Mengenai Saya

SIDOARJO, JAWA TIMUR, Indonesia
Belajar Menjadi "Internal Jurnalism"

Jumat, 20 Agustus 2010

TIC 007 Mojokerto, Spektakuler !


TAHUN 2005

TIC 007 Mojokerto, Spektakuler !
Spektakuler ! itu mungkin yang seharusnya diungkapkan atas melejitnya usage produk Telcom International Call 007 (TIC 007) pada dekade 2004. Kenapa ? Iya karena produk yang baru "digunakan" (di MR) pada Mei 2004 itu sampai saat ini share-nya sudah menguasai hampir 70 % dari kompetitornya.
Debutnya pada bulan Mei'04 (lihat grafik), saat itu TIC baru menguasai 281 call sementara pesaingnya KOMPETITOR UTAMA yang sudah lama "merajai" panggilan internasional sudah mencapai 5.326 call. Ini berarti New Product itu baru diminati sebesar 5%, kalau setiap call kita hargai ratas sebesar Rp. 6.000,- maka TIC 007 cuman dapat sebesar Rp.1.686.000,- sementara KOMPETITOR UTAMA sudah mengantongi Rp.31.956.000,- !
Bulan berikutnya TIC 007 sudah mendapatkan call sebesar 2.787 call, sementara saingan utamanya mencapai 5.407 call ini berarti sudah mencapai 50%. Dibanding call bulan Mei, berarti TIC 007 tumbuh sebesar 892% ! S p e k t a k u l e r …!!!
Nach, yang bulan Juli 2004 ini lebih "gila", karena TIC 007 sudah melebihi dari jumlah call KOMPETITOR UTAMA ! yaitu sebesar 5.966 call sementara KOMPETITOR UTAMA sebesar 4.873 call, ini hanya memerlukan waktu 1 bulan saja.
Kalau boleh ini dikatakan, persaingan percakapan Internasional khususnya bagi usage pelanggan Mojokerto ini merupakan tonggak sejarah saat TIC 001 melewati KOMPETITOR UTAMA. Karena bulan-bulan berikutnya TIC 001 tidak memberikan kesempatan untuk "dilampaui"!
Booming TIC 007 di MR terjadi pada bulan Oktober 2004, meskipun pada akhirnya s.d bulan Desember 2004 trendnya cenderung menurun.
Dan dari kondisi ini penulis mencoba melakukan reminding letter kepada sebanyak 90 pelanggan Personal Line user out. Dengan melampirkan tarif komparasi dengan kompetitor dengan harapan bahwa "real", tarif TIC 007 lebih murah dari kompetitor
Namun dari evaluasi, bulan berikutnya atas nomor2 itu tetap berpredikat user out TIC 007. Sehingga pada kesimpulan (sementara) :
 Pelanggan user out 007 tsb. masih loyal kepada operator lain
 Perlu pendekatan langsung kepada pelanggan user out, lebih-lebih bisa memberikan kompensasi2 khusus, sampai program akuisisi ini berhasil.
Akankah trend itu terus menurun? Kita lihat nanti pada akhir 2005. (Sumber data: portal.divre5.net)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar