Melalui strategi Grebeg Customer, maka TELKOM CS-SBU terus mempengaruhi pasar agar target sales Speedy sebesar 2.000 SSS perbulan dapat tercapai. Walau diproyeksikan akan tercapai mendekati 100 %, namun tidak membuat effort pemasaran melemah, namun malah sebaliknya menjadi semakin gencar mempengaruhi pasar agar target tak hanya dicapai tetapi dapat terlampaui.
Memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan tidaklah mudah. Beberapa pelanggan tidak menyadari kebutuhan dan keinginannya atau mereka tidak mampu mengutarakannya atau penuturannya masih memerlukan penafsiran. Disinilah perlunya marketing communication (marcomm) yang handal yang harus dikomunikasikan secara langsung melalui Grebeg Customer. Coba bayangkan bila pelanggan mengutarakan ini : pelanggan meminta provider internet yang tidak mahal, laptop yang murah tapi handal, kecepatan koneksi yang tinggi, layanan paripurna, layanan terbaik, dsb.
MARCOMM harus mampu menjawab pertanyaan pelanggan ini. Kalau kita kaji permintaan pelanggan tersebut diatas, maka sebenarnya pelanggan tersebut memiliki kebutuhan yang dinyatakan, dimana hal tersebut merupakan kebutuhan riil yang harus kita tangkap sebagai peluang. Disinilah fungsi pemasar untuk mempengaruhi pasar agar dari keinginan yang telah diungkap dan dinyatakan menjadi kenyataan.
Untuk menangkap peluang tersebut, maka diperlukan pemasar yang handal, yang tanggap, yang antisipatif dan yang kreatif. Seorang pemasar yang tanggap menemukan sebuah kebutuhan yang dinyatakan dan memenuhinya. Seorang pemasar yang antisipatif memandang ke depan tentang kebutuhan apa yang mungkin akan dirasakan oleh pelanggan dalam waktu dekat. Seorang pemasar kreatif menemukan dan memproduksi solusi yang tidak diminta pelanggan tapi ditanggpi dengan penuh semangat oleh pelanggan. Tim Grebeg Customer adalah contoh Marketer kreatif yang selalu mempengaruhi pasar. **bukan-diksi.
FOTO : Tim Grebeg Customer SBU tampak selalu siap mempengaruhi pasar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar