannya tidak hanya dari segi intangible, akan tetapi juga dari sisi tangible. Klop sudah, program untuk meningkatkan pelayanan dalam upaya terus memacu menciptakan kepuasan pelanggan.
Dalam sambutan peresmian, NIK banyak memberi penekanan tentang customer service related dengan retensi pelanggan, kompetisi dan skill of services itu sendiri. Dikatakannya, bahwa konsep moment or truth merupakan upaya untuk menyentuh pelanggan dengan sebaik-baiknya. Dikatakan, bahwa menjaga perasaan pelanggan tidaklah mudah, inilah tantangan para customer service.
Tapi kalau kita punya standar pelayanan untuk merebut hati pelanggan, maka InsyaAllah pelanggan yang dalam suasana hati bagaimanapun, maka pelanggan akan merasakan sentuhan layanan yang mampu membuat hatinya senang. Mulai masuk di ruangan ini hingga diterima customer service lalu keluar ke tempat parkir yang dikawal oleh petugas SATPAM dengan senyum dan santun, maka pelayanan ini sudah paripurna, lanjutnya.
Satu hal yang penting ialah tingkat layanan ini akan menjadikan tingkat ukuran kompetisi bagi competitor kita. Kita sudah sepakat bahwa teknologi semua sama dan bisa dibeli, tetapi bagaimana kita mengupayakan tingkat layanan pelanggan yang tentunya dilakukan oleh manusia, yaitu petugas Telkom. Ini lebih sulit tentunya daripada mengadakan teknologi baru. Kalau teknologi baru sebagaimana harga yang telah ditentukan, mampu kita beli dan operasionalkan. Untuk menjaga agar kastemer tetap berada di data base kita adalah merupakan pertarungan di era kompetisi.
Satu-satunya yang dapat memenangkan kompetisi adalah perusahaan yang mampu memberikan layanan terbaik. Kalau memberikan pelayanan yang baik saja, semua operator telah melakukannya, tetapi kalau kita mampu memberikan pelayanan terbaik, itulah yang akan dipilih oleh pelanggan.
Ciri-ciri perusahaan memenangkan kompetisi adalah mampu mempertahankan customer data base dan bahkan menambahnya. Kalau berkurang, itu tandanya kita sudah kalah berkompetisi. Jadi kita harus hati-hati, kebetulan hadir saudara kita dari Telkomsel juga, angka kita masih 54 %, kalau kita gabungkan antara Telkom dengan Telkomsel, untuk wireless, maka sulit competitor lain mengalahkannya.
Karenanya mari kita meningkatkan kualitas pelayanan melalui konsep “Melayani Dengan Cinta”, agar jumlah pelanggan juga bertambah. Konteks strategi promosi di tahun 2006 ini ada dua, pertama adalah promosi untuk kegiatan penetrasi dan yang kedua adalah customer retention. Konsep retention dari Telkomsel sudah maju jauh, budget untuk customer care juga jauh lebih besar, Telkom akan memulainya. InsyaAllah dengan segala sumber daya yang kita miliki, kita mampu bersinerji untuk memenangkan persaingan.
• NURSIDIK
Tidak ada komentar:
Posting Komentar