Mengenai Saya

SIDOARJO, JAWA TIMUR, Indonesia
Belajar Menjadi "Internal Jurnalism"

Minggu, 29 Agustus 2010

Hari Kedua Workshop SEKAR TELKOM 2006 !


TAHUN 2006

Hari Kedua Workshop SEKAR TELKOM 2006 !

Pertarungan argumentasi untuk kemajuan perusahaan dan kesejahteraan karyawan tetap mendominasi dan mewarnai workshop di masing-masing Working Group (WG) hari kedua, Selasa (14/03), yaitu Working Group (lanjutan) : WG-A : Kebijakan Organisasi & Adm Kesekretariatan; WG-B : Kebijakan Keuangan & Adm. Keuangan; WG-C : Konsep PKB III & Kebijakan Advokasi & Hukum Acara.

Event ini mempertaruhkan kemajuan perusahaan kedepan, sebab kita dihadapkan kepada situasi kompetisi penuh yang harus didukung oleh karyawannya, yaitu SEKAR dengan tetap memperhatikan kesejahteraan dalam arti yang luas. Dalam hal kesejahteraan, karyawan dituntut untuk lebih proporsional dalam memandang arti kesejahteraan sebagai sesuatu yang bernilai sejajar dengan kemajuan perusahaan. Sudut pandang ini penting, agar keberlangsungan kejayaan TELKOM yang dampak langsungya dapat dinikmati karyawan dalam bentuk kesejahteraan dapat dijaga.

Perahu Telkom sekarang ini harus berlayar di tengah badai kompetisi yang dahsyat, dalam terpaan angin regulasi yang kencang, dan dibawah tekanan ulah kolaborasi kapitalis asing-domestik yang dalam prakteknya hanya mengenal tiga hal, yaitu : untung, untung dan untung !

SEKAR berharap agar manajemen tidak eforia terhadap CBHRM, sehingga semua hal dihubungkan dengan kompetensi. Perlu dilakukan kajian terhadap performansi manajemen, terutama untuk nilai kompetensi yang dihubungkan dengan TUDAS, sehingga diperoleh pengukuran yang benar. Pokok pikiran yang lain adalah agar manajemen mengembalikan penghargaan terhadap expertise karyawan yang hilang akibat konsep CBHRM yang tidak sempurna.

Soal transformasi, SEKAR masih konsisten dan tidak resistance, yang penting dapat dipastikan tidak ada penurunan Take Home Pay pada proses transformasi. Manajemen harus menjadikan indikator keberhasilan transformasi seperti yang diungkapkan DIRUT sebagai indikator kerja pejabat terkait transformasi dan dijadikan dasar peninjauan ulang pemangku posisi pejabat tersebut.

SEKAR juga bakal mengusulkan kepada manajemen tentang pengelolaan sistem manajemen mutu, yaitu menyederhanakan implementasi manajemen mutu di Telkom, karena saat ini banyak sistem digunakan pada saat yang sama, sehingga menjadi beban operasional.

Kondisi pasang surut mewarnai perjalanan panjang kemitraan konstruktif antara SEKAR dan Manajemen Telkom. Perbedaan posisi SEKAR dan Manajemen tak jarang melahirkan perbedaan cara pandang terhadap suatu masalah, hendaknya perbedaan tersebut saling melengkapi.

Manajemen diharapkan mendukung tekad SEKAR untuk menjadi benteng perusahaan dan secara nasional mendorong Telkom agar menjadi National Flag Carrier yang kokoh dibidang telekomunikasi. Untuk itu, maka jiwa korsa dan kemitraan yang konstruktif sangat diperlukan. Tiada kesuksesan tanpa jiwa korsa dan kebersamaan sebagai tim yang solid. Bila masing-masing menjunjung semangat kemitraan, maka Telkom akan semakin kuat.

Gaya egaliter yang sering menjadi ciri khas SEKAR mungkin sering dipandang tidak pas bila dilihat dengan gaya formal hierarchis yang mungkin menjadi tuntutan di lingkungan Manajemen. Namun menurut SEKAR, substansi lebih penting ketimbang gaya ! Tinggal bagaimana mengarahkan agar gaya-gaya tersebut menghasilkan resultante positif bagi kemajuan perusahan yang berujung ke kesejahteraan.

Event yang bertema “Membangun Kembali Soliditas Dan Solidaritas SEKAR TELKOM Sebagai Benteng Perusahaan” ini akan menghasilkan beberapa rekomendasi strategis kepada manajemen demi kemajuan perusahaan dan karyawan. Hasil Pleno Workshop diharapkan mampu menjawab semua permasalahan saat ini.

Tuan Rumah sempat dibikin kelabakan, sebab dari peserta WS yang harusnya 50, ternyata membludak menjadi 87. Kemudian RAKERNAS yang terdaftar hanya 160, kini menjadi 210, ruarrr...biasaaa,...antusias..!! Tak jarang peserta dari luar Jawa yang hanya diberi uang transport saja, ada yang keluar kocek sendiri, demi Soliditas dan Solidaritas SEKAR TELKOM Sebagai Benteng Perusahaan dan demi kejayaan Telkom ! Namun demikian Panitia tetap memberikan pelayanan yang terbaik dan merupakan kebanggaan tersendiri, sebab mereka ingin sekali hadir di kota Pahlawan ini !

• NURSIDIK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar