TAHUN 2005
SBT : Hari ini, Auditor SMK3 Membidik Dinas Support
LOGISTIK.
Setelah di hari pertama para auditor SMK3 dari PT. SUCOFINDO melakukan audit di ruang GM dan ruang WAR ROOM dalam bentuk Desk Study dan wawancara perihal internal audit, evaluasi standard keselamatan kerja perusahaan secara umum, pelayanan kesehatan karyawan, serta list of restricted area, maka pada hari kedua, Kamis (8/12) sesuai Audit Plan, adalah giliran Dinas Support/Logistik dibidiknya ditempat yang sama, yaitu ruang WAR ROOM.
PEMBELIAN.
Sesuai dengan audit plan, maka pembelian/pengadaan bakal diaudit. Kenapa pembelian barang harus pula diaudit ? Adakah kaitannya dengan SMK3 ? Jawabannya ialah : Tentu berkaitan. Alasannya ialah : bahwa sudah ada prosedur pembelian barang dan jasa untuk menjamin bahwa spesifikasi teknik dan informasi yang relevan dengan keselamatan dan kesehatan kerja / K3 telah diperiksa sebelum melakukan keputusan untuk membeli.
Untuk menjamin setiap barang yang dibeli mempunyai spesifikasi yang sesuai dengan persyaratan peraturan perundangan dan standar keselamatan dan kesehatan kerja, dilakukanlah auditing tersebut.
Para auditor melihat apakah dalam pembelian barang tersebut sudah sesuai dengan ketentuan K3, yaitu : Identifikasi potensi bahaya dan penilaian risiko sebelum penggunaan barang dan jasa yang dipasok oleh pelanggan/vendor/mitra, Verifikasi barang/jasa sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan, Peninjauan kebutuhan pelatihan kepada pekerja dan penyediaan alat pelindung diri yang diperlukan untuk pelaksanaan pekerjaan, pengoperasian dan pemeliharaan peralatan.
VIRUS.
Apa hubungannya antara virus komputer dengan K3 ? Yang jelas hubungannya berkaitan dengan kenyamanan kerja. Untuk itulah Auditor juga menanyakan detil masalah anti virus, siapa yang bertanggung jawab (User ataukah USI), program anti virus apa yang sedang diaplikasikan dan sebagainya. Pertanyaan masalah virus ini juga dialamatkan kepada Dinas Support dalam hal ini Logistik.
Auditor melihat dari semua sisi, mulai dari Tabel Dokumen SMK3, PM/PK, Pengendalian Dokumen, Prosedur Mutu sampai bagaimana prosesnya jika sampai ada perubahan prosedur. Bukti atau Evident dalam OIT Meeting dalam bentuk notulen juga diminta, sebab Auditor ingin mengetahui item apa saja yang sudah dan belum di CLOSE.
NURSIDIK
Tidak ada komentar:
Posting Komentar