TAHUN 2005
Sidoarjo, Kancatel Terbesar Se Indonesia Diaudit !
KE CATEL.
Tim Audit Mutu Internal TQMS ISO 9001:2000 DIVRE-V, setelah hari pertama dan kedua mengaudit TELKOM SBT Metro, maka pada hari ketiga, Rabu (9/3) meneruskan perjalanannya ke sebuah Kancatel terbesar se Indonesia yang letaknya disebelah selatan Kota Pahlawan Surabaya, yaitu Kancatel Sidoarjo. Rencana di hari keempat atau hari terakhir Tim akan meluncur ke 2 Catel lainnya, yaitu Mojokerto dan Jombang.
TERBESAR.
Manager Telkom Sidoarjo, Mulyadi ketika acara Opening Meeting memaparkan sekilas Profile Telkom Sidoarjo dengan segala potensinya sebagai kota bisnis, industri, pariwisata dimana dulunya kebanyakan residential. Maka tak heran kalau Catel Sidoarjo dengan realisasi revenue yang menggiurkan dikatakan oleh Mulyadi sebagai Kancatel Terbesar se Indonesia. Secara business overall, maka Sidoarjo memang ok !
Mantan Manager Catel Lamongan ini, baru satu bulan menjabat Manager Catel Sidoarjo, dan begitu melihat potensi Sidoarjo, langsung optimis sesuai yang tercermin dalam paparannya, maka sebagai Quality Leader, yaitu orang yang paling betanggung jawab terhadap mutu di Telkom Sidoarjo, Mulyadi yakin akan tercapainya achievement target sesuai rencana dengan strategy yang telah disepakati oleh Manajemen Telkom SBT. Strategi IFA juga dipaparkan oleh Mulyadi, yaitu Imagine, Focus dan Allocate all resources.
2 LOKASI.
Usai opening meeting, Tim Auditor sebanyak 7 orang terdiri dari : Yermiati, Budi Siswoyo, Wahyudi, Bambang Samodra, Anies Yunitasari, Bambang Setiana dan Silvy Indriani langsung membagi tugas dan menuju ke 2 lokasi untuk melaksanakan assessment mutu. Lokasi Manager Catel berada berada di Jln. Sultan Agung, Sidoarjo, sedangkan lokasi Kantor Pelayanan berada di Jln. A. Yani, Sidoarjo.
77 PROSES.
Di ruang kerja Manager Catel, Ketua Tim, Yermiati bersama 2 rekannya (Budi & Wahyudi) langsung menanyakan ke Manager Catel tentang 77 proses dan manual mutu. Walau baru satu bulan menjabat, apakah Bapak sudah melakukan review PM/PK, Tanya Yermiati kepada Manager. Pernah nggak mengadakan evaluasi sebuah proses, membuat usulan perbaikan, catatan mutu dan form evaluasi. Apakah sebuah proses masih efektif atau sudah perlu diimprove untuk dilakukan perbaikan. Pertanyaan tersebut dijawab dengan beberapa dokumen bukti. Dan memang dokumen merupakan evidence yang sangat diperlukan oleh auditor manapun.
OIT & COFFEE MORNING.
Materi apa saja yang dibahas dalam setiap forum OIT & Coffee Morning juga menjadi bahan pertanyaan dengan meminta bukti pendukungnya. Evaluasi prosedur gangguan terminasi pelanggan juga dicek temasuk evaluasi periodiknya. Bagaimana manajemen Telkom Sidoarjo mensosialisasikan visi, misi, kebijakan mutu ke seluruh jajaran hingga layer paling bawah. Lagi-lagi seluruh pertanyaan yang dicecarkan oleh Auditor dapat dijawab, tentu dengan bukti apakah itu berupa dokumen atau berupa On Web melalui internet.
Hasil survei kepuasan pegawai atau TEOS, program HRD yaitu usulan training pegawai, Penyebaran hasil training melalui Knowlwedge Management, Proses Pengadaan, Dokumen Cash and Carry juga “diobok-obok” oleh Auditor. Auditor mengatakan :”Kami Tim AMI2 DIVRE-V ini hanya corcern agar TQMS berjalan efektif, sehingga kalau diperiksa oleh pihak eksternal, tidak ada masalah”.
PEMASARAN.
Soal kebijakan pemasaran, Tim ingin mengetahui, apakah persyaratan pelanggan sesuai dengan Tight Marketing Policy selaras dengan PM/PK yang ada, kalau tidak selaras, apakah dibuatkan usulan perbaikannya berupa perubahan PM/PK, dll.
• NURSIDIK
Tidak ada komentar:
Posting Komentar