Mengenai Saya

SIDOARJO, JAWA TIMUR, Indonesia
Belajar Menjadi "Internal Jurnalism"

Minggu, 22 Agustus 2010

Sepanjang Thn 2005, SBT Glontorkan Dana 7,893 M


TAHUN 2006

Sepanjang Thn 2005, SBT Glontorkan Dana 7,893 M

PKBL.
Detik waktu tahun kalender 2005 telah berlalu, roda bisnis terus berputar. Wilayah Telkom Surabaya Timur adalah tergolong padat akan sentra industri kecilnya. Wilayah yang membawahi Surabaya Metro, Sidoarjo, Mojokerto dan Jombang ini, sepanjang tahun 2005 telah menyalurkan sekitar Rp7,893 miliar untuk program PKBL (Program Kemitraan dan Bina Lingkungan). Pengusaha kecil yang dibina SBT terdiri dari 658 kategori individu, dan 47 kategori kelompok.

Dari 2 kategori pengusaha kecil dan koperasi yang memiliki beragam usaha ini mendapat jumlah bantuan yang beragam pula, dengan memperhatikan proporsionalitas, pemerataan, alokasi dana, serta kemampubayaran mereka. Apabila diberi pinjaman dengan jumlah yang besar, sedangkan penilaian terhadap kemampubayaran angsuran tak seimbang, maka hal ini malah justru akan menjadi beban dan masalah baru. Obyek binaanpun dipilah menjadi beberapa segment, segment industri ada 10 %, layanan jasa 36 %, perdagangan 46 %, peternakan 7 %, pertanian 0,5 %, dan koperasi 0,5 %.
Dana tersebut diambil dari bagian laba Telkom yang disalurkan kepada mitra binaan melalui Proyek Pembinaan Usaha Kecil dan Koperasi (PUKK) yang saat ini berubah nama menjadi Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) di bawah koordinasi Unit Telkom Community Development Center (CDC).
Dana ini memang untuk Program Bina Lingkungan Telkom CDC yang bertujuan memberdayakan kondisi sosial masyarakat di wilayah usaha SBT. Melalui program ini, SBT berusaha melakukan kepedulian dan investasi sosial yang didistribusikan pada masyarakat yang membutuhkan, yaitu golongan ekonomi lemah, dengan harapan bisa berkembang dan maju.
PAMERAN.
Tidak saja modal kerja yang diperbantukan, tetapi mereka benar-benar diajak maju dan berkembang dengan cara diikutkan pameran WTC Surabaya (World Trade Center). Nama pameran adalah Nusantara Expo, yang merupakan ajang promosi bagi produk unggulan. Ini adalah salah satu program dalam bina lingkungan yang sangat terarah. Pekan pameran ini selalu diikuti oleh seluruh pengusaha kecil se Indonesia, sehingga yang berkesempatan di ajang ini memang sangat terbantu dalam memasarkan, sekaligus menjual produk-produknya.

• NURSIDIK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar