Mengenai Saya

SIDOARJO, JAWA TIMUR, Indonesia
Belajar Menjadi "Internal Jurnalism"

Selasa, 31 Agustus 2010

SEKAR DPD SBT Merespon Keluhan Transformasi Organisasi


TAHUN 2006

SEKAR DPD SBT Merespon Keluhan Transformasi Organisasi

Sehari setelah manajemen TELKOM SBT tuntas menyerahkan SK Transformasi Organisasi kepada seluruh karyawan dan karyawati, ternyata SEKAR DPD SBT begitu cepat menerima keluhan sebanyak 12 orang. Keluhan tersebut direspon langsung oleh Pengurus SEKAR DPD SBT dengan mengadakan rapat seluruh Pengurus di luar jam kerja, yaitu pada hari Sabtu (22/4) di Lantai-2 Gedung OPMC, Jln. Ketintang 156, Surabaya yang dipimpin langsung oleh Ketua SEKAR DPD SBT, Dwi Anggara. Dalam rapat tersebut, SEKAR DPD SBT bertekad untuk memperjuangkan ke 12 orang tersebut termasuk keluhan yang baru masuk pada hari Senin (24/4) jam 14.00 WIB sebanyak 25 orang, diperkirakan angka tersebut akan bertambah, sebab tidak menutup kemungkinan terjadi anomali disana-sini. Kalau tidak tuntas akan dieskalasi ke DPW, DPP, bahkan hingga ke Direksi. Untuk SEKAR DPW05 sendiri sudah masuk 21 keluhan.

Dari Rapat SEKAR DPD tersebut terkuak, bahwa ada SK yang begitu diterima langsung diremas, alias dilipat-lipat. Malah ada yang kecewa terhadap SEKAR, agar SEKAR dibubarkan saja, dengan alasan SEKAR hanya sebagai ’kendaraan elit’ saja. SEKAR bukanlah Pemadam Kebakaran, sebab jauh sebelumnya sudah memberikan ’Early-Warning’ kepada manajemen, bahwa kalau tidak merugikan karyawan, maka transformasi tetap ”GO”, kalau sebaliknya merugikan Karyawan, maka ”DONT GO”. Namun demikian sesuai amanah DPW dan DPP, maka SEKAR DPD SBT akan tetap memonitor dan menampung keluhan untuk diperjuangkan.

SEKAR DPD SBT akan tetap membantu ’mendinginkan’ para pegawai yang kecewa setelah menerima SK, agar operasional tetap berjalan lancar. Kebanyakan para karyawan merasa phobia/takut menyampaikan keluhan ketidakpuasan, untuk ini SEKAR DPD SBT menghimbau agar tidak usah takut, InsyaAllah keberpihakan SEKAR tetap kepada para anggotanya.

Dengan sigap KORLAP Pengaduan SEKAR DPD SBT jemput bola membagikan formulir isian, yaitu Form Feedback Transformasi Organisasi dengan harapan bagi yang tidak puas agar mengisi tidak usah takut, sebab akan dipakai sebagai data dalam memperjuangkan segala keluhan atau komplain. SEKAR DPD SBT akan bicara ke manajemen berdasarkan data dan fakta yang rencananya akan mengundang manajemen dalam kesempatan pertama. Dalam kesempatan rapat tersebut, SEKAR DPD SBT juga mempertanyakan perjuangan para Senior Leaders TELKOM SBT terhadap seluruh jajarannya yang notabene sebagai Pencetak KANDATEL 1-T pertama di Jawa Timur.

SEKAR DPD SBT yakin, bahwa para Senior Leaders (Manager) adalah orang yang paling tau kualitas personilnya, tetapi ketika keluar SK, ternyata banyak yang tidak sesuai dengan bidangnya/kompetensinya, jadi harus memulai dari awal lagi. Kemudian ada pula yang kembali ke tempat asal dan sebagainya. SEKAR DPD SBT memprediksi, bahwa jawaban manajemen tak akan jauh dari : Refreshing, Pengayaan dan sejenisnya, yang sebenarnya tak semuanya benar, sebab yang terjadi malah tidak segar alias kejenuhan, demotivasi dan sebagainya. Diprediksi pula, bahwa manajemen sepertinya hanya main DAKON saja dan bukan main CATUR. Kalau main dakon asal menaruh orang seperti memindahkan barang, tetapi kalau main catur akan berfikir lebih strategis dalam memposisikan personel dengan prinsip The Right Man On The Right Place.

 NURSIDIK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar