TAHUN 2006
NIK : kunci sukses menjalankan transformasi melalui Spiritual Commitment “Trust and Lets Do It”
Untuk meciptakan agility perusahaan dalam menghadapi perubahan pasar diperlukan transfomasi. Untuk itulah transformasi adalah suatu keharusan apabila perusahaan ingin tetap hidup dan memenangkan kompetisi. Pertanyaan yang paling penting adalah bagaimana agar pelaksanaan transformasi ini dapat berhasil, jawabannya adalah komitmen seluruh karyawan untuk mau ber-transformasi dan yang paling penting adalah komitmen pimpinan (leader) lah yang akan menjadi motor penggerak utama agar roda transformasi dapat bergerak lebih cepat.
Sebagai langkah awal untuk mensukseskan Transformasi Organisasi, TELKOM DIVRE V ber-synergy dengan TTC Surabaya untuk melaksanakan Pelatihan Change Acceleration Process (CAP) dengan pembicara dari GE bagi seluruh Senior Leader, dan Mutasi Melalui Latihan (MML) yang dikoordinir oleh TTC Surabaya khusunya bagi karyawan yang berubah kompetensinya di lokasi baru.
Untuk dapat lebih meng-akselerasi langkah, maka KADIVRE V sejak tanggal 7 Maret 2006 telah melakukan roadshow sosialisasi Transformasi keseluruh Jajaran (DIVRE dan DATEL) yang dikemas dalam Visi Misi 2006 TELKOM DIVRE V dimulai dari Jember yaitu DATEL paling timur yang menandakan bahwa TELKOM DIVRE V siap menyongsong matahari 2006 terbit dari timur. Dengan demikian diharapkan bahwa seluruh Karyawan mempunyai pemahaman dan sikap yang sama untuk menjamin pelaksanaan Transformasi dapat berjalan dengan arah yang sama secara synergy.
Adapun tema Visi Misi TELKOM DIVRE V tahun 2006 adalah “Sustainable Growth through Synergy” yang terdiri dari 3 kata yaitu : Sustain (meningkatkan), Growth (tumbuh) dan Synergy (satu arah dan tujuan).
Peran Pemimpin (Leader) sangat menentukan keberhasilan Visi yang telah ditetapkan. Adapun persyaratan untuk menjadi seorang Pemimpin (Leader Requirement) adalah “4P”, yaitu : Profesional (bekerja dibidangnya secara maksimal), People Focus (memperhatikan dan dekat dengan SDM), Performance (mempunyai prestasi yang baik), dan Positive Thinking (berpikir positif dan percaya kepada pasukannya)
“Competition is matter of SPIRIT, not Strenght”, yang berarti bahwa untuk memenangkan kompetisi diperlukan semangat yang tinggi. TELKOM DIVRE V telah dikenal dengan Spirit “Always the Best” yang berarti harus menjadi nomor satu. Hal tersebut dibuktikan dengan TELKOM DIVRE V sebagai Best Performance (berdasarkan Kontrak Manajemen tahun 2005) diantara DIVRE-DIVRE lainnya.
Sebagai aktualisasi Telkom Goal-135, TELKOM DIVRE V menetapkan Target dan Sasaran yaitu “TELKOM Jatim Goal-13/2006” terdiri dari : 1 – Tujuan Utama, yaitu Sustainable Growth through Synergy, 3 – Target Utama, yaitu Revenue 4.03T, Net Sales POTS 148K, Flexi 592K, Speedy 101K, dan CSI 77%, dan 5 – Sasaran Utama yaitu Telkom Goal-135/3010 (Niat dihati), TMBE / MBNQA (Cara Berpikir), COSO-SOA (Cara Bertindak), Kontrak Manajemen (Hasil yang Diukur/Dicapai), ESI (Dampak bagi Karyawan)
Dalam menjalankan bisnisnya ditahun 2006 ini, TELKOM DVRE V tetap akan fokus pada “2 New Driver Engines” yaitu Flexi dan Speedy yang diharapkan memberikan kontribusi (share) terhadap Revenue masing-masing minimal 10%, dengan melakukan “Quality Sales” yaitu balance antara Sales dan Usage.
Untuk meningkatkan soliditas dalam rangka memenangkan kompetisi maka sangat diperlukan Synergy. TELKOM DIVRE V melakukan synergy dengan prinsip “Line Commando on Business Strategy and Line Coordinator on Business Area” melalui 3 level, yaitu : Level 1 (Synergy Internal Unit), Level 2 (Synergy PO-DC (plus Divisi Support), dan Level 3 (Synergy TELKOM Group dengan Anak Perusahaan)
Sebagai aktualisasi program TELKOM BANGKIT yang disampaikan oleh COO, maka untuk membangun kebersamaan dan Jiwa Korsa bagi seluruh karyawan DIVRE V dalam acara roadshow Visi Misi 2006 ini dilanjutkan dengan Pelatihan Motivasi dan Spiritual oleh dr Arief Alamsyah dari Trustco Team sehingga karyawan siap menghadapi perubahan dalam memenangkan kompetisi.
Sebagaimana arahan DIRUT untuk mewujudkan Corporate Image to Social Responsibility sehingga TELKOM menjadi perusahaan yang “Modern, Heritage dan Peduli”, maka KADIVRE V pada tanggal 7 Maret 2006 di Jember telah melakukan launching program “Employee Care” dengan tagline “Sharing your feeling with Others” yang bertujuan agar karyawan mempunyai kepedulian dan kontribusi bagi lingkungan sosialnya dalam rangka Good Corporate Citizenship (GCC). Dan sebagai salah programnya, KADIVRE V telah mencanangkan program TELKOM BERBUAH dengan aksi menanam Pohon Mangga di halaman Kantor DIVRE V.
Di akhir paparan Visi Misi 2006, KADIVRE V menyampaikan Work Concept yaitu “Start with Bismillah and End with Alhamdulillah” yang artinya segala sesuatu usaha kita hendaknya bernilai ibadah dan mendapat ridho dan barokah dari Allah SWT dan apapun hasil yang dicapai hendaknya selalu kita syukuri.
Sebagai kunci sukses menjalankan kepemimpinannya, KADIVRE V menjalankannya dengan Spiritual Commitment yaitu “Trust and Lets Do It” artinya saling mempercayai dengan memberikan empowerement yang besar kepada seluruh jajarannya. (wid)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar