TAHUN 2005
SOPP.
Para Customer yang tadinya harus membayar rekening tagihan telepon ke tempat Plasa-Plasa Telkom yang relatif jauh, kini dengan hadirnya SOPP STO Waru-1 yang yang “dibuka” oleh GM TELKOM SBT, Bagyo Nugroho dengan acara tumpengan syukuran sederhana pada hari Jum’at (4/2), maka mereka kini lebih merasa senang, sebab lebih dekat.
STO Waru-I yang berkapasitas sekitar 22.000 SST di Jln. Kol. Sugiono 32, Surabaya Timur ini memang tempatnya cukup “tersembunyi”, sehingga banyak masyarakat yang tidak tahu keberadaannya, kecuali pelanggan yang rata-rata segment Residensial. Ternyata pelanggan Segment Residensial ini lebih suka membayar langsung ke TELKOM Waru-1, ketimbang harus ke Bank, atau ke Plasa-Plasa TELKOM yang lokasinya cukup jauh, terbukti pada Soft Opening atau Try Out tanggal 1 Pebruari 2005 mereka pada antri untuk laporan gangguan, menanyakan produk, membayar tagihan, dan yang lain.
DEDDY CORBUZIER.
Kantor Layanan SOPP yang didisain cukup “cantik dan mungil” ini ternyata direnovasi dalam waktu yang sangat singkat, yaitu hanya seminggu. Salah seorang karyawan STO Waru-I, yaitu rekan Hernadi mengatakan kepada Reporter rasa kagetnya. “Saya cuti, begitu masuk kerja lihat kantor lagi, wah…..kaget serasa mimpi, kantor jadi baru !”, katanya. Benar-benar disulap GM oleh Pak Bagyo seperti Sang Mentalist Indonesia “Deddy Corbuzier” yang dalam sekejap saja sudah jadi !, tambahnya.
Lain lagi dengan apa yang dituturkan oleh Ketua Kopegtel, Iwan Gularto yang merupakan Mitra TELKOM dalam mengelolah SOPP ini. Iwan mengatakan, bahwa sebenarnya rencana SOPP yang bertujuan untuk memberikan pelayanan prima kepada pelanggan residensial ini sudah cukup lama. Begitu GM nya dijabat oleh, Pak Bagyo, segera saya propose ulang, ternyata langsung dieksekusi secara FASTER !!! Ruaarr Biasaa…!!! Responsif …!!!
CUSTOMER FOCUS.
Disisi lain, GM TELKOM SBT, Bagyo Nugroho saat tumpengan mengatakan, bahwa jangan sampai “No Return Point”, artinya jangan kembali ke titik nol lagi. Kita harus move, move and move…!!! Hari ini selain kita buka SOPP Waru-I, juga SOPP Waru-II di Tropodo, InsyaAllah dalam waktu dekat SOPP STO Injoko. Pokoknya akan kita perbanyak pelayanan yang dekat dengan masyarakat/pelanggan (Customer Focus).
Kenapa demikian ? Perlu diketahui, bahwa para kompetitor saat ini sudah masuk ke pinggiran kota, bahkan ke desa-desa dengan cara membangun outlet yang tersebar cukup banyak jumlahnya. Kalau tidak kita siasati seperti ini, maka saya yakin para pelanggan kita tahunya hanya produk kompetitor saja yang mereka lihat sehari-hari hampir diseluruh sudut kota, tutur Bagyo lagi.
Diera kompetisi ini kita harus lincah (Agility), jangan terbelenggu masa lalu. Kita harus selalu mengadakan perubahan paradigma pelayanan, baik system/strategy, tangible, individu, maupun melihat lingkungan kita yang terus berkembang, berubah dan kompetitif, kuncinya ! NURSIDIK
Tidak ada komentar:
Posting Komentar