TAHUN 2006
Dir. Enterprise & Wholesale Isi Stadium Generale Pada RAKERNAS-II/2006 SEKAR TELKOM Di Surabaya
Stadium Generale atau Ceramah Umum yang disampaikan oleh Direktur Enterprise & Wholesale merangkap Pgs. Dir. SDM, Arief Yahya (AY) pada Rakernas-II SEKAR TELKOM di Hilton Hotel Surabaya berjudul “Transformation Towards & Customer Centrix Company”. Ceramah ini dimoderatori oleh Nuryadin (Ketua DPW-VII SEKAR TELKOM Makassar).
Teriakan Yel SEKAR TELKOM cukup keras penuh semangat diucapkan AY mengawali materi ceramahnya, yang disambut lebih keras lagi oleh para peserta RAKERNAS. Judul yang terpampang pada slide ini adalah “Transformation Towards & Customer Centrix Company”, kata AY. Kemudian AY melanjutkan, bahwa Market Telkom tahun 2006 sekitar 71-T dan Telkom menguasai 72%, kita disebut sebagai market leader. Perusahaan ini sangat bagus secara fundamental.
Dalam menilai sebuah perusahaan ada istilah 3-S, yaitu Skill, Spread dan Sustainability. Skill kita atau share kita 72 % dari market, artinya kita market leader. Spread itu keuntungan EBITDA Margin. Telkom itu perusahaan terbaik dengan 60 % Ebitda Margin, even Telkomsel yang 72 % EBITDA Margin. Jadi tidak ada perusahaan yang memiliki EBITDA margin setinggi Telkom, lanjutnya.
Kemudian Sustainability, bahwa kita memiliki Growth 20 %. Saya ingin mengatakan lagi, bahwa secara fundamental, perusahaan ini baik di tahun 2006. Tahun 2010 keinginan market value kita adalah 126 Trilyun. Kita ingin menguasai sekitar 70 % tetap atau sekitar 88 Trilyun. Permasalahan yang timbul kalau fundamental baik, technicalnya belum tentu baik yang berhubungan dengan harga Market Capitalization kita.
Ketika share kita harganya 5100, Telkom saja hanya dihargai 10 %, ini memprihatinkan, sementara Telkomsel dihargai 90 %. Jadi kita yang kerja keras di DIVRE hanya dihargai 10 % mengapa seperti ini ? Karena ada beberapa aspek yang mempengaruhi penilaian investor kepada kita, salah satunya adalah sentimen pasar, ini yang harus kita kelola dengan baik.
If You Can Imagine, You Can Get It, kalimat ini diucapkan AY ketika memaparkan tentang Telkom Goal 135 (3010). Sekarang bayangkan, bahwa pada tahun 3010 Market Share kita US $ 30 Bn (Billion). Bagaimana kita cara mencapainya ?. Pada Maret 2006 harga saham kita rata-rata Rp. 6.100,-, kenaikannya adalah 20 %. Sebenarnya $ 30 Bn adalah 80 % dari Organik Bisnis dan 20 % dari Non Organik Bisnis.
Speedy adalah Tools New Driver Engine, dimana saya membedakan antara Vehicle dan Engine. Kalau perusahaan ini adalah sebuah kapal besar, maka Speedy dan Flexi ini adalah mesinnya. Telkomsel adalah New Vehicle kita untuk mobile dalam menjalankan bisnis seluler. Non organik jarang kita bicarakan, padahal pada 2010 ia harus mampu memberikan kontribusi 20 %.
Baik Organik Bisnis, maupun Non Organik harus kita lakukan bersamaan. Jadi kalau kita lebih smart, maka dengan sedikit tenaga mampu memberikan impact yang besar. Ada juga yang dengan merebalancing tarif, ini susah, tetapi lebih susah lagi kalau tidak kita lakukan. Detilnya akan kita diskusikan, tetapi yang penting lakukan secara cepat dan tepat. Oleh karenanya nanti disalah satu struktur organisasi kita AVP Strategic Investment & Corporate Planning. Dialah orang yang bertanggung jawab untuk meningkatkan value perusahaan kita sebesar 20 %.
Seandainya Mobile-8 dijual apakah kita akan membeli, tanya AY ? Tidak ada dari kita yang fully dedicated memikirkan hal yang bersifat Non Organik ini. Ketika dia lokal menggunakan Flexinya, ketika roomer menggunakan Fren-nya. Didalam kompetisi kita harus berobsesi selalu menjadi nomer satu (To Be Number One) atau Always The Best, atau paling tidak nomer 2, kalau nomer 3 dan seterusnya, maka ‘no way’.
Untuk spirit always the best, maka perkuatlah pondasi, bagaikan sebuah gedung, maka yang perlu diperkuat adalah pondasinya. Hasil yang luar biasa dapat diperoleh dengan cara yang tidak biasa. Saya harap rekan-rekan SEKAR memberikan spirit, meng courage jangan mendiscourage sesuatu. Dalam melihat sesuatu dengan optimis, maka dapat memberikan harapan, spirit kita akan tumbuh, jadi kalau kita sedang lari diberi spirit, maka semangat kita akan tumbuh.
Menyinggung soal leadership, maka seorang pemimpin harus ‘focus’ strategy framework dan punya punya Enerji, yaitu tenaga yang didapat dengan cara Imagine dalam hal ini adalah Goals. Ia harus mampu meng energize seluruh pasukannya. Kemudian AY bicara soal tumbuhnya customer. Dikatakan, bahwa rise of customer dimensions ada 5 hal, yaitu : Globalization of customer, Customer wants solution, Customer wants partnership-relationship (fewer, closer, longer), E-commerce, Buyer power. Ada lima hal untuk menentukan organisasi yang Customer Centrix Company dengan star models, yaitu : People, Strategy, Processes, Structure, and Reward.
Seorang pemimpin harus lead by heart and manage by head, ketika kita memimpin menggunakan hati dan memanage menggunakan rasio, maka track organisasi akan benar. Hati itu membisikkan kebenaran. Kalau kita latih terus hati ini, tentu tidak akan kesulitan untuk diharmonisasikan dengan rasio, sehingga mudah untuk merealisasikan suatu visi dan misi.
Ada lagi yang terpenting ialah menyatukan satu jiwa, sehingga di dalam memenangkan persaingan dengan modal memelihara persatuan dan kesatuan, maka harus didukung oleh bersatunya ruh atau jiwa dan raga.
• Nursidik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar