Mengenai Saya

SIDOARJO, JAWA TIMUR, Indonesia
Belajar Menjadi "Internal Jurnalism"

Senin, 23 Agustus 2010

JAWARA SBT Ke Era ‘Open Marketing Strategy’


TAHUN 2006

JAWARA SBT Ke Era ‘Open Marketing Strategy’

KOMPETISI.
Para kompetitor terus menjelajah pasar di semua segment, JAWARA TELKOM SBT pun tak mau kehabisan akal dan terus berkelit lincah dengan segala kelenturan untuk memenangkan kompetisi, dan kini meluncurkan strategi barunya yang cukup jitu yaitu ‘Open Marketing’ dibidang pemasaran POTS. Strategi ini lebih berpeluang seperti yang dituturkan GM TELKOM SBT, Badriyanto saat menggelar strategi ini pada apel pagi, Senin (6/2) di lapangan OPMC, Jln. Ketintang 156, Surabaya.

TARGET TRIWULAN.
Apel pagi penggelaran strategi baru yang dihadiri para Senior Leader dan mitra kerja ini diawali dengan penyerahan simbol target pemasaran POTS triwulan pertama oleh GM SBT kepada seluruh Senior Supervisor STO, yaitu : STO Manyar = 1.213 sst, STO Gubeng = 885 sst, STO Rungkut = 908 sst, STO Jagir = 481 sst, STO Tropodo = 704 sst, Waru = 572 sst, STO Injoko = 514 sst, STO Darmo = 1.017 sst, Area Darmo = 2.103 sst, Area Rungkur = 2.094 sst, serta Area Gubeng = 2.098 sst. Target triwulan pertama ini merupakan milestone ke target sejuta pelanggan secara keseluruhan.

BERPELUANG.
Badriyanto dalam arahannya mengatakan, bahwa ‘open marketing strategy’ ini lebih ampuh, powerful dan berpeluang meraih penetrasi pasar yang lebih luas. Karena strategi ini meluncurkan pelayanan tanpa tolak, peluang untuk meraih pangsa pasar akan lebih terbuka lebar.

Dalam kita memasuki hari ke enam di bulan kedua ini, maka peta pasar dan peta kompetitor tentu sudah kita kaji, sehingga perlu strategi yang satu ini. Khususnya untuk pemasaran wireline atau POTS, maka rekan JAWARA akses network perlu mengetahui strategi ini. Bahwa untuk seluruh area Surabaya Timur, pemasaran POTS kita buka seluas-luasnya dengan metode ‘open marketing’.

Untuk POTS, baru baru TELKOM yang memiliki jaringan paling dominan, maka untuk SBT Metro Area harus melampaui 100 sst perharinya, khusus untuk bulan Februari adalah 3.000 sst. Untuk itu saya minta kepada rekan-rekan agar proaktif terhadap demand yang ada dengan mengoptimalkan jaringan yang telah siap.

Khusus untuk bulan Februari akan kita berlakukan diskon khusus untuk jaringan ready for sale bukan dari JT baru, serta jaringan eks cabutan. Diskon kita berikan kepada pelanggan baru sebesar 50 % dan diskon 50% untuk abonemen selama 6 bulan. Diskon ini diharapkan dapat mempercepat laju penetrasi kita.

PELIHARA PELANGGAN.
Kemudian tugas kita berikutnya adalah memelihara pelanggan eksisting sebanyak 486.000 wireline dan 490.000 flexi yang selalu diincar oleh kompetitor, karena diketahui berapa ARPU nya masing-masing pelanggan kita ini. Oleh karena itu dalam kesempatan ini perlakukan, pelihara dan layani pelanggan kita dengan sebaik-baiknya. Perlakukan pelanggan eksisting seperti teman kita, sehingga merasa aman dan nyaman punya kawan di kantor Telkom, sehingga kalau ada gangguan atau ada yang kurang segera kita ketahui.

Jangan sampai pelanggan eksisting kita direbut kompetitor. Khusus kepada rekan-rekan akses yang setiap hari ketemu pelanggan senyumlah dan layani mereka dengan “CINTA”, yaitu dengan SENYUM yang dapat melunakkan dan menyejukkan hati pelanggan. Kemudian berilah SAPAAN yang manis jika mengadu saat ada keluhan, berikutnya bersikaplah SANTUN, lalu SOLUSIKAN permasalah pelanggan, yang pada gilirannya InsyaAllah SUKSES.

Terakhir yang ingin saya sampaikan kepada rekan-rekan semua ialah tolong jaga semangat, yaitu semangat ALWAYS THE BEST serta kekompakan dan sinerji kita diantara unit sehingga menjadi Team Work yang kompak dengan satu tujuan memberikan layanan terbaik kepada pelanggan kita. Semoga yang kita lakukan hari ini dan seterusnya mendapat Ridho dari Tuhan Yang Maha Esa.

• NURSIDIK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar