Mengenai Saya

SIDOARJO, JAWA TIMUR, Indonesia
Belajar Menjadi "Internal Jurnalism"

Senin, 16 Agustus 2010

Assessor Malcolm Kunjungi Plasa Telkom Darmo


TAHUN 2005

Assessor Malcolm Kunjungi Plasa Telkom Darmo

SITE VISIT.
Selain melakukan site visit ke beberapa Datel di Jawa Timur, Assessor juga melihat dari dekat sisi pelayanan Telkom di Plasa Telkom Darmo, Jln. Kapuas 59 Surabaya, Rabu (16/2). Saat turun dari mobil, Team mendapat MOT (Moment of Truth) yang standard mula dari Satpam, CSR (Customer Service Representative) dan para Senior Leader SBT, sehingga kesan pertama sangat berkenan di hati, maka tak heran kalau sebelum memasuki Plasa yang megah di jantung kota TELKOM SBT, Mr. Rajiv menyodorkan kamera yang selalu ditentengnya untuk di foto bersama.

SPEEDY.
Layanan produk Speedy yang dipampang di dalam Plasa adalah yang pertama kali dilirik oleh Team yang langsung mencoba kecepatan aksesnya. Lalu yang lebih menarik perhatiannya lagi ialah Kotak Feed Back tentang pelayanan Telkom (seperti kotak suara PEMILU) yang berisi tiga kategori : Bagus (warna hijau), Sedang (warna kuning) dan Kurang (warna merah), pelanggan tinggal memasukkan salah satu warna ke dalam kotak sesuai dengan pilihannya atau sesuai dengan kualitas layanan yang diterimanya. Memang sederhana dan unik ! Rajivpun nampak puas dan tertawa ngakak !!!!

Menurut Rajiv, Feed Back Pelanggan inilah yang layak harus ada di setiap Plasa, untuk mengukur secara langsung tingkat kepuasan pelanggan, sehingga Duty Manager yang bertugas hari itu bisa memberi warning CSR yang tidak memberikan pelayanan primanya atau service excellent yang diinginkan oleh setiap customer yang datang.

Kemudian foto petugas CSR terbaik “bulan ini” yang dipampang tak jauh dari pintu masuk juga tak lepas dari perhatiannya, sebab hal ini juga dilakukan oleh beberapa perusahaan publik atau perusahaan jasa yang melayani masyarakat dan customernya.

Hampir seluruh isi Plasa tak lepas dari sorotannya, sampai kepada ruang Platinum juga mendapat respon khusus. Ia bahkan bertanya, bagaimana cara mengetahui apakah ia pelanggan Platinum atau bukan ? Gatot Indra selaku Manager Customer Service menjawab spontan, bahwa hal tersebut dapat diketahui dari Card yang diberikan atau kalau lupa dibawa, maka bisa dilihat dari database komputer yang ada di Plasa.

HAPPY ENDING.
Datang puas, pulang puas, alias Happy Ending itulah yang dialami oleh Team Assessor Malcolm, sebab sebelum mengakhiri kunjungannya, ia dengan senang hati mengisi Pigura Canvas tentang kesannya mendatangi Plasa Telkom Darmo. Adapun kesan yang ditorehkan dengan tinta spidol hitam berbunyi :”You are a benchmark. Keep it up become a world class role model”. Sebelum meninggalkan Plasa, Rajiv menerima cindera mata dari GM TELKOM SBT, Bagyo Nugroho berupa sebuah patung perahu Phinisi. Menurut Assessor seperti yang dikutip oleh sebuah sumber di DIVRE-V, bahwa TELKOM SBT memang Excellent. SELAMAT BUAT SBT.

• NURSIDIK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar