Mengenai Saya

SIDOARJO, JAWA TIMUR, Indonesia
Belajar Menjadi "Internal Jurnalism"

Minggu, 17 Oktober 2010

Pertahankan Sales Force, Tingkatkan Jumlah Pelanggan

TAHUN 2006

Pertahankan Sales Force, Tingkatkan Jumlah Pelanggan

Harus diakui, dengan keterbatasan jumlah tenaga pemasaran di PT. Telkom, peranan Sales Force sangat besar, khususnya dalam mendongkrak pencapaian pemasaran Flexi (Classy) maupun Speedy, bahkan pemasaran POTS di beberapa Kandatel sudah dilakukan oleh para Sales Force. Karena peranan tersebut, maka TELKOM SBT sangat memperhatikan para Sales Force, maka tak pelak Minggu kemarin (28/1) mereka disediakan ruang khusus dengan Meubelair serba baru (Meja, Kursi), layaknya ruang Press Room bagi para Wartawan lengkap dengan komputer untuk akses internet. Secara berkala mereka diajak makan siang bersama di tempat yang representative plus ada sharing info, dsb...

Memaintain Sales Force rupanya sudah menjadi keharusan. Secara umum, kompensasi yang biasa diberikan kepada tenaga ”ujung tombak” ini adalah Gaji Pokok dan fee, meskipun structure cost di setiap Kandatel berbeda, tapi pada dasarnya memuat komponen-komponen tersebut. Selain itu untuk mendongkrak kinerja dan iklim kompetisi diantara para Sales Force, biasanya ada iming-iming ”Insentif Plus-Plus”. Dan ini sudah dilakukan oleh TELKOM SBT.

Yang cukup menarik sebagai bahan Benchmarks, apa yang dilakukan oleh manajemen Kandatel Surabaya Timur, dimana salah satu bentuk program insentif yang diberikan kepada para Sales Force adalah pemberian asuransi (kesehatan & kecelakaan) bagi Sales Force yang sudah teruji kontribusinya bagi Perusahaan.

Seorang rekan dari DIVRE-V mengatakan kepada Reporter, bahwa Saat ini banyak Pengelola asuransi yang memberikan premi cukup murah dengan nilai kompensasi klaim cukup memadai. Ada asuransi yang menawarkan premi Rp. 50.000,- (lima puluh ribu rupiah) setahun untuk asuransi kecelakaan, artinya dengan mengeluarkan beban Rp. 50.000,- tersebut, selama setahun Sales Force tersebut sudah dijamin bila terjadi kecelakaan. Beberapa Perusahaan Asuransi kesehatan saat ini juga banyak yang menawarkan paket murah untuk para Sales Force. Dengan Rp. 45.000,-/bulan sudah bisa kita dapatkan asuransi kesehatan untuk satu keluarga dengan 2 anak.

Dari hitung-hitungan diatas, hanya dengan Rp. 500.000,- / bulan, kita sudah bisa memberikan insentif berupa asuransi (kecelakaan & kesehatan) untuk 10 orang Sales Force. Biaya ini mungkin setara dengan biaya konsumsi untuk sekali rapat kecil ditingkat Datel. Kiat mempertahankan Sales Force handal telah dilakukan SBT. Di era yang Hyper Competitive saat ini, kehadiran Sales Force sangat diperlukan. **NURSIDIK**

Tidak ada komentar:

Posting Komentar